Ikan Badut Dan Anemon Laut Termasuk Simbiosis

Ikan Badut Dan Anemon Laut Termasuk Simbiosis


Apakah yang di maksud dengan keseimbangan mental


Sebutkan bagian bagian alat reproduksi laki laki​


Apakah yang menjadi dasar pengelompokan ordo! ada yang bisa?​


sebuah bandul sederhana bergetar dengan frekuensi 12 hz,jumlah getaran Yang terjadi Dalam waktu 1 menit adalah? a.12 b.72 c.360 d.720​


Ciri-ciri iklan sebagai berikut, kecuali …. a. monoton b. komunikatif C. informatif d. menarik​


Tuliskan zat terlarut dan zat pelarut pada masing-masing benda berikut!a. kuah bakso yang diberi kecap.b. Susu bubuk yang dilarutkan dalam air hangat. …

c. Tinta yang diteteskan ke dalam segelas air.Jawab dengan benar!!!​


sebutkan 5 kewajiban manusia terhadap sungai!​


membahas anak dengan masalah tidur dengan topik: excessive sleepines.jelaskan definisi dan penanganan kasusnya​


Mengapa kita harus memerhatikan kebutuhan bahan pangan saat ini?


kasus penyakit TBC paru dikecamatan bahagia pada waktu dilakukan survey pada Juli 2005 adalah 48 orang dan penduduk dikecamatan tersebut berjumlah 240 …

00 orang. maka prevalence rate TBC dikecamatan tersebut adalah​

Ikan Badut dan Anemon Laut, Foto: Dok. National Geographic Girds



Simbiosis

adalah interaksi dua organisme atau makhluk hidup dari jenis yang berbeda. Tentu saja hubungan ini memiliki implikasi tersendiri bagi kedua makhluk hidup tersebut. Interaksi kedua makhluk hidup ini juga dapat dibedakan dari pengaruhnya.



Pernahkah Anda melihat hubungan harmonis antara ikan badut dan anemon laut? Nah, secara biologi hubungan harmonis yang terjadi antara ikan badut dan anemon laut merupakan kajian simbiosis. Hubungan anemon laut dengan ikan badut merupakan bentuk simbiosis mutualisme.


Simbiosis Mutualisme Ikan Badut dan Anemon Laut



Ikan

Badut dan anemon laut punya hubungan yang cukup harmonis, lho. Keduanya menjalin hubungan yang saling menguntungkan, atau biasa disebut sebagai simbiosis mutualisme. Dalam interaksinya, anemon laut selalu diuntungkan dengan keberadaan ikan badut.


Baca Juga :   Apakah Peranan Dekomposer Dalam Daur Nitrogen Fosfor Dan Karbon


Ikan badut yang hidup di sekitar anemon laut akan memakan alga dan berbagai hewan

invertebrata

minor yang dapat membahayakan kelangsungan hidup anemon. Begitu pula ikan badut sangat merasa diuntungkan karena mendapat makanan dari anemon.


Hubungan harmonis keduanya tidak berhenti sampai di situ. Konon, ikan fases

badut

Bisa juga membantu kesuburan dari anemon laut, lho. Ikan badut yang hidup di sekitar anemon laut juga akan mendapat perlindungan anemon dari predator laut yang ingin memakannya.


Ikan badut yang memiliki cahaya terang di tubuhnya akan memancing ikan-ikan kecil untuk datang ke anemon. Dimana ikan-ikan kecil yang terperangkap dan mengalami kelumpuhan akan menjadi makanan bagi anemon. Sisa anemon ini akan menjadi makanan ikan badut.


Nah, itulah hubungan harmonis yang terjalin antara ikan badut dan anemon

laut
. Meskipun anemon laut beracun, ikan badut dan anemon laut masih bisa hidup berdampingan. Bahkan tak jarang ikan badut menggunakan anemon sebagai tempat tinggal yang nyaman, lho. Bukankah itu keren? (RDY)

Source

Anemon laut merupakan hewan dari kelompok Cnidaria yang tergolong stasioner, artinya sebagian besar masa hidupnya dihabiskan tidak bergerak secara aktif. Ikan badut yang warnanya mencolok hidup diantara tentakel-tentakel anemon laut dan menghalau jenis ikan lain (ikan kepe-kepe) yang suka memakan anemon laut, sehingga anemon laut yang tidak bisa berlari dari musuh diuntungkan. Beberapa jenis ikan musuh alami ikan badut tidak tahan dengan racun yang dimiliki di sel penyengat anemon laut, sehingga ikan badut juga diuntungkan ketika hidup diantara tentakel anemon laut.

Dengan demikian, hubungan antara ikan badut dan anemon laut termasuk hubungan simbiosis mutualisme.

Menyebut anemon, ingatan kita mungkin akan melayang mengingat ikan badut atau sering disebut clown fish yang hidup di sela-sela ribuan anemon. Bahkan industri film hollywood, sampai membuat film bertema ikan bergaris-garis merah putih ini dalam film “Finding Nemo” yang terkenal itu. Keduanya, memang seperti tidak terpisahkan.

