Fungsi Duri Pada Tumbuhan Mawar Adalah

By | November 3, 2022

Fungsi Duri Pada Tumbuhan Mawar Adalah

Akses instan ke jawaban di aplikasi kami

Dan jutaan jawaban atas pertanyaan lain tanpa iklan

Lebih pintar, unduh sekarang!

atau

Lihat beberapa iklan dan buka blokir jawabannya di situs

Ilustrasi bunga mawar merah

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR

– Bunga mawar sering diidentikkan dengan cinta.

Menerima bunga mawar dari seseorang bisa bikin hati berbunga-bunga.

Apalagi bunga itu dari orang yang disayang.

Tak hanya sebagai sebagai simbol cinta, bunga mawar juga menjadi simbol keindahan.

Warnanya yang cerah dan cantik bikin hati bahagia.

Bunga mawar juga menjadi sebagai salah satu koleksi tanaman hias yang banyak digemari ibu-ibu di rumah.

Berdasarkan Encyclopedia Britannica, mawar atau genus Rosa merupakan tumbuhan semak yang terdiri dari 100 spesies dengan bunga yang berwarna-warni.

Mawar adalah tumbuhan berbunga tingkat tinggi yang dilengkapi dengan pembuluh angkut xilem dan floem.

Berikut ciri-ciri khusus bunga mawar, yakni:

Batang berduri

Halaman selanjutnya arrow_forward

Sumber:
Kompas.com

Lihat Foto

Ciri-ciri khusus bunga mawar

KOMPAS.com

– Bunga mawar adalah salah satu bunga yang paling populer di kalangan masyarakat karena merupakan simbol dari cinta dan keindahan.

Bunga mawar menjadi salah satu bunga tertua yang ada di dunia. Dilansir dari University of Illinois Extension, dijumpai bukti fosil mawar yang bersusia 35 juta tahun di alam.

Mawar bukanlah nama spesies bunga melainkan nama genus atau marga dalam kerajaan Plantae. Berdasarkan Encyclopedia Britannica, mawar atau genus Rosa merupakan tumbuhan semak yang terdiri dari 100 spesies dengan bunga yang berwarna-warni.

Mawar adalah tumbuhan berbunga tingkat tinggi yang dilengkapi dengan pembuluh angkut xilem dan floem.

Baca juga: Ciri Khusus Bunga Bangkai dan Bedanya dengan Bunga Rafflesia Arnoldii

Ciri khusus bunga mawar

Beirkut ciri-ciri khusus bunga mawar, yakni:

Mawar memiliki batang yang dipenuhi dengan duri-duri kecil yang tajam. Dilansir dari The Huntington, duri tersebut adalah hasil modifikasi batang kayu. Duri pada batang mawar adalah bentuk pertahanan duri untuk mempertahankan batangnya dari pemangsa.

Saat bunga mawar rusak atau dimakan, tumbuhannya tidak akan ikut rusak. Namun kerusakan pada batang dan akar bisa berakibat fatal. Sehingga duri melindungi tumbuhan mawar dari serangga juga hewan herbivora seperti rusa, kuda, dan binatang pemamah biak.

  • Bunga berwarna cerah dan harum
Baca Juga :   Alat Untuk Mengukur Tekanan Gas Di Lingkungan Tertutup

Bunga mawar bereproduksi secara seksual melalui penyerbukan dengan bantuan serangga. Bunga yang berwarna cerah dan aroma yang harum merupakan cara mawar untuk menarik perhatian serangga.

Serangga yang datang akan mengisap nektar mawar dan secara tidak langsung membawa serbuk sari ke bunga lain untuk penyerbukan.

Menyadur dari Scientific American, aroma harum tersebut dihasilkan dari campuran kompleks senyawa dengan berat molekul rendah (volatil) yang dipancarkan ke atmosfer. Setiap bunga memiliki aroma yang berbeda-beda karena perbedaan volatilnya.



Baca juga: Ciri Khusus Tumbuhan Pohon Jati, Kaktus, dan Bakau

Mawar merupakan tanaman yang sangat tangguh. Mawar tidak akan mati jika kehilangan semua daun dan juga bunganya.

Mawar juga tahan akan defoliasi (pemangkasan ujung batang) dan bisa terus tumbuh. Bahkan ketika terjadi kebakaran, jika akar dan pangkal batangnya tidak rusak, mawar bisa tumbuh kembali.

