Tempat Wisata Di Bandung Saat Bulan Puasa

By | September 11, 2022

Duuwi.com – Tempat Wisata Di Bandung Saat Bulan Puasa

Bandung merupakan salah satu Kota di Indonesia yang berada di dataran tinggi, hal inilah yang membuat wisatawan banyak berkunjung ke berbagai tempat wisata di Bandung, mereka lebih menyukai udara sejuk dan cuaca yang dingin. Berbeda dengan tempat wisata di bali yang di dominasi oleh objek wisata pantai.

Tempat Wisata di Bandung Selatan

Credit : Iqbal Nuril / Wisata IDN

Selain memiliki udara yang sejuk, tempat wisata di Bandung selatan itu unik dan kreatif, sehingga banyak wisatawan yang datang ke kota ini saat liburan telah tiba.

Penasaran apa saja destinasi wisata yang ada di Bandung Selatan? Langsung saja di baca sampai akhir artikel ya, agar tidak ada tempat wisata menarik yang terlewatkan.

1. Kawah Putih Ciwidey

Tempat Wisata Kawah Putih Ciwidey di Bandung
Credit : Intan Permata Sari

Kawah putih ciwidey terbentuk dari sebuah fenomena alam. Di lokasi kawah tersebut pernah dijadikan sebagai tempat penambangan belerang pada masa kolonial Jepang. Bekas dari penambangan tersebut juga masih tersisa, yaitu berupa goa Jepang. Konon goa tersebut menjadi tempat operasional penambangan belerang kala itu.

Hal yang menarik dari wisata Kawa Putih Ciwidey adalah warna airnya yang sangat putih seperti kapur. Hal itu disebabkan karena kawah tersebut merupakan daerah vulkanik yang mempunyai kandungan belerang cukup tinggi.

Warna kawah yang putih menjadi ciri khas dari destinasi wisata ini. Kondisi kawah tersebut juga sangat apik jika dijadikan sebagai background foto, baik untuk keperluan pribadi, pre-wedding maupun komunitas.

2. Glamping Lakeside Rancabali

Pinisi Resto Glamping Ciwidey
Credit : Pinishi Resto – Glamping Ciwidey Situ Patenggang

Pinisi Resto and Glamping Lakeside Rancabali adalah sebuah restoran yang menyajikan suasana alam sesungguhnya. Konsep dari restoran ini hampir sama dengan Chao Phraya Dinner Cruise yang ada di Thailand. Sayangnya restoran tersebut tidak mengapung maupun berlayar.

Hanya saja restoran ini berada di sebuah bangunan yang berbentuk perahu dan berada tepat di pinggir Situ Patenggang. Selain mempunyai restoran kapal, destinasi wisata kuliner Bandung ini menyediakan berbagai macam spot yang bernuansa alam. Untuk spot yang paling ikonik adalah jembatan pohon yang terletak di tengah danau.

3. Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi

Wisata Taman Buru Gunung Masigit
Credit : Bredhy Yusuf / Wisata IDN

Tempat wisata di Bandung Selatan yang satu ini merupakan satu – satunya destinasi wisata yang memiliki suasana alam sangat kental. Taman Buru Kareumbi Masigit sangat cocok bagi para pecinta alam. Oleh sebab itu tempat wisata alam ini dijadikan sebagai tempat utama untuk berbagai macam kegiatan alam terutama untuk pelajar, seperti pramuka.

Di area ini tersedia berbagai macam arena outbond yang sangat menyenangkan. Pengunjung juga dapat hiking maupun camping. Bagi pengunjung yang tidak berminat untuk tidur di dalam tenda dapat memanfaatkan fasilitas penginapan.

Fasilitas penginapannya pun juga cukup unik. Pengunjung tidak akan menerima fasilitas kamar, melainkan sebuah rumah pohon. Dengan tidur di dalam rumah pohon, kamu akan merasakan sensasi alam yang khas seperti dalam sebuah cerita film.

4. Kampung Cai Rancaupas

Wisata Kampung Cai Ranca Upas Bandung

Destinasi wisata ini pada dasarnya merupakan sebuah bumi perkemahan. Namun di Ranca Upas Ciwidey bukan hanya menyediakan camping area. Namun terdapat beberapa wahana yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung.

