Perbedaan Udang Laut Dan Udang Tambak

By | November 3, 2022

Perbedaan Udang Laut Dan Udang Tambak

Udang ini menjadi salah satu hidangan seafood yang menjadi favorit banyak kalangan, banyak resep masakan yang bisa menjadikan bahan satu ini lezat luar biasa, bahkan dengan menggorengnya saja dengan sedikit bumbu sudah menawarkan cita rasa nagih di mulut.

Hanya saja tidak semua jenis udang bisa dimakan, karena beberapa diantaranya ada yang memang beracun atau mungkin tidak baik bagi kondisi kesehatan tubuh. Dan pada pembahasan kali ini akan disampaikan terkait jenis udang yang bisa dimakan dan pastinya lezat dikonsumsi.


1. Udang Dogol


Jenis pertama yang dapat dikonsumsi yakni udang dogol, dimana untuk nama internasionalnya yakni “pink shrimp”. Sesuai dengan namanya, dimana udang tersebut memiliki warna merah muda dan sedikit kuning juga, namun ada juga beberapa yang memiliki warna kehijauan.

Udang jenis ini banyak ditemukan di Amerika terutama daerah barat Florida, dan ukurannya sendiri tidaklah terlalu besar, sehingga ada yang menyebutnya sebagai udang salad juga, karena memang sering kali dijadikan sebagai salad.

Sama seperti udang pada umumnya, dimana salah satu untuk menawarkan rasa udang dogol sebenarnya yakni dengan memasaknya menggunakan tepung, digoreng agar menghasilkan rasa renyah dan ditambah saus.

2. Udang Windu


Udang Windu

Berikutnya ada udang windu yang dikenal juga sebagai “tiger shrimp”, dimana ini merupakan salah satu komoditas hasil laut yang utama di wilayah Asia. Sehingga banyak sekali nelayan akan berlomba mencari udang berikut dalam jumlah besar.

Dan Amerika menjadi salah satu target pasar ekspor utama yang mendapatkan hasil panen tersebut, dimana para nelayan udang ini nantinya juga akan memperhatikan cara ekspor udang agar tetap segar berikut agar harga jualnya tetap tinggi.

Baca Juga :   Standar Peralatan Puskesmas

3. Udang Flower


Udang Flower

Untuk udang ini lebih sering ditemukan dalam masakan Thailand, dimana meski dikonsumsi dalam jumlah besar namun tidak termasuk dalam hewan langka di Thailand. Dikarenakan memang udang jenis ini dilakukan ternak dengan baik di beberapa tempat, tidak cuman di Negeri Gajah Putih itu saja.

Udang ini disebut flower, dikarenakan memang memiliki corak yang kurang lebih mirip dengan bunga. Dan untuk kulitnya sendiri berwarna hijau kehitaman dan memiliki garis-garis yang melintang, berwarna cokelat, sedangkan bagian kaki berwarna sedikit kemerahan.


4. Udang Kipas


Udang Kipas

Jenis udang yang bisa dimakan berikutnya yakni udang kipas dimana ini cenderung mirip seperti lobster. Akan tetapi untuk bagian kulitnya lebih lunak, namun tetap kasar dan cukup keras, dimana udang jenis ini juga sering dikenal dengan Baby Slipper Lobster.

Biasanya udang jenis ini diolah dengan masakan bumbu pedas, seperti saus padang atau mungkin juga balado. Berkaitan dengan lobster, berikut ini jenis lobster air tawar yang dapat anda kenali dan pelajari, karena memang ada beberapa yang lezat menjadi santapan juga.


5. Udang Ronggeng


Udang Ronggeng

Berbeda dengan udang jenis lainnya, dikarenakan untuk udang ronggeng memiliki mata yang dapat berputar hingga 360 derajat. Dan hewan ini juga memiliki duri cukup keras, terutama di bagian antena dan kepala, sehingga ketika memasak harus berhati-hati.

Kemudian untuk bagian badang udang dilindungi oleh kulit yang keras lantaran mengandung zat kapur, dan bentuknya kurang lebih seperti salah satu hewan yang bernapas dengan trakea yakni belalang sembah atau dikenal mantis.

