Perbedaan Burung Gereja Jantan Dan Betina

Perbedaan Burung Gereja Jantan Dan Betina

Bagi anda yang ingin memelihara burung gereja  dan menjadikannya sebagai burung masteran, ada baiknya memilih burung gereja anakan jantan.

Hal ini dikarenakan, burung gereja jantan memiliki suara yang lebih lantang dan lebih gacor (sering berkicau). Ada beberapa ciri fisik yang dapat diperhatikan dalam membedakan burung gereja anakan, antara lain :

  1. Melihat warna bulu pada tubuh burung. Burung gereja jantan mempunyai warna bulu yang lebih gelap dibandingan burung gereja betina. Bulu pada burung betina cenderung bewarna pudar atau coklat semu.
  2. Melihat warna bulu bagian atas kepala. Bulu bagian atas kepala burung jantan memiliki warna abu-abu gelap, sementara pada burung gereja betina bulu bagian atas kepalanya bewarna coklat pudar.
  3. Melihat warna pada paruhnya. Paruh burung gereja jantan memiliki warna hitam tegas, sedangkan burung gereja betina paruhnya bewarna coklat pudar.
  4. Melihat warna kulit pada bagian tenggorokan burung. Burung gereja jantan memiliki warna hitam pada kulit tenggorokan, sementara burung gereja betina memiliki warna kecoklatan.
  5. Melihat postur burung. Burung gereja jantan cenederung memiliki postur yang lebih besar dan gagah dibandingkan dengan burung gereja betina.

Dan berikut trik yang bisa anda gunakan saat ingin memilih burung gereja :

  1. Jika anda memilih burung gereja dalam satu sarang, pilih burung gereja yang lincah dan sering berkicau atau mengeluarkan suara, baik suara saat sedang lapar atau suara saat burung anakan sedang meloncat-loncat
  2. Jika memilih dalam suatu tempat gerombolan atau sering pula disebut ombyokan, perhatikan ciri-ciri fisik burung gereja dengan seksama. Karena saat dalam gerombolan, suara kicauan burung akan terdengar sama. Perhatikan postur burung dari belakang, mulai dari bagian atas kepala hingga warna bulunya.
  3. Saat burung gereja semakin dewasa warna bulu pada gereja jantan akan semakin gelap dan burung jantan akan lebih sering berkicau dengan suaranya yang lantang. Hal ini tidak berarti burung betina tidak bisa berbunyi namun jika dibandingkan dengan burung jantan, burung gereja betina memang tidak segacor burung gereja jantan.

Namun, jika anda sudah terlanjur memilih burung gereja betina sebaiknya jangan diabaikan apalagi dibuang.

Baiknya anda mulai memelihara burung gereja jantan, lalu setelah burung jantan gacor, anda bisa memasangkan dengan burung gereja betina tersebut.

Nantinya kedua burung akan saling berinteraksi dan membuat burung gereja yang betina lebih gacor.

Dalam kondisi ini saat ada dua burung gereja adu kicauan, maka disebut dengan suara burung gereja tarung. Suara burung gereja tarung ini kini menjadi primadona di kalangan penggemar burung kicau.

Cara Membedakan Burung Gereja Jantan dan Betina

Berikut ini beberapa perbedaan burung gereja jantan dan betina dari segi fisik :

  • Postur burung gereja jantan terlihat lebih besar dibandingkan tubuh betina.
  • Warna kepala burung gereja jantan telihat coklat kemeran-merahan. Sedangkan kepala betina berwarna coklat kusam.
  • Pada bagian pipi burung gereja jantan terdapat bulu hitam yang tegas/pekat. Sedangkan bulu pipi betina terlihat hitam kusam cederung abu-abu.
  • Bulu pada tenggorokan burung gereja jantan terlihat hitam pekat. Sedangkan bulu pada tenggorokan betina terlihat hitam kusam sama seperti bulu pada pipinya.
  • Paruh gereja jantan berwarna full hitam. Sedangkan pada gereja betina berwarna kecoklatan.
  • Bulu punggu pada gereja jantan berwarna coklat cerah, sedangkan bulu punggung betina terlihat lebih kusam.
  • Garis-garis putih pada ujung bulu sayap gereja jantan terlihat cerah, sedangkan pada ujung bulu sayap betina terlihat kusam atau kekuningan.
Baca Juga :   Dimana Saja Biasanya Gambar Dekoratif Digunakan

4 Ciri Perbedaan Fisik Burung Gereja Anakan Jantan Dan Betina Paling Akurat
– Pada kesempatan kali ini akan memperlihatkan pembahasan gosip mengenai perbedaan cir fisik Burung Gereja Jantan dan Betina anakan yang tentunya paling akurat. pada ketika kini ini tentunya burung gereja sedang terkenal di kalangan penggemar hobi burung kicau, di karenakan burung gereja merupakan salah satu jenis burung masteran yang di favoritkan. selain dari masteran lainya menyerupai Burung Kenari, Serindit, Tengkek Buto dll. bunyi kicauan yang di keluarkannya tentu terdengar sangat khas serta rapat, maka dari itu tentunya menyebabkan sebuah nilai plus bagi burung kicauan yang dapat menirukan bunyi dari burung gereja ini.