Salah satu wahana utama Kampung Cai adalah tempat penangkaran rusa. Di area ini dapat dijumpai ratusan rusa yang hidup secara bebas. Pengunjung juga bebas berinteraksi dengan para rusa, termasuk memberi makan.

Selain itu, juga terdapat wahana pemandian air panas dan area waterboom. Di Ranca Upas Ciwidey juga tersedia restoran dengan berbagai macam olahan lokal maupun mancanegara.

6. Situ Patenggang

Tempat Wisata Patenggang Lake di Bandung
Credit : Dina Sari Putri / Wisata IDN

Hal yang menarik dari danau ini adalah keberadaan dari pulau kecil yang berada di tengah – tengah danau. Pulau tersebut bernama pulau Batu Cinta. Pulau tersebut menyimpan suatu misteri yang cukup menarik. Berdasarkan mitos yang beredar, di pulau tersebut terdapat sebuah batu keramat yang konon merupakan bagian dari sebuah legenda Batu Cinta.

Oleh sebab itu, ketika mengunjungi Situ Patenggang Bandung sebaiknya kunjungi juga pulau kecil tersebut. Di lokasi danau terdapat beberapa penduduk yang bersedia mengantarkan para pengunjung yang hendak mengunjungi pulau kecil tersebut.

Di samping legenda yang sangat misterius, view dari danau ini sangat apik dan mempesona. Karena hal itulah danau ini terpilih menjadi salah satu tempat syuting film yang sangat hitz.

6. Kebun Strawberry Ciwidey

Tempat Wisata Kebun Strawberry di Bandung
Credit : Bianca Adriana Anggraini / Wisata IDN

Bagi kamu yang sangat menyukai buah strawberry, wajib mengunjungi kebun strawberry ini. Objek wisata alam di Ciwidey ini menyajikan hamparan kebun strawberry yang sangat luas. Buah strawberrynya juga mempunyai bentuk yang sangat unik, yaitu segitiga yang ujungnya berbentuk oval.

Hal yang menarik dari kebun strawberry Ciwidey ini adalah para pengunjung bebas untuk memanen strawberry sendiri. Setelah memetik strawberry, pengunjung pun dapat membawa pulang seluruh strawberry yang telah dipetik dengan membelinya.

7. Situ Cisanti

Wisata Situ Cisanti Bandung

Situ Cisanti sebenarnya hanya berupa hulu sungai Citarum. Untuk view yang ditawarkan pun tidak perlu diragukan lagi. Suasana alam sejuk khas pegunungan, danau yang membentang luas, air jernih serta tumbuhan yang lebat membuat objek wisata alam di Bandung ini sangat sempurna.

Baca Juga :   All You Can Eat Hotel Bumi Surabaya

Terlebih lagi dengan kondisi dari Situ Cisanti Bandung yang sangat bersih dan tertata dengan rapi. Selain itu danau ini juga menyajikan beberapa fasilitas, seperti tempat duduk dan gazebo. Pengunjung pun dapat bersantai dan menikmati pemandangan alam yang indah.

8. Curug Cinulang Cicalengka

Gambar Curug Cinulang Cicalengka
Credit : Aii Lusi / Wisata IDN

Curug cinulang mempunyai view yang cukup exstrem karena arus air terjun cukup deras ditambah lagi bebatuan besar yang ada di aliran curug. Hal ini menyebabkan curug ini cukup berbahaya. Sehingga para pengunjung pun hanya bisa menikmati pemandangan alam di sekitar curug.

Dengan view yang tergolong exstrem, tentu akan sangat menarik jika dijadikan sebagai background foto. Tempat ini juga sering dijadikan sebagai objek foto para fotografer. Selain itu, Curug Cinulang Cicalengka juga mempunyai beberapa fasilitas gazebo yang dapat dimanfaatkan untuk bersantai sambil menikmati alam sekitar setelah tracking.

Tempat Wisata di Bandung Barat

Kabupaten Bandung barat merupakan salah satu daerah yang memiliki beragam jenis objek wisata. Penasaran apa saja objek wisata di Bandung Barat? Simak pembahasannya di bawah.

9. Farmhouse Susu Lembang Bandung

Farmhouse Susu Lembang
Credit : Nina Selanty / Wisata IDN

Yang pertama adalah Farmhouse Lembang Bandung, ini merupakan salah satu destinasi wisata keluarga di Bandung yang mengusung konsep peternakan. Tema peternakan yang digunakan bukan seperti peternakan pada umumnya, melainkan dengan tema Contemporary World of European Farm.

