Ikan Hias Air Laut Lion Fish

Ikan Hias Air Laut Lion Fish

Bagi sebagian orang, memiliki peliharaan di rumah adalah suatu keharusan. Karena kehadiran hewan peliharaan dapat menghilangkan penat karena pekerjaan. Namun dari banyaknya jenis hewan peliharaan, hewan mana yang menjadi pilihan penting diperhatikan. Sama halnya, saat menentukan jenis ikan hias air laut yang akan mengisi aquarium di rumah ataupun di kantor.

Untuk memelihara ikan hias air laut, perlu dilakukan pemilahan tepat. Karena perawatan ikan air laut dalam aquarium, tidaklah mudah. Kamu harus menentukan PH air dan melakukan pembersihan secara berkala.

Apakah cukup telaten untuk merawatnya seorang diri? Bagaimana dengan makanan dari ikan-ikan tersebut? Jika sudah yakin, pilihlah beberapa dari jenis ikan ini untuk menghiasi aquarium di kantor dan rumah.

Daftar Isi

  • 1
    15 Jenis Ikan Hias Air Laut Untuk Aquarium Kecil dan Besar

    • 1.1
      Clown Fish
    • 1.2
      Angelfish
    • 1.3
      Botana Blue Tang
    • 1.4
      Firefish
    • 1.5
      Lion Fish
    • 1.6
      Banggai
    • 1.7
      Dottyback
    • 1.8
      Kakatua
    • 1.9
      Watchman Gobies / Jabing Kuning
    • 1.10
      Blue Devil
    • 1.11
      Butterfly Fish
    • 1.12
      Chalk Bass

15 Jenis Ikan Hias Air Laut Untuk Aquarium Kecil dan Besar

Berencara memiliki ikan hias? Ketahui dulu berbagai jenis ikan hias air laut dan perawatannya. Di mana bisa mendapatkannya serta adakah perizinan yang harus dimiliki? Berikut ulasan lengkapnya,

Clown Fish


Siapa diantara kamu yang tidak mengenal ikan ini? Clown fish karib dipanggil dengan ikan Badut. Clown fish memiliki warna orange yang terang dengan list putih dibagian tubuhnya. Oleh sebab itu ikan ini dikenal juga dengan sebutan ikan badut.

Bila kamu berencana memiliki ikan ini, tambahkan karang laut dibagian bawah aquarium, karena habitat ikan ini adalah karang bawah laut.

Baca Juga :   Kondisi Alam Pulau Nusa Tenggara Cocok Dijadikan Lahan

Harga Umum : 20 ribu – 100 ribu per ekor

Angelfish


Tidak hanya memiliki jenis air tawar, Angelfish juga tersedia untuk jenis ikan hias yang berada di air laut. Ikan ini memiliki warna yang cerah pada tubuhnya. Di mana terdapat corak biru dan kuning yang ada di seluruh tubuhnya.

Karena warna inilah menyebabkan ikan ini dikenal dengan nama blueface angelfish ataupun yellowface angelfish. Untuk kamu yang pemula, cocok merawat ikan yang satu ini.

Harga Umum : 30 ribu – 50 ribu / ekor

Botana Blue Tang


Lihat juga : Daftar Lengkap Jenis Ikan Hias Air Tawar

Botana Blue Tang adalah ikan hias yang mudah ditemukan di perairan Indonesia. Ciri khasnya adalah warna biru, hitam dan abu-abu pada seluruh bagian tubuhnya.

Untuk kamu yang berencana memeliharanya, disarankan untuk memperhatikan pertumbuhan ikan. Karena ikan ini termasuk ikan yang cepat bertumbuh. Untuk itu, siapkanlah aquarium yang cukup besar untuk merawatnya.

Harga Umum : 100 ribu per ekor

Firefish


Di Indonesia ikan ini dikenal dengan nama Roket Merah. Ukurannya tidak terlalu besar, namun memiliki bentuk memanjang dan runcing dibagian kepala. Warna siripnya sangat mencolok dan tingkahnya sangat aktif diperairan.

Sedikit saran, dalam memeliharanya, kamu dapat menyatukannya dengan ikan yang memiliki sifat sama dalam aquarium di rumah.

Harga Umum : 70 ribu – 100 ribu per ekor

Lion Fish


Ikan yang satu ini sudah sangat dikenal di kalangan pecinta ikan. Tidak hanya karena bentuknya yang unik, duri yang ada di sekitar tubuhnya membuatnya nampak lebih indah.

