Cara Menanam Sayur Organik Di Halaman Rumah

By | November 3, 2022

Cara Menanam Sayur Organik Di Halaman Rumah



Cara menanam sayuran organik terbaik jadi materi harus dikuasai berbagai kalangan.


Salah satu kegiatan bisa memberi keutungan andalah menanam sayuran organik di polybag.
Selama Pandemi Covid 19 aktivitas kerja di rumah banyak dilakukan.



Cara menanam sayuran organik mulai persiapan sampai dengan panen bisa anda konsultasikan ditoko Pertanian Indonesia SMS / WA : 0812 – 5227 – 1859. Kami dengan senang hati akan memberi materi dan konsultasi dengan cara terbaik.


Berkebun sayuran saat ini lagi jadi trending di masyarakat Indonesia. AdanyaPandemi Covid 19 mengakibatkan pemerintah Indonesia menganjurkan untukWork From Home dan tinggal di rumah saja.



Sayuran organik adalah jenis sayuran yang diperoleh dengan proses budidaya dimana semua nutrisi, tempat tanam serta pengendalian hama penyakit nya tanpa melibatkan obat kimia pertanian.



Menanam sayur sendiri saat ini jadi kegiatan menguntungkan di skala rumah tangga. Hasil dari aktivitas berkebun sayuran organik bisa menambah nilai gizi keluar dengan mendapatkan hasil panen sayuran sehat, bervariasi serta bebas pestisida.


Cara menanam sayur yang mudah dan bisa dipanen dalam waktu singkat membuat permintaan benih sayuran terus mengalami peningkatan.Covid 19 menjadikan aktivitas menanam sayuran dirumah demikian populer di kalangan ibu rumah tangga, hobiis dan anak sekolah selagi mendapat tugas PR dari sekolah.


Saat ini istilah urban farming, home garden dan hidroponik menjadi istilah serta kata sering kita dengar dan baca. Bahkan istilah ini juga lagi trending dan booming di dunia jagad mayaGoogle danYoutube.


Banyak ulasan dan materi di Youtube dan website mengulas tentang cara menanam sayuran. Baik cara menanam organik maupun non organik.


Cara menanam sayuran organik dinilai sangat cocok dan tepat dengan situasi pandemi Covid 19.Konsumsi sayur organik dengan berbagai macam variasi dan sumber nutrisi jadi salah satu cara meningkatkan kesehatan keluarga tercinta.



Belajar dan cobalah cara menanam sayuran dengan metode organik sekalipun itu dilakukan dilahan sempit dan terbatas. Hasil panen sayuran organik lebih sehat serta banyak digemari kalangan rumah tangga di Indonesia.


Baca Juga :Jual Benih Hibrida Dan Unggul Untuk Usaha Berkebun Organik



15 Cara Menanam Sayuran Organik Di Polybag



Aktivitas urban farming
 lagi trending di kota besar seperti
Jakarta
 dan
Surabaya
guna memanfaatkan keterbatasan lahan dengan menanam sayuran organik. Lahan sempit tidak menjadi kendala untuk terus berusaha dan belajar berkebun.


Cara menanam sayuran organik di polybag bisa ditempatkan di halaman rumah dengan menanfaatkan potensi ruang yang anda. Meletakkan tanaman sayuran di halaman rumah mempunyai keuntungan tanaman mudah dipantau dan cepat dirawat.



Tanaman sayuran diletakkan dalam polybag juga akan mempermudah dalam memindah serta menggeser bila letaknya kurang tepat. Setiap gejala dan perubahan yang terjadi akibat penyakit akan bisa diketahui sejak dini.

Baca Juga :   Berikut Yang Bukan Penyebab Kelangkaan Sumber Daya Yaitu


Toko Pertanian Indonesia berbagi ilmu dan cara menanam sayuran organik di polybag agar diperoleh hasil panen berkualitas.



1. Persiapan Polybag Semai Dan Tanam



Menanam sayuran organik di polybag kita harus bisa memilih ukuran polybag sesuai. Kantong plastik polybag berfungsi untuk menampung media tanam tanah yang akan kita gunakan untuk menanam sayuran secara organik.