Desain setiap bangunannya sangat khas akan budaya Eropa. Begitu pula dengan para staf yang memakai baju modern European Maid. Jika kamu berkunjung ke Farmhouse, suasananya akan berasa seperti di peternakan Eropa.

10. Kebun Teh Sukawana

Tea Walk di Kebun Teh Sukawana Bandung
Credit : Habiban Sulthoni Mandala Putra / Wisata IDN

Kota Bandung memang sangat identik dengan perkebunan teh. Dari semua perkebunan teh yang ada, hanya kebun teh sukawana yang paling rekomended. Selain menyajikan hamparan kebun teh yang sangat luas, lokasi dari kebun ini juga sangat strategis. Kebun ini terletak tidak jauh dari Curug Cimahi.

Hal yang menarik dari Kebun Teh Sukawana adalah suasana kebun yang sangat tenang. Bagi kamu yang berniat untuk melepaskan penat, sebaiknya datang ke tempat wisata di Bandung Barat yang ini. Sebab setelah menginjakan kaki di kebun teh sukawana, pikiran kita pasti akan terasa lebih fresh dan beban rutinitas pun berkurang.

11. Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat Bandung
Credit : Ridwan Firmansyah / Wisata IDN

Curug ini terletak di Parongpong, Lembang. Curug tilu leuwi opat sangat terkenal akan jalur tracking yang cukup panjang. Perjalanan menuju area curug dapat mencapai ±30 menit dan dengan kondisi jalan setapak yang masih alami.

Dengan mengunjungi objek wisata alam Bandung Barat yang ini, bukan hanya sekedar refreshing maupun melepaskan penat, namun juga dapat melatih otot serta tulang. Rutinitas harian yang menyebabkan kondisi otot dan tulang menjadi kaku. Dengan tracking di curug tilu ini, pengunjung pun harus bergerak sekaligus berolahrag.

12. Maribaya Resort and Spa

Tempat Wisata Maribaya Resort dan Spa di Bandung
Credit : Didik Fotunadi / Wisata IDN

Objek wisata ini merupakan tempat yang sangat tepat untuk melepaskan penat, refreshing, relaxation sekaligus memanjakan diri, istilah kerennya Me Time. Maribaya Resort and Spa juga menjadi destinasi wisata favorit, terutama bagi wanita.

Di Maribaya Resort ini, kamu akan mendapatkan layanan spa, sehingga dapat memanjakan diri dengan berbagai macam fasilitas yang ada. Tubuh pun menjadi lebih bugar dan relax. Terlebih lagi dengan suasana alam apik dan eksotis yang dapat memanjakan mata.

Selain resort dan spa, ada spot lain yang cukup menarik. Spot tersebut adalah sky bridge. Sky bridge sendiri adalah sebuah jembatan gantung yang terbuat dari kayu. Jembatan tersebut menghubungkan antara 2 buah tebing yang berada dalam kawasan Maribaya Resort and Spa.

Walaupun jembatan tersebut terbuat dari kayu, namun cukup kuat, aman dan tidak berbahaya. Sky bridge sendiri menawarkan view alam tebing yang sangat rindang. Letaknya yang berada di ketinggian membuat pengunjung dapat dengan jelas menikmati pemandangan ujung pepohonan yang sangat indah.

13. Observatorium Bosscha

Wisata murah observatorium bosscha Bandung

Tempat observasi ini memang tidak menyajikan keindahan alam daratan bumi. Melainkan menyajikan keindahan alam luar angkasa. Observatorium Bosscha merupakan satu – satunya tempat dimana setiap orang dapat menyaksikan hamparan luar angkasa. Mulai dari bintang, bulan, planet – planet dan benda langit lainnya.

Sayangnya tempat observasi ini sangat tertutup. Bagi yang hendak mengunjungi Observatorium Bosscha harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Sebab tanpa melakukan reservasi, pengunjung hanya diizinkan memasuki area taman saja.