Namun kamu harus berhati-hati saat akan menyentuhnya. Karena duri yang ada di sekitar tubuhnya, memiliki racun berbahaya. Salah menyentuhnya, dapat menjadi masalah untuk kehidupan ke depannya.

Baca Juga :   Penguin Memiliki Bulu Yang Sangat Tebal Berfungsi Sebagai

Harga Umum : 40 ribu – 200 ribu per ekor

Banggai


Ikan hias yang satu ini adalah jenis ikan hias air laut yang mulai punah di habitatnya. Banggai mulai punah, karena penangkapan yang terjadi secara berlebihan.

Karenanya saat ini, Banggai dikembangbiakan dibeberapa tempat konservasi. Hal ini pula yang perlu diperhatikan, di mana kamu harus memahami cara untuk memiliki dan tempat yang tepat untuk membelinya.

Harga Umum : 10 ribu – 30 ribu per ekor

Dottyback


Berbeda dengan ikan-ikan sebelumnya, ikan ini dapat hidup di laut yang beriklim subtropis dan tropis. Warnanya yang unik dapat membuat akuarium lebih indah dan menyejukan.

Menariknya, kamu tidak perlu melakukan pencarian ke tempat-tempat lain untuk mendapatkannya. Karena ikan dottyback dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia.

Harga Umum : 20 ribu – 50 ribu per ekor

Kakatua


Tidak hanya dijadikan sebagai nama burung, Kakatua juga dikenal sebagai sebuah nama ikan. Nafsu makan ikan ini cukup besar, karenanya kamu harus menyiapkan karang dan rumput laut yang tepat saat meletakkannya di rumah atau di kantor.

Lihat juga : 10 Jenis Ikan Terbesar di Dunia (Air Tawar dan Laut)

Ciri khas ikan ini adalah mulutnya yang memiliki paruh, seperti kait. Pernah melihatnya dalam penyelaman?

Harga Umum : 30 ribu – 200 ribu per ekor

Watchman Gobies / Jabing Kuning


Kamu seorang pemula? Disarankan untuk menjadikan ikan ini sebagai peliharaan pertama. Karena ikan ini memiliki tubuh yang kuat, sehingga tidak mudah mati.

Gerakan ikan ini cukup agresif, sehingga cocok dijadikan teman di ruangan kantor. Untuk makanannya, cukup berikan udang-udangan secara berkala ikan yang satu ini.

Harga Umum : 20 ribu – 10 ribu per ekor

Baca Juga :   Membentuk Sabun Dengan Pisau Kecil Merupakan Teknik

Blue Devil


Akurium yang tepat untuk ikan hias air laut adalah akuarium yang tidak terlalu besar. Namun dapat menampung beberapa jenis ikan untuk dapat melepaskan penat. Bila kamu telah memilikinya, pilihlah ikan blue devil untuk mengisinya.

Karena ukuran ikan ini tidak terlalu besar dan tubuhnya cukup ramping. Masalah warna, tidak perlu ditanyakan karena corak birunya indah.

Harga Umum : 25 ribu – 100 ribu per ekor

Butterfly Fish


Warnanya yang indah, membuat ikan ini dikenal sebagai butterfly di air laut. Kamu dapat menemukan warna-warna unik pada tubuhnya, yang membuat pengamatnya selalu terpukau.

Bentuk dasar ikan ini adalah pipih, sedangkan bagian mulutnya sedikit “monyong”. Tingkahnya yang tenang, dipastikan akan memudahkan dalam pemeliharaan.

Harga Umum : 35 ribu – 80 ribu per ekor

Chalk Bass


Sama seperti watchman gobbies, ikan
Chalk Bass
adalah ikan yang tahan banting. Ikan ini dapat tahan terhadap penyakit dan dapat berkembang biak dengan baik, walaupun kondisi air kurang baik.

Sayangnya, untuk dapat memperkenalkannya dengan chalk bass lain, harus dilakukan secara perlahan. Karena ikan ini termasuk agresif dengan kehadiran ikan yang lainnya.

Harga Umum : 25 ribu – 100 ribu per ekor

Dari semua jenis ikan di atas, manakah yang menarik perhatian kamu? pilihlah yang sekiranya mudah dirawat dan tidak membutuhkan banyak dana.

Utamanya jika pengalaman ini akan menjadi pengalaman pertama dalam merawat jenis ikan hias laut. Selalu tanyakan pada orang-orang berpengalaman, agar tidak ada kesalahan dalam merawat yang menyebabkan kesalahan fatal pada ikan.

Ikan Hias Air Laut Lion Fish

Source: https://juraganhobi.com/daftar-jenis-ikan-hias-air-laut-lengkap/