Polybag secara umum dibagi menjadi polybag semai berfungsi untuk menanam sementara benih akan kita tanam sebelum pindah tanam. Kedua polybag tanam berfungsi untuk tempat tanaman sayuran yang kita tanam.



Ukuran polybag semai cara menanam sayuran organik bisa menggunakan 6 x 8 cm. Cara menanam sayuran organik setelah pindah tanam bisa menggunakan polybag dengan ukuran :


A. 10 x 10 cm


B. 15 x 15 cm


C. 20 x 20 cm


D. 25 x 25 cm


E. 30 x 30 Cm


F. 40 x 40 cm


G. 45 x 45 cm.


Kita tinggal sesuaikan dengan kedalaman akar jenis tanaman kita tanam sebagai usaha berkebun di waktu pandemi Corona 19 ini. Polybag tanaman bisa anda beli di toko Pertanian Indonesia. Anda bisa membeliharga polybag harga murah.

Baca Juga :Jual Alat Pertanian Untuk Berkebun Sayuran Organik



2. Fermentasi Media Tanam



Cara menanam sayuran organik kalau menggunakan media tanam yang sudah melalui proses fermentasi. Proses fermentasi media tanam sayuran membuat tanah lebih kaya nutrisi makro serta mikro. Lebih penting lagi media jadi steril dan terbebas dari bakteri dan jamur merugikan.


Adanyaproses fermentasi padamedia sayuran organik membuat tanaman lebih sehat.Kebun sayuran organik karena tidak menggunakan nutrisi kimia maka proses fermentasi tanaman menjadi pupuk pada pupuk cair menjadi hal wajib.


Proses fermentasi media dalam budidaya sayuran umumnya membutuhkan jangka waktu sekitar 25 hari hingga media benar – benar siap untuk digunakan.Cara fermentasi media guna mendapatkan cara menanan sayuran organik yang baik dan benar akan kami ulas pada tulisan kami yang lain.


Kami selalu menggunakan bakteri dan jamur pengurai berasal dari EM4 pertanian produk Songgolangit Persada. Pengurai EM4 bisa anda beli di toko Pertanian Indonesia dengan harga murah.



3. Komposisi Media Tanam



Komposisi media menanam sayuran bisa menggunakan campuran bahan organik fermentasi : pasir : tanah = 3 : 1 : 2. Bila didaerah anda banyak sumber limbah organik rumah tangga jangan buang dan disia – siakan. Limbah rumah tangga berupa sisa makanan  bisa menjadi kompos yang sangat dibutuhkan dalam usaha sayuran organik.


Kepandaian pelakuusaha berkebun sayuran organik salah satunya dipengarugi oleh tingkat ketrampilan serta kemampuan dan mengolah serta memanfaatkan materi limbah  di sekitar kita.



4. Pemilihan Lokasi Menanam Sayuran Organik



Lokasi tanam dan berkebun sayuran organik dipengaruhi oleh lokasi. Pilihlah lokasi yang terkena panas matahari secara cukup minimal 7 – 10 jam / hari.


Walaupun kita hanya berkebun sayuran organik di rumah, namun pemilihan lokasi tanam adalah hal penting untuk jadi daya dukung kita sukses.



Cahaya sinar matahari cukup akan digunakan untuk mengolah semua nutrisi organik yang sudah kita siapkan sebelumnya.


Tanaman sayuran organik kurang sinar matahari akan mengalami etiolasi dan batang menjadi lemah. Warna dan produksi tidak bisa optimal dan mudah terserang panyakit.



5. Menanam Tanaman Bunga Pemikat Serangga



Cara menanam sayuran karena ingin memanfaatkan peluang usaha di rumah dengan tempat tanam polybag maka harus ada modifikasi lingkungan.

Baca Juga :   Contoh Negara Berkembang Di Benua Amerika Adalah


Bila tanaman yang anda tanam adalah tanaman menghasilkan buah dan membutuhkan bantuan penyerbukan dari serangga, maka kita perlu menanam tanaman pendaping yang banyak bunganya.


