Home  »  Ragam   »   Jual Bibit Udang Windu Air Tawar

Jual Bibit Udang Windu Air Tawar

By | November 3, 2022

Jual Bibit Udang Windu Air Tawar

Lobster merupakan salah satu hewan air yang banyak dicari orang untuk dijadikan santapan lezat. Selain itu, banyak juga yang ingin membudidayakan lobster untuk diekspor. Supaya lebih hemat, biasanya para petani akan membeli benih yang harganya jauh lebih murah ketimbang lobster remaja atau dewasa. Jenis bibit atau baby lobster yang dijual di pasar adalah jenis lobster vietnam, lobster air tawar, lobster mutiara, dan lainnya.

Benih lobster (sumber: mongabay)

Jenis Lobster Budidaya

Di Indonesia, secara tradisional, pembesaran lobster atau bisnis budidaya hewan air ini dilakukan dengan cara menangkap bibit lobster terlebih dahulu di laut atau sungai.[1]
Sementara itu, petani lobster modern lebih suka mendapatkannya dengan cara membelinya di nelayan atau pusat penangkaran.

Lobster yang dibudidayakan dibedakan menjadi dua golongan, yakni lobster air tawar dan air laut. Lobster air tawar sendiri terbilang lebih banyak dibandingkan lobster air laut. Lobster seperti ini juga sering dijadikan sebagai hewan hiasan daripada untuk santapan. Hal ini karena lobster air tawar memiliki bentuk fisik yang indah dibanding lobster air laut.

Secara fisik, lobster air tawar memiliki banyak varian warna, mulai dari biru, merah, putih, dan oranye. Hewan air tersebut juga memiliki bentuk ekor yang indah dan seperti kipas. Beberapa jenis juga memiliki ekor yang panjang dan berkilauan. Selain itu, kebanyakan lobster air tawar tidak memiliki capit yang besar, sehingga tidak terlalu berbahaya.

Sementara itu, lobster air laut cenderung memiliki warna yang agak monoton. Biasanya, hewan air tersebut didominasi dengan warna cokelat, merah, atau bintik-bintik putih. Lobster ini juga tidak memiliki ekor yang lebar dan cenderung kecil. Beberapa lobster air laut malah mirip dengan udang, hanya saja memiliki cangkang yang keras dan berukuran besar.

Baca Juga :   Alat Musik Yang Cara Memainkannya Digesek Yaitu...

Hewan air laut yang dibudidaya dengan tujuan dijadikan bahan pangan ini biasanya memiliki ukuran tubuh lebih besar dibanding lobster air tawar. Beberapa jenis lobster air laut juga dibiarkan memiliki ukuran capit yang besar. Ini supaya daging lobster tidak hanya berpusat di badannya, tetap juga bagian lain. Sehingga, komposisi dagingnya lebih banyak dan harga jualnya lebih mahal.

Perbedaan lain yang paling mencolok antara lobster air tawar dan air laut adalah cara budidayanya. Lobster air tawar terbilang mudah dibudidayakan, karena Anda bisa menggunakan berbagai macam media, antara lain kolam semen, kolam terpal, kolam batu, dan aquarium. Setelah mendapatkan media budidaya yang pas, Anda perlu menambahkan genteng atau batu bata sebagai tempat persembunyian lobster. Hewan air tawar ini terbilang kurang ramah dengan sesama dan memiliki sifat kanibal. Fungsi tempat persembunyian tersebut tidak hanya melindungi lobster dari serangan hewan lain, tetapi juga sebagai tempat istirahat.

Jika Anda ingin mencoba budidaya lobster air laut, Anda bisa menggunakan media berupa kotak bambu atau jaring. Tentunya, mencari jaring lobster air laut tidak semudah mendapatkan kolam terpal untuk budidaya lobster air tawar. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan tiang bambu sebagai penanda sekaligus pengganjal supaya media budidaya tidak mudah bergeser.

Sebelum mencoba budidaya lobster air tawar atau air laut, sebaiknya Anda mengetahui harga bibit lobster tersebut di pasaran. Sehingga, Anda bisa memperkirakan modal budidaya sekaligus menghitung keuntungan yang akan didapat. Sebagai referensi, Anda bisa melihat tabel berikut.

Ilustrasi: Benih Lobster (credit: cnnindonesia)
Ilustrasi: Benih Lobster (credit: cnnindonesia)

Harga Benih Lobster Air Tawar

Jenis Benih Lobster Air Tawar Harga
Benih lobster Red Claws (capit merah) 1 inci Rp3.500 per ekor
Benih lobster Red Claws (capit merah) 2 inci Rp5.000 per ekor
Benih lobster Clarkii Merah 2-2,5 inci Rp6.050 per ekor
Benih lobster Red Claws (capit merah) 2,5 inci Rp7.000 per ekor
Benih lobster Red Claws (capit merah) 3 inci Rp8.000 per ekor
Benih lobster Clarkii Orange 2-2,5 inci Rp11.000 per ekor
Benih lobster Clarkii Merah 3-4 inci Rp13.000 per ekor
Benih lobster Yabby 1 inci Rp17.000 per ekor
Benih lobster Clarkii Snow White 3-4 inci (jantan) Rp20.000 per ekor
Benih lobster Clarkii Orange 3-4 inchi Rp22.700 per ekor
Benih lobster Clarkii Snow White 3-4 inci (betina) Rp22.700 per ekor
Benih lobster Yabby 2 inci Rp28.000 per ekor
Paket benih lobster red claws (capit merah) 3 inci isi 30 ekor Rp201.000
Paket 1 kg benih lobster red claws (capit merah) 5 inci Rp500.000
Baca Juga :   Pelatihan Operator Alat Berat Gratis

Harga Benih Lobster Air Laut

Jenis/Ukuran Benih Lobster Air Laut Harga
Lobster Pasir isi 4 – 7 ekor Rp99.000
Lobster Mutiara isi 10 – 14 ekor Rp210.000

Harga benih lobster di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online dalam negeri. Perlu Anda catat bahwa harga benih lobster tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu, harga benih lobster mutiara berkisar Rp15 ribuan per ekor, sedangkan harga benih lobster clarkii mulai Rp5 ribuan per ekor.

[Update: Panca]

[1]
Erlania, I Nyoman Radiarta, dan Ketut Sugama. 2014. Dinamika Kelimpahan Benih Lobster (Panulirus spp.) di Perairan Teluk Gerupuk, Nusa Tenggara Barat: Tantangan Pengembangan Teknologi Budidaya Lobster. Jurnal Riset Akuakultur, Vol. 9(3): 475-486.

Jual Bibit Udang Windu Air Tawar

Source: https://harga.web.id/harga-benih-bibit-lobster.info