Apakah Fungsi Duri Dari Bunga Mawar Dan Putri Malu

By | November 3, 2022

Apakah Fungsi Duri Dari Bunga Mawar Dan Putri Malu

Jakarta

Makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan memiliki kemampuan hidup untuk mempertahankan diri dari bahaya yang mengancam. Pertahanan diri tumbuhan berbeda dari hewan karena tumbuhan tidak bisa berpindah tempat. Oleh karena itu tumbuhan, seperti bunga mawar memiliki cara untuk melindungi diri dari musuh.

Tumbuhan melindungi dirinya dengan bagian tubuhnya. Contohnya yaitu bunga mawar melindungi dirinya dengan duri. Lalu bagaimana cara tumbuhan melindungi dirinya dari bahaya?

Berikut adalah macam-macam cara tumbuhan melindungi diri yang dikutip dari SIMPKB Guru Berbagi:

1. Tumbuhan yang Melindungi Diri dengan Duri

Selain bunga mawar yang melindungi dirinya dengan duri, ada beberapa tumbuhan lainnya yang juga melindungi diri dengan duri. Duri-duri tersebut terletak pada batang, daun, hingga buahnya.

Dengan adanya duri, hewan yang tadinya hendak memakan bagian-bagian tubuh tumbuhan akan terganggu karena tertusuk duri yang tajam. Berikut adalah contoh tumbuhan yang melindungi diri dengan duri:

– Bunga mawar melindungi dirinya dengan duri yang ada pada batangnya. Sehingga susah untuk makhluk hidup lain hinggap pada batang bunga mawar.

– Buah durian memiliki pertahanan diri pada bagian buah yang berduri.

– Kaktus memiliki duri pada badan tumbuhan yang berfungsi untuk melindungi diri dari musuhnya.

2.Tumbuhan yang Melindungi Diri dengan Racun

Tumbuhan yang melindungi diri dengan racun akan mengeluarkan racun yang membuat musuhnya menjauh hingga mati karena racunnya. Contoh tumbuhan ini yaitu pohon jarak dan kecubung.

– Pohon jarak memiliki racun yang berbahaya pada bagian bijinya, jika bijinya termakan akan berakibat fatal bahkan berdampak pada kematian.

– Kecubung memiliki racun bernama risin. Kecubung adalah obat tradisional jika diolah secara tepat.

iii. Tumbuhan yang Melindungi Diri dengan Getah

Tumbuhan yang melindungi diri dengan getah akan mengeluarkan getah lengket pada batang, daun, maupun buahnya. Getah berfungsi sebagai media transportasi unsur hara fotosintat dalam pembuluh angkut, getah juga berfungsi sebagai alat untuk perlindungan diri pada tumbuhan.

Contoh tumbuhan yang melindungi diri dengan getah yaitu:

– Kamboja: getah yang dikeluarkan kamboja sangat banyak dan memiliki rasa yang pahit. Walaupun tidak memakannya, jika tidak sengaja tersentuh maka rasa getah yang pahit akan membekas.

– Pohon sawo memiliki getah yang sangat lengket dan apabila ada hewan yang hinggap maka mungkin bisa lekat pada pohon sawo tersebut.

– Pohon nangka memiliki getah yang sangat lengket.

iv. Tumbuhan yang Melindungi Diri dengan Cangkang Keras

Tumbuhan menggunaka cangkang keras dari buahnya untuk bisa melindungi bakal bijinya. Cangkang berfungsi melindungi dirinya agar tidak dimakan oleh hewan pemakan biji atau tumbuhan, sehingga ia dapat berkecambah dan dapat meneruskan kehidupannya.

Contoh tumbuhannya yaitu:

– Pohon kelapa memiliki tinggi yang menjulang dan buah yang dilapisi dengan cangkang tebal dan keras.

Baca Juga :   Pantun Teka Teki Jarjit Dan Jawabannya

– Biji mahoni merupakan inti dari buah pohon mahoni dimana biji mahoni ini sendiri memiliki sistem pertahanan diri yang cukup bagus karena memiliki kulit yang keras.

– Kelapa sawit memiliki buah yang kulitnya cukup keras sehingga perlu berusaha untuk memakan buah dari kelapa sawit tersebut.

5. Tumbuhan yang Melindungi Diri dengan Bau Menyengat

Ada beberapa tumbuhan yang melindungi dirinya dengan mengeluarkan scent tertentu. Tumbuhan ini yaitu bunga bangkai yang sengaja mengeluarkan aroma bangkai untuk menghindari hewan lain yang akan memakannya.

Jadi bunga mawar yang melindungi dirinya dengan duri dan penjelasan di atas merupakan contoh perlindungan diri tumbuhan dari musuh. Pahami baik-baik ya!

