Cara Bikin Pita Dari Kertas Kado

Cara Bikin Pita Dari Kertas Kado

Di saat kerabat Anda merayakan ulang tahun, wisuda, pernikahan atau momen bahagia lainnya, sudah menjadi suatu kebiasaan untuk memberi hadiah. Selain memberi hadiah yang cocok, unik dan menarik, Anda juga harus memerhatikan pembungkus kado dengan baik.

Biasanya, pada kado yang telah disiapkan akan beri hiasan seperti ada tambahan pita dari kertas kado, hiasan berbentuk bunga dan lain sebagainya.

Membungkus kado agar terlihat menarik, cantik dan rapi bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Makanya, sudah banyak toko penjual kado yang menawarkan jasa untuk membungkus kado kepada pembelinya.

Cara membungkus kado yang rapi dan estetik bisa dikerjakan sendiri jika Anda mau belajar. Misalnya Anda belajar bikin pita dari kertas kado untuk mempercantik kado, sekaligus memanfaatkan sisa-sisa kertas kado yang digunakan untuk membungkus.

Cara Mudah Bikin Pita dari Kertas Kado

Ketika Anda ingin memberi kado kepada seseorang agar kado terlihat spesial dan menarik, biasanya akan ditambahkan dengan hiasan yang akan membuat penerima kado senang.

Contohnya hiasan pita yang bisa dibuat dari sisa kertas kado terbaik yang dibuat membungkus kado. Berikut cara bikin pita dari kertas kado:

1. Potong Kertas Kado

Pertama-tama yang harus dilakukan untuk bikin pita dari kertas kado adalah memotong kertas seukuran kertas origami yang berbentuk persegi.

Potong dengan ukuran kira-kira 15 cm x 15 cm agar pita yang dihasilkan memiliki hasil yang seimbang dan mudah jika dilanjutkan ke langkah pembuatan selanjutnya.

Bisa Anda kreasikan sendiri sesuai dengan keinginan, buat dengan ukuran yang lebih kecil atau besar. Tapi Anda perlu memastikan panjang dan lebarnya sejajar agar lebih mudah dibuat menjadi pita.

2. Lipat Kertas Kado Menjadi Segitiga

Langkah selanjutnya bikin pita dari kertas kado ialah dengan melipat kertas kadonya menjadi berbentuk segitiga dengan cara menghubungkan ujung kertas hingga hasilnya sejajar.

Lalu, buka lipatan dan lakukan hal yang sama pada sisi kertas yang lain hingga terbentuk bekas lipatan untuk mempermudah langkah selanjutnya.

3. Lipat Kertas Kado Menjadi Persegi Panjang

Selanjutnya, lipat kembali kertas menjadi berbentuk persegi panjang untuk menemukan sumbu tengahnya. Tekan dan buka kertas sampai menghasilkan bekas lipatan tepat di tengah kertas dan lakukan di kedua sisi lainnya.

4. Melipat Kertas Menjadi Bentuk Diagonal

Jika lipatan sudah terkumpul, lipat kembali menjadi bentuk diagonal. Cara melipat kertas kado menjadi bentuk diagonal ialah dengan menekuk kertas ke dalam mengikuti pola yang dibuat.

Baca Juga :   Kata Kata Untuk Teman Baru Kenal

5. Gabungkan Bentuk Jajar Genjang dan Segitiga

Jika sudah selesai lipat kembali ujung lancip bentuk diagonal yang berada di atas dan bawah hingga membentuk sudut tumpul, hanya pada satu sisi saja. Lalu, buka lipatannya sampai ditengah-tengahnya terbentuk lipatan persegi dengan tanda silang.

Lipat kertas ke arah luar berpatokan dengan persegi yang ada di tengah tadi hingga menjadi gabungan bentuk jajar genjang dan segitiga.

6. Lipat Sudut di Tepi Atas

Sudut atas yang harus dilipat adalah sudut kanan dan kiri lalu luruskan dengan garis lipatan tengah. Lipat sedikit kira-kira selebar 1 cm – 2 cm, lipat serapi mungkin agar hasilnya lebih sempurna.

