Hewan Yang Ada Di Benua Afrika

By | November 3, 2022

Hewan Yang Ada Di Benua Afrika

Karakteristik Benua Afrika adalah salah satu benua terbesar kedua di dunia dan menempati urutan kedua dengan jumlah orang terbanyak setelah Benua Asia. Benua yang satu ini mempunyai luas wilayah 30.224.050 km persegi, yakni 20,3 persen dari seluruh total daratan yang ada di Bumi.

Pada dasarnya, Afrika adalah tempat bagi sepertujuh populasi dunia. Benua Afrika sendiri mempunyai gurun panas yang paling besar dan juga hutan tropis yang paling besar kedua di dunia yang menghambat pembangunan transportasi dan juga ekonominya.

Di tengah-tengah benua, tepatnya di sisi barat, hampir tidak tertembus hutan hujan dan hal itu menghambat transit orang dan juga barang-barang.

Menurut situs nationalgeographic.org, Benua Afrika mempunyai delapan wilayah utama. Mulai dari Sahara, Sahel, sabana, dataran tinggi Ethiopia, pantai Swahili, hutan hujan, danau terbesar Afrika, dan juga Afrika Selatan.

Sementara itu, menurut buku yang berjudul Geografi Regional Dunia karya Sulistinah Kuspriyanto, berikut adalah beberapa karakteristik Benua Afrika, mulai dari letaknya, iklim, dan yang lainnya.

Karakteristik Benua Afrika

Afrika adalah satu-satunya benua yang dilalui oleh garis lintang 0 derajat atau dapat kita sebut sebagai khatulistiwa dan juga garis bujur 0 derajat, serta garis balik utara dan selatan sekaligus. Berikut ini adalah beberapa karakteristik Benua Afrika yang perlu dipahami, antara lain:

1. Letak dan Luas Benua Afrika

Afrika memang menjadi benua terbesar kedua di dunia setelah benua Asia dan Amerika. Benua yang satu ini juga mempunyai penduduk yang sangat padat walaupun mempunyai wilayah yang luas dan menempati posisi nomor dua penduduk terbanyak setelah Asia.

Dengan luas wilayahnya yang mencapai 30.224.050 km persegi, ditambah lagi dengan pulau-pulaunya yang berdekatan, Afrika meliputi dari seluruh total daratan yang ada di Bumi.

Walaupun demikian, seperti yang kita tahu bahwa Benua Afrika mengalami banyak sekali hambatan dan kendala tentang kualitas hidupnya. Dengan 800 juta penduduk yang tersebar di 54 negara, benua yang satu ini menjadi tempat bagi sepertujuh populasi dunia. Secara astronomis, Benua Afrika terletak di antara ± 35° LU – 33° LS dan ± 18° BT – 53° BT. Berikut ini adalah beberapa wilayah yang ada di Benua Afrika, diantaranya yaitu:

a. Di sebelah utara Benua Afrika berbatasan langsung dengan Laut Tengah atau Laut Mediterania dan juga Benua Eropa.
b. Kemudian di sebelah Timur, berbatasan langsung dengan Laut Merah dan juga Samudra Hindia.
c. Di sebelah Selatan dan juga Barat berbatasan langsung dengan Samudra Atlantik.

https://www.gramedia.com/products/konsep-dasar-internet?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

2. Kondisi Fisik Benua Afrika

Karakteristik Benua Afrika berikutnya yaitu kondisi fisik dari Benua Afrika. Dimana Benua Afrika adalah salah satu benua yang berbeda dengan benua lainnya. Wilayahnya dilalui oleh tiga garis lintang utama, yakni garis khatulistiwa (0°), garis balik Utara (23 ½°LU), dan garis balik Selatan (23 ½°LS).

Sebagian besar wilayahnya adalah dataran tinggi atau sebaliknya yaitu gurun. Akan tetapi, di Benua Afrika ini juga ada kawasan-kawasan subur yang ada di dataran rendah, misalnya saja Lembah Sungai Zaire dan Lembah Sungai Nil, yang mana merupakan lembah sungai terbesar kedua setelah Lembah Sungai Amazone.

Apabila dilihat dari kesuburannya, pastinya tidak akan mengalahkan benua lainnya yang sama-sama terlihat subur atau hijau.