4 Ciri Perbedaan Fisik Burung Gereja Anakan Jantan Dan Betina Paling Akurat

Pada umumnya Burung Gereja banyak hidup dengan cara berkelompok, baik itu pada ketika menjaga keamanan, menciptakan sarang sampai pada ketika mencari makan. hal tersebut tentunya sama halnya yang di lakukan oleh burung kenari dan burung emprit. oleh alasannya itu bagi anda yang sedang ingin memelihara Burung Gereja dari semenjak masih anakan, alangkah baiknya anda terlebih dahulu untuk mengetahui perbedaan dari Ciri fisik burung gereja materi anakan Jantan dan juga Betina, di karenakan intinya burung gereja jantanlah yang mempunyai bunyi yang lantang dan juga gacor.  untuk itu kesempatan kali ini akan memperlihatkan 4 Ciri fisik burung gereja materi anakan jantan dan juga betina yang tentunya paling akurat. untuk lebih jelasnya berikut merupakan 4 Ciri Perbedaan Fisik Burung Gereja Anakan Jantan Dan Betina Paling Akurat di bawah ini.

4 Ciri Perbedaan Fisik Burung Gereja Anakan Jantan Dan Betina

4 Ciri Fisik Burung Gereja Anakan Jantan Dan Betina :

  • Dapat di lihat pada bab warna bulu di tubuhnya, yang mana burung gereja jantan mempunyai warna bulu di tubuhnya terlihat lebih gelap. sedangkan yang betina mempunyai warna bulu di tubuhnya cenderung terlihat lebih pudar dan kurang jelas.
  • Dapat di lihat pada bab warna bulu di bab atas kepalnya, yang mana jantan mempunyai warna bulu di atas kepala berwarna bubuk – bubuk yang terlihat gelap, sedangkan yang betina berwarna coklat pudar.
  • Dapat di lihat pada bab warna paruhnya, yang mana jantan mempunyai warna paruh berwarna hitam tegas, sedangkan yang betina berwarna coklat pudar.
  • Di lihat dari warna kulit di bab tenggorokannya, yang mana jantan mempunyai warna kulitnya berwarna hitam, sedangkan untuk yang betina berwarna kecoklatan agak pudar.
Baca Juga :   Nama Alat Pemotong Kayu Besar

Semoga dengan gosip di atas anda dapat mengetahui 4 ciri – ciri dari perbedaan fisik burung gereja jantan dan juga betina yang tentunya paling akurat, dan khususnya bagi anda yang sedang mencari gosip tersebut. cukup sekian gosip mengenai
4 Ciri Perbedaan Fisik Burung Gereja Anakan Jantan Dan Betina Paling Akurat
dan terimakasih atas kunjungannya, supaya bermanpaat.

Bagaimana cara membedakan burung gereja jantan dan betina dengan mudah? seringkali kita bingung membedakannya apalagi bagi Anda yang masih awam atau pemula untuk mengenal jenis burung. Patut diketahui, sebenarnya terdapat beberapa ciri dan perbedaan yang mencolok antara burung gereja jantan dan betina. Perbedaan tersebut juga bisa dinilai dari suara burung gereja yang gacor.


Belakangan ini, kalangan pecinta burung semakin meningkat terutama para penggemar burung gereja. Jenis burung kecil yang populer ini umumnya adalah burung yang seringkali kita lihat disekitar rumah atau lingkungan lainnya. Berbagai kalangan pun tak segan untuk merawatnya dan menjadikan burung gereja ini sebagai master burung kicau lainnya.


Tahukah Anda, burung gereja ini termasuk dalam burung yang suka berkicau dan gacor. Suara merdu dari burung ini dimiliki oleh burung gereja jantan. Sedangkan untuk jenis burung gereja betina biasanya akan terdengar seperti suara panggil saja yang berkesan monoton. Inilah salah satu alasan mengapa kita perlu bisa membedakan burung gereja jantan dan betina bahkan ketika burung masih anakan.


Sebagai berikut kita akan membahas beberapa ciri yang bisa membedakan antara burung gereja jantan dan betina secara tepat dan mudah. Silahkan disimak.



