Langkah Langkah Mencuci Baju Di Mesin Cuci

By | November 3, 2022

Langkah Langkah Mencuci Baju Di Mesin Cuci

Daftar Isi

  • Cara Mencuci Baju di Mesin Cuci
    • Ikuti Petunjuk Label Pakaian
    • Pisahkan Pakaian Berwarna
    • Masukan Pakaian & Isi Tabung
    • Beri Detergen
    • Atur Waktu & Mode Pencucian
    • Buang Air
    • Ulangi Pencucian Kedua Kali
    • Keringkan

Mesin cuci memang ditujukan untuk mencuci baju. Meski begitu, masih banyak orang yang mungkin tidak mengetahui cara mencuci baju di mesin cuci dengan benar,
lho.

Kesalahan mencuci baju di mesin cuci dapat merusak baju. Dampaknya membuat pakaian melar, serat kain rusak bahkan melunturkan baju.

Baca Juga:

  • 8 Cara Mencuci Baju Dengan Tangan
  • 2 Cara Mencuci Bone di Mesin Cuci dan Dengan Tangan

Cara Mencuci Baju di Mesin Cuci

Cara mencuci baju di mesin cuci agar tidak melar
harus memperhatikan material pakaian itu sendiri. Selain itu, perhatikan label pakaian dan setting mesin cuci. Untuk lebih jelasnya Pins dapat ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Ikuti Petunjuk Label Pakaian

(Pinterest)

Salah satu cara mencuci baju di mesin cuci agar tidak mudah rusak adalah mengikuti petunjuk label pakaian. Label pakaian ini dapat Pins temukan di bagian kerah di sisi bagian dalam pakaian.

Ini biasanya berisi teks maupun simbol tertentu yang bertujuan menghemat
space. Walau simpel, label masih tetap bisa menyampaikan informasi secara lengkap, Pins.

Label pakaian biasanya mengandung informasi bahan baju. Selain itu, ada rekomendasi perawatannya meliputi bagaimana mencuci dan menyetrikanya.

Dengan mengikuti petunjuk ini, pakaian tidak akan rusak ketika dicuci dengan mesin cuci. Beberapa bahan pakaian biasanya dianjurkan untuk mencuci memakai tangan, misalnya mencuci jaket kulit asli.

Baca Juga :   Cara Buat Pita Dari Pita Jepang

Putaran mesin cuci tak jarang mampu merusak bahan baju apalagi jenis kulit dan rajut.

Pisahkan Pakaian Berwarna

Sebelum mencuci, sebaiknya pisahkan pakaian berwarna dan putih. Tujuannya agar pakaian berwarna tidak melunturi pakaian lainnya. Umumnya, pakaian dengan warna gelap akan dipisahkan dengan pakaian berwarna cerah.

Tak hanya itu, sebaiknya Pins memisahkan mencuci pakaian dengan kain yang lebar. Kain yang panjang dapat melilit pakaian sehingga pencuciannya kurang maksimal.

Jangan mencampurkan pakaian berbahan tipis dengan tebal. Cara mencuci baju di mesin cuci
disesuaikan dengan jenis kain, warna dan tebal tipisnya pakaian.

Baca Juga:

  • Cara Mencuci Jaket Kulit Dengan Benar
  • 5 Cara Mencuci Bed Cover di Rumah

Masukan Pakaian & Isi Tabung

cara mencuci baju di mesin cuci
(Pexels)

Bila sudah melakukan pemisahan pakaian, saatnya memasukan baju ke dalam mesin cuci. Kapasitas pencucian setiap mesin cuci berbeda-beda. Ada yang mampu memuat 5 kg sampai 10 kg.

Setelah itu, mulai isi tabung dengan air bersih. Volume air sebaiknya mengikuti buku manual mesin cuci. Semua pakaian harus terendam dalam air agar pencucian benar-benar bersih.

Beberapa merk mesin cuci terbaik ada yang memiliki indikator pengisian air tabung. Jika sudah memenuhi volume air yang ditentukan, mesin cuci dapat mengeluarkan alarm secara otomatis.

Beri Detergen

(Pexels)

Setelah tabung diisi, perhatikan penggunaan deterjen saat mencuci baju di mesin cuci. Bila memakai deterjen bubuk, pastikan pembilasan dilakukan tanpa meninggalkan residu.

