Tempat Jual Kain Murah Di Jakarta

By | September 12, 2022

Tempat Jual Kain Murah Di Jakarta

Toko kain terbesar di Jakarta ada beberapa lokasi. Hal ini mungkin harus dimaklumi, sebab sebagai ibu kota negara, Jakarta memang menjadi rujukan bagi banyak pedagang kain.

Dengan pertanyaan toko kain terbesar di Jakarta, sebenarnya agak susah bagi orang yang mendapatkan pertanyaan. Sebab beberapa toko kain di Jakarta tidak menjual beragam jenis kain.

Ada yang memang mengkhususkan diri dengan menjual kain flanel, batik, denim, katun dan sebagainya.

Dan kalian jangan menganggap meski hanya menjual satu jenis bahan, koleksinya sedikit. Asal tahu saja, satu jenis bahan saja bisa memiliki banyak jenis.

Karena itu, sebaiknya kalian ingin datang ke toko kain terbesat di Jakarta ada beberapa hal yang harus kalian ketahui. Salah satunya ialah tulislah daftar bahan kain yang ingin dibeli.

Lengkapi juga dengan ukurannya biar karyawan toko lebih cepat melayani para pembeli. Tidak jarang lho toko kain di Jakarta juga melayani pembelian dalam paryai besar atau grosiran.

Toko Kain Terbesar di Jakarta

Meski tidak semua terwakili, setidaknya beberapa toko kain terbesar di Jakarta ini bisa memberikan penjelasan. Khususnya bagi kalian yang belum pernah sama sekali menginjakkan kaki ke Jakarta.


Foto : tirto.id

1. Pasar Tanah Abang


Jika menyebut Pasar Tanah Abang, yang terbayang pasti keriuhan para pembeli dan penjual serta pengangkut barang yang lalulalang. Bisa dikatakan hampir segala jenis kain ada di pasar ini.

Pasar ini diklaim sebagai pusat sandang ibu kota. Ia selalu menjadi pilihan masyarakat dari berbagai provinsi di Indonesia bahkan beberapa negara tetangga.

Tahukah kalian jika Pasar Tanah Abang sudah berdiri sejak tahun 1700-an. Namun kala itu warga menyebutnya dengan nama Pasar Sabtu. Kios-kios di Pasar Sabtu awalnya dibangun oleh tuan tanah Yustinus Vinck pada 30 Agustus 1735.

Baca Juga :   Lirik Lagu Halo Halo Bandung Beserta Not

Sangking terkenalnya, keberadaan pasar ini mampu menyaingi Pasar Senen yang lebih dulu ada.

Pasar Tanah Abang semakin dikenal setelah Pemerintah Hindia Belanda membangun Stasiun Tanah Abang yang pertama kali dioperasikan pada 1 Oktober 1899.

Ramainya Pasar Tanah Abang juga ditunjang dengan dibangunnya fasilitas keagamaan yakni Masjid Al Makmur dan Klenteng Hok Tek Tjen Sien yang seusia dengan pasar tersebut.

Pasar ini memang ramai dan luas, sehingga kalian harus mengenal petanya. Setelah parkir di lantai atas, kalian dapat langsung menuju ke lantai B2.

Lantai B2 ini adalah sentra kain dengan harga yang sangat miring. Untuk katun, kanvas, sifon, denim, bisa kalian dapat di Lantai B2 Blok B. Dan untuk kain brokat, organdi, dan kain-kain perlengkapan pesta kalian bisa temukan di Lantai B2 Blok A.

Foto : mediaindonesia.com

2. Pasar Mayestik


Bagi kalian kaum hawa yang hobi berburu bahan kain, selain Pasar Tanah Abang ada lagi referensi toko kain terbesar di Jakarta lainnya. Namanya Pasar Mayestik yang berada di kawasan Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Pasar ini menyediakan berbagai jenis kain dengan harga yang tentu saja beragam. Baik kalian yang ingin belanja kain eceran atau grosiran, silakan ke sini untuk menemukan apa yang dibutuhkan.

Tempat ini disebut sebagai pusat penjualan kain terbaik di Jakarta Selatan. Sama seperti Pasar Tanah Abang, di Pasar Mayestik juga didatangi pembeli dari daerah lainnnya.

Pasar ini sempat direnovasi pada 2014. Usai direnovasi justri semakin ramai. Apalagi akses menuju lokasi ini semakin dipermudah. Banyak rute bisa dipilih calon pembeli.