Baca Juga :   Sampah Plastik Yang Dapat Diolah Menjadi Kerajinan

a. Gurun di Afrika

Jika membahas tentang Afrika, maka pasti kita akan mengingat tentang persebaran gurun yang ada di Benua Afrika. Hal itu bisa kita jumpai di sekitar garis balik Utara dan garis balik Selatan. Kawasan gurun di bagian Selatan mempunyai potensi ataupun letak yang lebih tinggi dibandingkan dengan kawasan gurun yang ada di bagian Utara.

Akan tetapi, gurun yang ada di bagian Utara mempunyai wilayah yang lebih luas. Gurun di wilayah Utara ini biasanya dikenal dengan sebutan Gurun Sahara, membentang dari Senegal di Barat sampai Kenya yang ada di Timur. Kemudian untuk gurun yang ada di wilayah Selatan yaitu Gurun Namibia dan Gurun Kalahari.

b. Gunung, Pegunungan, dan Plato di Afrika

Apabila kita berjalan ke arah Afrika Selatan, maka kita akan menemukan banyak mata air dan juga aliran sungai dengan ketinggian antara 500 hingga 1.200 m dari permukaan laut. Selain itu, di daerah tersebut juga banyak ditemukan plato dan juga pegunungan yang memang terkenal dengan pemandangannya.

Alasan itulah yang membuat Afrika Selatan lebih terkenal dibandingkan dengan bagian Afrika Selatan lainnya. Plato yang paling populer yaitu Plato Tassilin-Ajjer di Sahara, Plato Shaba di bagian Tenggara, Plato Lunda dan juga Plato Drakensberg di bagian Selatan, Dataran Tinggi Ethiopia di sebelah Timur, serta Plato Angola di bagian tengah.

Sementara untuk pegunungan yang ada di Benua Afrika adalah Pegunungan Atlas yang membentang dari Pantai Barat Laut Afrika sampai Tunisia dan juga Pegunungan Cape yang ada di bagian Selatan. Gunung yang ada di Afrika biasanya tidak aktif tapi masih ada beberapa yang aktif.

Untuk titik tertinggi Afrika berada di Gunung Kilimanjaro yakni 5.894 meter di atas permukaan laut, dimana gunung ini berada di wilayah Afrika Timur dan selalu tertutup oleh salju.

c. Sungai dan Danau di Afrika

Afrika sangat terkenal dengan sungainya yang mempunyai aliran air yang indah dan panjang serta besar. Sungai-sungai yang terkenal di Afrika adalah Sungai Nil yang memiliki panjang sekitar 6.500 km dan menjadi salah satu sungai terpanjang di dunia.

Lalu, ada juga Sungai Kongo, Sungai Orange di Afrika Selatan, Sungai Niger yang ada di Nigeria, dan juga Sungai Zambesi yang ada di Zambia. Beberapa aliran sungai tersebut dibendung untuk irigasi dan juga pembangkit listrik, misalnya saja bendungan Aswan yang membendung Sungai Nil dan bendungan Akosombo yang membendung Sungai Volta di Ghana.

Sementara itu, untuk danau-danau yang ada di Afrika, yakni Danau Victoria, yang mana merupakan danau terbesar di Afrika, Danau Tanganyika, Danau Mobutu, Danau Rudolf, Danau Chad, dan Danau Zambesi. Tak hanya itu saja, Afrika juga mempunyai banyak air terjun besar, yaitu air terjun Tugela di Afrika Selatan (984 m) dan air terjun Victoria (108 m) di Zimbabwe.

e. Flora dan Fauna di Afrika

Kondisi flora dan fauna yang ada di Afrika bergantung pada kondisi iklim di wilayah masing-masing. Di kawasan hutan hujan tropis, yakni di bagian Afrika Tengah, ada berbagai variasi tumbuhan dan hutan hujan yang sangat lebat. Sementara di bagian Utara dan Selatan, ada stepa dan sabana yang cukup luas. Sedangkan di kawasan gurun hanya ada stepa dan tumbuhan kaktus.

Kondisi alam Benua Afrika sangat mendukung penyebaran fauna. Dimana Afrika memiliki banyak sekali jenis fauna, terutama hewan mamalia besar. Fauna khas Afrika antara lain addax, gajah, zarafah, antilop, badak, kuda nil, dan lainnya. Walaupun memiliki kemiripan fisik dengan hewan-hewan sejenis yang ada di Asia, tapi hewan-hewan Afrika mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan hewan sejenis yang ada di Asia.