7. Buka Sisi Kertas Yang Telah Dilipat

Kalau keempat sisi sudah dilipat, buka keempat sisi dengan perlahan hingga kertas atas menjadi seperti bentuk bunga dengan kelopak di tengahnya.

8. Gunting Lipatan Kertas

Selanjutnya Anda perlu menggunting lipatan kertas pada sisi kiri, kanan, atas, dan bawah sepanjang lipatan kertas yang sudah dibuat. Lipat juga sudut kertas yang berada di atas ke bawah.

Kemudian buat lipatan segitiga pada sudut kanan dan kiri. Gunting pada bagian tengah bawah dan lipat sisi kanan kiri yang sudah digunting.

Balik kertasnya dan selipkan ujung kanan dan kiri ke tengah kotak kecil, hasilnya akan menjadi seperti pita yang dibentuk menjadi dasi kupu-kupu. Anda rapikan bagian kakinya dengan digunting membentuk sudut segitiga siku-siku. Akhirnya pita dari kertas kado sudah siap untuk digunakan.

9. Tempel pita pada kado

bikin pita dari kertas kado
unsplash.com

Langkah terakhir bikin pita dari kertas kado yaitu Anda tinggal menempelkannya pada kado dengan lem kertas atau dibuat seperti tali yang mengelilingi kado. Gunting tali sepanjang keliling kado dan rekatkan kertas pada kado dan pita. Buat dengan lebar yang wajar antara 2 cm sampai 3 cm.

Selain cara bikin pita dari kertas kado di atas, Anda bisa juga bisa mencoba cara berikut: pertama-tama Anda harus menyediakan beberapa bahan yang diperlukan seperti kado yang sudah dibungkus rapi, penggaris, pensil, staples, lem perekat, dan kertas kado dari sisa pembungkus kado. Langkah-langkah membuatnya seperti berikut:

Baca Juga :   Berikut Ini Yang Tidak Termasuk Komponen Abiotik Adalah
  • Sudah pasti Anda harus menyediakan benda yang ingin dibungkus dan bungkus dengan kertas kado seperti biasanya Anda membungkus.
  • Selanjutnya potong kertas menjadi beberapa bagian menggunakan pensil dan penggaris. Pertama, buat pola kardus dengan lebar 4 cm sebanyak 4 buah dan pola yang 2 cm sebanyak 4 cm. Lipat polanya lalu potong dengan hati-hati. Anda sudah memiliki 8 potong kertas kado, buat 4 potong dengan lebar 4 cm dan 4 sisa dengan lebar 2 cm.
  • Kemudian, buat pita di atas kotak kado dengan cara potong kertas kado dengan ukuran besar dan lilitkan pada kotak dengan posisi terbalik dan rekatkan ujungnya dengan lem. Tambahkan satu potong kertas dengan ukuran besar lalu lilitkan kembali pada kardus, rekatkan ujungnya.
  • Lalu, ambil kertas untuk pita ukuran kecil dan letakkan di bagian atas pita besar dan rekatkan dengan lem, gambar tidak boleh terbalik. Buat hal yang sama pada pita lainnya.
  • Langkah selanjutnya, lipat pita sebagai hiasan dengan cara memotong kertas kado yang berukuran besar dan lipat. Tarik ujung bagian bawah ke atas dan rekatkan dengan staples. Buat satu lagi yang lebih sederhana, tumpuk dan rekatkan menjadi satu. Ambil satu lagi lalu potong dan letakkan di bagian bawah rangkaian pita, satukan dengan staples, untuk mempercantik, potong pada bagian ujungnya supaya tampak lebih cantik.
  • Tahap terakhir, gunakan double tape untuk merekatkan di atas kotak kado.

Baca juga: Buket Snack dari Kertas Kado Berikan Kesan Sederhana yang Bermakna

Tips Menentukan Model dan Corak Kertas Kado Terbaik

bikin pita dari kertas kado
Bikin pita dari kertas kado dan tips menentukan coraknya via unsplash.com

Jika Anda sudah mengetahui bagaimana cara bikin pita dari kertas kado untuk mempercantik hadiah yang diberikan.