14. Bukit Bintang Bandung

Bukit Bintang Bandung
Credit : Cep Budhi Darma / Wisata IDN

Bintang Hills atau puncak bintang merupakan sebuah bukit yang menyajikan suasana alam dari ketinggian. Selain itu di destinasi wisata ini terdapat berbagai macam spot foto kekinian yang instagramable dan beberapa gardu pandang untuk mengeksplorasi alam dari puncak bukit. Kamu bisa melihat pemandangan Kota Bandung dari sini.

15. Tebing Keraton Bandung

Tebing Keraton Bandung
Credit : Safran Nasution

Destinasi wisata alam ini masih termasuk ke dalam kompleks hutan raya Ir H Juanda. Walaupun hutan raya Ir H Juanda menyajikan beberapa spot untuk eksplorasi alam, berbeda halnya dengan spot yang satu ini.

Tebing Keraton Bandung memang mempunyai suasana alam yang sangat eksotis. Namun objek wisata ini tidak terfokus pada keindahan alam sekitar. Melainkan terfokus pada area spot foto. Di Tebing Keraton hanya tersedia spot foto yang menarik dan kekinian. Karena itulah spot ini merupakan spot utama dan spot favorit remaja yang mengunjungi hutan raya Ir H Juanda.

16. Dusun Bambu Bandung

Taman Arimbi Dusun Bambu
Credit : Dusun Bambu / Wisata IDN

Dusun bambu lembang yang terletak di Kabupaten Bandung Barat ini merupakan sebuah resort yang mempunyai konsep alam. Destinasi wisata ini mempunyai fasilitas resort yang sangat kompleks. Salah satunya adalah area playground untuk anak – anak.

Di resort ini juga disediakan sebuah villa bagi yang hendak bermalam. Selain itu juga terdapat beberapa area spot foto yang menarik seperti taman bunga. Lalu juga tersedia Cafe dan restoran dengan menu yang khas, mulai dari kuliner lokal hingga mancanegara. Fasilitas lain yang tersedia adalah mengelilingi danau dengan kapal.

Baca Juga :   Hotel Di Jalan Prapanca Jakarta Selatan

17. Floating Market Bandung

Floating Market Bandung
Credit : Jason Oliver / Wisata IDN

Floating Market merupakan sebuah pasar tradisional yang unik. Para pedagang menjual dagangannya dengan kapal tradisional. Sebagian besar Floating Market Indonesia berada di pulau Kalimantan dan Sulawesi yang mempunyai kondisi sungai luas dan lebar.

Jika kamu ingin melihat Floating Marketnya Kalimantan, silahkan kunjungi beberapa tempat wisata di Banjarmasin yang menarik buat liburan.

Kini di Bandung telah tersedia sebuah destinasi wisata dengan konsep Floating Market. Para pedagang pun akan berkeliling danau untuk menjual dagangannya. Sebagian besar barang yang di jual berupa buah – buahan. Bagi pengunjung yang hendak membelinya juga harus menghampiri para pedagang tersebut dengan menggunakan perahu.

Selain kawasan Floating Market, destinasi wisata ini juga memiliki beberapa spot foto kekinian yang menjadi objek utama setiap orang. Lalu juga tersedia area playground dan juga restoran.

18. Taman Bunga Begonia Lembang

Taman Bunga Begonia
Credit : Juret Gale / Wisata IDN

Taman Bunga Begonia merupakan sebuah taman dengan konsep bunga. Taman ini bukan hanya sekedar sebagai taman bunga semata. Tetapi taman bunga ini sangat berbeda dari taman bunga pada umumnya. Hal tersebut menjadi faktor akan kepopuleran dari taman Begonia ini.

Di taman ini terdapat ratusan spesies bunga. Bunganya pun tertanam dengan sangat rapi yang tersusun di atas tanah yang di bagi menjadi beberapa kavling. Masing-masing kavling mempunyai jenis bunga yang berbeda-beda. Hal lain yang paling menarik dari taman ini adalah susunan warna bunga yang sangat teratur. Sehingga dapat menghasilkan suatu perpaduan warna yang sangat indah dan eksotis.

19. De’ Ranch Lembang

Wisata murah de ranch

De Ranch Lembang menyajikan suasana alam pegunungan yang khas dengan budaya Amerika Latin, seperti Coboy misalnya. Bangunannya pun juga sangat identik dengan nuansa Amerika.