Baca Juga :   Jam Tangan Tommy Hilfiger Buatan Mana

3. Iklim Benua Afrika

Karakteristik Benua Afrika berikutnya yaitu iklim yang ada di Benua Afrika. Karena luas wilayahnya yang besar, sudah dipastikan bahwa Benua Afrika mempunyai berbagai iklim yang terdiri dari:

a. Daerah iklim sedang atau sub tropis yakni meliputi daerah yang ada di pantai tenggara Afrika Selatan, wilayah selatan, dan juga garis balik selatan.
b. Daerah iklim tropis yakni daerah yang ada di sekitar ekuator. Disana mengalami curah hujan yang teratur. Namun curah hujan akan semakin berkurang untuk daerah yang jauh dari ekuator. Sepanjang pantai Afrika Barat, Kenya, Uganda, dan juga sebagian pantai yang ada di wilayah timur akan mengalami panas dan hujan sepanjang tahun.
c. Daerah iklim gurun, dimana jenis iklim ini ada di wilayah Afrika bagian utara dan bagian barat daya. Daerah yang beriklim gurun dapat mengalami kekeringan sepanjang tahun.
d. Daerah iklim mediterania, yakni jenis iklim yang ada di wilayah paling utara Afrika yaitu sekitar Laut Tengah.
e. Daerah iklim pegunungan, yakni jenis iklim yang ada di wilayah pegunungan.

Kisah 1001 Benua Afrika Yang Alami & Eksotis + Cd - karakteristik benua afrika

https://www.gramedia.com/products/konsep-dasar-internet?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

4. Sosial dan Budaya Benua

Karakteristik Benua Afrika selanjutnya yaitu keadaan sosial dan budaya dari Benua Afrika. Untuk sebagian orang, mungkin terdengar cukup rasis ya. Akan tetapi, konon benua hitam ini sudah mendapatkan julukan sejak abad ke-19 dan pada saat itu disebutkan oleh bangsa Eropa pertama kali ketika mereka mencari daerah baru.

Benua hitam ini ditemukan karena bangsa kolonial Eropa melihat penduduk Afrika yang umumnya berkulit hitam. Tak hanya itu saja, para pembuat peta juga mengalami suatu kesulitan untuk memetakan Benua Afrika, khususnya untuk gurun sub-sahara.

Ada pula yang berspekulasi bahwa Afrika disebut sebagai benua hitam karena tanahnya yang berwarna hitam atau peta yang digambarkan berwarna hitam.

a. Jumlah penduduk yang ada di Afrika pada pertengahan tahun 2007 mencapai kurang lebih 944 juta jiwa, termasuk benua terpadat kedua setelah Asia. Wilayah yang memiliki penduduk terpadat adalah Afrika Timur.
b. Penduduk benua hitam termasuk ke dalam ras Negroid, yang mana kemudian terpecah menjadi banyak suku. Namun, di benua yang satu ini juga tinggal bangsa-bangsa lain, seperti India, Arab, Melayu, dan juga masyarakat Eropa pendatang. Pada tahun 2007, jumlah penduduk Afrika mencapai 934.283.426 jiwa. Afrika termasuk ke dalam benua dengan pertumbuhan penduduk yang tinggi.
c. Agama utama yang dianut oleh penduduk Afrika adalah Islam dan Kristen. Islam dianut oleh mayoritas penduduk wilayah Afrika utara dan memiliki perkembangan yang cukup cepat. Kemudian Agama Kristen yang datang dari Mesir dan daerah Ethiopia banyak dianut oleh masyarakat Afrika Tengah.
d. Selain bahasa lokal, penduduk Afrika juga menggunakan berbagai bahasa yang diwarisi dari zaman penjajahan. Misalnya saja, Bahasa Perancis, Spanyol, Inggris, Portugal, dan Italia. Kata Afrika sendiri berasal dari Bahasa Latin, Aprica yang artinya bersinar atau Bahasa Yunani, Aphrike yang artinya tanpa dingin.

5. Perekonomian Benua

Perekonomian yang ada di Benua Afrika termasuk golongan menengah ke bawah sampai batas krisis. Semua itu dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari iklim, sebagian besar wilayah Afrika tergolong kering dan kurang berpotensi untuk digarap sehingga bertani tidak bisa dilakukan, peternakan juga hanya bisa dilakukan beberapa jenis hewan saja dan tidak semua hewan yang hidup di Afrika bisa dimanfaatkan.

Mayoritas adalah hewan liar atau hewan buas yang justru berseberangan dengan manfaat manusia. Akan tetapi, walaupun hal itu terjadi, beberapa penduduknya tetap mengusahakan adanya penggarapan tanah dengan kondisi yang terbatas dan tanaman atau hewan tertentu saja.