Ini karena sisa-sisa deterjen bisa membuat pakaian licin dan mudah rusak. Alih-alih deterjen bubuk, coba pilih deterjen cair atau jel yang cenderung mudah larut dan lebih hemat.

Atur Waktu & Mode Pencucian

(Pexels)

Jika takaran air dan deterjen sudah pas, Pins bisa mengatur waktu pencucian,
deh. Durasi pencucian tergantung pada berat pakaian kotor yang dicuci. Ada waktu pencucian 15 menit, 30 menit hingga 60 menit.

Baca Juga :   Jelaskan Yang Dimaksud Interaksi Menurut Bintarto

Cara mencuci baju di mesin cuci agar tidak melar
harus memperhatikan suhu dan mode pencucian. Sebagai contoh, mode hijab umumnya memiliki putaran rendah sehingga bahannya tidak mudah robek. Sementara itu, mode batik bertujuan mengurangi risiko warna batik memudar.

Mode pencucian ada yang terdiri atas 3-6 pilihan. Perbedaan setiap mode tersebut biasanya dari putaran mesin cuci. Untuk pakaian yang memiliki kain tipis, putaranya akan rendah, sedangkan yang memiliki bahan tebal akan lebih cepat putarannya.

Baca Juga:

  • Cara Mencuci Bantal Dacron Hingga Bersih
  • 12 Cara Mencuci Mobil Eksterior dan Interiornya

Buang Air

Setelah mesin cuci berhenti berputar, saatnya membuang air. Cara membuangnya cukup mudah, yaitu dengan mengalirkan air dari selang yang terhubung dengan mesin cuci.

Pastikan air sabun benar-benar habis. Jika pakaian saling melilit, kamu memisahkannya agar mudah saat dibilas.

Itu sebabnya, mesin cuci sebaiknya diletakkan dekat saluran pembuangan air. Dengan begitu, air cucian tidak menggenangi lantai. Setelah air sabun terbuang, semua maka lanjutkan dengan tahap pembilasan.

Ulangi Pencucian Kedua Kali

cara mencuci baju di mesin cuci
(Pexels)

Pada dasarnya, proses bilas sama dengan ketika kamu mencuci pakaian. Hanya saja, cara mencuci baju di mesin cuci ini tidak membutuhkan deterjen.

Kamu hanya perlu mengatur waktu pencucian dan tunggu sampai mesin cuci selesai bekerja. Ulangi langkah ini beberapa kali minimal 2 kali. Dengan begitu residu dan sisa air sabun akan benar-benar hilang.

Jika pakaian sudah tidak licin ketika diangkat, tandanya pakaian siap untuk dikeringkan. Setelah siklus pencucian selesai dilakukan, pindahkan pakaian ke tabung sebelahnya. Apabila Pins memakai mesin cuci satu tabung, maka siapkan ember terlebih dahulu.

Peras sedikit pakaian tebal yang masih basah. Tujuannya agar ketika proses pengeringan dilakukan pakaian akan benar-benar kering hingga ke bagian dalam baju.

Baca Juga :   Berasal Dari Manakah Alat Musik Kolintang

Baca Juga:

  • Cara Mencuci Motor Agar Tetap Bersih
  • 6 Cara Mencuci Masker Kain yang Benar

Keringkan

(Pexels)

Masukan pakaian ke tabung pengering. Atur mode dryer dan tunggu hingga proses selesai dilakukan. Proses dryer ini kadang membuat pakaian benar-benar kering bahkan tanpa harus dijemur.

Untuk beberapa jenis pakaian dengan bahan tebal seperti jeans, biasanya masih perlu dijemur dibawah sinar matahari.

Usai menerapkan cara mencuci baju di mesin cuci diatas jangan lupa membersihkan tabung mesin cuci. Beberapa brand mesin cuci memiliki fitur pencucian tabung secara otomatis.Selain mengetahui bagaimana cara mencuci baju di mesin cuci
yang tepat, Pins juga perlu merawat alat elektronik ini. Bersihkan secara rutin agar proses pencucian tetap higienis.

Baca Juga:

  • Tips dan Cara Mencuci Piring Dengan Cepat dan Benar
  • 6 Tips dan Cara Mencuci Jas yang Benar

Featured Image Source:
Goodhousekeeping.com

Editor:
Voni Sri Wijayanti


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga
massage
dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Langkah Langkah Mencuci Baju Di Mesin Cuci

Source: https://www.pinhome.id/pinhome-home-service/insight/cara-mencuci-baju-di-mesin-cuci/