Di Amerika Latin sendiri coboy dikenal sebagai seseorang yang sangat ahli dalam menunggang kuda. Lalu mereka juga pandai dalam menggunakan senjata, bahkan ketika sedang menunggangi kuda. Pengunjung pun dapat berlatih menunggang kuda dengan kostum ala coboy.

20. Dago Dream Park

Dago Dream Park Lembang Bandung
Credit : Joan Setiadi / Wisata IDN

Destinasi wisata bukit ini menyajikan suasana alam dari ketinggian. Ada berbagai macam spot dengan view bukit yang cukup luas. Dari semua spot yang ada, ada salah satu spot yang menjadi ciri khas Dago Dream Park,yaitu flying Lounge.

Flying lounge Dago dream park mungkin merupakan salah satu flying lounge yang ada di Indonesia. Spot tersebut merupakan sebuah sofa nyaman yang menggantung di pohon.

Spot ini bisa juga di katakan ayunan langit. Sebab tepat di bawah flying lounge merupakan tebing dengan nuansa atas bukit yang mempesona. Bagi beberapa orang spot tersebut sangat menarik, tetapi tidak bagi penderita fobia ketinggian.

21. Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole Lembang Bandung
Credit : OKIDIGITAL Mang Enday / Wisata IDN

Orchid forest cikole lembang merupakan taman bunga anggrek terbesar dan terluas di Indonesia. Koleksi spesies anggrek di taman ini juga paling lengkap diantara taman bunga lainnya.

22. Jendela Alam Bandung

Jendela Alam Bandung
Credit : Reza Herdiansyah / Wisata IDN

Jendela alam Bandung merupakan destinasi wisata yang rekomended untuk anak-anak. Pada dasarnya, tujuan dari destinasi wisata anak di Bandung adalah untuk memberikan edukasi bagi anak-anak. Karena itulah Jendela Alam Lembang selalu menjadi target utama dalam study tour, khususnya untuk anak playground, SD dan Tk.

Disini, anak -anak akan memperoleh berbagai macam pelajaran mengenai kehidupan alam beserta manfaat ilmiahnya. Misalnya, pada jendela alam ini, anak-anak akan mengetahui tentang dunia hewan. Mulai dari jenis makanan hingga habitatnya.

Selain itu anak-anak juga akan memperoleh pelajaran tentang dunia tumbuhan, terutama berbagai macam jenis sayur-sayuran. Anak-anak pun akan mengetahui pentingnya mengkonsumsi sayur. Lalu juga kandungan hingga manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

23. Sanghyang Heuleut

Wisata Sanghyang Heuleut
Credit : Agus Jaya Saputra / Wisata IDN

Sanghyang Heuleut adalah sebuah danau yang konon merupakan peninggalan jaman purba. Danau ini juga sangat identik dengan gambaran purbakala. Air danau berwarna hijau, tetapi cukup jernih dan bersih. Warna hijau dari danau tersebut di sebabkan karena adanya kandungan lumut yang hidup di dalam air.

Selain itu, danau sanghyang juga dikelilingi dengan batuan cadas raksasa. Batuan besar itu juga masih sangat keras dan tidak retak. Kondisi warna air hijau dan bebatuan cadas besar melengkapi suasana era purbakala. Karena itulah destinasi wisata ini dapat dimanfaatkan sebagai background foto dengan tema purbakala.

24. Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan
Credit : Alexhander’S Music / Wisata IDN

Sumber mata air Sedang Geulis Kahuripan menjadi destinasi wisata alam yang favorit di Bandung Barat. Sebab kondisi air yang dimiliki Sendang Geulis Kahuripan sangat jernih. Hal tersebut dapat terlihat dengan jelas kondisi bawah air dari permukaan. Destinasi wisata ini juga sering dijadikan latar foto dengan konsep dalam air.

Arus air yang sangat tenang menjadikan tempat tersebut sangat aman untuk berenang. Sumber mata air ini juga tidak terlalu dalam, kedalamannya hanya sekitar ±130 cm. Selain berenang, pengunjung pun dapat melakukan aktivitas air lainnya. Seperti free cliff jumping dari batuan besar maupun dari jembatan pohon.

