Mengapa Hewan Dapat Melayang Di Air

By | November 3, 2022

Mengapa Hewan Dapat Melayang Di Air


luas penampang kecil 5cm kemudian diteruskan menuju luas penpang besar 5.000cm diberi gaya 25.000N. besarnya gaya yang dihasilkan pada penampang kecil …

adalah​


berdasarkan bacaan di atas saat kita mendaki gunung seringkali kita mengalami sesak napas sehingga frekuensi bernapas menjadi tinggi pusing dan mual H …

al ini disebabkan oleh hal-hal berikut kecuali..tolong ka..​


sebutkan pula faktor eksternal yang dapat mempengaruhi motivasi belajar!​


jelaskan pentingnya mengonsumsi vitamin B dan C untuk kesehatan organ hati ! ​


memberikan sanksi kepada peserta didik yang melakukan kesalahan dinamakan​


Berikut merupakan hewan yang dapat mendengarkan bunyi ultrasonic, kecuali​


1.Berikut ini yang tidak termasuk bentuk penanggulangan untuk mencegah pencemaran tanah adalahA. mengola sisa radioaktifB. sistem tanam monokulturC. m …

enanggulangi sampah plastikD. pemakaian pupuk sesuai kebutuhan 2.pencemaran karbon monoksida sangat berbahaya bagi kesehatan manusia,karna A. penglihatan menjadi kaburB. daya tahan tubuh menurunC. penyerapan oksigen terganggu D. menghangatkan suhu bumieum,kasih penjelasan nya boleh ga?maaf ya klo ngerepotin :’) ​


Hi 🙂 1. Apa saja bagian2 dari darah? 2. Apa saja fungsi darah? 3. Perbedaan oxygenated blood & deoxygenated blood? 4. Blood vessels yang punya va …

lve? Dan kasih tau 4 macam valve dan dimana mereka terletak.


Hai 🙂 Apa itu hcl dan tolong penjelasannya?


Berikut ini yang bukan organ dari pernapasan adalah ….​

Pernahkah Anda memikirkan cara berkembang biak makhluk hidup di dunia sangat beragam sesuai lingkungan habitat mereka. Salah satunya adalah ikan. Apakah sebab hewan seperti ikan mudah bergerak di air? atau mengapa hewan dapat melayang di air?

Sumber: Pixabay/Waldo93


Perbedaan cara hidup dan berkembang biak tiap hewan mengikuti lingkungan hingga sumber makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Oleh karenanya, hanya hewan tertentu saja yang memiliki kemampuan melayang di air. Jenis hewan yang dapat melayang di air sebagian besar adalah jenis ikan dan hewan yang memang sebagian besar hidup di air.

Baca Juga :   Terjadinya Pelangi Merupakan Salah Satu Sifat Cahaya Yaitu

Apa perbedaan hewan yang berkembang biak di udara dengan di air?

Mengapa hewan air seperti ikan dapat melayang di air hanya dengan mengeluarkan sedikit energi

Sumber: Pixabay/cocoparisienne

Komposisi air jika dibandingkan dengan udara adalah kepadatan dan kerapatan dalam air lebih besar daripada udara. Oleh karenanya, hewan yang tinggal di darat atau di udara akan lebih sulit bergerak cepat seperti ikan dan makhluk lain yang tinggal di air.

Penyebabnya karena air memiliki gaya angkat lebih besar daripada udara. Sementara itu, ikan yang hidup di air dengan berat badan kecil lebih mudah dan cepat bergerak di air.

Faktor lain penyebab mengapa hewan dapat melayang di air adalah jumlah energi yang dibutuhkan ikan sangat sedikit ketika bergerak dalam air.

Penyesuaian diri hewan seperti ikan yang hidup dalam air dan makhluk lain adalah ciri-ciri mereka yang khas dibanding hewan hidup di darat atau di udara.

Ciri-ciri hewan yang hidup di air


Mengapa hewan air seperti ikan dapat melayang di air hanya dengan mengeluarkan sedikit energi

  • sebagian besar cara bernapas menggunakan insang
  • memiliki sirip dan ekor
  • sebagian besar memiliki tubuh bentuk torpedo
  • tubuhnya memiliki sisik dan licin karena lendir
  • memiliki rangka bertulang sejati dan tulang rawan

Misalnya contoh dari ikan nila dapat melayang dan tenggelam dalam air. Kemampuan ikan nila ini karena dirinya memiliki ciri-ciri sebagai hewan yang hidup di air. Selain ikan nila, makhluk hidup yang mempunyai ciri khas yang sama bisa melayang dan tenggelam dengan mudah di dalam air.

Demikian penjelasan mengapa hewan dapat melayang di air,  yakni dipengaruhi struktur tubuhnya dengan ciri-ciri memiliki karakter makhluk yang hidup di air.

Mengapa hewan air seperti ikan dapat melayang di air hanya dengan mengeluarkan sedikit energi

Mengapa Hewan Dapat Melayang di Air

Mengapa hewan dapat melayang di air? Dalam hal ini kami akan menjelaskan mengapa ikan dapat melayang di air?

Dilansir dari academic.oup.com, massa jenis hewan lebih besar daripada massa jenis air sehingga hewan cenderung tenggelam, kecuali hewan-hewan itu memiliki adaptasi yang memberikan daya apung.