Ada baiknya Anda juga mengetahui bagaimana memilikh kertas kado yang baik agar sesuai dengan benda yang diberikan dan acara yang akan dihadiri. Berikut ada beberapa cara memilih kertas kada yang bisa Anda gunakan sebagai referensi:

  • Sesuaikan Motif dengan Usia Penerima

Jika mau bikin pita dari kertas kado, pertama, Anda harus menyesuaikan kertas kado dengan usia penerima, usia akan membantu menentukan motif yang cocok.

Misalnya, motif yang colorful atau gambar karakter untuk anak-anak, motif chic dengan warna yang menyala untuk remaja yang menggambarkan nuansa kekinian. Untuk orang dewasa, motif bernuansa soft dan elegan.

  • Pilih yang Sesuai dengan Ketebalan Kertas Kado
Baca Juga :   Yang Bukan Penyebab Terjadinya Kelangkaan Adalah

Memilih kertas kado tidak hanya dilihat dari usia penerima tapi ketebalan kertas kado. Semakin tebal kertas kado maka daya tahannya akan semakin baik, namun kertas yang tebal biasanya susah dilipat. Ketebalan pada kertas kado diterangkan dengan ukuran gsm (gram persquare meter).

Jika benda yang diberikan tidak simetris Anda bisa menaruh hadiah pada box terlebih dahulu agar mudah dibungkus. Anda juga perlu memerhatikan garis lipat bila kertas kado memiliki motif yang terhubung. Ini bertujuan untuk membuat titik temu perekatan presisi dan kado akan tampak lebih rapi.

  • Sesuaikan dengan Acara yang Dirayakan
bikin pita dari kertas kado
Cara bikin pita dari kertas kado via unsplash.com

Agar projek bikin pita dari kertas kado yang sedang Anda kerjakan sesuai ekspektasi, maka ada baiknya sesuaikan dengan acaranya. Memilih kertas kado sesuai dengan momen yang sedang dirayakan juga penting.

Misalnya, Anda menghadiri acara pernikahan, sebaiknya bungkus kado dengan kertas berwarna pastel yang manis. Jika untuk merayakan anniversary dengan pasangan pilih kertas kado bernuansa putih, biru laut, merah hati atau ungu glossy.

Sebagian kertas kado memiliki gambar yang sesuai dengan perayaan tertentu seperti hari raya, ulang tahun, natal. Jika memberi kado pada hari-hari tersebut, bisa bungkus kado yang sesuai dengan motif dan gambar yang merepresentasikan acara.

  • Pilih Kertas Sesuai dengan Selera Penerima

Agar kado Anda lebih memorable, bisa membungkus kado dengan kertas kado yang kira-kira disukai si penerima atau sesuai hobinya.

Misalnya, penerima kado suka jalan-jalan, pilih kertas kado dengan gambar tempat-tempat yang ada di seluruh dunia. Suka memasak, pilih kertas kado dengan motif makanan. Dengan begitu, aktivitas Anda bikin pita dari kertas kado bisa berjalan sukses.

  • Tambahkan Aksesoris

Supaya kado Anda terlihat well-prepared, tambahkan aksesoris pada kotak kado seperti pita dan kartu ucapan agar kado lebih menawan.

Pilih aksesoris yang selaras dengan kertas kadonya. Selain itu, bungkus kado dengan rapi supaya lebih menarik. Jika tidak cukup ahli, pilih benda yang mudah dibungkus atau sertai dengan box.

Demikian ulasan tentang cara bikin pita dari kertas kado yang bisa Anda gunakan sebagai salah satu referensi. Bungkus kado Anda dengan pita yang cantik dari kertas kado supaya terlihat lebih spesial dan berkesan. Semoga bermanfaat.

Editted: 09/07/2022 by IDNarmadi.

Cara Bikin Pita Dari Kertas Kado

Source: https://narmadi.com/id/bikin-pita-dari-kertas-kado/