Cara Membuat Baju Daur Ulang Kertas Koran

Cara Membuat Baju Daur Ulang Kertas Koran

Tahukah kamu bahwa pemborosan yang disebabkan oleh koran adalah salah satu sumber utama polusi kertas? Tidak hanya itu, bahkan setelah koran daur ulang, diperkirakan tingkat pemulihan kertas di Indonesia hanya 26 persen.

Memanfaatkan koran bekas sangat bagus untuk mengurangi limbah sampah. Coba hitung berapa kali kamu membaca koran sekali dan kemudian mengambilnya kembali? Sudah biasa bagi orang-orang untuk mengambil koran sekali, membacanya dan kemudian melupakannya selamanya. Untuk itulah jangan sampai kamu membuang begitu saja koran. Kamu harus bisa memanfaatkannya sebaik mungkin dan jangan sampai menggunakannya untuk bahan makanan karena tinta yang ada di koran bisa menempel pada bahan makanan dengan cepat.

Sebenarnya koran bekas memiliki banyak sekali manfaat lho dan kamu bisa membuat kerajinan tangan dari koran. Baik itu untuk membuat jam dinding, bingkai foto, vas bunga hingga baju untuk anak. Cara membuat buat baju anak dari koran untuk anak-anak terbilang sangatlah mudah asal kamu telaten dalam membuatnya. Jika kamu berminat atau sedang ada event khusus, maka kamu bisa mengikuti tips dan langkah-langkah cara membuat baju anak dari koran di bawah ini.

cara membuat baju dari koran untuk anak 2022

Cara Membuat Kerajinan Dari Koran Yang Mudah

kerajinan baju dari koran untuk anak yang mudah 2022


Alat dan Bahan yang Digunakan untuk

Membuat Kerajinan Baju dari Koran untuk Anak


Sebelum membuat baju dari koran bekas, yuk siapkan bahan-bahannya berikut ini :

Bahan-bahan untuk membuat baju anak dari koran

  • 15 lembar koran atau secukupnya
  • Satu buah selotip
  • Satu buah pulpen atau pensil atau bisa juga spidol
  • Satu buah meteran
  • 2 meter tali
  • Satu buah bunting
  • Dua buah tali sepatu

Nah, dengan bahan-bahan di atas kamu bisa berkreasi dengan membuat baju yang unik dari koran bekas.

Baca Juga :   Salah Satu Sifat Tawuran Pelajar Adalah


Cara Membuat Baju dari Koran Untuk Anak Yang Mudah

Nah, setelah mengetahui berbagai bahan yang harus dipersiapkan, maka langkah selanjutnya adalah membuat baju anak. Yuk, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :


Rekatkan koran

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah gabungkan dua pasang lembar koran dan rekatkan dengan menggunakan selotip.


Ukur dada anak Anda

Cobalah untuk mengukur lebar dada anak karena baju yang akan dibuat harus sesuai ukurannya dengan tubuh sang anak.


Tempelkan koran ke dada anak

Setelah menggabung lembaran koran dengan selotip maka tempelkan ke dada anak sampai pinggangnya dan rekatkan kembali dengan menggunakan selotip.


Ukur pinggang anak

Setelah kamu merekatkan dua pasang lembar koran, maka ukurlah pinggang buah hati tercinta Anda kemudian tandailah dengan menggunakan pulpen atau pensil ataupun spidol yang sudah Anda siapkan.


Lilitkan koran

Setelah mengetahui ukuran pinggang anak kamu maka lilitkanlah koran yang sebelumnya sudah rekatkan di pinggang anak dan pastikan lilitkan dengan bersilangan. Jika korannya dirasa kurang, maka rekatkan kembali koran dengan menggunakan selotip hingga cukup di pinggang anak.


Buat garis di koran

Setelah koran terpasang dengan benar di pinggang anak, maka buatlah garis di tempat koran yang dililitkan secara tumpah tindih.


Tempelkan beberapa selotip

Selesai menggaris ke beberapa garis yang tumpang tindih maka rekatkan selotip ke pinggang anak agar koran tidak terlepas.


Berikan tambahan koran

Tambahkan lagi beberapa lapis koran bekas pada bagian rok anak. Memberikan tambahan lapis pada koran memberikan tujuan untuk mempercantik rok anak Anda.


