Flora Dan Fauna Yang Ada Di Negara Jepang

By | November 3, 2022

Flora Dan Fauna Yang Ada Di Negara Jepang

Mengetahui dan Mengenal Ragam Flora Khas Daerah Jepang dan Persebarannya

21 Apr 2022 12:00
1730 Hits



Approved by Plimbi


Mengetahui Dan Mengenal Ragam Flora Khas Daerah Jepang Dan Persebarannya

Manusia sejak masa lampau sangat tergantung kehidupannya dengan keberadaan tumbuhan yang memegang peranan penting bagi kehidupan manusia itu sendiri. Dimana diketahui bahwa ada banyak aspek yang bisa mempengaruhi keberadaan dari tumbuhan bersangkutan agar hidup subur sehingga memberikan manfaat yang optimal. Tak jarang ditemukan sebuah tumbuhan atau flora dijadikan sebagai sebuah simbol akan sesuatu hal. Ini erat hubungannya dengan beberapa jenis tumbuhan yang kerap digunakan sebagai penggambaran akan sesuatu. Ini dikarenakan tumbuhan memang memegang peranan yang bersinggungan secara langsung dengan pola hidup dari manusia itu sendiri. Tumbuhan adalah salah satu golongan mahkluk hidup yang bisa dikatakan mempunyai daerah persebaran yang sangat luas di bumi ini. Di dalamnya ada banyak sekali faktor yang memberikan pengaruh terhadap persebaran flora dan fauna di dunia ini. Faktor inilah yang selanjutnya mengambil peran penting dalam menentukan karakteristik dari tumbuhan tersebut.

Melalui artikel kami kali ini akan membahs tentang beberapa jenis flora khas daerah jepang yang mungkin belum banyak anda ketahui atau beberapa diantaranya sudah populer di Indonesia sehingga anda mengenalnya. Tetapi pengetahuan ini pada umumnya jumlahnya sangat terbatas dimana diketahui bahwa sebagai salah satu tempat persebaran flora asiatis, Jepang ternyata menyimpan banyak sekali jenis flora yang tidak hanya khas dan unik tetapi cantik. Beberapa diantaranya adalah seperti yang kami jelaskan tersebut di bawah ini.

Baca Juga :   Makanan Yang Mengandung Vitamin a Dan Bagus Untuk Mata

1/ Tumbuhan Petasites Japonicus

Ada banyak sekali cara untuk memanfaatkan flora dan fauna sebagai sumber daya alam. Salah satunya adalah sebagai sumber pangan. Ini bisa diterapkan pada salah satu jenis flora khas Jepang ini. Namanya adalah petasites japonicas atau orang-orang Jepang mengenalnya dengan nama tumbuhan fuki merupakan tanaman liar namun mempunyai banyak manfaat. Tanaman ini termasuk ke dalam kelompok tumbuhan terna liar yang sangat mudah tumbuh dengan subur di Jepang. Persebaran tanaman ini adalah di daerah Hokkaido, Honshu, Shikoku, Kyushu, Okinawa dan hampir di seluruh daerah Jepang yang lainnya. Tanaman ini menyukai kondisi tanah yang cukup basah tetapi sangat tidak tahan dengan angin yang terlalu kencang. Memiliki batang yang beracun sehingga tidak boleh dikonsumsi. Tetapi pada bagian daunnya bisa dikonsumsi secara umum. Ada banyak perkebunan tanaman ini bisa anda temukan di Jepang. Namun jika anda menjumpainya dalam kondisi liar maka daunnya memiliki cita rasa agak pahit. Jika dibudidayakan oleh petani maka tanaman ini menghasilkan daun yang rasanya hambar.

2/ Tanaman Sakura

Jika anda membicarakan tentang ragam jenis flora yang tumbuh di Jepang maka sangat mustahil untuk tidak memasukkan jenis tanaman yang satu ini. Namanya adalah sakura merupakan salah satu jenis tanaman bunga yang keberadaannya sangat penting bagi warga Jepang. Bunga sakura merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk ke dalam family rosaceae. Pohon ini masih memiliki kerabat dekat dengan tanaman buah aprikot dan persik. Sehingga tak mengherankan jika bunga yang satu ini dijuluki dengan nama populer yaitu cherry blossom. Sakura mulai bermekaran sekitar bulan Maret hingga bulan April setiap tahun. Pada bulan-bulan ini aka nada banyak festival bunga yang digelar oleh warga Jepang guna merayakan bunga sakura yang sedang mekar dengan cantiknya. Juga mekarnya bunga sakura memiliki pengaruh yang besar terhadap kenaikan tingkat pariwisata yang ada di Jepang. Bunga sakura adalah salah satu contoh tumbuhan yang memegang pengaruh berhubungan dengan pola kehidupan manusia di Jepang seperti dalam hal adat dan istiadat yang berlaku di dalamnya selalu memakai simbol dari bunga sakura.

Baca Juga :   Toko Alat Musik Murah Di Medan

3/ Tanaman Chrysanthemum

Jenis flora ketiga yang banyak tumbuh di Jepang merupakan salah satu bunga nasional yang dimiliki oleh warga Jepang selain bunga sakura tersebut di atas. Jika secara kebetulan anda sedang jalan-jalan ke Jepang maka anda jangan heran jika melihat bunga ini selalu ada di pekarangan depan rumah warga sebagai hiasan. Bunga ini mengeluarkan aroma wangi dengan warna mahkota bunga yang beragam dan menarik mampu menyuguhkan pemandangan alam cantik nan asri sejak jaman Jepang kuno dulu. Dimana karena aroma wangi yang dimiliki oleh mahkota bunga sehingga tak mengherankan jika bunga ini difungsikan sebagai teh alami dari bunga chrysanthemum khas warga Jepang. Sekilas pandang bunga ini mempunyai kedekatan yang sangat erat dengan tumbuhan bunga kenikir yang banyak tumbuh dengan subur di Indonesia. Keduanya adalah tumbuhan yang berasal dari suku asteraceae. Persebaran bunga yang satu ini di Jepang sangat luas dan mempunyai jenis yang cukup banyak.

4/ Tumbuhan Cinnamomum Camphora

Yang terakhir adalah tanaman cinnamomum camphora atau yang populer dengan nama kayu kamper merupakan salah satu tumbuhan yang sangat terkenal di Jepang. Pada umumnya pohon ini adalah pohon yang aslinya berasal dari Tiongkok kemudian menyebar ke Taiwan, Vietnam, Korea dan terakhir Jepang Selatan. Tumbuhan ini di Jepang oleh pemerintahnya dilestarikan karena keberadaannya di hutan-hutan hampir mengalami kepunahan. Bahkan ada beberapa jenis pohon ini yang dianggap khusus karena keberadaannya yang hanya tumbuh pada tempat-tempat tertentu seperti di sekitar kuil-kuil kuno zaman dulu. Saat ini pohon kamper sudah banyak sekali tumbuh di Jepang dengan area persebaran yang sangat luas. Namun pada beberapa negara justru pohon ini dianggap sebagai tanaman invasive karena bisa mengganggu flora lokal. Oleh warga Jepang, kulit kayu tanaman ini dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan dan obat nyamuk.

Baca Juga :   Ikan Yang Banyak Ditemukan Di Indonesia Bagian Barat Adalah

Semoga berguna.

About The Author

Utamii
54

Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.

Yuk kirim juga tulisanmu sekarang



Submit Artikel

From Utamii

Flora Dan Fauna Yang Ada Di Negara Jepang

Source: https://www.plimbi.com/article/177335/mengetahui-dan-mengenal-ragam-flora-khas-daerah-jepang-dan-persebarannya