25. Grafika Cikole Lembang Bandung

Grafika Cikole Lembang
Credit : Adi Saputra / Wisata IDN

Destinasi wisata ini berupa sebuah taman yang berada di dalam hutan pinus. Temannya pun juga bukan hanya sekedar taman pada umumnya. Melainkan sebuah taman dengan konsep hutan yang sangat khas. Di Grafika Cikole Lembang tersedia berbagai macam bangku yang terbuat dari pohon yang masih utuh. Pengunjung pun dapat bersantai di bangku tersebut sambil menikmati suasana hutan.

Sementara itu untuk spot utama dari objek wisata alam tersebut adalah hutan pinus yang sangat lebat. Tempat ini mempunyai udara yang sangat sejuk dan sering diselimuti kabut yang cukup lebat sehingga sinar matahari tidak sanggup menembus lebatnya kabut dan pepohonan pinus. Hal inilah yang membuat kondisi dari hutan tersebut sangat sejuk.

26. Pemandian Air Panas Ciater

Wisata Pemandian Air Panas Ciater
Credit : Aryanto Wijaya / Wisata IDN

Kondisi dataran Bandung yang pada dasarnya berupa pegunungan, membuat destinasi wisata pemandian air panas sangat rekomended. Dengan berendam di kolam air panas tentu dapat menghangatkan tubuh dari sejuknya udara Bandung.

Baca Juga :   Harga Perhiasan Emas Di Kranggan Semarang Hari Ini

Sumber air panas ciater ini berasal dari kawah gunung tangkuban perahu. Objek wisata seperti ini tidak akan kamu dapatkan jika berkunjung ke Tempat Wisata di Jakarta.

27. Curug Cimahi

Foto curug cimahi Bandung
Credit : Dede Rudianto / Wisata IDN

Tempat wisata di Bandung Barat yang tidak boleh terlewatkan adalah curug cimahi. Curug cimahi sering juga di sebut air terjun pelangi. Banyak sekali spot foto yang ada disini, kamu bisa mengabadikan momen istimewa dengan keluarga ataupun pasangan.

Lokasi air terjun ini berada di Desa Kertawangi, Kecmatan Cisarua. Untuk harga tiket masuk Curug Cimahi Bandung adalah Rp. 15.000 per orang. Cukup murah bukan?

Tempat Wisata di Bandung Kota

Seperti yang telah kita ketahu, Kota Bandung merupakan Kota Metropolitan terbesar di kawasan Provinsi Jawa Barat. Terlepas dari itu semua, kota kembang memiliki berbagai jenis wisata.

Pada umumnya, wisata di kota Bandung berupa Taman dan wisata alam. Suasananya hampir sama jika di bandingkan dengan Tempat Wisata di Bogor.

28. Gunung Tangkuban Perahu

Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung
Credit : Sayuti Katrem / Wisata IDN

Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu objek wisata di Kota Bandung yang sudah sangat terkenal. Sebab gunung tersebut merupakan bukti dari sebuah cerita rakyat Sangkuriang.

Menurut beberapa orang, cerita Sangkuriang hanyalah sekedar mitos belaka. Namun ada yang beranggapan bahwa cerita tersebut memang benar terjadi. Hal ini dibuktikan dengan bentuk gunung tangkuban perahu yang menyerupai sebuah kapal dengan posisi tengkurap.

Disamping mitos yang beredar, gunung tangkuban perahu mempunyai view yang cukup apik dan mempesona. Jadi tidak heran jika destinasi wisata tersebut menjadi salah satu tempat wisata di Kota Bandung yang cukup populer.

Selain itu, di dalam kompleks Gunung Tangkuban Perahu terdapat 2 buah kawah, yaitu kawah ratu dan kawah domas. Untuk kawah ratu mempunyai ukuran yang lebih besar daripada kawah domas.

Kandungan belerang kawah tersebut cukup tinggi. Pengunjung pun dapat merebus telur ataupun jagung hanya dengan meletakkannya dalam kawah.

29. Taman Hutan Raya Djuanda

Taman Hutan Raya Djuanda
Credit : Anisa Retnoastri / Wisata IDN

Kompleks wisata alam ini merupakan destinasi wisata alam terlengkap di Indonesia. Ada berbagai macam spot alam yang terdapat di taman hutan raya Ir H Juanda. Dari berbagai macam spot alam yang ada, spot yang paling utama adalah koleksi tumbuhannya. Di hutan raya ini dapat dijumpai ±2.500 species tumbuhan. Bahkan beberapa spesies tumbuhan yang ada tergolong ke dalam jenis tumbuhan langka.

