Perbedaan Macan Putih Dan Harimau Putih

By | November 3, 2022

Perbedaan Macan Putih Dan Harimau Putih

Perbedaan macan putih dan harimau putih

Lihat Foto

Ilustrasi harimau putih. Dua anak harimau putih menjadi korban Covid-19. Anak harimau putih berusia 11 minggu di kebun binatang Lahore, Pakistan, mati pada 30 Januari lalu karena terinfeksi virus corona.

KOMPAS.com
– Harimau putih adalah subspesies harimau yang ditemukan di banyak wilayah di India.

Harimau putih termasuk hewan yang sangat langka karena warna bulu mereka yang bergantung pada gen resesif yang diturunkan dari indukan.

Dilansir daru AZ Animals, harimau putih menjadi semakin langka di alam liar karena perburuan atau penangkapan untuk perdagangan hewan peliharaan yang eksotis.

Hari ini, harimau putih masih dapat ditemukan di beberapa kebun binatang dan suaka hewan di seluruh dunia.

Fakta-fakta harimau putih

Berikut adalah beberapa fakta harimau putih, sebagaimana dilansir dari World Wildlife Fund (WWF):

Baca juga: Mengapa Harimau Berwarna Oranye? Ini Alasannya

1. Warna bulu harimau putih adalah hasil mutasi genetik

Perlu diketahui bahwa harimau putih bukanlah subspesies harimau yang terpisah.

Hanya ada satu spesies harimau dan hanya dua subspesies yang diakui saat ini, yakni Panthera tigris tigris dan Panthera tigris sondaica.

Warna bulu harimau putih adalah hasil dari mutasi genetik yang disebut leucism.

Faktanya, mantel putih ini tidak memberi harimau kamuflase apa pun sehingga sangat mengurangi peluang mereka untuk bertahan hidup.

2. Harimau putih di penangkaran dibiakkan dengan perkawinan sedarah

Harimau putih adalah hasil dari mutasi genetik yang langka dan cara paling efisien untuk membiakkannya adalah dengan mengawinkan dua harimau yang memiliki gen resesif untuk menghasilkan keturunan dengan bulu putih.

Baca juga: Singa vs Harimau, Siapa yang Lebih Kuat?

TRIBUNTRAVEL.COM –Selama ini, banyak orang yang sering menyebut harimau dengan sebutan lain, yaitu macan. Begitu juga sebaliknya, macan disebut harimau.

Apakah teman-teman adalah salah satu yang menyebut harimau sebagai macan?

Ternyata penyebutan harimau dengan nama lain macan atau menyebut macan sebagai harimau itu salah, lo, teman-teman.

Yap, hal ini karena harimau dan macan adalah dua hewan yang berbeda, nih.

Baca Juga :   Proses Terjadinya Musim Kemarau Di Indonesia

Spesies yang Berbeda

Meskipun keduanya merupakan hewan mamalia karnivora dan berasal dari keluarga kucing, harimau dan macan adalah dua spesies yang berbeda.

Harimau yang mempunyai nama Latin Panthera tigris ini adalah salah satu spesies yang tergolong dalam kelompok kucing besar atau big cat.

Sedangkan macan adalah spesies yang termasuk dalam kelompok kucing sedang atau middle cat.

Corak Tubuh

Nah, corak tubuh yang dimiliki macan dan harimau ini adalah pembeda paling jelas yang bisa dilihat dari kedua hewan ini.

Harimau memiliki corak loreng-loreng yang khas. Corak loreng ini juga beragam, ada yang hitam, cokelat, hingga putih.

Kalau harimau memiliki corak loreng-loreng, corak yang dilmiliki macan berbeda, nih, teman-teman. Macan bercorak tutul-tutul atau berbintik-bintik.

Perbedaan macan putih dan harimau putih

Macan tutul suka memanjat pohon. (Pexels)

Bentuk Tubuh

Karena harimau dan macan adalah dua hewan yang berbeda, tentu saja keduanya memiliki bentuk tubuh yang berbeda, teman-teman.

Halaman selanjutnya arrow_forward

Perbedaan macan putih dan harimau putih

Harimau putih

Status konservasi

Kritis

Klasifikasi ilmiah Kerajaan:

Animalia

Filum:

Chordata

Kelas:

Mamalia

Ordo:

Karnivora

Famili:

Felidae

Genus:

Panthera

Spesies:

P. tigris

Harimau putih
adalah harimau yang membawa gen resesif yang menghasilkan pewarnaan pucatnya. Ada juga satu fitur genetik yang menyebabkan belangnya juga berwarna pudar. Ini terjadi bila seekor harimau mewarisi dua salinan gen resesif untuk pewarnaan pudar yang jarang terjadi. Harimau putih berhidung merah jambu, berpusat kaki merah jambu, berkulit kelam kelabu, bermata biru es, dan berbulu putih atau putih kuning berbelang hitam, kelabu atau coklat.[1]

