Persoalan Yang Diangkat Dalam Pidato Disebut

Orang Yang Ahli Menyampaikan Pidato Disebut Blog Seputar Pertanyaan
Orang Yang Ahli Menyampaikan Pidato Disebut Blog Seputar Pertanyaan from orangyangdisebut.blogspot.com

Pengertian Pidato

Pidato adalah suatu bentuk pengungkapan gagasan secara lisan yang disampaikan kepada khalayak umum. Pidato biasanya disampaikan dalam acara resmi atau nonresmi seperti rapat, seminar, peringatan, dan lain-lain. Pidato dapat diangkat dari berbagai persoalan yang menjadi perhatian masyarakat.

Persoalan dalam Pidato

Persoalan yang diangkat dalam pidato bisa berupa berbagai hal, seperti isu sosial, politik, ekonomi, budaya, dan lingkungan. Pidato dapat digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan ide, pemikiran, dan gagasan kepada masyarakat. Dalam pidato, pembicara dapat mengangkat persoalan yang sedang menjadi perhatian masyarakat agar dapat menjadi perhatian bersama.

Tujuan Pidato

Tujuan dari pidato adalah untuk menyampaikan pesan yang ingin disampaikan oleh pembicara kepada khalayak umum. Pesan yang disampaikan dapat berupa informasi, motivasi, atau ajakan untuk bertindak. Pidato juga dapat digunakan sebagai sarana untuk mempengaruhi pendapat masyarakat terhadap suatu persoalan.

Cara Menyusun Pidato

Untuk menyusun pidato yang baik, pertama-tama harus memilih topik yang relevan dengan perhatian masyarakat. Kemudian, susunlah pidato dengan struktur yang jelas, mulai dari pengantar, pembukaan, pembahasan, dan penutup. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh khalayak umum dan hindari penggunaan bahasa yang terlalu teknis. Selain itu, gunakan teknik presentasi yang menarik perhatian, seperti menggunakan gambar, video, atau cerita yang relevan.

Contoh Pidato

Berikut adalah contoh pidato yang diangkat dari persoalan lingkungan:

Pengantar

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua.

Pembukaan

Saya ingin memulai pidato saya dengan mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah mengundang saya untuk berbicara di acara ini. Hari ini, saya ingin mengangkat sebuah persoalan yang menjadi perhatian seluruh masyarakat, yaitu persoalan lingkungan.

Baca Juga :   Potensi Cadangan Batubara Di Indonesia Banyak Ditemukan Di Pulau

Pembahasan

Kita semua tahu bahwa lingkungan hidup kita semakin hari semakin terancam. Sampah plastik yang tidak terkelola dengan baik, polusi udara dan air, serta perusakan hutan dan lahan menjadi masalah serius bagi keberlangsungan hidup kita di masa depan. Oleh karena itu, kita harus bergerak bersama-sama untuk menjaga lingkungan hidup kita.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga lingkungan hidup, seperti memilah sampah, mengurangi penggunaan plastik, dan menanam pohon. Selain itu, kita juga harus mengubah pola pikir kita untuk lebih peduli terhadap lingkungan hidup. Kita harus menyadari bahwa bumi ini adalah rumah kita bersama dan kita harus menjaganya agar tetap lestari untuk generasi yang akan datang.

Penutup

Saya ingin mengakhiri pidato saya dengan mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak bersama-sama dalam menjaga lingkungan hidup kita. Mari kita mulai dari hal-hal kecil seperti memilah sampah dan mengurangi penggunaan plastik. Kita semua memiliki tanggung jawab untuk menjaga bumi ini agar tetap lestari dan indah untuk generasi yang akan datang. Terima kasih.

Kesimpulan

Pidato adalah bentuk pengungkapan gagasan secara lisan yang disampaikan kepada khalayak umum. Persoalan yang diangkat dalam pidato bisa berupa isu sosial, politik, ekonomi, budaya, dan lingkungan. Tujuan dari pidato adalah untuk menyampaikan pesan yang ingin disampaikan oleh pembicara kepada khalayak umum. Untuk menyusun pidato yang baik, perlu memilih topik yang relevan, susunlah pidato dengan struktur yang jelas dan gunakan bahasa yang mudah dipahami. Contoh pidato di atas mengangkat persoalan lingkungan dan mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga lingkungan hidup kita. Mari kita semua bergerak bersama-sama untuk menjaga bumi ini agar tetap lestari dan indah.

Baca Juga :   Jurusan Kesehatan Yang Menjanjikan Di Masa Depan