Simak Video “Istilah Unik di Pasar Pakis, Pasar Mawar Terbesar Di Magelang

(atj/lus)

Lihat Foto

Ciri-ciri khusus bunga mawar

KOMPAS.com

– Bunga mawar adalah salah satu bunga yang paling populer di kalangan masyarakat karena merupakan simbol dari cinta dan keindahan.

Bunga mawar menjadi salah satu bunga tertua yang ada di dunia. Dilansir dari University of Illinois Extension, dijumpai bukti fosil mawar yang bersusia 35 juta tahun di alam.

Mawar bukanlah nama spesies bunga melainkan nama genus atau marga dalam kerajaan Plantae. Berdasarkan Encyclopedia Britannica, mawar atau genus Rosa merupakan tumbuhan semak yang terdiri dari 100 spesies dengan bunga yang berwarna-warni.

Mawar adalah tumbuhan berbunga tingkat tinggi yang dilengkapi dengan pembuluh angkut xilem dan floem.

Baca juga: Ciri Khusus Bunga Bangkai dan Bedanya dengan Bunga Rafflesia Arnoldii

Ciri khusus bunga mawar

Beirkut ciri-ciri khusus bunga mawar, yakni:

Mawar memiliki batang yang dipenuhi dengan duri-duri kecil yang tajam. Dilansir dari The Huntington, duri tersebut adalah hasil modifikasi batang kayu. Duri pada batang mawar adalah bentuk pertahanan duri untuk mempertahankan batangnya dari pemangsa.

Saat bunga mawar rusak atau dimakan, tumbuhannya tidak akan ikut rusak. Namun kerusakan pada batang dan akar bisa berakibat fatal. Sehingga duri melindungi tumbuhan mawar dari serangga juga hewan herbivora seperti rusa, kuda, dan binatang pemamah biak.

  • Bunga berwarna cerah dan harum

Bunga mawar bereproduksi secara seksual melalui penyerbukan dengan bantuan serangga. Bunga yang berwarna cerah dan aroma yang harum merupakan cara mawar untuk menarik perhatian serangga.

Serangga yang datang akan mengisap nektar mawar dan secara tidak langsung membawa serbuk sari ke bunga lain untuk penyerbukan.

Menyadur dari Scientific American, scent harum tersebut dihasilkan dari campuran kompleks senyawa dengan berat molekul rendah (volatil) yang dipancarkan ke atmosfer. Setiap bunga memiliki scent yang berbeda-beda karena perbedaan volatilnya.



Baca juga: Ciri Khusus Tumbuhan Pohon Jati, Kaktus, dan Bakau

Mawar merupakan tanaman yang sangat tangguh. Mawar tidak akan mati jika kehilangan semua daun dan juga bunganya.

Baca Juga :   Panas Bumi Di Indonesia Tersebar Merata Karena Dipengaruhi Oleh

Mawar juga tahan akan defoliasi (pemangkasan ujung batang) dan bisa terus tumbuh. Bahkan ketika terjadi kebakaran, jika akar dan pangkal batangnya tidak rusak, mawar bisa tumbuh kembali.

Duri pada mawar juga membantu beberapa spesies mawar yang tumbuh di lingkunga kering berpasir. Duri mawar memecah aliran udara, menahan pasir yang dibawanya, mencegah kerusakan akibat terpaan pasir, dan juga mencegah erosi pada akar.

Dapatkan update
berita pilihan

dan
breaking news

setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya

INDOZONE.ID –
Mawar merupakan jenis tanaman semak dari genus Rosa dengan tinggi yang dapat mencapai 2 hingga v meter dan umumnya memiliki duri.

Sebenarnya apa fungsi dari duri-duri ini ya?

Fungsi utama dari duri ini adalah untuk melindungi bunga mawar dari hewan herbivora yang akan memangsanya untuk dikonsumsi.

Aroma harum dari bunga mawar sering kali menarik perhatian para hewan untuk memakannya. Duri ini lah yang bekerja sebagai pertahanan diri mawar.

Selain itu, duri mawar juga memudahkan tanaman ini ketika akan merambat ke tempat-tempat di sekitarnya. Duri ini akan menjadi pegangan bagi mawar untuk tumbuh tegak ke atas.

Artikel Menarik Lainnya:

  • Aroma Bunga Sedap Malam dan Kehadiran Makhluk Halus
  • Bunga di Pesisir Afrika Ini Berbau Busuk Seperti Kotoran Manusia
  • Psychotria elata, Bunga Bibir Merah yang Curi Perhatian Serangga



five. Tentukan zat pelarut dan zat terlarul pada larutan pewarna untuk membuat batik! Jawab:​



1. Apa perbedaan Panca Yama Brata dengan Panca Nyama Brata ? ii. Selain Susila/ Ethika , Apa lagi yang tergolong kerangka Dasar Agama Hindu ? Sebutkan …


dan jelaskan !3. Apa nama kitab yg menjadi sumber ajaran Panca Yama dan Nyama Brata ? 4. Apa tujuan Ajaran Panca Yama dan Nyama Brata ? v. Apa saja yg tergolong bagian dari Panca Yama dan Nyama Brata ?​.




