Dinamo Atau Generator Mengubah Energi Gerak Menjadi Energi

By | November 3, 2022

Dinamo Atau Generator Mengubah Energi Gerak Menjadi Energi

Halo sobat tehniq setanah air.. Mungkin ada beberapa dari kalian yang dapet tugas tentang ini ya.. Atau bisa juga karena memang keingin tahuan kalian aja. Jadi disini kami akan membahas tentang alat yang dapat mengubah energi gerak menjadi energi listrik itu apa aja sih? Bagi kalian yang dapat tugas dari guru, tentunya artikel ini bisa jadi acuan kalian ya.. tapi inget,, harus dipelajari juga, jangan cuma dilihat dan dicopy.. hhmmm

Jadi intinya energi di dunia ini ada banyak ya. Dan masing-masing energi tersebut jika diaktifkan akan dapat menghasilkan energi yang lain pula. Beberapa contoh energi yang ada di muka bumi ini yaitu :

  • Gerak
  • Panas
  • Cahaya
  • Listrik
  • Angin
  • Matahari
  • Nuklir
  • dll

Nah masing-masing energi tersebut terkadang bisa menghasilkan energi lainnya. Contoh energi matahari bisa menghasilkan energi listrik. energi gerak bisa menghasilkan energi angin seperti pada kipas angin. Dan energi gerak yang menghasilkan energi listrik.

Terus alat apa yang bisa mengubah energi gerak menjadi energi listrik ini?? Jawabannya adalah
Dinamo dan Generator.

Dinamo-mengubah-Energi-Gerak-menjadi-Energi-Listrik

Generator-pengubah-Energi-Gerak-menjadi-Energi-Listrik

CARA KERJA ALAT PENGUBAH ENERGI GERAK MENJADI ENERGI LISTRIK

Setelah kita tau jawabannya, maka selanjutnya kita akan masuk ke pembahasan yang lebih dalam yaitu cara kerjanya gimana sih kok bisa sampai menghasilkan listrik? Tentunya butuh ada penjelasan ya dari proses perubahan dari energi gerak menjadi energi listrik ini.

Proses perubahan ini didasari dari prinsip kerja induksi elektromagnetik. Jadi bagian dalam dinamo dan generator ini adalah kumparan tembaga dan magnet yang berada disekitarnya. Nah ketika kumparan ini diputar dengan kecepatan tertentu maka akan terjadi proses induksi elektromagnetik antara tembaga dan medan magnet tersebut.

Baca Juga :   Alat Musik Tanjidor Berasal Dari Provinsi

Putaran ini atau induksi elektromagnetik ini lah yang membangkitkan gaya gerak listrik induksi menjadi energi listrik dengan kapasitas tertentu. Dua bagian dalam dinamo ini juga bisa kalian sebut dengan

stator

dan

rotor

ya. Jadi stator adalah bagian yang diam yaitu magnet. Sedangkan rotor adalah bagian yang bergerak yaitu kumparan tembaga tadi.

Setelah kita tau alat yang dapat mengubah energi gerak menjadi listrik, maka selanjutnya yang akan kami bahas adalah sumber penghasil energi gerak ini dihasilkan dari apa?? Banyak sekali ya tenaga penggerak yang dapat menggerakkan dinamo dan generator ini agar dapat menghasilkan listrik.

Berikut akan kami rangkum sumber energi gerak yang dapat menggerakkan dinamo dan generator hingga dapat menghasilkan listrik.

SUMBER PENGHASIL ENERGI GERAK

Jadi ada beberapa tenaga atau energi yang dapat menghasilkan energi gerak. Seperti yang kami sebutkan sebelumya ya, bahwa satu energi dapat menghasilkan energi lainnya. Dan sumber penghasil energi gerak pada dinamo dan generator ini sendiri yaitu :

1. ENERGI ANGIN

Turbin-Angin-penghasil-energi-listrik

Energi pertama yang dapat mengubah energi gerak menjadi energi listrik yaitu Energi angin ya. Alat yang dapat digunakan untuk mengubah energi angin menjadi energi gerak ini yaitu
Turbin angin
ya. Turbin ini akan berputar jika ada angin yang berhembus dengan kecepatan tertentu secara terus menerus.

Nah putaran baling-balingnya turhubung dengan gear box yang dapat menggerakkan generator didalamnya. Tak heran turbin angin ini bisa kalian temukan di daerah yang sangat melimpah anginnya seperti di pantai ataupun di hamparan sawah.

2. ENERGI AIR

Turbin-Air-penghasil-energi-listrik

Selanjutnya yaitu Energi Air yang dapat mengubah energi gerak menjadi energi listrik. Alat yang dapat digunakan untuk mengubah energi air menjadi energi gerak yaitu
Kincir Air. Kincir ini bentuknya bermacam-macam tergantung dari engineer pembuat kincir tersebut ya. Intinya kincir angin ini berputar karena adanya dorongan dari arus air.

Baca Juga :   Lapisan Udara Yang Mengelilingi Bumi Disebut

Putaran kincir tersebut lah yang akan menggerakkan generator didalamnya sehingga dapat menghasilkan listrik. Jadi tak heran kalian akan dapat menemukan kincir air ini di bendungan sungai besar yang landai dengan arus air yang deras.