Harimau putih bukan albino atau subspesies yang berbeda, jadi bisa berkembangbiak bersama harimau biasa yang berwarna jingga, anaknya adalah heterozigot karena gen pemutihan yang resesif, maka bulunya berwarna jingga, melainkan induk yang jingga pun heterozigot, maka anaknya ada 50% peluang menjadi putih resesif ganda atau jingga heterozigot. Jika dua harimau heterozigot berbiak pula, maka rata-rata 25% anaknya akan berwarna putih, 50% jingga heterozigot (pembawa gen putih) dan 25% yang tersisa jingga homozigot tanpa gen putih. Pada 1970-an, sepasang harimau jingga heterozigot bernama Sashi dan Ravi melahirkan 13 anak dalam Zoo Alipore, tiga darinya berwarna putih. Jika dua harimau putih berbiak, hasilnya 100% anaknya berupa harimau putih homozigot. Harimau yang homozigot untuk gen putihnya dapat juga menjadi heterozigot atau homozigot untuk gen yang lain. Persoalan apakah seseekor harimau itu heterozigot atau homozigot tergantung pada konteks gen yang mana sedang dibahas. Pembiakbakaan dalam mendorong kehomozigotan, maka dijadikan strategi melahirkan harimau putih.

Baca Juga :   Pegunungan Yang Melewati Amerika Serikat Yaitu

Dibandingkan dengan harimau jingga tanpa gen putih, harimau putih biasanya lebih besar dari lahir lagi hingga mencapai ukuran dewasa sepenuhnya. Inilah salah satu kelebihan yang dimiliki oleh harimau putih dalam habitat liar meskipun berwarna tersebut. Harimau jingga heterozigot pula juga lebih besar dibandingkan harimau jingga yang lain. Kailash Sankhala, direktur kebun binatang New Delhi pada 1960-an mengatakan, “Salah satu fungsi gen putih ini berkemungkinan untuk mempertahankan suatu ‘gen ukuran’ dalam populasi harimau dengan ukuran yang lebih besar dari biasanya.”

Harimau putih individu yang berbelang gelap tercatat sebagai subspesies harimau benggala dan harimau siberia (Panthera tigris altaica) dalam penangkaran, mungkin juga tergolong ke dalam subspesies lainnya. Kini ada ratusan harimau putih dalam penangkaran di seluruh dunia, sekitar seratus dari India dan jumlahnya semakin bertambah. Populasi harimau putih modern mencakup subspesies harimau benggala sejati dan campuran harimau benggala dan harimau siberia tetapi tidak dipastikan apakah gen resesif pemutih ini berasal dari harimau benggala saja atau semua nenek moyangnya berasal dari harimau siberia.


  1. ^

    “Harimau putih”. 29 Mei 2012.


  • (Inggris)
    White Tiger
  • (Inggris)
    White Bengal Tiger

Artikel bertopik hewan ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.

  • l
  • b
  • s

Diperoleh dari “https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Harimau_putih&oldid=20319705”

Patung macan di Koramil 1123 Cisewu dibongkar. (Foto: Dokumentasi Koramil 1123 Cisewu)


Patung ‘kucing besar’ di Koramil Cisewu mendadak viral di dunia maya. Bermula dari gambar yang menyebar di media sosial, patung yang tengah berdiri di atas tembok yang bertuliskan Koramil Cisewu, Garut, Jawa Barat, jadi viral.


Sejatinya patung itu melambangkan lambang Kodam Siliwangi. Tapi seperti yang disebut Kapendam Siliwangi Kolonel Desy Ariyanto, mungkin karena senimannya kurang bagus, jadi bentuk patung itu terlihat kurang sangar untuk mencerminkan simbol keprajuritan.

Baca Juga :   Di Jawa Tengah Kecapi Dikenal Dengan Sebutan


Karena memunculkan berbagai perdebatan, patung itu akhirnya dibongkar.


“Sudah kami robohkan, kami ganti yang lebih bagus. Ditaruhnya juga bukan di tempat itu, di tempat yang lebih baik,” ujar Kolonel Desy Ariyanto kepada


kumparan

, Selasa (14/3).


Kehadiran patung itu juga menimbulkan bahan perbincangan baru di masyarakat. Sebagian masyarakat menyebutnya dengan patung macan. Sebagian lainnya menyebut patung itu dengan sebutan patung harimau.


Pertanyaan berikutnya yang kemudian muncul, apakah harimau dan macan merupakan spesies yang sama? atau justru berbeda?

Harimau di Batu Secret Zoo, Malang (Foto: instagram/@denitigatigatiga via @batusecretzoo )


Harimau dan macan merupakan hewan mamalia dan karnivora. Dikutip dari website resmi

Taman Safari Indonesia,

harimau dan macan ternyata merupakan dua spesies yang berbeda. Harimau atau yang memiliki nama latin

panthera tigris

merupakan salah satu spesies dari kelompok kucing besar (Big Cat). Secara kasat mata, harimau diketahui memiliki corak loreng. Lorengnya pun beragam, mulai dari hitam, cokelat hingga putih.

Macan, spesies kucing sedang (Foto: pixabay)


Sementara macan merupakan spesies dari kelompok kucing sedang (Middle Cat). Berbeda dengan harimau yang memiliki corak loreng, macan bercorak tutul-tutul. Macan juga memiliki tubuh yang lebih ramping dan ekor yang panjang.


Kamu sudah terbayang kan, beda harimau dan macan?


Jadi, patung ‘kucing besar’ yang tadinya terpampang di depan Koramil Cisewu itu merupakan patung harimau atau patung macan?

Macan bertutul, harimau loreng (Foto: Pixabay)

Perbedaan Macan Putih Dan Harimau Putih

Source: https://idkuu.com/perbedaan-macan-putih-dan-harimau-putih