Buatlah belahan rok

Langkah selanjutnya adalah buatlah belahan rok anak dengan menggunakan gunting, dan potong pada bagian tengahnya dan buat dua lipatan kecil pada koran bekas.

Baca Juga :   Tari Ketuk Tilu Berasal Dari Daerah


Pasanglah tali

Ambillah beberapa potong tali dan kemudian selipkan sepotong tali yang sudah dipotong tadi di antara bukaan rok pada satu sisi.


 Tarik lipatan kecil

Gunakan dua lipatan kecil pada koran tadi untuk menarik tali penarik yang ada di belakang. Setelah itu, tariklah tali dan selipkan pada bukaan rok yang sejajar di sisi lain setelah itu anak kamu siap mengenakan rok yang telah dibuat.

Jika sudah kamu lakukan semua langkah-langkahnya maka baju dan rok anak dari koran bekas sudah siap digunakan!


Contoh Kerajinan

baju Dari Koran Untuk Anak Yang Mudah


Rok Cantik Dari Koran bekas

Selain model gaun, kamu bisa dengan mudah membuat rok yang cukup sederhana dan simple. Kamu tinggal menggunakan beberapa lembar koran dan melipatnya sesuai dengan desain yang dibutuhkan untuk hiasannya roknya.

Setelah itu kamu mulai menata koran dan menggabungkannya dengan lem yang nantinya akan digunakan sebagai bahan rok dasar. Setelah itu tinggal menempel hiasannya pada rok yang digunakan sebagai bahan dasarnya. Untuk lebih jelasnya silahkan mengikuti video dibawah ini.


kerajinan rok dari koran bekas untuk anak perempuan 2022


contoh baju dari koran bekas untuk anak perempuan 2022


Baju Cantik Dari Koran Bekas

Ada banyak variasi bentuk baju yang bisa dipakai untuk anak perempuan anda. Meskipun dengan Koran bekas, namun hasilnya cukup cantik dan imut. Dengan menggunakan baju seperti ini, maka bila anda mengikuti karnaval atau event tertentu pasti akan terlihat memukai dan imut. Untuk membuatnya cukup mudah, kamu bisa mengikuti video dibawah ini.


gaun cantik dari koran bekas untuk anak 2022


Gaun Simple Dari Koran

Untuk model sebenarnya cukup mudah, kamu cukup mempersiapkan rangka dasar dari gaun yang akan dibuat. Nantinya kamu tinggal menempelkan Koran dan menambahkan hiasan di kerangka pakaian yang dipersiapkan. Kamu cukup menempelkan hiasan dan koran dengan menggunakan lem. Untuk info lebih lengkapnya silahkan ikuti video dibawah ini.

Baca Juga :   Contoh Sumber Daya Alam Abiotik Adalah


Baju Simple Dari Koran

Ini adalah salah satu contoh dari baju dengan bahan dasar koran. Kamu tinggal membuat hiasannya yang nantinya tinggal ditempelkan pada kerangka dasar yang dipakai buat baju dari koran. Caranya cukup mudah dan lebih fokus ke bentuk bentuk hiasan yang akan ditempelkan pada bajunya.

baju simple dari koran bekas 2022


Baju Karnaval 17 Agustus


Ini adalah salah satu contoh bentuk baju dari koran bekas yang bisa digunakan pada event seperti 17 agustus atau event lainnya. Baju dibuat lebih unik dan rumit, sehingga tidak terlihat jelek atau biasa. Meski dengan bahan dasar koran, namun hiasan yang ditambahkan paada baju karnaval cukup banyak, sehingga baju tersebut sangat terlihat menarik dan mewah. Jika kamu mencari ide untuk baju karnaval, maka kamu bisa membuatnya seperti pada video dibawah ini.

baju karnaval 17 agustus dari koran bekas 2022

Simak juga artikel menarik lainnya mengenai kerajinan tangan dari koran bekas di bawah ini!

Cara Membuat Baju Daur Ulang Kertas Koran

Source: https://www.portalbpop.com/kerajinan-koran/cara-membuat-baju-dari-koran-untuk-anak/