Perbedaan Gelatik Batu Jantan Dan Betina

By | November 3, 2022

Perbedaan Gelatik Batu Jantan Dan Betina

Burung Gelatik Batu jantan dan betina

On Kicau
– Memelihara burung-burung kecil memang sangat menyenangkan karena selain rata-rata harganya lebih murah dibanding burung-burung berukuran besar, burung-burung kecil juga lebih mudah dalam perawatannya. Burung kecil juga tidak mudah stress dan bisa cepat bunyi meskipun dipelihara dari bakalan.

Burung berukuran kecil juga tidak memerlukan kandang yang berukuran besar sehingga mudah dalam penempatannya dan lebih mudah ketika dibawa kemana-mana meskipun dengan mengendarai sepeda motor.

Salah satu burung kecil yang cukup populer dan banyak dipelihara oleh para Kicau Mania adalah burung Glatik Batu atau Glatik Watu. Burung ini adalah burung kicauan pemakan serangga yang memiliki ukuran tubuh kecil hampir seukuran dengan burung Prenjak dan burung Ciblek.

Baca juga:
Cara merawat burung Ciblek bakalan agar cepat bunyi

Burung Glatik Batu/Glatik Watu/Glatik Wingko banyak dipelihara oleh para Kicau Mania karena burung ini memiliki suara kicauan yang nyaring dan merdu. Burung ini juga sering dijadikan sebagai burung masteran untuk memperkaya materi isian burung-burung lain seperti burung Kacer, Murai Batu, Cucak ijo, Jalak Suren, dan burung-burung lainnya.

Biasanya burung Glatik Batu yang banyak dipilih untuk dipelihara oleh para penggemar burung ocehan adalah yang berjenis kelamin jantan karena lebih rajin berkicau dan suaranya lebih nyaring serta labih bervariasi dibanding burung Glatik Batu betina.

Tapi untuk membedakan jenis kelamin burung Glatik Batu memang agak sulit, terutama bagi para penggemar burung pemula karena antara burung Glatik Batu jantan dan burung Glatik Batu betina memiliki bentuk fisik dan warna bulu yang hampir serupa. Tapi jika diperhatikan dengan lebih seksama sebetulnya ada beberapa ciri-ciri yang bisa dikenali membedakan antara burung Glatik Batu jantan dan betina.

Baca Juga :   Ikan Yang Banyak Ditemukan Di Indonesia Bagian Barat Adalah

Berikut ini beberapa ciri-ciri perbedaan antara burung Gelatik Batu jantan dan betina:

1. Burung Gelatik Batu jantan memiliki garis hitam yang tebal dan tidak terputus dari leher sampai pangkal ekornya, sedangkan burung Glatik Batu betina memiliki garis hitam yang tipis dan putus-putus dibeberapa bagian sampai sebatas perut.

2. Postur tubuh burung Glatik Batu jantan terlihat lebih panjang dan tegak (gagah), sedangkan postur tubuh burung Gelatik Batu betina terlihat lebih pendek atau buntet.

3. Bulu-bulu yang berwarna hitam dibagian kepala dan pada garis dada burung Glatik Batu jantan tampak lebih tegas dan mengkilap, sedangkan bulu-bulu warna hitam pada burung Gelatik Batu betina tampak agak kusam.

4. Meskipun sama-sama bisa gacor, tapi suara burung Glatik Batu jantan terdengar lebih keras dan nyaring serta lebih bervariasi, sedangkan suara kicauan burung Glatik Batu betina cenderung monoton dengan volume yang kurang keras. Burung Glatik Batu jantan juga lebih rajin bunyi dan cepat gacor.

Di alam bebas burung Glatik Batu biasa memakan ulat, serangga-serangga kecil, dan binatang-binatang kecil lainnya. Tapi ketika dipelihara didalam kandang sebaiknya burung dilatih untuk makan voer untuk memudahkan dalam perawatan hariannya, sehingga kita tidak repot untuk menjaga ketersediaan pakan alaminya.

Burung Gelatik Batu atau Gelatik Wingko termasuk burung kicauan yang mudah dirawat dan cepat beradaptasi dengan lingkungan baru, sehingga burung ini bisa cepat bunyi meskipun dipelihara dari bakalan tangkapan hutan.

Baca juga:

Cara merawat burung Glatik Batu bakalan agar cepat bunyi

Tips perawatan burung Glatik Jawa/Gelatik Belong dan cara menangkarkannya

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan burung Glatik Batu jantan dan betina paling akurat yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung kicauan, dapat dibaca pada artikel
On Kicau
lainnya.

Baca Juga :   Perpindahan Dari Kota Ke Desa Disebut

Semoga bermanfaat

Terima kasih

Perbedaan Gelatik Batu Jantan Dan Betina

Source: https://www.onkicau.com/2020/11/ciri-ciri-perbedaan-burung-glatik-batu-jantan-dan-betina-paling-akurat.html