Manfaat Buah Okra Dan Cara Mengkonsumsi

By | November 3, 2022

Manfaat Buah Okra Dan Cara Mengkonsumsi



Okra infused water mengandung banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya menurunkan kolesterol jahat


Di Indonesia, sayur okra mungkin tidak begitu dikenal luas. Padahal sayuran berlendir ini memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Tanaman okra sangat umum dan dikenal di berbagai negara seperti Jepang, Philiphina, Arab Saudi. Bahkan lebih populer di benua Amerika dan Eropa.


Okra adalah tanaman sayuran yang banyak mengandung serat dan glutathione. Selain itu, biji tanaman ini juga mengandung minyak hingga 40%, dimana terdapat asam lemak tak jenuh seperti asam oleat dan asam linoleat.


Selain biasa dimasak sebagai sayur, okra juga biasa disajikan sebagai paduan untuk salad atau infused water. Air rendaman okra mengandung banyak sekali manfaat. Banyak orang mengatakan bahwa itu cukup bagus untuk menjadi obat kolesterol. Apa saja manfaat kesehatan okra infused water, berikut 8 manfaat kesehatan okra infused water.



1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh



Mengkonsumsi air okra setiap hari dapat membantu tubuh mengembangkan sistem kekebalan terhadap infeksi, virus, dan melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya yang berbahaya. Hal ini karena dalam sebuah okra terdapat 36% kandungan manfaat vitamin C dari rekomendasi harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, manfaat zat besi dalam okra juga dapat membantu mengatur molekul hemoglobin. Sel darah merah bertanggung jawab untuk distribusi oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Zat besi juga berperan dalam proses metabolisme energi, termasuk sintesis DNA oleh beberapa enzim, serta dalam sistem kekebalan tubuh.



2. Penuhi Kebutuhan Serat


Kebutuhan serat yang tercukupi dengan baik dapat membantu proses penyerapan kandungan makanan yang dikonsumsi. Jika tubuh membutuhkan banyak serat, maka kadar asam urat dalam makanan juga dapat diserap dengan baik oleh ginjal. Mengkonsumsi air okra setiap hari dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan serat harian. Sistem pencernaan juga akan terjaga dengan baik, dan masalah kesehatan lain yang melibatkan kesehatan sendi juga dapat diobati.

Baca Juga :   Berikut Yang Termasuk Sebagai Barang Substitusi Adalah



3. Dapat Membuat Tulang dan Gigi Lebih Kuat



Okra segar juga banyak mengandung vitamin K yang merupakan kofaktor enzim pembekuan darah dan dibutuhkan untuk memperkuat tulang. Selain itu, okra juga merupakan penghasil manfaat kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Jadi dengan mengonsumsi air okra dapat membantu mendapatkan manfaat serupa dari susu kedelai, atau juga jenis susu lainnya.



4. Mengurangi Risiko Kolesterol dan Serangan Jantung



Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of the Federation of American Societies for Experimental Biology menemukan bahwa ekstrak okra dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Kandungan serat dan manfaat antioksidan seperti catechin, epicatechin, procyanidin, quercetin, dan rutin dalam okra juga dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Meski manfaatnya sudah terbukti secara ilmiah, kamu tetap perlu menerapkan gaya hidup yang lebih sehat. Pastikan untuk menggunakan waktu luang untuk berolahraga, meskipun hanya olahraga ringan.



5. Baik untuk Diet!



Okra (bamia) merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat rendah kalori. Dalam setiap 100 gramnya, okra hanya mengandung 30 kalori. Selain itu, tanaman ini juga tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Okra adalah sumber makanan yang kaya serat, mineral, dan vitamin. Jadi sekarang kamu bisa menambahkan okra dalam infused watermu yang menyegarkan, kamu bisa menambahkan daun mint agar lebih nikmat.



6. Meredakan Sembelit



Okra adalah jenis sayuran yang kaya akan lendir. Bermanfaat untuk membantu kelancaran peristaltik makanan yang dicerna melalui usus, sehingga dapat membantu meringankan atau mencegah kondisi sembelit.



7. Membantu Melindungi Paru-paru


Okra juga mengandung banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Salah satunya adalah manfaat senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan seperti beta-karoten, xanthin, dan lutein yang dapat membantu melindungi paru-paru.

Baca Juga :   Supplier Alat Pertukangan



8. Mengandung Vitamin A


Okra dipercaya memiliki banyak manfaat vitamin A yang sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan mata. Bisa digunakan sebagai pengganti wortel jika tidak ada. Selain itu, vitamin A juga sangat diperlukan untuk menjaga selaput lendir yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Jadi, jika ingin memiliki kulit yang lebih sehat, jangan lupa untuk mengonsumsi air okra setiap hari. Teksturnya mungkin tidak cocok untuk semua orang, tetapi sangat bermanfaat.



Cara Membuat Okra Infused Water


1 ltr Air matang


10 sampai 15 okra, bersihkan secara menyeluruh sebelum dipotong. Potong menjadi potongan-potongan kecil (atau kubus).

  1. Masukkan ke dalam 1 liter air matang.

  2. Masukkan air okra ke dalam lemari es, bisa juga ditambahkan air lagi jika diperlukan. Keluarkan setelah tiga jam.

  3. Teksturnya akan menjadi lebih lengket seiring waktu, tetapi sangat menyegarkan. Juga, aman untuk mengkonsumsi air okra setiap hari.

Manfaat Buah Okra Dan Cara Mengkonsumsi

Source: https://www.yukmakan.com/post/8-manfaat-kesehatan-minum-okra-infused-water