Selain koleksi berbagai macam spesies tumbuhan yang berjumlah fantastis, di dalam kompleks wisata ini juga tersedia hamparan kebun teh yang luas dan 3 buah air terjun sekaligus. Air terjun tersebut antara lain ialah air terjun Dago, air terjun Omas dan air terjun alay.

Sementara untuk spot yang bernuansa sejarah berupa bangunan dan beberapa monumen. Dalam hutan raya ini terdapat 2 buah bangunan pada masa kolonial. Bangunan tersebut hanya berupa goa Belanda dan goa Jepang. Spot sejarah lain yang dapat dijumpai di hutan raya adalah museum, monumen dan prasasti.

Museum yang terdapat di hutan raya ini adalah museum Ir H Juanda. Di kawasan ini juga terdapat sebuah monumen yang berupa patung dari Ir H Juanda. Selain itu juga terdapat sebuah prasasti Raja Thailand.

30. Taman Balai Kota Bandung

Tempat Wisata Taman balai kota Bandung
Credit : Kukuh Primananda Putra / Wisata IDN

Balai Kota bukan hanya sekedar menjadi pusat pemerintahan, namun juga sebagai salah satu destinasi wisata favorit setiap orang. Di area Balai kota terdapat sebuah taman yang dibuka untuk umum. Taman Balai Kota Bandung juga menjadi taman yang paling mengesankan.

Sebab pemrakarsa utama dari taman kota adalah Ridwan Kamil atau sering disapa dengan Kang Emil. Beliau sendiri merupakan mantan wali kota Bandung yang kini tengah menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat.

Kang Emil sendiri yang telah menjadikan taman balai kota yang hanya berupa taman bunga, menjadi taman dengan spot yang sangat menarik dan kekinian. Dari semua spot yang ada, taman puzzle merupakan salah satu spot yang sangat rekomended.

Taman Balai Kota Bandung juga mempunyai lokasi yang sangat strategis. Karena lokasi ini dapat dijangkau dengan BRT Bandung. Selain itu, objek wisata ini juga menjadi salah satu destinasi wisata Bandung dekat stasiun. Jadi bagi yang berasal dari Bandung tidak kesulitan dalam hal transportasi.

Tempat Wisata di Bandung yang Murah Meriah

Tempat Wisata di Bandung

Ingin tahu beberapa tempat wisata di Bandung yang murah? Pada ulasan berikut ini, akan dijelaskan secara detail beberapa tempat wisata yang sangat murah dan menarik di Bandung.

Jadi, kalian tetap bisa membuat momen menyenangkan di Bandung meski dengan budget tipis. Beda halnya jika kamu merencanakan liburan ke Tempat Wisata di Gianyar. Tentu memerlukan budget lebih.

Kota dengan suhu udara yang dingin ini memang sudah terkenal sebagai kawasan wisata terbaik di Indonesia. Lokasinya yang tak terlalu jauh dari ibu kota membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh warga ibu kota.

Khusus untuk Anda yang mempunyai budget tipis, tempat mana saja sih yang direkomendasikan untuk Anda? yuk cari tahu jawabannya di sini. Berikut adalah wisata Bandung murah 2020.

  • Curug Maribaya Bandung
  • De Ranch Bandung
  • Floating Market Bandung
  • Observatorium Bosscha
  • Jendela Alam
  • Kebun Binatang Bandung
  • Kawah Putih Bandung
  • Gunung Tangkuban Perahu
  • Dusun Bambu

Hampir semua jenis wisata ada di Bandung, mulai dari obyek wisata alam, wisata kuliner, wisata keluarga, hingga wisata edukasi untuk buah hati ada di Kota ini. Untuk kamu yang berada di luar pulau jawa dan ingin liburan ke Bandung, ada baiknya mencari paket wisata Bandung di Google.

Itulah daftar dari tempat wisata di bandung yang sangat rekomended. Masing-masing destinasi wisata yang ada di Bandung mempunyai ciri khas yang berbeda – beda. Sehingga Anda harus mengunjunginya satu per satu. Selamat berlibur!

Tempat Wisata Di Bandung Saat Bulan Puasa

Sumber: https://www.wisataidn.com/tempat-wisata-di-bandung/