Daftar Bedak Yang Tidak Mengandung Merkuri

By | November 3, 2022

Daftar Bedak Yang Tidak Mengandung Merkuri

Kosmetik kian hari kian menempati posisi penting di hati masyarakat. Bahkan telah berubah menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi. Tak hanya perempuan muda, laki-laki, anak-anak dan orang tua pun telah menggunakan kosmetik.

Produsen kosmetik menganggap hal ini sebagai sebuah peluang emas untuk membuat dan memasarkan produk kecantikan yang menarik dan mampu bersaing secara ekonomi. Namun, jangan terburu-buru tergoda. Kosmetik murah belum tentu juga secantik kalimat iklannya.

Tak sedikit oknum-oknum nakal dan tidak bertanggung jawab menggunakan berbagai bahan berbahaya dalam formulasi produk kosmetik yang dibuatnya. Salah satunya, dengan mencampur kosmetik dengan merkuri.

Kamu pasti enggak asing dengan kosmetik bermerkuri, kan? Memang sih, sepertinya tidak ada habisnya orang-orang tidak bertanggung jawab ini untuk selalu menggunakan merkuri dalam memproduksi kosmetik.

Hal ini dapat dilihat dari Siaran Pers Badan POM pada Oktober 2022. Sepanjang Juli 2022 hingga September 2022 lalu, Badan POM telah mengungkap adanya 115 produk kosmetik dengan kandungan bahan terlarang dan berbahaya.

Dari 18 produk kosmetik berbahaya tersebut ditemukan di Indonesia, dan menggunakan bahan terlarang seperti pewarna berbahaya dan hydroquinone.

Telah banyak diketahui, kandungan hydroquinone dalam kosmetika bisa memicu iritasi kulit, kemerahan, menyebabkan sensasi terbakar, hingga menimbulkan Ochronosis (perubahan warna kulit jadi kehitaman/keabu-abuan).

Sementara itu, pewarna berbahaya seperti Merah K3 dan Merah K10 berisiko menyebabkan kanker karena sifat karsinogenik-nya.

Selanjutnya, ke-97 produk kosmetik lainnya didapatkan dari laporan Badan Pengawas dari Negara lain. Yang tak sedikit menggunakan pewarna berbahaya, hdydroquinone, hingga merkuri.

Merkuri dapat menyebabkan banyak kerugian bagi pennggunanya. Tak sekadar iritasi ringan, kosmetik bermerkuri juga dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis lain. Misalnya gagal ginjal, gangguan kehamilan, kanker kulit dan banyak lainnya.

Baca Juga :   Ciri Khusus Yang Dimiliki Hewan Sangat Berhubungan Dengan

Masih dalam keterangan tersebut, jika dirupiahkan maka kosmetik bermerkuri dan berbahaya tersebut mencapai 42 miliar rupiah. Jumlah yang sangat fantastis, bukan?

Tak hanya itu, BPOM juga kembali menemukan empat jenis kosmetik yang sudah ternotifikasi mengandung bahan dilarang/bahan berbahaya lainnya. Yang dampaknya tak kalah destruktifnya dari kosmetik bermerkuri.

Karena dampaknya yang berbahaya inilah kita harus waspada dan tidak menggunakan kosmetik bermerkuri. Seinstan dan semenggoda apapun efeknya, tetap perhatikan keamanan dan kesehatan diri sendiri.

Daftar Terbaru Kosmetik Bermerkuri dan Berbahaya Oleh BPOM

Supaya kamu dapat lebih berhati-hati dalam memilih kosmetik. Berikut ini rilis daftar kosmetik bermerkuri yang dilarang beredar oleh Badan POM lewat siaran press November  2022 lalu.