Tanaman seperti ini dikenal dengan istilahtanaman refugia. Beberapa tanaman jenis ini adalah : keningkir, bunga matahari, jengger ayam, tapak dara, kembang kertas. Tanaman bunga yang saya sebutkan sangat membantu anda sukses dalam menanam sayuran organik buah.


Adanya nectar dan aroma yang dikeluarkan akan memicu serangga dan musuh alami datang. Hal ini mendukung potensi peluang usaha berkebun kita jadi sukses.


Ini bertujuan untuk meningkatkan persen tingkat penyerbuan bunga menjadi buah lebih tinggi. Kita harus pandai – pandai memanfaatkan potensi alam selama menanam sayuran organik.



6. Benih Sayuran Berkualitas Terbaik



Cara menanamsayuran organik di polybag suksesnya juga dipengaruhi oleh penggunaan benih berkualitas terbaik. Benih kualitas terbaik ada sudah hibrida ( F1 ) atau unggul. Kebutuhan benih menanam sayuran organik bisa anda konsultasikan di toko pertanian terdekat anda.


Pembaca semua juga bisa langsung di toko Pertanian Indonesia. Kami jual semua kebutuhan benih hibrida dan unggul untuk mendukung hobi menanam sayuran organik anda.


Berbagai benih : cabe, tomat, melon, sawi, selada, kangkung, bayam, buncis, tomat, kembang kol, kol, pare, gambas, waluh dan masih banyak benih lain. Tersedia legkap di toko online kami serta siap kirim ke seluruh Indonesia jaminan barang pasti datang.


Jenis benih sayuran yang kita tanam harus sesuai dengan pasar, kemampuan kita lokasi tanam yang kita miliki. Campurlah jenis tanaman sayur daun dan buah, juga umur tanaman berbeda – beda pula. Berkebun sayuran organik dengan banyak faviasi akan memperbanyak variasi dan sumber gizi keluarga.

Baca Juga :Jenis Pupuk Organik Untuk Usaha Rumahan Kebun Sayuran



7. Berkebun Organik Vertical



Cara menanam sayuransistem vertical ini bisa diterapkan untuk batas terluar halaman luar yang sekaligus bisa digunakan sebagai pagar.  Pilihlah tanaman seperti kangkung, sawi, selada yang pendek dan tidak tinggi.


Tanaman sistem vertikal juga bisa dilakukan untuk area rumah yang berbatasan dengan dinding rumah. Menanam sayuran organik secara vertikal yang dikelola dengan baik terbukti bisa memberi nilai tambah bagi nilai gizi rumah tangga kita.



8. Membangun Pagar Tanaman




Lokasi berkebun sayuran karena di halaman rumah memungkinkan adanya gangguan dari hewan ternak seperti ayam. Solusi terbaik cara menanam sayuran organik ini dengan membuatkan pagar guna mencegah hewan pengganggu masuk.


Pagar tanaman bisa berupajaring net yang memang dirancang untuk hewan pengganggu. Jaring pagar tanaman sayuran bisa anda beli di toko Pertanian Indonesia dengan harga murah. Tersedia berbagai ukuran jaring mulai untuk menghalau ayam, burung dengan berbagai ukuran.



9. Arah Penataan Polybag



Menanan dalam polybag harus ditata dengan benar sesuaikan dengan jenis dan tipe cabang tanaman. Arahkan membujur utara selatan agar tanaman secara merata mendapat sinar matahari penuh.


Jarak antar tanaman jangan terlalu rapat. Pastikan seluruh tanaman sayuran kita tanam mendapatkan cahaya minimal 8 – 10 jam per hari.



10. Cara Membuat Pupuk Organik



Membuat pupuk dari bahan yang ada di sekitar kita sangat dianjurkan dalam usaha menanam sayuran organik di rumah. Anda bisa memanfaatkanlimbah rumah tangga dan sisa kotoran ternak yang ada sekitar rumah anda.