Jadi, kurang tepat kalau kita mengatakan massa jenis hewan lebih kecil daripada massa jenis air.
Yang benar
adalah
massa jenis hewan lebih besar daripada massa jenis air.

Baca Juga :   Bikin Kerajinan Dari Stik Es Krim

Lalu, mengapa ketika ikan mati, ikan tersebut mengapung di permukaan air bukankah seharusnya tenggelam jika massa jenisnya lebih besar daripada air?

Ikan yang mati akan terapung di permukaan air karena dekomposisi (proses penguraian) oleh bakteri menghasilkan gas yang membuatnya mengapung. Lagipula, ikan tidak langsung mengapung begitu mereka mati. Ia akan tenggelam terlebih dahulu sebelum gas terbentuk. Dan tidak semua ikan mati itu terapung, ada juga ikan yang tenggelam ketika mati.

Pertanyaannya, ketika ikan hidup, bagaimana mereka bisa melayang-layang di air?

Jawaban

Sesuai penjelasan sebelumnya, hewan cenderung tenggelam di air karena massa jenisnya sedikit lebih besar daripada massa jenis air kecuali mereka memiliki adaptasi yang menghasilkan daya apung. Ya, ikan beradaptasi dengan lingkungannya sehingga ikan bisa melayang-layang di dalam air.

Ikan memiliki gelembung renang yang berisi gas seperti oksigen dan memiliki tekanan yang berubah-ubah. Dengan demikian, ikan dapat dengan mudah melayang dan bergerak di dalam air dengan menggunakan lebih sedikit energi.

Gelembung renang pada ikan membantu ikan untuk melayang di dalam air, sehingga ikan tidak harus berenang secara terus menerus untuk mempertahankan posisinya di dalam air.

Gelembung renang pada ikan bisa mengembang dan mengempis untuk mengatur volume tubuh ikan yang disesuaikan dengan massa jenis air dalam kedalaman tertentu.

Sesuai hukum archimedes, benda akan tenggelam apabila massa jenisnya lebih besar daripada massa jenis air, akan melayang apabila massa jenisnya sama dengan massa jenis air, dan akan terapung apabila massa jenisnya lebih kecil daripada massa jenis air.

Baca Juga:
Klasifikasi Laba-laba

Gelembung renang pada ikan bisa mengontrol massa jenis ikan sehingga massa jenis ikan berubah-ubah antara lebih kecil, sama dengan, atau lebih besar daripada air.

Ketika massa jenis ikan lebih besar dari pada massa jenis air, ikan akan tenggelam. Ketika massa jenis ikan netral atau sama dengan massa jenis air, ikan akan melayang. Ketika massa jenis ikan lebih kecil dari pada massa jenis air, ikan akan mengapung.

Baca Juga :   Foto Bunga Anggrek Terindah Di Dunia

Sebenarnya tanpa gelembung renang, ikan masih bisa melayang di dalam air dengan menggunakan lebih banyak energi yaitu dengan terus bergerak.

Kita ambil contoh manusia yang sedang menyelam. Manusia meskipun tidak mempunyai gelembung renang, tetapi mereka bisa menyelam di dalam air. Namun untuk menyelam atau melayang di dalam air, manusia harus mengeluarkan banyak energi, dan perlu terus bergerak.

Jika ikan menggunakan energi dan terus menerus berenang agar bisa mempertahankan posisinya di dalam air, tentu itu akan melelahkan. Dengan adanya gelembung renang, ikan bisa melayang di dalam air dengan mengeluarkan lebih sedikit energi. Ikan tidak perlu terus berenang untuk mempertahankan posisinya di dalam air.

Gelembung renang bisa ditemukan pada hampir semua jenis ikan. Namun, tidak semua ikan memiliki gelembung renang, ikan hiu dan ikan pari adalah contohnya.

Ikan bertulang rawan, seperti ikan hiu dan ikan pari, tidak memiliki gelembung renang. Beberapa dari mereka bisa mengontrol kedalamannya hanya dengan berenang (menggunakan gaya angkat dinamis ).

Beberapa ikan bertulang rawan lain menyimpan lemak atau minyak dengan massa jenis yang lebih kecil daripada massa jenis air laut untuk menghasilkan daya apung netral atau mendekati netral, yang tidak berubah seiring kedalaman. Dengan begitu ikan ini tetap bisa dengan mudah melayang di air meskipun tidak memiliki gelembung renang.

Baca Juga:
Klasifikasi Kapas

Demikianlah jawaban dan penjelasan mengenai mengapa hewan dapat melayang di air. Dalam kasus ikan, jawabannya adalah karena ikan memiliki gelembung renang yang berisi gas seperti oksigen dan memiliki tekanan yang berubah-ubah. Dengan gelembung renang, ikan dapat mengontrol massa jenisnya dan menyesuaikannya dengan massa jenis air agar dapat dengan mudah bergerak dengan mengeluarkan lebih sedikit energi.

Referensi:

Mengapa Hewan Dapat Melayang Di Air

Source: https://idkuu.com/mengapa-hewan-air-seperti-ikan-dapat-melayang-di-air-hanya-dengan-mengeluarkan-sedikit-energi