1. Untuk perekat pada tempat pensil berfungsi sebagai alat penutup atau penahan agar tidak terbuka. Dimana organisation itu menunjukkan keseimbangan alat ag …


ar tertutup rapat. two. Untuk bahan kegiatan belajar tentunya sudah jelas jika magnet digunakan sebagai bahan untuk membuktikan dapat menarik benda lain yagn bersifat logam, semi logam dan menolak yang bukan logam. Sehingga siswa dapat menjelaskan tentang benda magnetic dan nonmagnetic. 3. Untuk mobil Tamiya secara umum siswa harus faham bahwa dynamo beda arrangement kerjanya dengan motor listik kalau dynamo jelas bahwa energi gerak dengan bantuan magnet berubah menjadi energi listrik sebaliknya motor listrik dihasilkan dari energi listrik dari bahan bakar atau bateri diubah menjadi energi gerak atas bantuan magnet. 4. Untuk dynamo biasanya lilitannya berpengaruh pada kecepatan pada Tamiya itu www sebagai fungsi utama magnet. Yang benar adalahA.1, ii, dan 3B.ane dan 2C.ii dan 4D.iv​


Baca Juga :   Berikut Ini Yang Merupakan Contoh Dari Industri Ekstraktif Adalah



Perhatikan gambar bel listrik, jika saklar (SK) ditekan maka arus listrik mengalir melalui kumparan sehingga pada A dan B timbul medan magnet yang men …


arik D, mengakibatkan F memukul bel Thousand dan sehingga arusterputus. Ketika arus terputus, A dan B tidak bersifat magnet lagi sehingga D terlepas. Pernyataan berikut yang benar tentang bel listrik tersebut adalah…A. Saat seseorang menekan tombol bel identik dengan memutus arus listrik pada bel listrik tersebut karena medan magnet menjadi hilang B. Jika seseorag menekan tombol bel listrik maka arus akan mengalir pada kawat kumparan A dan B yang menyebabkan besi berbentuk U akan berubah menjadi magnet yang menarik pemukul bel C. Besi berbentuk U merupakan magnet permanen yang dapat menimbulkan arus listrik yang akan mengalir pada kawat kumparan D. Kekuatan medan magnet pada inti besi lunak U tidak dipengaruhi oleh kuat arus listrik yang mengalir​




Perhatikan skema mekanisme hemodialisis dan struktur ginjal manusia berikut ini! Prinsip kerja Hemodialisis adalah dengan menerapkan proses osmosis da …


north ultrafiltrasi pada ginjal buatan. Alat yang digunakan dalam ultrafiltrasi tersebut bernama dialyzer. Dialyzer pada proses hemodialisis (cuci darah) seperti pada gambar di atas dapat menggantikan fungsi ginjal pada bagian nomor… * A. 1 B. 2 C. 3 D. 4​




Perhatikan data dan gambar berikut! Udara pernafasan hasil percobaan tersebut sesungguhnya adalah … *A. Udara tidal paru-paru B. Udara komplementer C. …


Udara suplementer D. Kapasitas vital paru-paru​




Ari dan Edo adalah dua orang sahabat yang tinggal di dua tempat yang berbeda. Sejak kecil mereka tinggal di daerah pantai. Namun sudah dua bulan Ari p …


indah kedaerah bersuhu 21°C. Saat diawal-awal Ari tinggal di daerah tersebut Ari mengalami sedikit gangguan pernapasan, namun lambat laun Ari sudah terbiasa, karena … *A. Darah Ari mulai beradaptasi dengan suhu dingin sehingga Ari dapat bernapas dengan legaB. Tubuh Ari beradaptasi dengan meningkatkan jumlah sel darah merah dan Hb dalam tubuh sehingga lebih banyak mengikat oksigen C. Tubuh Ari mulai beradaptasi dengan kadar oksigen yang ada di daerah pegunungan sehingga tidak mengalami kesulitan bernapas D. Tubuh Ari sangat sensitif dengan perubahan lingkungan, sehingga perlu beradaptasi agar bisa menyesuaikan dengan lingkungan.​




tolong dijawab yaa mohon bantuannya ​



Hubungan erat antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan antara lain A benalu hidup menempel di pohon jambu B lebah membuat sarang di lubang b …


atang tumbuhan C. anggrek bulan hidup menempel pada kulit pohon inang D. umang-umang menggendong anemon laut di cangkangnya​




jelaskan pengertian magnesium dalam bayam​

Apakah Fungsi Duri Dari Bunga Mawar Dan Putri Malu

Source: https://www.duwus.com/81827/apa-fungsi-duri-dari-bunga-mawar-dan-putri-malu.html