3. ENERGI MINYAK BUMI ( BENSIN & SOLAR )

Genset-penghasil-energi-listrik

Yang ketiga yaitu Energi Minyak Bumi baik berupa bensin maupun solar. Energi ini dapat menggerakkan motor ataupun mesin sehingga dapat menghasilkan energi gerak dan mengubahnya menjadi energi listrik. Alat yang dapat merubah energi minyak bumi menjadi energi gerak yaitu
Genset. Genset sendiri dibagi menjadi 2 yaitu :

  1. Genset bensin
  2. Silent genset ( solar )

Prinsip kerja dari genset sendiri yaitu mengubah energi minyak bumi agar dapat menggerakkan mesin atau motor pada genset. Motor ini dihubungkan dengan gear box dan shaft coupling yang terhubung dengan generator. Sehingga saat motor bergerak, maka generatorpun akan ikut bergerak dan tentunya akan menghasilkan listrik karena adanya proses induksi elektromagnetik tadi.

4. ENERGI NUKLIR

Reaktor-Nuklir-penghasil-energi-listrik

Energi selanjutnya yang dapat menghasilkan energi gerak dan mengubahnya menjadi energi listrik yaitu
Reaktor Nuklir. Untuk detail cara kerjanya gw kurang paham banget ya,, tapi intinya proses reaksi nuklir dan air ini akan menghasilkan sebuah tekanan yang dihubungkan pada turbin penggerak generator.

Saat turbin bergerak maka generator akan mulai bergerak juga dan menghasilkan listrik dengan kapasitas tertentu. Di Jaman sekarang ini reaktor nuklir mulai dilirik pada investor untuk pembuatan pembangkit tenaga listrik. Tetapi karena resiko yang ditimbulkan sangat berbahaya, maka masih sangat banyak orang-orang yang tidak mendukung pembangunan reaktor nuklir ini.

5. ENERGI UAP

Selanjutnya untuk energi yang dapat menghasilkan energi gerak dan mengubahnya menjadi energi listrik yaitu
Energi Uap. Energi ini dihasilkan dari adanya proses pembakaran sumber daya tertentu dan menghasilkan uap dalam jumlah besar untuk dapat menggerakkan turbin generator. Energi uap sendiri saat ini dapat dihasilkan dari sumber daya :

  1. Batu bara
  2. Sampah

Tenaga-Uap-penghasil-energi-listrik

Gambar diatas adalah gambar dari pembangkit listrik tenaga uap yang menggunakan sumber daya batu bara. Saat ini penggunakan pembangkit listrik ini sudah mulai dikurangi karena memang membutuhkan sumber daya batu bara yang sangat banyak. Dan seperti yang kalian tau ya, batu bara sendiri saat ini jumlah sudah mulai menipis dan harus kita jaga agar sumber daya batu bara di Indonesia tidak habis.

Baca Juga :   Cara Membuat Cv Lamaran Kerja Lulusan Sma

Tenaga-Uap-Sampah-penghasil-energi-listrik

Selanjutnya yaitu pembangkit listrik tenaga uap yang menggunakan sumber daya sampah sebagai bahan bakarnya. Cara ini merupakan cara yang lebih modern untuk menjaga jumlah batu bara di Indonesia dan dunia umumnya. Selain itu, dengan menggunakan sumber daya sampah maka sampah daerah di wilayah kita juga dapat dimusnahkan dengan lebih berguna dan bermanfaat.

Untuk itu pemerintah mulai menggencarkan untuk pembangunan pembangkit listrik dengan sumber daya sampah ini, sebagai solusi penumpukan sampah dan solusi juga untuk menjaga pasokan batu bara di Indonesia.

KESIMPULAN

Naahhh itu tadi ya alat yang dapat mengubah energi gerak menjadi energi listrik. Dan juga beberapa contoh alat pembangkit yang memanfaatkan tenaga gerak ini sendiri untuk menghasilkan listrik. Dari artikel ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa yang dapat mengubah energi gerak menjadi listrik yaitu dinamo dan generator.

Yang menggerakkan dinamo dan generator ini sendiri yaitu energi angin, air, minyak bumi, nuklir dan uap.

Jadi udah paham dong tentunya dengan sekian banyaknya penjelasan dari kami yang lumayan banyak dan lengkap ini. Semoga dengan adanya informasi ini kalian jadi terbantu ya untuk mendapatkan informasi yang sedang kalian cari ini. Dan kedepannya semoga generasi bangsa selanjutnya dapat membuat alat-alat canggih lainnya yang lebih inovasi untuk dapat menghasilkan tenaga listrik yang lebih efisien. Salam..!!

BACA JUGA :

  • Fungsi dan Kegunaan alat penghemat listrik sebenarnya
  • Tips sebelum membeli genset
  • Tips sebelum membeli terminal stop kontak rumah

Dinamo Atau Generator Mengubah Energi Gerak Menjadi Energi

Source: https://blog.tehniq.com/alat-yang-dapat-mengubah-energi-gerak-menjadi-energi-listrik/