Baca Juga :   Penyinaran Matahari Terhadap Permukaan Bumi Tidak Dipengaruhi Oleh Faktor

Anemon sendiri,  memang sekilas terlihat seperti tumbuhan, tapi jika diamati lebih jauh, anemon laut merupakan jenis hewan dari keluarga Anthozoa. Bentuk tubuh anemon yang seperti bunga,membuatnya juga disebut sebagai mawar laut. Lipatan yang bundar di antara badan dan keping mulut membagi binatang ini kedalam kapitulum di bagian atas dan scapus bagian bawah. Di antara lengkungan seperti leher (collar) dan dasar dari kapitulum terdapat “fossa”. Kepingmulut bentuknya datar, melingkar, kadang-kadang mengkerut, dan dilengkapi dengan tentakel kecuali pada jenis limnactinia keping mulut tidak dilengkapi dengan  tentakel. Beberapa anemon laut dapat bergerak seperti siput, bergerak secara perlahan dengan cara menempel. .Sebagian besar anemon laut memiliki sel penyengat yang berguna untuk melindungi dirinya dari predator.

Ikan badut yang bersembunyi diantara anemon . Foto: Wisuda

Dan sel penyengat inilah yang dimanfaatkan oleh beberapa mahluk hidup untuk melindungi diri mereka dari para predator. Pada umumnya anemon sendiri dapat dijumpai di daerah terumbu karang yang dangkal, di goba atau di lereng terumbu tapi ada juga yang hidup di tepian padanglamun, tetapi tidak sedikit pula yang memilih tinggal di pasir. Bahkan Carlgren (1956) dalam penelitiannya menemukan beberapa jenis dari anemon yang hidup di kedalaman 6000 meter dan bahkan lebih dari 10.000 meter. Anemon jarang dijumpai pada daerah terumbu karang yang persentase tutupan karang batunya tinggi.

Ada lebih dari 1000 jenis anemon yang tersebar di seluruh dunia, yang diantaranya juga banyak terdapat di perairan Indonesia.

Pink anemon. Foto: Wisuda

Tentakel anemon mengeluarkan lendir yang melindungi diri dari sengatan antar tentakelnya. Dan lendir inilah yang juga digunakan oleh ikan badut untuk melindungi dirinya dari sengatan si anemon. Ikan badut, mempunyai cara agar kebal terhadap racun anemon. Yaitu dengan melumasi tubuhnya dengan lendir yang ada di tentakel anemon.

Baca Juga :   Pemasok Peralatan Industri

Antara anemon dan ikan badut, atau disebut juga ikan giru, terjalin hubungan symbiosis mutualisme, yaitu saling menguntungkan.ikan badut akan mengusir para predator anemon seperti ikan kupu-kupu, ketika hendak memangsa anemon, selain juga membersihkan sisa makanan dan  parasit dari anemon dengan memakannya. Demikian juga sebaliknya, anemon adalah rumah yang sangat aman bagi ikan badut, karena sengatan tentakelnya.

Ikan Badut, Jumlahnya Terus Berkurang di Habitat Asli

Ikan badut adalah ikan dari anak suku Amphiprioninae dalam suku Pomacentridae. Ada dua puluh delapan yang biasa dikenali, salah satunya adalah genus Premnas, sementara sisanya termasuk dalam genus Amphiprion.Mereka tersebar di lautan Pasifik, Laut Merah, lautan India, dan karang besar Australia. Spesies terbesar mencapai panjang 18 cm, sementara yang terkecil hanya 6 cm. Pada saat menetas, semua ikan badut adalah jantan. Dan ketika si betina, yang hanya ada satu di setiap anemonnya, mati, maka jantan terbesar akan merubah kelaminnya menjadi betina.

Bubble anemon. Foto: Wisuda

Selain ikan-ikan besar, ikan badut juga mempunyai musuh kecil yang tidak berbahayanya. Musuh itu berupa crustacea kecil yang menjadi parasit bagi ikan badut. Mereka tinggal di dalam tubuh ikan badut dan menghisap nutrisi si ikan badut, sampai akhirnya lemas dan kemudian mati.

Dewasa ini, ikan badut mulai banyak dicari orang untuk dijadikan binatang peliharaan. Beberapa penelitian dan budidaya sudah dilakukan terhadap ikan badut. Tetapi  walaupun begitu, kuota penangkapan di alam liarnya belum dijangkau oleh regulasi yang khusus, memang saat ini jumlahnya di alam masih sangat melimpah, tapi perlu juga dipikirkan keberlangsungannya, agar hewan lucu ini tidak menghilang dan langka. Selain juga agar ekosistem di laut tetap terjaga dan lestari.

Pink anemon. Foto: Wisuda

Ikan Badut Dan Anemon Laut Termasuk Simbiosis

Source: https://termasyhur.com/mengapa-ikan-badut-dan-anemon-laut-disebut-simbiosis-mutualisme