Ciri Ciri Anis Merah Trotol Jantan Yang Bagus

By | November 3, 2022

Ciri Ciri Anis Merah Trotol Jantan Yang Bagus

TROTOLAN ANIS MERAH JAMINAN JANTAN. KUNCI SUKSES DALAM LOMBA

DAMDAM PERMADI LEMBANG

Cara Cespleng Memilih Trotolan Anis Merah

Anis merah atau biasa disebut Zoothera citrina dikenal sebagai burung monomorfik (memiliki bentuk tubuh yang sama). Sulit membedakan jantan dan betina hanya dari melihat bentuk fisiknya saja. Padahal yang mau bunyi untuk lomba hanya yang jantan saja.

Bagaimana kita bisa tahu burung yang kita beli itu jantan atau betina kalau masih muda dan belum mau bunyi? Ternyata, ada saat tertentu, pada bagian tertentu, tumbuh bulu yang bisa menandai apakah itu jantan atau betina.

TROTOLAN ANIS MERAH RING JAMINAN JANTAN

Hal sulit bagi kita yang awam, apalagi jarang memperhatikan secara seksama masa-masa itu. Namun, bagi sejumlah anis mania di Bali, tempat sebagian besar anis merah berasal, menentukan jantan dan betina bukanlah hal yang sulit dan mustahil.

Nah, ada burung-burung yang sejak dari Bali memang sudah “ditandai” sebagai burung jantan. Penanda itu adalah dengan memberikan ring pada kakinya. Mereka bahkan berani memberikan garansi jantan.

DAMDAM PERMADI (KANAN) DENGAN KANDANG ANIS MERAHNYA

Hal ini juga disampaikan oleh Damdam Permadi, anis mania dari Lembang, Jawa Barat. ”Saya merekomendasikan menggunakan ring Paksi dari Singaraja Bali dan ring As PPN dari Pupuan Bali. Selain ada garansi selama 7 bulan, kicaumania bisa memilih jaminan jantan untuk dipelihara,”ujar Damdan saat ditemui di DMK BF miliknya, yang beralamat di Jalan Kayu Ambon 40 Lembang Bandung Barat, dengan nomor telepon 0821.2788.7722.

Baca Juga :   Contoh Pidato Bahasa Jawa Tema Pendidikan

Setelah kita membeli bakalan atau trotolan yang sudah digaransi jantan, adakah ciri-ciri lain yang perlu diperhatikan untuk menandai bila secara postur burung kelak akan jadi jagoan yang bagus? Menurut Damdam, anis merah yang kelak akan bagus bisa dilihat dari bulunya. “Pilih yang bulunya tipis dan memiliki bulu jago putih di atas leher,” jelasnya kepada burungnews.


BERIKAN YANG TERBAIK UNTUK BURUNG KESAYANGAN ANDA.
 Tweet Song, pakan burung dengan nutrisi seimbang sesuai kebutuhan burung Anda, kualitasnya teratas. Pakan yang kini sedang happening, karena banyak yang merasa cocok setelah mencobanya.

CHARLES SOLO, jagonya anis merah KING makin matang setelah memakai Tweet Song. HOTLINE: 0813.2941.0510

Setelah ini, proses berikutnya adalah tinggal soal perawatan yang baik dan ajeg. Termasuk di antaranya, pemilihan asupan pakan yang bagus. Pelan-pelan, burung nantinya juga mulai diajari agar mau mandi sendiri, mau pindah dari kurungan soliter ke bak atau keramba mandi.

Setelah usia tujuh bulan, burung biasanya sudah mulai belajar bunyi ngeplong-ngeplong bahkan ada juga yang sudah mulai belajar teler. Namun, suara baru benar-benar akan pecah setelah melalui masa mabung yang pertama.

RUANGAN RUMAH YANG DISULAP JADI KANDANG BREEDING

Bila sudah lewat usia itu dan burung masih membisu, apakah itu berarti burung bisa jadi betina? Bisa ya, bisa pula tidak. Banyak cerita yang mengatakan bila anis adalah burung yang gampang bosan. Kalau sering kita simpan dan gantung di tempat yang sama terus menerus, burung bosan dan ogah bunyi. Maka cobalah dipindah-pindah secara periodik lokasi nyimpan maupun saat mengangin-anginkan di rumah.

Usia bertambah, misalnya satu tahunan, sudah mau bunyi tapi angin-anginan? Cobalah berikan Moncer1, asupan juara dari Super Kicau. Untuk pemakaian awal bisa dikasihkan beberapa tetes setiap hari selama satu pekan. Caranya bermacam, bisa teteskan ke air minum, oleskan atau campur dengan pakan/EF, atau suntikkan pada EF seperti jangkrik.

TROTOLAN ANIS MERAH RING PAKSI

TROTOLAN ANIS MERAH RING AS PPN

BERITA LAINNYA

KATA KUNCI: damdam permadi dmk bf anis merah moncer1

Ciri Ciri Anis Merah Trotol Jantan Yang Bagus

Source: https://burungnews.com/damdam-permadi-lembang-cara-cespleng-memilih-trotolan-anis-merah-berita-4749/