Udang ronggeng bisa dimasak dengan cara digoreng ataupun dipanggang saja, dimana untuk karakteristik dagingnya yakni manis dan juicy pada bagian tengahnya. Dan sebagai penambah rasa nikmat bisa disertakan sambal kecap atau ulek.

Baca Juga :   Keunikan Hewan Hewan Yang Termasuk Daerah Australian Yaitu


6. Udang Jerbung


Udang Jerbung

Mungkin sebagian besar kalangan tidak asing dengan udang jerbung, karena memang banyak ditemukan di pasaran. Ukurannya kecil yakni cuman 20,32 cm saja dan tekstur udang ini padat, sehingga bisa diolah dalam berbagai macam jenis masakan.

Udang ini bisa dikukus, direbus, dipanggang ataupun digoreng, namun tidak disarankan untuk dibakar karena kulitnya yang tipis dan ukuran kecilnya menjadikan udang jerbung bisa mudah gosong. Ada 3 varietas utama dari udang jerbung, diantaranya yakni Gulf white, Chinese white, dan Pacific white.

Dan untuk proses budidayanya tidaklah sulit, dimana anda juga bisa menerapkan cara budidaya udang air tawar berikut di Aquarium dengan mudah. Asalkan ada beberapa pasang dan diberikan pakan secara rutin saja, maka sudah bisa berkembang dalam beberapa waktu kedepan.


7. Udang Rebon


Udang Rebon

Bisa dikatakan untuk ukuran dari udang berikut lebih kecil ketimbang jerbung, dikarenakan cuman berukuran 2 – 3 cm saja dalam ukuran dewasanya. Biasanya udang ini dijadikan sebagai abon, kerupuk atau mungkin juga sebagai bahan dasar terasi.


8. Udang Peci


Udang Peci

Jenis berikutnya ada udang peci dimana ukurannya juga tidaklah besar dan mudah sekali didapatkan. Biasanya udang ini diolah menjadi bakwan udang, terkadang juga dijadikan sebagai bahan tambahan pada peyek atau cuman digoreng tepung begitu saja.


9. Udang Vaname


Udang Vaname

Dan pada jenis terakhir ada udang vaname yang sering dikonsumsi oleh masyarakat luas, dan banyak kalangan menerapkan cara budidaya udang vaname modern mengingat tingkat konsumsi yang sangat tinggi.

Di Indonesia sendiri udang tersebut dibudidayakan di tambak ataupun juga bisa di kolam, dan jenis ini biasanya ditemukan hidup di kawasan sub-tropis. Cita rasa daging dari udang berikut yakni empuk dan enak, sehingga menjadi makanan favorit banyak kalangan.

Baca Juga :   1 Hari Di Bulan Sama Dengan Berapa Hari Di Bumi


Itulah sebagian besar jenis udang yang bisa dimakan dan memiliki cita rasa lezat luar biasa. Mengingat tingkat konsumsi yang cukup besar, maka anda bisa menerapkan tips budidaya udang di laham sempit sebagai berikut.


Baca Juga :

  • Merak Hijau – Apa yang anda ketahui tentang Merak Hijau : Cara Ternak Merak Hijau,Harga Merak Hijau
  •  14 Macam-Macam Penyakit Pada Kambing
  •  Perbedaan Tokek Dan Cicak Paling Gampang
  •  12 Jenis Kambing Unggulan Paling Cocok Untuk Ternak
  •  Wisata Pulau Komodo & Labuan Bajo
  •  8 Perbedaan Alaskan Malamute Dan Siberian Husky
  •  9 Fakta Harimau Putih : Salah Satu Kucing Besar yang Hampir Punah di Indonesia
  •  Cara Menanam Daun Bawang Agar Tidak Busuk – duniapeternakan.com
  •  Durian Musang King, Durian Manis dengan Daging Legit dan Creamy, Sangat Lezat Sekali
  •  UNDUR-UNDUR

Perbedaan Udang Laut Dan Udang Tambak

Source: https://duniapeternakan.com/udang-yang-bisa-dimakan/