Home  »  Ragam   »   Apakah Burung Cendrawasih Termasuk Hewan Langka

Apakah Burung Cendrawasih Termasuk Hewan Langka

By | November 3, 2022

Apakah Burung Cendrawasih Termasuk Hewan Langka

Binatangmu
– Apakah burung cendrawasih termasuk hewan langka? Ya, seperti yang kita tahu, ada banyak sekali hewan langka yang dilindungi di Indonesia mulai dari spesies burung, unggas, primata, mamalia, dan lain sebagainya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjawab tentang pertanyaan apakah burung cendrawasih termasuk hewan langka atau tidak. Jika termasuk hewan langka, apakah ada Undang-Undang yang melindunginya? Simak ulasan berikut.

Apakah Burung Cendrawasih Termasuk Hewan Langka? Jika Ya, Apa yang Menyebabkan Hewan Tersebut Menjadi Langka?

Apakah burung Cendrawasih termasuk hewan langka? Jawabannya adalah
IYA. Bahkan burung ini termasuk jenis burung yang terancam punah sehingga habitat dan keberadaannya harus benar-benar dijaga.

Mengutip dari situs WWF, burung Cendrawasih memiliki sekitar 30 jenis yang terdapat di Indonesia. Dari semuanya, 28 jenis burung Cendrawasih dapat ditemukan di Papua. Semua spesies burung Cendrawasih berstatus
DILINDUNGI.

Status burung Cendrawasih sebagai hewan langka dan dilindungi diatur dalam UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Selain itu juga tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup (LHK) Nomor 106 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri LHK Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2022 Tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi.

Dengan kata lain, burung Cendrawasih tidak boleh disakiti, diburu, dibunuh, dan diperdagangkan. Apabila terdapat pihak atau oknum yang melanggar UU tersebut, maka hukumannya adalah 5 tahun penjara dan denda maksimal 100 juta Rupiah.

Baca Juga :   Gambar Bunga Yg Indah Dan Cantik

Adapun pemanfaatan bulu burung Cendrawasih masih diperbolehkan dalam jumlah yang tidak terlebihan, khususnya hanya boleh untuk masyarakat lokal Papua dalam menghiasi pakaian adat mereka. Untungnya, masyarakat Papua sendiri tidak semerta-merta mengeksploitasi kekayaan sumber daya alam seperti bulu Cendrawasih untuk komersil. Mereka memegang teguh kearifan lokal dan adat untuk turut serta merawat serta menjaga populasi burung Cendrawasih sehingga kelestariannya terjaga.


Apa yang Menyebabkan Burung Cendrawasih Langka?

Pertanyaan berikutnya adalah apa yang menyebabkan burung Cendrawasih langka? Dua faktor yang sangat mempengaruhi adalah keindahan burung Cendrawasih yang menjadikan mereka sebagai target perburuan liar dan penggundulan hutan sehingga habitat asli mereka hilang. Manusia yang tak bertanggung jawab tentu mengambil peranan yang sangat penting terhadap populasi burung Cendrawasih sehingga jumlah mereka berkurang dari waktu ke waktu.

Untuk itulah, kita juga harus selalu menjaga kelestarian burung Cendrawasih sehingga kelak anak cucu kita dapat menikmati keindahan Burung Surga ini.

Apa yang Bisa Dilakukan untuk Menjaga Kelestarian Burung Cendrawasih?

Sebagai masyarakat biasa, mungkin kita tak memiliki andil besar dalam menjaga kelestarian burung Cendrawasih. Namun bukan berarti kita tak dapat melakukan apapun. Mungkin inilah bagaimana cara melestarikan burung Cendrawasih sehingga mereka tidak punah:


1. Melaporkan Perburuan Liar/Perdagangan Burung Cendrawasih

Seperti yang kita tahu, dari dulu hingga sekarang, perburuan liar masih banyak terjadi pada hewan-hewan eksotis Indonesia, salah satunya adalah burung Cendrawasih. Dengan adanya media sosial seperti sekarang, tak sedikit pula orang yang melakukan jual-beli burung Cendrawasih. Nah, jika kamu menemukan aktivitas jual-beli burung Cendrawasih baik yang masih hidup atau mati, kamu dapat melaporkannya kepada pihak yang berwajib.


2. Mengembalikan Burung Cendrawasih ke Penangkaran Resmi

Dalam upaya membantu pelestarian burung Cendrawasih, kamu juga dapat mengembalikan burung Cendrawasih ke penangkaran. Mungkin saja tiba-tiba kamu menemukan burung Cendrawasih yang lepas di sekitar tempat tinggalmu. Tujuannya agar burung tersebut dapat dipelihara secara layak sehingga kehidupan mereka tidak terancam.

Baca Juga :   Rental Alat Berat Semarang


3. Tidak Memburu Burung Cendrawasih

Ini adalah salah satu pengetahuan umum dimana kamu memang tidak boleh memburu semua hewan langka, termasuk Cendrawasih. Perburuan merupakan hal yang memiliki andil paling besar dalam kepunahan hewan. Sebagai hewan yang sangat cantik, tentu tidak sedikit orang yang ingin memelihara burung Cendrawasih atau bahkan mengawetkannya sebagai hiasan di rumah. Untuk itulah, jangan sekali-kali memburu burung Cendrawasih.

Itulah pembahasan mengenai jawaban atas pertanyaan apakah burung Cendrawasih termasuk hewan langka. Semoga apa yang kami jabarkan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi kamu.

https://t.me/s/binatangmucom/52

Apakah Burung Cendrawasih Termasuk Hewan Langka

Source: https://binatangmu.com/apakah-burung-cendrawasih-termasuk-hewan-langka/