Kalian silakan masuk saja menuju bagian belakang gedung utama untuk menemukan jejeran toko bahan kain di pasar ini. Begitu banyak ragam kain dijual.

Baca Juga :   Lirik Lagu Bengawan Solo Beserta Notnya

Apakah itu kain sari India, bahan brokat, fashion muslim, kebaya, dan lain sebagainya. Dan uniknya, jika kalian sudah menemukan kain yang sesuai dan ingin menjahitnya di sekitar pasar akan mudah menemukan penjahit.

Foto : aktual.com

3. Pasar Cipadu


Di pinggiran kota Jakarta terdapat sebuah pasar khusus tekstil dan garmen yang sangat lengkap. Malahan ada yang mengatakan pasar ini merupakan pasar tekstil dan kain terbesar di Indonesia.

Terletak di sepanjang Jalan KH. Wahid Hasyim, pasar ini disebut Pasar Cipadu. Tak hanya menyediakan beragam kain atau tekstil, Cipadu juga menyediakan berbagai macam garmen atau olahan tekstil.

Jangan heran jika datang ke tempat ini dan melihat banyak sekali usaha konveksi. Supaya mendapatkan barang kebutuhan kalian sekaligus, maka di sini juga ada yang menjual peralatan mesin jahit beserta suku cadangnya.

Selain bahan kain lembaran, kalian juga bebas untuk mendapatkan gorden, sprei beserta sarung bantal dan guling, selimut, bed cover, resleting, handuk, baju bahkan hingga kebaya.

Ada pula hasil jahitan konveksi penduduk sekitar pasar. Misalnya tas, mukena, taplak meja dan masih banyak lagi. Bahkan saking banyaknya, sepertinya seluruh produk berbahan dasar kain, dijual disini.

Kelengkapan produk tekstil dan garmen yang tersedia disini membuat kawasan ini selalu ramai pengunjung. Bukan hanya berasal dari wilayah Tangerang, namun juga dari luar kota!

Satu lagi keunikan menentukan harga di pasar ini. Jika lazimnya membeli bahan kain dihitung ukurannya, maka di Pasar Cipadu akan ditentukan berdasarkan beratnya. Ya, dijualnya kiloan.

Umumnya harga tekstil per-kilo berkisar Rp30  – Rp80 ribu. Sementara harga permeter mulai dari Rp12 ribu sampai 80 ribu, tergantung bahan dan motifnya.

Baca Juga :   Jadwal Dokter Rs Restu Kasih Jakarta Timur

Menuju Pasar Cipadu sangat mudah, ada kendaraan umum yang berlalu lalang di area ini. Jika kalian dari arah Ciledug Raya, temukan pasar swalayan “Giant Kreo”. Dari sana cukup menaiki angkutan umum dengan kode C12 ke arah Ceger.

Begitupun sebaliknya jika kalian dari arah Ceger, cukup temukan Perumahan PJMI. Kalian bisa menaiki angkutan umum yang sama yaitu C12.

Kawasan Pasar ini umumnya beroperasi sekitar pukul 09.00 sampai 16.00 WIB.

4. Pasar Baru

Pasar yang terletak di kawasan Jakarta Pusat ini sudah ada sejak tahun 1820. Merupakan pusat perbenjaan tertua di Jakarta.  Pasar Baru ini identik dengan sepatu, peralatan make up, dan juga textille. Sebagian penjual textile banyak dimiliki oleh keturunan India.
Harga yang ditawarkan sangat bervariatif, bahkan ada juga yang sangat murah dengan kualitas yang lumayan. Apalagi kalo pembelian dalam jumlah banyak, disini bisa ditawar lho…

Pasar Baru menjadi tujuan favorit untuk mencari kain yang berbahan premium. Pasar yang dahulu bernama Passer Baroe ini sangat gagah dengan gapuranya yang tinggi menjulang, terlihat jelas dari tepi jalan raya.

Toko kain yang ada disini banyak yang melengkapi dengan jasa jahit juga. Jadi praktis yaa, nggak usah kebingungan lagi mencari penjahit.

Pastikan memakai outfit yang nyaman yaa, karena banyak toko menarik untuk dikunjungi dan menyegarkan mata.

Demikianlah artikel tentang Toko Kain Terbesar di Jakarta, semoga memberikan manfaat. ***

Tempat Jual Kain Murah Di Jakarta

Sumber: https://www.adhiantirina.com/2021/11/toko-kain-terbesar-di-jakarta.html