Tanaman Kelapa Berkembang Biak Dengan Cara

Tanaman Kelapa Berkembang Biak Dengan Cara

Sebagai negara tropis, pohon kelapa merupakan salah satu jenis tumbuhan yang paling mudah ditemukan di berbagai wilayah Indonesia.

Dalam catatan yang ditulis oleh
Royal Botanic Gardens, kelapa merupakan anggota tunggal dalam marga
cocos
dari suku
arecaceae, yang seluruh bagian dari pohonnya bisa dimanfaatkan untuk kehidupan manusia.

Bagi masyarakat Indonesia, pohon kelapa dianggap sebagai tumbuhan yang serbaguna, karena mulai dari akar, batang pohon, daun, dan buahnya, semuanya bisa dimanfaatkan dan tidak akan ada bagian dari pohonnya yang terbuang sia-sia.

Sebagai tanaman yang bisa tumbuh subur di kawasan tropis basah, hampir 94,64 persen produksi pohon kelapa ini berada di kawasan Asia Pasifik, terutama di Indonesia, Filipina, dan India.

Dengan banyaknya manfaat yang bisa dihasilkan, pohon kelapa ini juga memiliki usia hidup produktif yang cukup lama, yakni sekitar 30 tahun dengan tinggi yang bisa mencapai 30 meter dan jumlah produksi buah sebanyak 80-120 per pohon dalam satu tahun.

Lantas, bagaimana cara pohon kelapa berkembang biak sehingga bisa memiliki jangka usia yang panjang dan produksi panen yang melimpah? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Cara Kelapa Berkembang Biak

Buah kelapa yang biasa kita konsumsi sebenarnya adalah bentuk lain dari biji kelapa yang nantinya akan menjadi alat untuk perkembangbiakannya.

Dari biji kelapa ini, bisa tumbuh menjadi tunas dan nantinya akan berkembang menjadi pohon kelapa.

Dengan begitu, pohon kelapa bisa dipastikan berkembang biak dengan cara generatif, karena harus melalui proses penyerbukan dan pembuahan terlebih dahulu sehingga bisa menghasilkan buah dan biji kelapa yang berkualitas tinggi.

Generatif ini merupakan cara pengembang biakan melalui proses penyerbukan dan pembuahan, sehingga tumbuhan yang masuk pada kategori ini harus memiliki kepala putik dan serbuk sari.

Baca Juga :   Cara Membuat Kerajinan Dari Limbah Organik Beserta Gambarnya

Meski membutuhkan waktu yang tidak sebentar, menanam pohon kelapa sebenarnya bisa sangat menguntungkan karena banyaknya manfaat yang ditawarkan dari tumbuhan yang satu ini.

Bagi kamu yang tertarik dan ingin coba mulai menanam pohon kelapa, kamu bisa ikuti beberapa tipsnya berikut ini.

Tips Menanam Pohon Kelapa yang Mudah dan Praktis

1. Memilih Benih

Dalam pemilihan benih, usahakan memilih benih dari tanaman induk kelapa yang sudah berumur sekitar 20 sampai 40 tahun.

Setelah memilih benih, kamu harus mendiamkannya selama kurang lebih 1 bulan di tempat yang bersih, kering, dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

2. Penyemaian dengan
Polybag

Untuk melakukan teknik penyemaian menggunakan
polybag

yang tepat, kamu bisa ikuti beberapa cara berikut ini:

  • Sayat biji kelapa sekitar 5 cm dengan menggunakan pisau.
  • Tanam biji kelapa di kedalaman 2/3 sambil dihadapkan ke atas langit dengan posisi penanaman segitiga melintang.
  • Tunggu proses penyemaian dengan polybag sekitar 6 sampai 12 bulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Penanaman Benih

Untuk membuat pohon kelapa dengan potensi produktivitas terbaik, kamu harus menanam benih di tanah jenis aluvial yang memiliki ketersediaan atau kandungan air yang melimpah.

Jangan lupa untuk berikan sekitar 300 gram pupuk di setiap lubang yang akan ditanami pohon, dan usahakan untuk menanamnya di lahan yang datar dengan jarak penanaman sekitar 9 x 9 x 9 meter agar tidak terlalu dekat atau terlalu jauh.

4. Proses Penyiangan Pohon

Lakukan proses penyiangan pada tanaman kelapa selebar 1 meter pada tahun pertama penanaman, kemudian 1,5 meter di tahun kedua, dan 2 meter di tahun ketiga.

Saat lahan tanaman kelapa tersebut tiba-tiba diserang oleh hama atau parasit, usahakan untuk membersihkannya dengan menggunakan parang.

Baca Juga :   Salah Satu Ciri Khas Yang Dimiliki Oleh Kijang Adalah

Untuk jangka waktunya sendiri, kamu bisa melakukan penyiangan selama 4 minggu pada musim penghujan dan 6 sampai 8 minggu pada musim kemarau.

Itulah beberapa informasi mengenai tanaman kelapa yang penuh manfaat, dan mudah untuk dikembangbiakkan jika kamu serius dan telaten dalam menjalankannya.

Selain kelapa, Indonesia juga memiliki banyak pilihan buah-buahan lain yang populer dan mudah untuk ditanam di kebun atau ladang sendiri, salah satunya adalah pisang.

Dalam buku

Rahasia Sukses Bertanam Pisang

yang ditulis oleh Tim Karya Tani Mandiri, kamu akan diajarkan bagaimana cara menanam pisang dengan mudah dan tepat sehingga nantinya bisa menghasilkan buah yang berkualitas unggul.

Buku ini akan memperkenalkan seluk beluk tanaman pisang, terutama dalam bagian penanaman, dimulai dari pembenihan bibit sampai penanganan masa panen dan pasca panen.

Khusus buat kamu yang penasaran dengan cara penanaman tanaman populer yang satu ini, kamu bisa dapatkan bukunya melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada
gratis voucher diskon

yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik
di sini
untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon

Promo Diskon

Tanaman Kelapa Berkembang Biak Dengan Cara

Source: https://buku.kompas.com/read/1964/kelapa-berkembang-biak-dengan-cara-apa-simak-penjelasan-lengkapnya-berikut-ini