makanan yang mengandung vitamin a dan bagus untuk mata

Kekurangan vitamin tertentu dapat meningkatkan beberapa risiko pada kondisi mata, seperti katarak, dan degenerasi makula terkait usia (AMD). Penelitian juga menyebutkan bahwa beberapa suplemen dengan kandungan vitamin dan mineral dapat membantu melindungi atau memperlambat perkembangan kondisi tersebut.

Vitamin A memiliki peranan yang cukup penting untuk menjaga kesehatan mata. Berdasarkan penelitian pada jurnalCancer Causes & Control, vitamin A dipercaya dapat membantu mengatasi glaukoma, dan sangat baik untuk mencegah tekanan oksidatif yang bisa menyebabkan perkembangan glaukoma. Karoten yang terkandung di dalam vitamin A juga dipercaya mampu membantu melawan katarak.

Vitamin A sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu retinoid yang berasal dari produk hewani dan yang berasal dari buah dan sayuran. Mengonsumsi makanan vitamin A juga harus disesuaikan dengan kebutuhan. Sebab, makanan yang mengandung vitamin A yang berasal dari sumber hewani tidak larut dalam air yang membuatnya tidak mudah dikeluarkan dari tubuh.

Kebutuhan vitamin A pada setiap orang berbeda-beda tergantung dari usia. Berikut adalah rekomendasi jumlah kebutuhan vitamin A yang disarankan:

  • Balita: 400 IU
  • Anak usia 4–9 tahun: 450–500 IU
  • Remaja dan orang dewasa: 600–650 IU
  • Ibu hamil dan menyusui: 900–950 IU

Untuk bisa memenuhi kebutuhan tersebut, Realfoodfam bisa mendapatkannya dari berbagai sumber makanan, baik hewani atau nabati. Berikut adalah beberapa contoh sumber makanan yang mengandung vitamin A yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan mata

1. Bayam

Vitamin A yang berasal dari produk nabati atau umum dikenal dengan golongan karotenoid (betakaroten).

Sayuran yang sangat mudah ditemukan ini selain terkenal dengan kandungan zat besi juga mengandung vitamin A. Menurut salah satu studi, satu porsi setengah bayam mengandung vitamin A mencapai 570 mcg. Realfoodfam bisa mengolah bayam menjadi menu makanan 4 sehat 5 sempurna yang sehat dan bernutrisi. Sayur bayam pun sangat mudah diolah, bisa dibuat dalam bentuk sayur ataupun sebagai campuran smoothie dan dikonsumsi di pagi hari.

Baca Juga :   Dasar Laut Indonesia Yang Termasuk Zona Abisal Adalah

2. Wortel

Wortel adalah sayuran yang memiliki rasa renyah dan gizi yang tinggi. Semua tentu tahu bahwa wortel termasuk salah satu makanan vitamin A yang tinggi dan baik untuk kesehatan mata. Kandungan karotenoid pada wortel dapat membantu menjaga penglihatan agar tetap tajam. Dalam 100 gram wortel, mengandung 459 mcg vitamin A. Tidak hanya itu saja, beta-karoten dan lutein yang terkandung dalam wortel juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas.

Baca juga: 11 Cara Menghilangkan Kantung Mata atau Mata Panda Secara Alami

3. Ikan Tuna

Vitamin A yang diperoleh dari produk hewani disebut retinoid. Salah satu yang masuk ke dalam golongan retinoid adalah Ikan tuna sebagai salah satu sumber makanan yang mengandung vitamin A. Dalam 100 gram ikan tuna terkandung 757 mcg atau 60 IU. Selain diperkaya oleh vitamin A, terkandung juga Omega 3 yang dapat membantu perkembangan otak serta mencegah penyakit alzheimer.

4. Selada (

Lettuce

)

Sebagai salah satu sayuran hijau, selada juga mampu memberikan jumlah vitamin A yang tinggi. Per 100 gram selada, mengandung 133 mcg atau 7.405 IU vitamin A.

Selada juga bisa dimanfaatkan sebagai makanan tinggi vitamin K yang mampu menjaga kesehatan tulang dari osteoporosis danosteopenia.

Baca juga: Rekomendasi Makanan Tinggi Antioksidan yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

5. Kacang Polong Hitam

Kacang polong hitam termasuk salah satu makanan yang mengandung vitamin A dan bagus untuk mata karena dalam setiap 100 gramnya mengandung 66 mcg vitamin A.

Mengonsumsi kacang polong hitam yang dijadikan menu olahan salad ataupun sup sayuran akan sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

6. Brokoli

Apakah Realfoodfam pernah menyangka bahwa brokoli termasuk salah satu makanan mengandung vitamin A? Per 100 gram brokoli mengandung 60 mcg atau setara 623 IU yang dapat mencukupi kebutuhan AKG harian. Beberapa ahli menyebutkan bahwa brokoli mengandung senyawa yang disebut sebagai I3C yang dipercaya mampu menjaga kesehatan mata dan membantu melakukan detox pada retina mata sehingga membuat mata tetap sehat dan penglihatan tetap tajam.

Baca Juga :   Susunan Acara Lomba 17 Agustus Tingkat Rt

Bagi Realfoodfam yang tida menyukai brokoli, yuk usahakan untuk mulai mengonsumsinya agar kesehatan mata tetap terjaga.

7. Minyak Hati Ikan Kod

Minyak hati ikan kod termasuk menu makanan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Dilansir dari situsMedical News Today, minyak hati ikan mampu menyediakan hingga 4.080 mcg atau 100.000 IU vitamin A yang bisa mencukupi semua kebutuhan nutrisi harian.

Demikian adalah beberapa makanan vitamin A terbaik untuk kesehatan mata. Selain itu, Realfoodfam juga bisa memaksimalkan kesehatan mata dan membantu mengurangi keluhan penyakit mata dengan mengonsumsi Program 12 Hari Bright Sight.

Kandungan utama pada Realfood Bright Sight yang terdiri dari sarang burung walet dan vitamin A ini membantu menjadikan imun tubuh tetap terjaga dan mengurangi resiko penyakit mata. Selain itu Realfood mengandung EGF (Epidermal Growth Factor) yang dapat menjaga kesehatan lambung dan mencegah penuaan penuaan dini. Bahkan Realfoodfam juga bisa merasakan manfaat asam sialat yang terbukti mampu melawan virus penyebab flu.

Ada juga kandungan vitamin E yang berperan sebagai antioksidan agar mata tetap segar, vitamin B2 yang dapat mencegah resiko mata katarak, hingga kandungan zinc yang mampu menjaga kesehatan retina mata.

Tunggu apalagi? Yuk mulai konsumsi sayuran dan lengkapi dengan Realfood Bright Sight agar mata tetap sehat!