Fungsi Burung Merpati Pada Zaman Dahulu

By | November 3, 2022

Fungsi Burung Merpati Pada Zaman Dahulu

Ilustrasi merpati. ©shutterstock.com/Jack.Q

TRENDING | 25 Januari 2022 08:00
Reporter : Kurnia Azizah


Merdeka.com –

Di era yang serba canggih, masyarakat berkirim pesan menggunakan surat eletronik (surel) atau email. Tapi di era Perang Dunia I, masyarakat berkirim pesan menggunakan merpati pos.

Merpati pos pertama kali digunakan dalam abjad kuno milik bangsa Mesir kuno. Kemudian digunakan pula oleh Julius Caesar, Romawi dalam bidang militer. Sedangkan di Yunani, merpati pos dimanfaatkan untuk mengirim hasil nama pemenang olimpiade ke berbagai kota.

Lalu, bagaimana bisa merpati pos berkirim pesan ke sejumlah tempat? Berikut ulasannya:

2 dari 9 halaman

Merpati pos menjadi pengantar surat karena memiliki fisik yang mumpuni. Cocok ketika menghadapi kondisi ekstrem seperti angin laut.

Merpati pos memiliki leher panjang dan fleksibel, kepala besar memberikan kapasitas bagi otak yang besar, tubuh kompak, kaku, dan bagian vital terlindung dengan baik dari serangan musuh, dikutip dari Levi 1945.

Tubuh yang ramping dan langsing, serta otot kuat yang bidang, ikut mempermudah merpati pos dalam menerjang angin laut yang besar dan kondisi tidak terduga lainnya.

3 dari 9 halaman

Merpati pos termasuk burung yang pintar dan memiliki daya ingat kuat. Kecerdasan mengingatnya menjadi sebab utama merpati pos layak jadi burung pengantar pesan. Merpati pos mampu ingat arah kembali ke sarangnya. Merpati pos baru boleh dilatih sejak usia 5 hingga 10 hari (masa pelatihan tahap pertama). Asupan nutrisi yang cukup dan seimbang seperti yang disebut sebelumnya, sangat bermanfaat dalam perkembangan otaknya.

Merpati pos akan dilatih dengan membawa jauh sebelum jadwal makannya. Beberapa hari kemudian dibawa lebih jauh lagi dari sebelumnya. Seterusnya hingga merpati terbiasa terbang puluhan kilometer dan kembali ke sarangnya untuk makan.

4 dari 9 halaman

Kemudian, kecerdasan alamiah dari merpati pos mampu mengerti perintah dari manusia. Seperti yang dikutip dari Greeners.co 2016, burung merpati pos masih digunakan sebagai pengawas kualitas udara kota London.Mereka memiliki nama Pigeon Air Patrol yang bertujuan meningkatkan kesadaran tentang langit London yang penuh polusi. Para merpati dilengkapi dengan tas punggung, yang berfungsi memberitakan kualitas udara dengan spesifik di tempat dan waktu tertentu.

Baca Juga :   Hakikat Bangsa Negara Dan Warga Negara

5 dari 9 halaman

Di antara kedua mata merpati pos terdapat jaringan yang berisi berbagai macam mineral besi. Hal tersebut merupakan kunci kemampuannya dalam menentukan arah. Mata merpati pos yang jernih mempermudahnya memperhatikan sekeliling saat terbang, serta memudahkan merpati mengenali tempat kembali atau sarang.

6 dari 9 halaman

Fisik merpati pos selanjutnya sebagai pendukung ketika terbang ialah memiliki bentuk kepala yang aerodinamis. Layaknya di dunia balap, aerodinamis sebagai daya gerak melewati udara akan membantu merpati pos menuju lokasi penyampaian surat.

7 dari 9 halaman

Merpati pos juga memiliki kemampuan terbang yang baik. Merpati bisa terbang tinggi, seimbang dan mampu berpindah antara tempat yang satu ke tempat yang lain.

8 dari 9 halaman

Tak hanya mengirim surat, merpati pos juga bisa membawa surat balasan. Tentu saja karena kemampuannya yang bisa mengenali perintah dan daya ingatnya yang kuat.

Burung seperti ini memang dilatih sengaja diperuntukkan sebagai pengirim pesan. Sehingga perlunya latihan khusus bagi merpati pos untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik.

9 dari 9 halaman

Sebelumnya, merpati pos memiliki kecerdasan dan daya ingat kuat. Saat mengirim pesan, merpati pos mengandalkan medan magnet bumi yang bervariasi. Hal itu digunakan untuk menentukan tujuan.

(mdk/kur)

Saat ini, alat komunikasi menjadi semakin canggih dengan berbagai pengembangan dari handphone, laptop, dan internet. Seseorang pun dapat melakukan komunikasi antar negara secara langsung yang mana hal tersebut sangat lah tidak mungkin dilakukan pada zaman dahulu. Masyarakat zaman dahulu sendiri masih menggunakan berbagai alat komunikasi tradisional yang mana penyampaiannya dapat memakan waktu yang cukup lama.