18 Jenis Kosmetik Berbahaya di Indonesia


daftar kosmetik bermerkuri dan berbahaya 2022 (2)
  1. KISSUN Skin Clarifying: Age Defence Cream
  2. EXTICA – Fabulouse Matte Lipstick #13 Morange
  3. EXTICA – Fabulouse Shiny Lipstick #112 Vibrant Rose
  4. EXTICA – Fabulouse Matte Lipstick #09 Tulip Red
  5. PAKALOLO Lipstick 05
  6. PAKALOLO Lipstick 12
  7. PAKALOLO Lipstick 03
  8. PAKALOLO Lipstick 06
  9. PAKALOLO Lipstick 10
  10. PAKALOLO Lipstick 11
  11. PAKALOLO Lipstick 07
  12. PAKALOLO Lipstick 09
  13. PAKALOLO Pressed Powder – Light Color (01)
  14. PAKALOLO Pressed Powder – Skin Color (02)
  15. PAKALOLO Pressed Powder – Light Tan (03)
  16. PAKALOLO Pressed Powder – Natural Color (04)
  17. PAKALOLO Pressed Powder – Light Brown (05)
  18. PAKALOLO Pressed Powder – Brown (06)

97 Jenis Kosmetik Bermerkuri dan Berbahaya dari Laporan Negara Lain

kosmetik bermerkuri dan berhaya 2022 (8)
kosmetik bermerkuri dan berhaya 2022 (9)
kosmetik bermerkuri dan berhaya 2022 (1)
kosmetik bermerkuri dan berhaya 2022 (5)
kosmetik bermerkuri dan berhaya 2022 (6)
kosmetik bermerkuri dan berhaya 2022 (7)
kosmetik bermerkuri dan berhaya 2022 (3)
kosmetik bermerkuri dan berhaya 2022 (4)
kosmetik bermerkuri dan berhaya 2022 (2)

Dari 97 daftar kosmetik berbahaya tahun 2022 di atas, sembilan diantaranya mengandung merkuri. Berikut daftar kosmetik bermerkuri menurut data di atas.

  1. FS Tumeric Cream
  2. Herb Gold All Natural All In One Cream
  3. Botaya Herb Nourishing Skincare Set
  4. LANXI Whitening Bird’s Net Essence
  5. Beauty Sleep Nite Cream
  6. Zuya Skincare Night Treatment A Cream
  7. Deluxe Beauty – Ultra Lightening Cream Pearl Perfect Fairness
  8. Orange Coloured Cream
  9. Boo Jin Brightening Day & Night Cream
Baca Juga :   Berikut Yang Bukan Properti Dalam Tari Merak Adalah

Nah, itulah berbagai produk kosmetik bermerkuri dan kandungan berbahaya lainnya berdasarkan siaran press Badan POM. Selain merkuri, kosmetik berbahaya ini didominasi penggunaan pewarna berbahaya, paraben, hidrokuinone, dan masih banyak lainnya.

Ingat ya, Guys, ingin jadi cantik dan tampil mempesona itu hal yang sangat wajar.Dan mungkin bisa dibilang keharusan, karena penampilan mencerminkan karakter pribadi kita.

Namun, kamu juga harus lebih berhati-hati dan tida secara sembarangan menggunakan produk kosmetik yang berbahaya untuk diri kita sendiri. Dan sebenarnya, masih banyak kok produk-produk kosmetik lain yang lebih aman dan efektif bisa kalian coba dan gunakan.

BPOM juga menyediakan beberapa cara untuk mempermudah kamu memastikan keamanan produk kosmetik. Untuk tahu lebih lanjut, kalian bisa baca di sini.

Apalagi dampak kosmetik berbahaya ini enggak remeh sama sekali. Kamu bisa terkena kanker, gagal ginjal dan penyakit-penyakit lainnya yang sama mengerikannya.

Adukan Kosmetik Bermerkuri Ke BPOM

Saat tanpa sengaja mengetahui atau membeli produk kosmetik bermerkuri, segera laporkan hal ini ke pihak BPOM. Agar pengedar dan kosmetik-kosmetik bermerkuri itu segera diringkus. Serta mencegah agar tidak banyak orang yang membeli atau menggunakan produk tersebut.

Caranya mudah, cukup ikuti langkah di website resmi BPOM. Kalau kamu mau, bisa juga langsung menghubungi kontak BPOM lewat email, nomor telepon, nomor sms atau datang langsung ke kantor BPOM.

Stay Beauty and Healthy
ya,
Guys!

Daftar Bedak Yang Tidak Mengandung Merkuri

Source: https://mashmoshem.co.id/kosmetik-bermerkuri/