Anggrek Dendrobium Disebut Juga Sebagai Anggrek

By | November 3, 2022

Anggrek Dendrobium Disebut Juga Sebagai Anggrek

MENGENAL BERAGAM JENIS BUNGA ANGGREK

Anggrek adalah tumbuhan yang banyak ditemukan di Indonesia. Iklim tropis Indonesia sangat cocok menjadi tempat tumbuh bagi anggrek. Bagian daun dan batangnya yang tebal menyimpan cukup banyak air untuk dapat bertahan hidup. Batangnya tertutup lapisan lilin untuk mencegah penguapan berlebihan. Anggrek biasanya berada di bawah pohon yang cukup rindang namun masih mendapatkan sinar matahari. Di dalam hutan, kebanyakan anggrek menempel pada tumbuhan lain, namun ada juga beberapa jenis anggrek yang tumbuh di tanah.

Anggrek terdiri dari berbagai macam jenis. Berikut adalah berbagai macam jenis bunga anggrek yang harus kita ketahui :

1. Anggrek
Dendrobium



Anggrek
Dendrobium
merupakan salah satu jenis anggrek yang sangat disukai oleh semua kalangan, karena anggrek ini memiliki warna bunga yang cerah dan terlihat sangat cantik. Anggrek ini cocok sekali untuk dijadikan sebagai tanaman hias dan jenis ini sangat mudah sekali untuk kita jumpai.

2. Anggrek Bulan Kalimantan Barat



Anggrek Bulan Kalimantan Barat memang salah satu anggrek yang memiliki bentuk sangat indah dengan corak warna putih, kuning serta merah. Bentuk bunganya dilihat seperti biola yang memang sangat unik sekali, oleh sebab itu banyak sekali orang yang menyukai jenis anggrek yang satu ini.

3. Anggrek Tebu



Anggrek tebu merupakan salah satu jenis anggrek yang memiliki bobot sangat berat, karena dalam satu rumpun dewasa beratnya mampu mencapai 1 ton dengan ketinggian mencapai 3 meter. Untuk jenis anggrek ini memiliki warna kuning serta memiliki bintik-bintik kecoklatan, merah kehitam-hitaman. Bahkan jenis ini termasuk anggrek yang tahan layu sampai 2 bulan, meskipun batangnya sudah dipotong.

Baca Juga :   Kerajinan Lampu Hias Dari Tempurung Kelapa Menghasilkan

4. Anggrek Hitam



Jenis anggrek hitam banyak dijumpai di wilayah Kalimantan dan Sumatra. Hanya saja untuk bunga Anggrek Hitam sudah cukup langka, bahkan sudah menjadi salah satu anggrek yang langka di Indonesia. Hal terebut dikarenakan habitatnya kini mulai hilang, sehingga pupulasinya mulai berkurang.


5. Anggrek Bulan



Anggrek Bulan menjadi salah satu jenis bunga anggrek yang sangat digemari oleh kebanyakan orang karena memiliki tampilan yang sangat cantik sekali dan sangat mudah umtuk menemukan jenis ini. Kebanyakan orang menjadikan anggrek bulan sebagai tanaman hiasan. Anggrek bulan dapat tumbuh dan menempel pada batang atau pohon.

6. Anggrek
Cattleya



Anggrek
Cattleya
merupakan salah satu jenis bunga anggrek yang memiliki bunga berukuran besar dan karena ukuran bunganya yang besar tersebut yang menjadikan ciri khas dari anggrek ini. Sementara itu, untuk merawat anggrek
Cattleya
sangat mudah sekali dan perawatannya tidak memerlukan keahlian khusus. Untuk menjumpai anggrek yang satu ini juga sangat mudah sekali, karena sudah banyak orang yang membudidaya anggrek
Cattleya.

7. Anggrek Selop



Anggrek Selop salah satu jenis anggrek yang memiliki bentuk bunga yang sangat unik, bahkan dapat dibedakan dengan terdapat 4 buah kelopak yang terbagi menjadi 2 bagian yakni kelopak utama dan kelopak samping. Untuk jenis yang satu ini bisa ditemui di kawasan lereng gunung Semeru, karena bunga ini sangat cocok tumbuh di ketinggian 450 sampai 770 meter diatas permukaan laut.

8. Anggrek Monyet



Bentuk bunganya yang mirip muka monyet, oleh sebab itu dinamakan sebagai anggrek monyet. Namun untuk nama ilmiahnya bernama Dracula Simia yang berarti naga kecil. Untuk jenis anggrek yang satu ini dapat tumbuh diketinggian 1000 sampai 2000 mdpl dengan suhu berkisar 27 derajat celcius serta kelembabannya 80 sampai 90%.

Baca Juga :   Mengapa Di Indonesia Dikatakan Memiliki Iklim Hujan Tropis Jelaskan

9. Anggrek Hartinah



Anggrek Hartinah atau Tien Soeharto adalah salah satu jenis anggrek yang tumbuh didaerah tertentu saja. Sedangkan untuk bentuk bunganya seperti pita yang meruncing dan mampu mencapai 50 sampai 60 cm, sementara itu untuk jenis yang satu ini hanya bisa ditemukan di Sumatera Utara.

10. Anggrek Kasut Kumis



Anggrek Kasut Kumis atau nama ilmiahnya Paphiopedilum chamberlainianum salah satu jenis anggrek yang memiliki bentuk bunga sangat unik sekali. Untuk jenis yang satu ini tumbuh diatas tanah dengan ketinggian yang mencapai 30 cm sampai 45 cm. Hanya saja untuk saat ini Anggrek Kasut Kumis sudah sangat sulit untuk kita temukan, karena habitanya sudah rusak dikarenakan erupsi gunung.

Itulah beberapa jenis anggrek yang ada di Indonesia dan masih banyak lagi jenisnya. Saat ini terdapat beberapa jenis anggrek yang keberadaanya sudah tidak banyak lagi karena habitatnya telah rusak terdampak erupsi.

Sumber : https://www.anggrekmania.com/jenis-bunga-anggrek-cara-menanam-merawat/#Jenis-Jenis_Bunga_Anggrek

Anggrek Dendrobium Disebut Juga Sebagai Anggrek

Source: https://jogjabenih.jogjaprov.go.id/read/54cd60bdcca52f9e665aab932614e3d14e58268e4da4a7a4a0cf4455465527bf3184