Daun Pandan Berkembang Biak Dengan Cara

By | November 3, 2022

Daun Pandan Berkembang Biak Dengan Cara

Mau tau cara budidaya pandan dengan mudah? Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Berikut ulasannya!

Budidaya Tanaman Pandan

budidaya pandan
pxhere.com

Tanaman daun pandan sangat mudah untuk berkembangbiak, walaupun begitu untuk menanamnya juga membutuhkan keuletannya sendiri.

Pada awal pemeliharaanan dibutuhkan merawatnya dengan sungguh-sungguh supaya bibit pandan dapat menyesuaikan. Pandan adalah tanaman yang sangat suka pada air.

Jadi, sebaiknya menanam pandan ditempat yang mempunyai kelembapan tinggi serta menyiramnya dengan cara teratur.Di samping sebagai tanaman hias, pandan di kenal sebagai tanaman bumbu.

Baca juga: 3 Tips Sukses Budidaya Rumput Azolla

Manfaat Tanaman Pandan

Daun pandan mempunyai aroma wangi yang kuat serta khas hingga banyak yang memakainya sebagai penyedap makanan alami. Pandan dapat digunakan untuk makanan serta minuman yang panas ataupun dingin.

Tanaman yang banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara ini memiliki kandungan senyawa kimia alami, seperti polifenol, flavonoid, saponin dan alkaloid.

Senyawa tersebut memiliki peran sebagai anti bakteri. Inilah yang membuat daun pandan ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Manfaat daun pandan adalah mengontrol kadar gula darah, mencegah kangker, mengatasi masalah gigi dan gusi, megatasi kram, mengurangi rambut rontok dan masalah skait kepala.

Dengan berbagai manfaat pandan sangat banyak ditanam. Berikut cara penanaman daun pandan dengan mudah untuk perkarangan rumah atau membudidayakan sebagai usaha yang bisa dijual di pasar.

Pandan memiliki potensi hasil anyaman .Namun, anyaman daun pandan tidak hanya bisa dibuat menjadi tikar namun dapat dibentuk menjadi barang-barang bernilai ekonomis lainnya seperti dompet, tatakan, keranjang, mempunyai nilai seni tinggi.

Baca Juga :   Tari Bedhaya Termasuk Dalam Jenis Tari

Cara Budidaya Pandan

budidaya pandan
pxhere.com

Baca juga: Cara Budidaya Buah Carica Atau Pepaya Dieng

Berikut cara budidaya daun pandan dengan mudah :

Tentukan Bibit yang Sehat serta Segar

Pandan dikembangbiakan dengan cara vegetatif lewat anakan. Tentukan bibit pandang yang berkwalitas baik dari anakan yang sehat serta fresh. Anakan pandan dipotong dengan hati-hati, lalu selekasnya tanam ditempat yang berkelembaban tinggi.

Tanam Pandan di Tempat yang Lembab

Pandan yaitu satu diantara tanaman yang memerlukan air dalam jumlah yang cukup tinggi. Hal semacam ini dikarenakan oleh bentuk pandan yang berdaun banyak, ukurannya panjang serta lebar, hingga menyebabkan tingkat penguapannya tinggi.

Oleh karenanya, lokasi penanaman yang terbaik untuk pelihara pandan yaitu ditempat yang lembab serta dekat sumber air. Janganlah lupa juga untuk menyiram pandan dengan teratur sejumlah 2 x satu hari.

Siram Pandan Sejumlah Dua Kali Sehari

Perawatan yang paling mendasar untuk tanaman pandan yaitu menyiramnya dengan teratur. Idealnya, pandan mesti disiram dengan frekwensi sejumlah 2 x satu hari.

Tetapi bila cuaca tengah hujan, kamu dapat kurangi intensitas penyiraman itu supaya media tanam tidaklah terlalu lembab serta menyebabkan akarnya membusuk.


Pemberian Pupuk

Pemberian pupuk satu bulan sekali supaya kandungan unsur hara di media tanam terbangun. Terbaik pakai pupuk organik seperti pupuk kandang serta pupuk kompos. U

payakan pemberian pupuk sesuai dengan panduan di paket hingga tak mengakibatkan kerusakan keadaan serta komposisi media tanam.

Pemangkasan Daun

Jika telah dapat beradaptasi pada lingkungan barunya, jadi pandan gampang sekali berkembang biak. Kurun waktu yang singkat saja tanaman pandan telah banyak.

Itu penyebabnya diwajibkan memotong pandan agar perkembangan serta perubahannya tetaplah baik. Kerjakan pemangkasan pada pandan-pandan yang tumbuh tak prima, berumur tua, kurang subur, serta terlihat berpenyakit.

Baca Juga :   Waktu Revolusi Dan Rotasi Bulan Yang Terjadi Bersamaan Mengakibatkan

Itulah cara budidaya tanaman pandan dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya sobat PTD!

Baca juga: 5 Langkah Mudah Budidaya Hidroponik Kangkung Bagi Pemula

Penulis:Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital disini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik disini

Daun Pandan Berkembang Biak Dengan Cara

Source: https://paktanidigital.com/artikel/cara-budidaya-daun-pandan-dengan-mudah-bagi-pemula/