Sementara untuk industri yang dikembangkan adalah pengolahan tambang emas, intan, bijih besi, tembaga, dan fosfat.

Baca Juga :   Kerajinan 3d Dari Stik Es Krim

Namun sayangnya, beberapa perusahaan asing mengelola dan mengambil sebagian kekayaan negara Afrika. Sehingga tidak jarang warga lokal disana hanya bisa menjadi penambang kerja atau buruh saja. Tapi tidak bisa menjadi pemilik perusahaan.

Hal tersebut juga berpengaruh secara keseluruhan negara-negara yang ada di Benua Afrika yang tergolong masih miskin. Bahkan, benua yang satu ini digolongkan sebagai negara termiskin di dunia.

6. Perekonomian Penduduk yang Ada di Benua

Berikut ini adalah beberapa potensi sektor industri atau pekerjaan yang ada di Benua Afrika, diantaranya yaitu:

1. Pertanian

Sebagian besar negara-negara yang ada di Benua Afrika adalah negara agraris. Yakni sekitar 60 persen penduduk Benua Afrika bekerja di sektor pertanian. Hasil dari sektor pertanian tersebut adalah kapas, karet, kopi, coklat, tebu, kelapa sawit, gandum, tembakau, dan juga kurma.

Di tahun yang sudah modern ini, negara yang sudah berhasil mengalami kemajuan besar di bidang produksi pertanian seperti Brazil telah sepakat untuk berbagi teknologi dengan Afrika untuk lebih meningkatkan kembali produksi pertanian di benua tersebut.

Hal tersebut bertujuan untuk membuat benua ini menjadi mitra dagang yang lebih layak. Peningkatan investasi di bidang produksi pertanian Afrika secara umum mempunyai potensi untuk mengurangi kemiskinan di Benua Afrika.

b. Pertambangan dan Pengeboran

Afrika mempunyai barang tambang yang cukup melimpah dengan hasil tambang utama seperti emas, intan, krom, tembaga, dan mangan. Ekspor Afrika yang paling berharga adalah minyak bumi dan mineral. Beberapa negara mempunyai dan mengekspor sebagian sumber daya tersebut.

Negara selatan mempunyai cadangan emas, tembaga kasar, dan juga berlian. Walaupun pertambangan dan pengeboran akan menghasilkan sebagian besar pendapatan Afrika setiap tahunnya, namun industri tersebut hanya mempekerjakan sekitar dua juta orang, yang mana sebagian kecilnya berasal dari penduduk benua tersebut.

c. Industri

Sektor industri berkembang cukup pesat dengan adanya kekayaan minyak dan juga gas bumi yang dimiliki oleh beberapa negara. Negara yang ada di Benua Afrika yang industrinya sudah berkembang adalah Republik Afrika Selatan dan juga Mesir.

d. Perbankan

Perbankan yang ada di Afrika sudah lama bermasalah karena bank-bank lokal seringkali tidak stabil dan korup. Pemerintah dan juga industri bergantung pada bank-bank internasional. Hanya Afrika Selatan dan juga Mesir yang mempunyai sektor perbankan yang berkembang.

Dalam beberapa dekade, reformasi perbankan sudah menjadi prioritas dari Dana Moneter Internasional (IMF) Dan juga Bank Dunia. Salah satu reformasi pentingnya yaitu memperoleh izin untuk meningkatkan penetrasi oleh bank asing. Afrika Selatan dan juga Mesir sudah menjadi negara paling sukses dalam menarik operasi lokal bank asing.

Di tahun 2007, Mesir melampaui Afrika Selatan sebagai penerima terbesar FDI yakni $ 11,1 miliar rekaman. Kecenderungan tersebut berlanjut pada tahun 2008, dimana Mesir menarik $ 13,2 miliar FDI.

Benua Afrika : Seri Keliling Dunia Bersama Profesor Trevo - karakteristik benua afrika

https://www.gramedia.com/products/konsep-dasar-internet?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Demikian penjelasan mengenai karakteristik Benua Afrika dan beberapa fakta menarik di dalamnya. Seperti yang sudah kita bahas di atas bahwa Benua Afrika adalah benua terbesar kedua di dunia setelah Benua Asia dan memiliki penduduk terpadat kedua setelah Benua Asia.

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.”

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Hewan Yang Ada Di Benua Afrika

Source: https://www.gramedia.com/literasi/karakteristik-benua-afrika/