Home  »  Ragam   »   Penjinakan Hewan Liar Menjadi Hewan Peliharaan Disebut

Penjinakan Hewan Liar Menjadi Hewan Peliharaan Disebut

By | November 3, 2022

Penjinakan Hewan Liar Menjadi Hewan Peliharaan Disebut


Domestikasi


Domba, salah satu spesies domestikasi utama

Domestikasi

adalah pengadopsian tumbuhan dan hewan dari kehidupan liar ke dalam dunia sehari-hari manusia. Dalam guna yang sederhana, domestikasi adalah bagian “penjinakan” yang dilakukan terhadap hewan liar. Perbedaannya, apabila penjinakan semakin pada individu, domestikasi melibatkan populasi, seperti seleksi, pemuliaan (perbaikan keturunan), serta perubahan perilaku/sifat dari organisme yang menjadi objeknya.

Daftar pokok

  • one

    Domestikasi hewan

    • i.one

      Hewan domestik terpilih
  • 2

    Domestikasi tumbuhan

    • 2.1

      Tumbuhan domestik (tanaman) terpilih
  • 3

    Referensi
  • 4

    Tautan luar
  • 5

    Lihat juga


Domestikasi hewan


Bersama dengan domestikasi tumbuhan penghasil pangan, domestikasi hewan yaitu salah satu langkah penting yang dilakukan umat manusia. Di dunia, praktis hanya dua lokasi yang pernah memainkan domestikasi awal hewan ternak yang dilakukan sebelum budidaya tanaman pangan dilakukan, yaitu Asia Barat Kekuatan (untuk domba, kambing, sapi, dan babi) dan Dataran Tinggi Andes (untuk alpaka dan llama).

Perhitungan awal domestikasi hewan dilakukan arkeolog berlandaskan nalar logika dari hasil temuan di situs purbakala. Bukti tertua hadirnya hewan peliharaan yaitu kerangka anjing berusia sekitar lima bulan di segi kerangka seorang perempuan yang ditemukan di tidak jauh Ain Mahalla (Israel), yang berusia nyaris 10.000 tahun SM. Kerangka-kerangka anjing dari masa selang viii.000 dan 7.000 SM juga ditemukan pada situs-situs purbakala di banyak tempat. Kerangka kucing peliharaan tertua ditemukan di Siprus, berasal dari sekitar half-dozen.000 tahun SM. Diperkirakan, kucing dipelihara sebagai mengatasi gangguan tikus di lumbung pangan. Perhitungan sebagai hewan ternak domestik yaitu seven.000 SM pada domba dan kambing. Terlihat bahwa dahulu hewan tersebut hadir tanduk yang melengkung, yang pada ternak modern telah berubah menjadi pendek saja akhir suatu peristiwa seleksi.

Baca Juga :   Cara Membuat Kain Flanel Menjadi Kerajinan Tangan

Domestikasi ternak diperkirakan dilakukan dalam kaitan dengan kepastian penyediaan sumber pangan, sandang (kulit dan rambutnya dijadikan bahan pakaian), serta di kemudian hari sbg komoditi perdagangan.

Menurut berbakat biologi Jared Diamond, hewan mesti memenuhi enam kriteria supaya mampu dipertimbangkan sebagai didomestikasi:

  1. Pakannya mudah didapatkan. Hewan tersebut mesti mau memakan makanan yang hadir di luar piramida makanan manusia (gandum atau jagung), pakannnya tidak dipergunakan oleh manusia (rumput, dan sebagainya), dan ekonomis sebagai penyimpanannya.
  2. Pertumbuhannya dengan cepat sehingga mempercepat bagian perkembangbiakkan dan dimanfaatkan. Hewan mulia seperti gajah membutuhkan masa tahunan hingga mampu dipergunakan.
  3. Memungkinkan sebagai dikembangbiakkan dalam penangkaran.
  4. Tidak sifat menyerang.
  5. Tidak mudah stres.
  6. Hadir hierarki sosial yang mampu dimodifikasi.

