Kalori Nasi Jagung Vs Nasi Putih

By | November 3, 2022

Kalori Nasi Jagung Vs Nasi Putih

Ada Nasi Jagung, 6 Alternatif Nasi Diet Ini Nggak Cuma Rendah Kalori, tapi Bikin Kenyang Lebih Lama!

Ivana Christy Tampubolon |
Beautynesia

Kamis, 14 Jul 2022 06:15 WIB


Topik tentang diet selalu jadi pembahasan yang menarik ya Beauties. Salah satunya tentang bagaimana kita tetap menjalankan diet tapi tetap bisa makan nasi.

Beras merah jadi alternatif nasi diet yang paling popular. Tapi, ilmu diet makin berkembang, begitu juga alternatif nasi diet. Beras merah bukan lagi satu-satunya pilihan alternatif.

Ada beberapa jenis beras yang bisa dijadikan alternatif nasi diet juga nih, Beauties. Kandungan gizinya pun, lebih baik daripada nasi putih. Apa saja? Dilansir dari CNN Indonesia,
check them out
Beauties!


1. Nasi Coklat

Beras Cokelat Untuk Diet Diabetes/Foto : pexels.com/Trista Chen

Nasi Cokelat untuk Diet Diabetes/Foto : pexels.com/Trista Chen

Dinamakan nasi cokelat karena beras ini berasal dari gandum yang sudah dikupas dari kulitnya. Makan nasi coklat sebagai nasi diet akan bikin kamu cepat kenyang.

Soalnya, nasi cokelat punya serat tiga kali lipat lebih banyak. Dibandingkan dengan nasi putih, dalam jumlah yang sama sebanyak 100 gr, terkandung 111 kalori sedangkan nasi putih 356 kalori.

Karena kalorinya rendah, nasi cokelat jadi pilihan untuk diet diabetes. Tingginya kandungan magnesium dan mineral bikin nasi diet ini bermanfaat menjaga gula darah dan insulin tetap stabil.

2. Nasi Hitam

Nasi ini beda dengan yang suka dipakai untuk bikin ketan hitam ya, Beauties. Nasi hitam punya kandungan nutrisi dan antioksidan tertinggi yang bermanfaat untuk anti inflamasi, senyawa antosianin yang terbukti bisa menekan risiko kanker, dan kandungan mineral zinc, fosfor, vitamin B6, niasin, dan folat.

Tekstur nasi yang satu ini memang bikin nasi diet jadi lebih padat,
but still,
kalorinya lebih rendah dari nasi putih. Dengan berat yang sama, 100 gram, nasi hitam punya 280 kalori.

3. Nasi Shirataki

Beras Shirataki 0 Kalori/Foto : wolipop.detik.com/detikwolipop

Nasi Shirataki 0 Kalori/Foto : wolipop.detik.com/detikwolipop

Nasi dari negara penghasil sushi ini sedang naik pamor di kalangan penggiat diet. Banyak orang menggunakannya sebagai nasi diet karena kandungannya 0 kalori

Shirataki sendiri punya nama lain beras konnyaku dan beras konjac karena terbuat dari akar umbi porang atau konjac. Nasi shirataki kaya akan kandungan serat dan zat besi.

Manfaatnya juga tidak hanya sebagai nasi diet untuk menurunkan kolesterol dan gula darah. Nasi shirataki bermanfaat membentuk lapisan pelindung di sepanjang usus dan menjaga pencernaan.

4. Nasi Basmati

Beras Basmati Punya Aroma Khas/Foto : pinterest.com/Essence Of Life - Food

Nasi Basmati Punya Aroma Khas/Foto : pinterest.com/Essence Of Life – Food

Berasal dari dari India dan Pakistan, nasi ini terkenal sampai ke Timur Tengah juga loh Beauties. Bentuknya juga unik, lebih ramping dan panjang daripada nasi pada umumnya.

Nasi basmati sendiri kaya akan tinggi serat, rendah gula, dan kaya mineral sehingga cocok dijadikan nasi diet. Kadar arsenik dalam beras basmati juga yang paling rendah dibandingkan nasi lainnya.

Selain itu, nasi basmati juga bisa menambah selera makan kamu soalnya punya aroma yang khas. Teksturnya pun tidak lengket, jadi berasa enteng kalo Beauties makan nasi diet dengan beras ini.

Baca Juga :   Alat Elektronik Yang Bisa Bikin Move on

5. Nasi Kembang Kol

Beauties Sudah Pernah Makan Nasi Kebang Kol/Foto : food.detik.com/detikFood

Beauties Sudah Pernah Makan Nasi Kembang Kol?/Foto : food.detik.com/detikFood

Iyes, Beauties tidak salah baca. Biarpun namanya nasi, tapi nasi unik satu ini berbahan dasar sayur kembang kol. Nasi kembang kol popular di antara penggiat diet keto.

Dikutip dari CNN Indonesia, nasi kembang kol ini rendah karbohidrat dan kalori. Dalam 100 gr nasi kembang kol hanya ada 27gr kalori dan 5 gr karbohidrat.

Cara bikinnya juga gampang. Sayur kembang kol cukup dipotong ukuran sedang dan dimasukkan ke blender atau
food processor.
Haluskan sayur secara perlahan agar teksturnya tetap kasar.

Hmm,worth it
buat dicoba nih Beauties. Biar kita nggak usah panik lagi beras lagi habis.

5. Nasi Jagung

Nasi Jagung Juga Bisa Jadi Nasi Diet/Foto : food.detik.com/detikFood

Nasi Jagung Juga Bisa Jadi Nasi Diet/Foto : food.detik.com/detikFood

Another
nasi diet unik, ternyata ada yang namanya nasi jagung loh, Beauties. Seperti namanya, nasi jagung berasal dari pipil jagung tua.

Nasi jagung punya banyak manfaat untuk tubuh.  Mulai dari menjaga kesehatan mata sampai memperlancar pencernaan.

Wah, ternyata pilihan alternatif nasi diet itu cukup variatif ya Beauties. Tinggal disesuaikan sama kebutuhan dan selera kita. Nasi mana nih Beauties yang sering kamu dengar jadi pilihan nasi diet?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia,
B-Nation. Caranya
DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)








Komentar

Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.







RELATED ARTICLE



Kalori Nasi Jagung Vs Nasi Putih

Source: https://www.beautynesia.id/wellness/ada-nasi-jagung-6-alternatif-nasi-diet-ini-nggak-cuma-rendah-kalori-tapi-bikin-kenyang-lebih-lama/b-258687