Ciri dan Perbedaan Burung Gereja Jantan dan Betina





Ciri perbedaan pertama yang bisa Anda amati untuk membedakan antara burung gereja jantan dan betina adalah pada bagian postur tubuh dari burung gereja itu sendiri. Biasanya untuk ukuran burung gereja jantan akan terlihat lebih besar apabila dibandingkan dengan tubuh burung gereja betina. Burung gereja betina memiliki kesan ukurannya yang mungil. Sekilas burung gereja jantan akan terlihat lebih gemuk.



2. Perbedaan Warna Kepala


Selain memperhatikan bentuk postur dari burung gereja jantan dan betina, faktor pendukung lainnya untuk membedakan keduanya adalah dari warna. Beberapa bagian tubuh antara burung gereja jantan dan betina memiliki perbedaan warna yang mencolok. Salah satunya adalah warna pada bagian kepalanya.


Untuk warna kepala burung gereja jantan adalah terlihat seperti warna coklat yang kemerah merahan. Sedangkan burung gereja betima berbeda,  warna kepala burung gereja betina memiliki warna coklat yang kusam.


Masih melihat warna, kalau tadi kita melihat perbedaan yang mencolok antara warna kepala burung gereja jantan dan betina, kini kita juga bisa membedakannya berdasarkan warna pipinya. Nah, apa warna pipi burung gereja jantan? Umumnya pada bagian pipi burung gereja betina adalah terlihat seperti warna hitam yang kusam dengan kecenderungan berwarna abu abu.

Baca Juga :   Taman Safari Prigen Di Jawa Timur Merupakan Contoh Pelestarian


Nah, sedangkan untuk warna pipi burung gereja jantan adalah bulu hitam yang pekat atau tegas. Ini merupakan perbedaan warna yang sangat jelas sekali bukan? Antara warna hitam kusam dan warna hitam pekat.



4. Perbedaan Warna Bulu Tenggorokan


Selanjutnya cara membedakan burung gereja jantan dengan betina adalah dengan melihat perbedaan warna pada bulu tenggorokan. Sebenarnya untuk bagian bulu tenggorokan ini biasanya memiliki kesamaan seperti warna pipi burung gereja yang sudah kita bahas diatas.


Dimana untuk burung gereja jantan akan berwarna hitam yang pekat sedangkan untuk burung gereja betina memiliki bulu tenggorokan berwarna hitam kusam cenderung abu abu.



5. Perbedaan Bagian Warna Paruh


Sebagaimana yang kita tahu, setiap jenis burung memiliki bagian paruh. Nah, untuk membedakan jenis kelamin antara yang jantan dan betina bisa berdasarkan warna paruh dari burung gereja itu sendiri. Paruh burung gereja jantan memiliki warna hitam sepenuhnya atau full hitam. Sedangkan untuk burung betina memiliki paruh berwarna kecoklat coklatan.



6. Perbedaan Warna Bulu Punggu


Selanjutnya perbedaan burung gereja yang jantan dan betina paling mencolok adalah dengan melihat warna bulu punggunya. Untuk burung gereja jantan, berbeda dengan warna kepala, bulu tenggorokan dan paruh yang berwarna hitam pekat, pada bagian bulu punggunya adalah berwarna coklat cerah. Sedangkan untuk burung gereja betina akan terlihat lebih berwarna kusam.



7. Perbedaan Warna Garis garis pada tubuh


Pada bagian tubuh burung gereja akan ditemui garis garis putih di bulu bulu sayapnya. Garis garis ini ada pada burung gereja jantan dan juga betina. Lantas bagaimana cara membedakannya? Mudah sekali, sebab warna garis garis burung gereja jantan dan betina sungguh berbeda. Jika garis bulu sayap burung gereja jantan adalah putih cerah, maka garis garis ujung bulu sayap burung gereja betina adalah terlihat kusam atau berwarna kekuningan.


Demikianlah informasi selengkapnya yang membahas tentang apa saja ciri dan perbedaan yang bisa Anda amati untuk membedakan antara burung gereja jantan dan betina secara akurat. Membedakan jenis kelamin burung gereja tidaklah sulit bukan? Begitu pula dengan ragam jenis burung atau hewan lainnya yang memiliki ciri dan karakteristiknya sendiri untuk dibedakan. Mau lebih kenal hewan kesukaan Anda? selengkapnya ada di
Zonahewan.com

Hewan adalah makhluk hidup yang bisa kita pelajari dan kenali dengan baik. Setiap jenis binatang memiliki keunikan dan kelebihannya sendiri sendiri. Termasuk burung gereja jantan yang memiliki suara yang gacor dan merdu, jenis burung lainnya juga memiliki kelebihan unik. Jenis hewan apa yang Anda sukai dan ingin pelihara? Semoga informasi ini bermanfaat.

Perbedaan Burung Gereja Jantan Dan Betina

Source: https://apayangkamu.com/perbedaan-burung-gereja-jantan-dan-betina-anakan