Karena syarat-syarat itulah, kebanyakan domestikasi dilakukan pertama-tama sebagai kebutuhan kesenangan semata sbg hewan timangan (pet). Banyak jenis ikan dan reptilia masa sekarang mulai ditangkarkan sebagai kebutuhan sbg peliharaan, namun perilaku liarnya masih terbawa hingga sekarang. Domestikasi membutuhkan puluhan generasi sebagai mendapat galur-galur yang benar-benar adaptif dengan lingkungan buatan manusia.


Hewan domestik terpilih


Sumber utama: Ronnie Liljegren.
Die Domestizierung von Tieren. Dalam: Göran Burenhult (2004).
Menschen der Urzeit. Karl Müller.


Domestikasi tumbuhan


Tumbuhan diceritakan telah terdomestikasi apabila sejumlah penampilannya merasakan perubahan dan beliau menjadi tergantung pada campur tangan manusia dalam pertumbuhan dan perbanyakan keturunannya.[fifteen]. Sebagai tanaman pangan paling absen dua jenis yang diketahui tidak pernah ditemukan tumbuh liar di alam: jagung dan beberapa jenis rapa (Brassica napus). Selain itu gandum roti yang heksaploid juga tidak ditemukan di dunia liar. Domestikasi tumbuhanlah yang “memaksa” manusia sebagai menghentikan perilaku pengembaraan dan mulai menetap sehingga melahirkan peradaban dan teknologi budidaya pertanian. Tumbuhan budidaya biasa disebut sbg tanaman.

Ajar tentang budidaya pertama berasal dari sisa-sisa labu air, dan terdapat tanda-tanda bahwa tanaman ini sudah dipelihara pada sekitar 10.000 tahun SM. Sisa-sisa labu air berusia dari 8.000 tahun SM bahkan telah ditemukan di benua Amerika, menunjukkan hadirnya jalur migrasi dari Afrika (tempat asal-usul tanaman ini) melewati Asia Timur lalu ke Amerika[xvi].

Baca Juga :   Cara Membuat Kerajinan Dari Kardus Beserta Gambarnya

Jenis gandum kuna, seperti
einkorn

(Triticum monococcum) dan
emmer

(T. turgidum

ssp.
dicoccoides), yaitu tumbuhan biji-bijian yang diketahui pertama kali dibudidayakan manusia, bersama-sama dengan padi. Sisa-sisa gandum ditemukan pada beberapa situs arkeologi di Turki bagian tenggara dan daerah Bulan Sabit yang Subur (lembah Tigris dan Eufrat). Bukti arkeologi bulir padi dengan karakteristik terdomestikasi ditemukan di hilir Sungai Yangtze dan berasal dari masa 9.000–8.000 tahun SM.

Bagian domestikasi tanaman berjalan lambat dan manusia secara tidak sengaja mengubah beberapa ciri fisik sehingga membuat tanaman semakin berlandaskan dengan penanganan yang dilakukan manusia. Berlandaskan bukti-bukti arkeologi, sifat pertama yang berubah pada padi-padian budidaya yaitu malai kehilangan sifat mudah rontok bila dipanen dan ukuran bulir menjadi semakin mulia daripada wujud liarnya[17]. Membesarnya ukuran bulir pada padi, misalnya, ternyata diakibatkan oleh suatu delesi (mutasi berupa hilangnya sebagian sekuens basa pada Dna) pada suatu gen di kromosom 5[18].


Tumbuhan domestik (tanaman) terpilih



Referensi


  1. ^



    Krebs, Robert Due east. & Carolyn A. (2003).
    Groundbreaking Scientific Experiments, Inventions & Discoveries of the Ancient Earth. Westport, CT: Greenwood Press. ISBN 0-313-31342-three.








