Bahan Bakar Yang Digunakan Untuk Memasak Di Gunung Adalah

By | November 3, 2022

Bahan Bakar Yang Digunakan Untuk Memasak Di Gunung Adalah

Segala Jenis kompor camping

Saat camping kompor merupakan salah satu peralatan camping yang harus dibawa, untuk pemenuhan kebutuhan makanan untuk tubuh. Tanpa kompor, proses memasak makanan akan sangat sulit untuk dilakukan saat cuaca hujan. Ada beragam jenis kompor lapangan yang banyak tersedia di toko-toko perlengkapan outdoor. Kami membahas tentang masing-masing jenis kompor camping secara umum yang sering digunakan camping untuk memasak makanan di tempat camping.

jenis-jenis kompor lapang dapat dibedakan berdasarkan bahan bakar yang digunakan :

1. Kompor Berbahan Bakar Padat

Kompor jenis ini sangat sederhana, terbuat dari lempengan logam yang bisa dibuka menjadi tempat untuk menaruh bahan bakar padat yang terbakar dan menjadi dudukan tempat panci nesting atau mangkuk logam untuk memasak. Bahan bakar padat tersebut terbuat dari hexamine atau trioxane. Memasak di gunung hutan dengan menggunakan bahan bakar padat ini cukup melegenda. Hal ini terutama ketika dahulu masih jarang ada yang memiliki kompor lapang dengan bahan bakar selain yang berbahan padat ini. Biasanya bahan bakar padat tersebut dijual di toko-toko perlengkapan militer, biasanya bungkusnya pun ada lambang ABRI/TNI.

Kelebihan dari bahan bakar padat ini adalah memiliki harga kompor yang murah dan penggunaannya pun sederhana serta tidak rumit. Tinggal menyulut bongkahan bahan bakar padat tersebut dengan api kemudian bila telah menyala maka ditaruh di tatakan kompor. Jikapun tidak menggunakan kompor-nya juga tidak mengapa, yaitu dengan manaruh bahan bakar padat yang terbakar di cekungan tanah atau dengan menaruhnya di antara dua batu untuk kemudian dua batu tersebut sebagai tempat meletakkan panci nesting atau panci lapang. Sehingga tidak memerlukan kompor.

Baca Juga :   Gelombang Bunyi Pada Alat Ultrasonografi Yang Digunakan Dalam Bidang Kesehatan

Kekurangan atau kelemahan dari bahan bakar padat ini adalah susah untuk mengatur besar atau kecil nyala api (shimmering). Selain itu nyala api yang dihasilkan bisa meninggalkan bekas gosong hitam kecoklatan pada panci nesting dan susah untuk dibersihkan, sehingga sedikit tidak enak dipandang. Namun bagi yang tidak terlalu mempermasalahkan mengenai kedua hal ini maka bahan bakar padat menjadi pilihan yang sesuai.

2. Kompor Berbahan Bakar Gas

Kompor gas yang kini sedang banyak dipakai camping. Kompor jenis ini menggunakan tabung berisi gas cair yang biasanya berupa butane, propane atau campuran hidrokarbon yang terkondisikan bertekanan. Gas tersebut dalam kondisi cair ketika berada di dalam tabung dengan kondisi bertekanan, kemudian gas tersebut menguap dengan cepat ketika meninggalkan tabung dan sampai ke tempat pembakaran dalam bentuk gas.

Kompor Gas Camping Windproof

Dari segi kemudahan kompor lapang berbahan gas ini sangat mudah penggunaannya. Hanya tinggal menancapkan gas ke kompor maka bisa langsung dinyalakan. Kompor gas kecil buat camping ini cepat menghasilkan panas yang tinggi serta mudah dalam hal pengaturan besar kecilnya nyala api. Selain itu kompor gas mini ini tidak menimbulkan suara berisik. perawatan untuk jenis kompor ini relatif mudah dan tidak terlalu membutuhkan perlakuan perawatan ekstra. Harga kompor gas kecil buat camping ini bisa lebih murah daripada harga kompor camping spiritus brand terkenal semisal Trangia atau merk-merk kompor bahan bakar cair bertekanan semisal Primus, MSR atau Optimus.




3. Kompor Berbahan Bakar Spiritus, Etanol, Metanol

Spiritus Jelly
Spiritus Jelly

Kompor berbahan bakar spiritus ini mempunyai tingkat kemudahan dalam mencari bahan bakarnya Karena sampai di pelosok-pelosok desa pun ada penjual spiritus meskipun tidak sebanyak penjual bensin premium dan pertamax yang lebih banyak lagi jumlahnya. penggunaan mudah tinggal memasukkan cairan spritus dan dinyalakandan perawatan juga mudah.

Baca Juga :   Nama Nama Alat Musik Drumband

4. Kompor berbahan bakar cair bertekanan

Kompor jenis ini memang bisa dipakai dengan menggunakan berbagai macam jenis bahan bakar seperti solar, bensin, pertamax, pertalite, sehingga kompor lapang jenis disebut kompor multi fuel (bisa menggunakan berbagai macam bahan bakar). Sesuai namanya kompor berbahan bakar cair bertekanan, kompor jenis ini menggunakan sistem bahan bakar cair yang berada di dalam tabung bertekanan. Dengan alat tambahan atau adapter tertentu maka kompor multifuel ini juga bisa menggunakan bahan bakar gas dalam tabung kecil siap pakai (gas cartridge). Hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan kompor jenis multifuel ini adalah perlunya perawatan sebaik mungkin secara rutin pada komponen-komponennya. Ini karena memang konstruksi kompor multifuel ini yang sedikit lebih kompleks dan rumit jika dibandingkan dengan jenis kompor yang lain.

5. Kompor Berbahan Bakar lain

Selain kompor yang umum dan banyak dipakai di atas maka masih ada kompor jenis lain yang jarang dipakai para pendaki namun tidak menutup kemungkinan masih ada yang menggunakannya. Jenis-jenis kompor tersebut adalah yang menggunakan bahan bakar lilin, kayu, spiritus dalam bentuk gel, dan sinar surya. Bila kompor menggunakan bahan bakar kayu maka akan banyak meninggalkan jelaga pada panci. Selain itu juga kurang ramah lingkungan karena akan menyebabkan pengambilan kayu di sepanjang jalur pendakian gunung meningkat.

Ulasan Kompor Camping sudah selesai tinggal memilih kompor jenis apa yang ingin digunakan untuk camping sesuai kebutuhan. Jika ingin menyewa perlengkapan tenda kemah camping dibali …^^

Sewa Tenda Camping dan Perlengkapan Camping Di Bali




Artikel-Artikel lain:

Sewa Tenda Camping Di Bali

Tenda Dome Consina

Golden Avatar Outdoor

Baca Juga :   Translate Bahasa Indonesia Ke Bahasa Krama Alus

Bahan Bakar Yang Digunakan Untuk Memasak Di Gunung Adalah

Source: https://www.goldenavatar-outdoor.com/2016/08/kompor-camping10.html