Baca Juga :   Pelestarian in Situ Adalah Jenis Pelestarian Yang Dilakukan Di


Mengolahpupuk organik sendiri sebagi sumber nutrisi tanaman anda bisa menekan banyak biaya produksi selama anda menjalankanusaha berkebun sayuran ini.


Membuat pupuk organik sendiri juga memberi jaminan kepada kita bahwa bahan kita gunakan benar – benar 100 % organik. Maka dari awal kami menekankan untuk bisa menguasai cara membuat pupuk organik yang benar.


Cara membuat pupuk organik cair dan pupuk organik padat semua harus kita kuasai. Anda juga harus menggunakan media tanam organik yang bervariasi mulai dari : pupuk kandang, kompos, POC, humus.



11. Penyiraman Kebun Sayuran Organik



Walapun kita menanam sayuran organik di polybag dan lokasi di pekarangan sekitar rumah kita harus kontrol dengan ketat. Penyiraman tanaman secara teratur bisa dilakukan 2 kali sehari saat pagi dan sore hari.


Hindari siram tanaman sayuran saat terik matahari yang akan menyebabkan stres dan tanaman mati. Kebutuhan air telat pada tanaman akan mengakibatkan tanaman sayur kita tanam terhambat pertumbuhannya.



12. Pemupukan



Ketrampilan mengolah sertamembuat pupuk organik menjadi faktor kunci bagaimana kita bisa sukses menanam sayuran organik dengan cara benar serta menjamin tanaman cukup nutrisi.



Pupuk organik padat maupun cair yang kita buat bisa ditambahkan dalam tanaman dengan memasukkan dalam polybag tanam. Pemupukan harus dilakukan secara rutin sehingga sayuran organik kita tumbuh normal.


Cara menanam sayuran yang dikuasai dengan baik bisa menghasilkan panen tanaman sayur dengan dengan produksi tinggi.

Baca Juga :Jual Pupuk Organik Lengkap Harga Murah



13. Penyiangan Gulma



Penyiangan gulma tanaman sayuran yang kita tanam harus dilakukan secara rutin. Penyiangan rumput pengganggu ini harus segera dilakukan terutama yang tumbuh di dalam polybag.


Jangan lupa bersihkan pula tanaman liar tumbuh di sekitar halamam rumah kita yang bisa menjadi inang hama dan penyakit tanaman yang kita pelihara.



14. Pengendalian Hama Penyakit



Cara menanam sayuran organik yang baik pengendalian hama penyakit bisa menggunakanmusuh alami dan tanaman yang bisa digunakan sebagai pestisida nabati. Memanfaatkanmateri pestisida nabati ada di sekitar kita adalah solusi bijak saat kita menanan sayuran organik.


Bahan – bahan rumah tangga seperti : cabe, lengkuas, serai, jahe, tembakau, daun pepaya, jenu, uwi, babadotan, bunga pukul empat, daun sirsat adalah bahan pestisida nabati yang aman dan dengan mudah bisa kita dapatkan.

Baca Juga :Jual Perlengkapan Sarana Sprayer Berkebun Sayuran Organik



15. Panen Berkebun Sayuran Organik




Cara menanam sayuran organik

 sudah kita lakukan dengan baik dan benar akan diakhiri dengan tahapan panen. Panen sayuran untuk hasil terbaik bisa anda lakukan jam 07.00 – 10.00. Waktu panen akan mempengaruhi kualitas sayuran yang kita konsumsi.


Demikian ulasan lengkap tentang cara menanam sayuran organik  di polybag untuk halaman rumah untuk kebutuhan konsumsi sayur keluarga kita. Apabila kurang jelas serta ada pertanyaan silakan tanyakan ke toko

Pertanian Indonesia lewat Sms / Wa : 0812 – 5227 – 1859
.


Kami menjual sarana kebutuhan dan konsultasi

cara menanam sayuran organik

di polybag dengan aman. Semoga artikel ini membawa manfaat bagi pembaca semua. Salam Pertanian Indonesia.

Cara Menanam Sayur Organik Di Halaman Rumah

Source: https://pertanianindonesia.com/cara-menanam-sayuran