Artikel Tentang Membuang Sampah Di Sungai

Artikel Tentang Membuang Sampah Di Sungai

Sungai sebagai sumber daya alam memiliki peran yang sangat penting dalam keberlangsungan siklus air. Namun, kondisi sungai yang tercemar akan berpengaruh besar terhadap kondisi lingkungan dan kehidupan warga sekitar.

membuang sampah di sungai
Tumpukan sampah di sungai (Sumber: theconversation)

Pencemaran sungai disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Masyarakat seringkali menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah hingga menghambat jalannya air dan merusak lingkungan, bahkan banjir. Oleh karena itu, diperlukan upaya agar kondisi sungai dapat terjaga dengan baik.


Kasus-kasus Sungai Dijadikan Tempat Pembuangan

Indonesia diketahui menjadi salah satu negara dengan sungai terbanyak. Sayangnya, sebagian besar warga yang tinggal di dekat area sungai masih membuang sampah sembarangan tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi.

Salah satunya yang terjadi di sungai Citanduy dan Ciwulan di wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat. Menurut hasil laporan dari Tim Peneliti Ekspedisi Sungai Nusantara, kedua sungai tersebut sudah tercemar akibat banyaknya sampah plastik yang memenuhi sungai. Kondisi ini dapat mencemari Laut Pangandaran dan Jawa Tengah yang dikenal sebagai pusat perikanan terbesar di Jawa, karena sampah plastik bisa ikut terbawa arus hingga ke lautan.

Selain itu juga, kondisi sungai Bangkatan di Kota Binjai, Sumatera Utara juga cukup memprihatinkan. Sungai ini menjadi tempat pembuangan sampah plastik, limbah rumah tangga, kayu, bambu, hingga bangkai hewan. Keberadaan berbagai jenis sampah ini menimbulkan aroma yang tidak sedap, merusak pemandangan di sekitar aliran sungai, dan kualitas air yang semakin memburuk.

membuang sampah di sungai
Sungai Citarum

Dan juga Sungai Ciliwung, sungai bersejarah di Indonesia yang dinobatkan menjadi sungai paling tercemar di dunia. Ikut tercemar akibat sampah, aktivitas pertanian, limbah industri dan peternakan. Keadaan ini membuat sungai Ciliwung selalu dikaitkan dengan bencana banjir yang terjadi di wilayah DKI Jakarta, karena membentang dari hulu di daerah Bogor dan mengalir sampai ke hilir pantai utara Jakarta.

Baca Juga :   Cara Membuat Karya 3 Dimensi Dari Plastisin


Keadaaan Sungai di Indonesia dan Kandungannya

Dilansir dari
Liputan6.com, hingga bulan Juli 2022, data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa 46% sungai di Indonesia dalam keadaan tercemar berat, 32% tercemar sedang berat, 14% tercemar sedang dan 8% tercemar ringan. Sungai Citarum menjadi salah satu sungai yang paling kotor sejak sepuluh tahun lalu akibat tercemar banyak limbah hasil pabrik tekstil. Hal ini berdampak pada air sungai yang berwarna warni dan sudah tidak jernih lagi.

Dikutip dari
Antaranews.com, Luckmi Purwandari, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (Ditjen PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengatakan bahwa tercemarnya sungai-sungai Indonesia kebanyakan disebabkan oleh kegiatan pembuangan sampah tidak bertanggung jawab, sehingga biota di aliran sungai kekurangan oksigen dan tidak dapat bertahan hidup. Lebih lanjut, Luckmi mengungkapkan upaya yang telah dilakukan pihaknya untuk menjaga kondisi air sungai tersebut, yaitu mengendalikan dan mengangkut sampah serta menstabilkan debit air.

Limbah industri yang mengandung bahan polutan seperti seng, tembaga, sianida, dan merkuri yang beracun membahayakan makhluk hidup banyak ditemukan di dalam sungai. Selain itu, limbah rumah tangga seperti deterjen mengandung zat kimia serta asam yang tinggi juga dapat mencemari sungai dengan cepat.


Upaya yang Dapat Dilakukan Oleh Masyarakat

Berbagai upaya yang dapat dilakukan masyarakat untuk menjaga kondisi sungai adalah memilah limbah rumah tangga secara tepat dan tidak membuang ke sampah ke saluran pembuangan air terutama di sungai. Masyarakat dapat turut serta membantu membersihkan sungai bersama-sama, mengadakan penyuluhan, mengembangkan daerah aliran sungai, dan yang terpenting adalah tidak menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah.

Alangkah baiknya membuang sampah di tempat yang telah disediakan dan lebih bijak untuk belajar mengelola dan mengolahnya dengan benar.

Baca Juga :   Fungsi Utama Hutan Lindung Di Indonesia Adalah

Referensi:

https://www.rumah.com/panduan-properti/pencemaran-sungai-57576

Sungai di Wilayah Tasikmalaya Tercemar Akibat Sampah Plastik

https://www.mongabay.co.id/2022/11/11/7-fakta-penting-sungai-ciliwung-yang-harus-kita-ketahui/

https://www.liputan6.com/citizen6/read/4616731/27-juli-hari-sungai-dan-kondisi-sungai-di-indonesia-yang-46-tercemar

https://www.antaranews.com/berita/2292590/hari-sungai-nasional-59-persen-sungai-di-indonesia-tercemar-berat

Artikel Tentang Membuang Sampah Di Sungai

Source: https://waste4change.com/blog/membuang-sampah-di-sungai-indonesia/