Duri pada mawar juga membantu beberapa spesies mawar yang tumbuh di lingkunga kering berpasir. Duri mawar memecah aliran udara, menahan pasir yang dibawanya, mencegah kerusakan akibat terpaan pasir, dan juga mencegah erosi pada akar.

Dapatkan update
berita pilihan

dan
breaking news

setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya

Lihat Foto

Ilustrasi mawar berduri.

KOMPAS.com

– Bunga mawar adalah salah satu bunga terindah di dunia yang memiliki aroma harum dan menjadi simbol cinta dan persahabatan.

Tetapi, tahukah kamu di balik keindahannya, tanaman mawar penuh duri?

Duri mawar

Mengutip Wonderopolis, orang Amerika Asli menemukan fosil mawar tertua pada deposit batu tulis di Florissant, Colodaro. Para ilmuwan yang percaya fosil mawar itu berusia 35 juta tahun.

Sejumlah ahli memperkirakan saat ini terdapat lebih dari 30.000 varietas mawar di seluruh dunia. Warna bunga mawar beraneka ragam antara lain merah, merah muda, kuning, putih bahkan hitam.

Hampir semua jenis mawar memiliki duri atau thorn dalam bahasa Inggris. Tetapi ahli botani menyebutnya prickles (tusukan) yaitu tonjolan tajam yang melapisi sebagian besar batang mawar.

Baca juga: Bunga di Pemakaman

Bedanya, duri adalah batang daun yang termodifikasi atau bagian dari daun, sedangkan prickles tumbuh dari epidermis atau korteks.

Semak-semak yang biasanya ditumbuhi bunga mawar benar-benar berbahaya sebab berduri. Apalagi bagi mereka yang tertarik dengan keindahan bunga mawar dan ingin memetiknya.

Baca Juga :   Alat Alat Sintaksis

Namun tidak semua mawar memiliki duri. Kebanyakan memang mawar mempunyai duri tetapi beberapa varietas mawar tanpa duri.

Beberapa varietas mawar tanpa duri ini memiliki jarak duri lebih sedikit daripada mawar biasa.

Jenis mawar tanpa duri ini bagus untuk ditanam di sepanjang jalan setapak atau di kebun yang menjadi tempat bermain anak-anak.



Baca juga: Mengapa Kucing Takut Mentimun?

INDOZONE.ID –
Mawar merupakan jenis tanaman semak dari genus Rosa dengan tinggi yang dapat mencapai 2 hingga 5 meter dan umumnya memiliki duri.

Sebenarnya apa fungsi dari duri-duri ini ya?

Fungsi utama dari duri ini adalah untuk melindungi bunga mawar dari hewan herbivora yang akan memangsanya untuk dikonsumsi.

Aroma harum dari bunga mawar sering kali menarik perhatian para hewan untuk memakannya. Duri ini lah yang bekerja sebagai pertahanan diri mawar.

Selain itu, duri mawar juga memudahkan tanaman ini ketika akan merambat ke tempat-tempat di sekitarnya. Duri ini akan menjadi pegangan bagi mawar untuk tumbuh tegak ke atas.

Artikel Menarik Lainnya:

  • Aroma Bunga Sedap Malam dan Kehadiran Makhluk Halus
  • Bunga di Pesisir Afrika Ini Berbau Busuk Seperti Kotoran Manusia
  • Psychotria elata, Bunga Bibir Merah yang Curi Perhatian Serangga

Sebagian makhluk hidup mempunyai ciri khusus yang membedakannya dengan makhluk hidup yang lainnya, dan ciri khusus ini berkaitan dengan salah satu ciri makhluk hidup yaitu adaptasi. Adaptasi adalah proses penyesuaian diri makhluk hidup dengan lingkungannya. Adaptasi dilakukan dengan tujuan menjaga kelangsungan hidup makhluk hidup tersebut agar tidak punah karena perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan.

Adaptasi dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu:

1. Adaptasi morfologi

Adalah penyesuaian makhluk hidup melalui perubahan bentuk organ tubuh. Adaptasi ini mudah dilihat karena tampak dari luar.