  2. ^



    Simmons, Paula; Carol Ekarius (2001).
    Storey’s Guide to Raising Sheep. Northward Adams, MA: Storey Publishing LLC. ISBN 978-1-58017-262-two.








  3. ^

    Melinda A. Zeder, Goat busters rail domestication (Physiologic changes and evolution of goats into a domesticated brute), April 2000,
    (Inggris).
  4. ^

    Giuffra E, Kijas JM, Amarger 5, Carlborg O, Jeon JT, Andersson L. The origin of the domestic pig: independent domestication and subsequent introgression., April 2000,
    (Inggris).
  5. ^

    Late Neolithic megalithic structures at Nabta Playa (Sahara), southwestern Egypt.
  6. ^

    Source : Laboratoire de Préhistoire et Protohistoire de l’Ouest de la France [one],
    (Perancis).
  7. ^



    [2], domestication of the cat on Cyprus, National Geographic.
  8. ^



    Muir, Hazel (2004-04-08). “Ancient remains could be oldest pet true cat”. New Scientist. Diakses 2007-11-23.







  9. ^



    Walton, Marsha (April 9, 2004). “Ancient burial looks like human and pet true cat”. CNN. Diakses 2007-11-23.







  10. ^

    West B. and Zhou, B-X.,
    Did chickens go north? New bear witness for domestication, World’s Poultry Scientific discipline Journal, 45, 205-218, 1989,
    quotation

    PDF (26.iii KiB), 8 p.
    (Inggris).
  11. ^



    (Inggris)

    History of the Guinea Pig

    (Cavia porcellus)
    in South America, a summary of the current land of knowledge

  12. ^

    Beja-Pereira, Albano et al., African Origins of the Domestic Donkey,
    Science

    304:1781, eighteen June 2004, cited in
    New Scientist,
    (Inggris).
  13. ^

    Roger Blench,


    The history and spread of donkeys in Africa



    PDF (235 KiB)

    (Inggris).
  14. ^

    The Domestication of the Horse; run into also Domestication of the horse
  15. ^

    Hirst KK. Institute Domestication. Artikel pada archæology.about.com
  16. ^



    Erickson, David L.; Bruce D. SmithAndrew C. Clarke, Daniel H. Sandweiss, Noreen Tuross (2005-12-xx). “An Asian origin for a 10,000-year-old domesticated institute in the Americas”.
    PNAS

    102

    (51): 18315–18320. DOI:ten.1073/pnas.0509279102 . “Contains data on evidence of calabash in Americas”








  17. ^



    Purugganan, M.D.; Dorian Q. Fuller (2009-02-12). “The nature of selection during establish domestication”.
    Nature

    (pdf)
    457: 843–8. DOI:10.1038/nature07895.








  18. ^



    Shomura, Ayahiko; T. Izawa, K. Ebana, T Ebitani, H. Kanegae, S. Konishi, Yard. Yano (2008-07-06). “Deletion in a factor associated with grain size increased yields during rice domestication”.
    Nature Genetics

    (pdf)
    40: 1023 – 28. DOI:10.1038/ng.169.








  19. ^

    Kris Hirst M. The Domestication of Maize. Artikel di about.com. Barangkali semakin awal lagi.
  20. ^

    Harrington S. 2007. Earliest Rice. archeology.org Ini berlandaskan bukti tertua. Temuan-temuan yang melimpah kebanyakan berusia vi.000 tahun SM
Baca Juga :   Jelaskan Manfaat Air Dan Angin Sebagai Sumber Energi


Tautan luar


  • Tabel domestikasi tanaman


Lihat juga


  • Pemuliaan tanaman
  • Sejarah pertanian

Sumber :

wiki.edunitas.com, id.wikipedia.org, informasi.web.id, p2k.kelas-karyawan.co.id, dsb-nya.

Penjinakan Hewan Liar Menjadi Hewan Peliharaan Disebut

Source: https://www.duwus.com/59649/penjinakan-hewan-liar-menjadi-hewan-peliharaan-disebut.html