Terdapat beberapa alat komunikasi tradisional yang paling sering digunakan oleh masyarakat di berbagai negara. Berikut 5 alat komunikasi tradisional yang digunakan masyarakat zaman dahulu.

Baca Juga :   Negara Yang Berada Di Kawasan Asia Utara Adalah

1. Batu dan kayu

illustrasi batu yang dijadikan media komunikasi (theconversation.com)

Sebelum ditemukannya kertas, masyarakat zaman dahulu sering menggunakan media batu dan kayu. Biasanya kayu akan dibuat runcing agar dapat menggores permukaan batu yang akan dipakai untuk menulis. Salah satu bukti masyarakat zaman dahulu menggunakan batu sebagai media komunikasi ialah “Batu Rosetta” yang disimpan di Museum Britania Raya.

“Batu Rosetta” merupakan hieroglif Mesir Kuno yang diyakini ditulis pada 7 hingga 5 Sebelum Masehi(SM). Sebenarnya cukup banyak peninggalan-peninggalan yang membuktikan bahwa media komunikasi menggunakan batu seperti berbagai prasasti yang ditemukan di Indonesia. Batu sendiri merupakan salah satu media yang mudah untuk dibawa ke mana-mana untuk menyampaikan pesan kepada seseorang yang sangat jauh dari sang pembawa pesan.

2. Telepon kaleng

ilustrasi telepon kaleng (mikeshouts.com)

Selama tahun 1664-1665, seseorang ilmuwan bernama Robert Hooke melakukan eksperimen dengan transmisi suara menggunakan kawat. Setelah dikembangkan, pada tahun 1667 Hooke berhasil menemukan telepon kaleng. Telepon kaleng sendiri sempat dipasarkan secara komersial sebelum akhirnya mulai tergantikan oleh telepon listrik.

Saat ini, telepon kaleng digunakan untuk sarana pendidikan bagi para siswa. Selain menggunakan kawat, benang juga dapat menjadi penghubung antara kaleng yang satu dengan yang lainnya dengan catatan benang tidak dalam keadaan renggang.


Baca Juga: Transformasi Alat Komunikasi Dari Masa ke Masa, Bikin Melongo!

3. Burung merpati

ilustrasi burung merpati (spectrum.ieee.org)

Pada zaman dahulu, burung merpati merupakan media komunikasi massa yang cukup populer. Nantinya, burung merpati tersebut dilatih  untuk dapat mengirimkan pesan dalam jarak yang jauh dan mampu kembali ke tempat asalnya. Alasan mengapa burung merpati dijadikan media komunikasi ialah karena dianggap memiliki daya ingat dan naluri untuk kembali yang kuat.

Baca Juga :   Berikut Faktor Yang Mendorong Perdagangan Antar Negara Kecuali

DIlansir IEEE Spectrum, CIA yang merupakan agen rahasia milik Amerika Serikat pernah mengembangkan kamera yang sangat kecil dan diletakkan pada tubuh burung merpati untuk memata-matai seseorang pada tahun 1970an. Ada juga tokoh-tokoh perang pada zaman dahulu yang dipercaya menggunakan burung merpati sebagai alat komunikasi seperti Julius Caesar, Genghis Khan, dan Duke Wellington.

4. Lonceng atau kentungan

ilustrasi lonceng (baps.org)

Pada zaman dahulu, untuk menyampaikan pesan kepada orang banyak, masyarakat biasanya menggunakan lonceng atau kentungan. Biasanya, lonceng atau kentungan digunakan untuk menyampaikan pesan suatu bahaya atau bencana alam yang akan menimpa suatu daerah. Hal tersebut berfungsi agar warga setempat segera bergegas untuk menyelamatkan diri.

Di beberapa desa yang ada di dunia, lonceng atau kentungan masih digunakan dengan fungsi yang sama seperti zaman dahulu. Ada juga kentungan yang berfungsi sebagai sarana dalam membangunkan sahur saat bulan Ramadan di Indonesia.

5. Telegraf

ilustrasi telegraf (wonderfulinfo.com)

Telegraf merupakan salah satu media komunikasi yang populer pada abad ke-19. Telegraf pertama kali ditemukan oleh Samuel F B Morse dan asistennya yang bernama Alfred Vail pada tahun 1837. Penemuan telegraf pada saat itu tak lepas dari konstribusi Alessandro Volta yang menemukan baterai pada abad ke-18.

Listrik merupakan media utama untuk menyampaikan dan menerima pesan untuk berkomunikasi. Ada juga telegraf yang dilengkapi oleh kabel-kabel tembaga yang berfungsi untuk mengirimkan sinyal dalam jarak yang jauh.

Saat ini, handphone dan laptop merupakan sarana komunikasi terpopuler bagi masyarakat. Terlepas dari hal tersebut, alat komunikasi seperti kentungan, lonceng, dan telegraf masih digunakan walaupun tak terlalu signifikan penggunaannya.


Baca Juga: 10 Penemuan Zaman Dahulu yang Masih Menyisakan Misteri Hingga Kini

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Fungsi Burung Merpati Pada Zaman Dahulu

Source: https://kafesentul.com/apa-fungsi-burung-merpati-pada-zaman-dahulu