Contoh:

– pada hewan adalah bentuk paruh burung,  bentuk gigi yang disesuaikan dengan jenis makanan, penutup tubuh seperti rambut, duri, sisik, dan bulu, tipe mulut serangga, dll

– pada tumbuhan: struktur  tumbuhan berdasar habitatnya yaitu xerofit, hidrofit, dan higrofit.

2. Adaptasi fisiologi

Adalah penyesuaian diri makhluk hidup melalui fungsi kerja organ-organ tubuh.

Contoh:

– pada hewan: adaptasi ikan air laut dan ikan air tawar terhadap kadar garam di air, lambung hewan ruminansia.

– pada manusia: jumlah eritrosit orang yang hidup di dataran tinggi lebih banyak daripada orang yang di dataran rendah karena berfungsi untuk mengikat oksigen lebih banyak.

Baca Juga :   Perbedaan Peta Topografi Dan Peta Rupa Bumi

– pada tumbuhan: bau khas yang dikeluarkan bunga mengundang serangga untuk membantu penyerbukan.

3. Adaptasi tingkah laku

Adalah penyesuaian diri terhadap lingkungan dengan mengubah tingkah lakunya.

Contoh: mimikri pada bunglon untuk mengelabui mangsa, hibernasi beruang kutub untuk menghemat energi pada musim dingin, autotomi pada cicak, dll

Ciri khusus yang dimiliki sebagian makhluk hidup berkaitan dengan adaptasi fisiologi ataupun adaptasi perilaku mereka. Karena proses peyesuaian diri makhluk hidup tersebut belum tentu dimiliki oleh makhluk hidup lainnya. Ciri khusus yang dimiliki makhluk hidup bertujuan untuk memperoleh/mencari makanan dan mempertahankan diri dari serangan musuh.

Pembahasan

Bunga mawar dan putri malu adalah contoh tumbuhan yang mempunyai ciri khusus yaitu adanya duri yang ada pada batangnya.
Fungsi duri pada bunga mawar dan putri malu berfungsi untuk melindungi diri dari predator.

Beberapa makhluk hidup lain yang juga memiliki ciri khusus antara lain:

1. Bebek memiliki kaki selaput renang untuk meyesuaikan tempat hidup, paruh piih dan lebar untuk menagkap mangsa, dan bulu yang dilapisi minyak/lapisan lilin yang membuatnya tidak basah saat berada di air.

2. Unta memiliki punuk sebagai tempat menyimpan lemak untuk cadangan makanan.

3. Semut mempunyai sepasang antena dikepala sebagai indera peraba dan pembau serta merasakan getaran bunyi.

4. Bunglon mampu mengubah warna tubuh nya sesuai dengan lingkungan (mimikri) untuk menghindari musuh.

5. Kelelawar mempunyai kemampuan ekolokasi (mendeteksi keadaan sekitar dengan menggunakan gelombang bunyi).

6. Kaktus memiliki daun berbetnuk duri dan kulit keras dan tebal untuk mengurangi penguapan.

7. Kantong semar memiliki warna yang mencolok dan cairan berbau khas untuk menjebak dan memakan serangga. Serangga dibutuhkan untuk mencukupikebutuhannya akan nitrogen.

8. Lidah buaya memiliki batang berlapis lilin untuk mempertahankan diri pada lingkungan yang kering.

9. Teratai memiliki daun lebar untuk meyerap cahaya matahari dan batang berongga yang berfungsi untuk membantu pernafasan.

Kesimpulan

Hewan dan tumbuhan memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan makhluk hidup lain yang bertujuan untuk melindungi dirinya dari musuh/predator dan untuk memperoleh makanan.

Pelajari lebih lanjut

1. kelangsungan hidup tumbuhan dan hewan: brainly.co.id/tugas/17343505

2. adaptasi morfologi: brainly.co.id/tugas/17150124

3. ciri khusus makhluk hidup: brainly.co.id/tugas/839274

Detil Jawaban

Kelas:
3 SMP

Mapel:

Biologi

Bab:
Sistem reproduksi pada tumbuhan dan hewan

Kode:

Kata Kunci:

adaptasi, ciri khusus makhluk hidup, fungsi duri pada tumbuhan

Fungsi Duri Pada Tumbuhan Mawar Adalah

Source: https://pskji.org/93086/apa-fungsi-duri-pada-bunga-mawar-dan-putih/