Limbah Berikut Yang Tidak Dapat Didaur Ulang Adalah

By | November 3, 2022

Limbah Berikut Yang Tidak Dapat Didaur Ulang Adalah

Limbah Berikut Yang Tidak Dapat Didaur Ulang Adalah- Salah satu penyebab pencemaran lingkungan adalah adanya sampah yang semakin menggunung, namun tidak semua jenis sampah dapat didaur ulang.

Bayangkan saja, jika semakin banyak tumpukan sampah, hanya sedikit sampah yang bisa didaur ulang. Bagaimana nasib lingkungan kita yang akan dipilih? Semakin tercemar dan pasti tidak baik untuk kesehatan.

Untuk mengatasi masalah ini, beberapa komunitas orang dari berbagai komunitas terus mempromosikan kampanye perlindungan lingkungan.
Mengenai sampah, ada beberapa jenis sampah yang tidak bisa didaur ulang. Limbah Berikut Yang Tidak Dapat Didaur Ulang Adalah :


Baca Juga : Sampah Daun Dapat Didaur Ulang Menjadi Pupuk Kompos

Limbah Berikut Yang Tidak Dapat Didaur Ulang Adalah


1. Cup Gelas bekas kopi

Sepintas, gelas yang banyak digunakan oleh gerai kopi ini terbuat dari kertas yang agak tebal. Tapi tahukah Anda bahwa cangkir kopi ini mengandung bahan plastik.

Dalam proses daur ulang sampah jenis ini tidak dapat dipisahkan antara sampah kertas dan sampah plastik. Hal inilah yang membuat sampah jenis ini sulit untuk didaur ulang.

2. Kotak tempat pizza

Kertas yang digunakan untuk membungkus pizza termasuk dalam jenis sampah yang tidak dapat didaur ulang. Ini karena kertas pizza terdiri dari campuran pulp atau minyak yang sulit didaur ulang.

Baca Juga :   Cara Membuat Alat Bantu Pria

3. Botol plastik kotor

Botol plastik kotor termasuk botol minuman termasuk dalam salah satu jenis sampah yang tidak dapat didaur ulang. Jika Anda ingin mendaur ulang botol plastik, Anda harus membersihkan botolnya lagi.

Bersihkan dan jangan tinggalkan apa pun di dalam botol untuk memastikan proses daur ulang yang lancar.

4. Perhatikan 7 tanda produk

Saat membeli produk berbahan dasar plastik, perhatikan petunjuk penggunaan produk. Petunjuk ini dapat ditemukan di bagian bawah produk.

Setiap tanda memiliki arti tersendiri apakah produk tersebut dapat digunakan kembali atau bahkan tidak dapat didaur ulang.


Baca Juga : Sampah Daun Dapat Didaur Ulang Menjadi Pupuk Kompos

5. Kertas tisu dan kotaknya

Kedua barang tersebut termasuk dalam sampah yang tidak dapat didaur ulang karena mengandung bahan yang berbahan dasar minyak.

Item ini tidak dapat dibersihkan sepenuhnya dan menghilangkan kandungan minyaknya meskipun melalui proses daur ulang. Sampah jenis ini akan selalu berakhir di tempat sampah tanpa bisa didaur ulang.

6. Cermin/Kaca

Bahan kaca yang digunakan untuk membuat cermin tidak dapat didaur ulang. Jadi jangan mencoba untuk mendaur ulang cermin.

Saat Anda tidak lagi menyukai spion yang ada, namun kondisinya masih bagus. Jangan dibuang, lebih baik cermin itu diberikan kepada orang lain atau dijual daripada dibuang.

7. Kertas pembungkus

Kertas pembungkus yang sering digunakan untuk mempercantik kado termasuk salah satu barang yang tidak bisa didaur ulang. Bagaimana jika kertas tersebut memiliki permukaan glossy.

8. Selotip atau double tip

Kedua jenis perekat ini juga merupakan barang yang tidak dapat didaur ulang. Ini karena keduanya mengandung bahan dasar plastik yang sulit didaur ulang.

Baca Juga :   Cara Membuat Alat Kelamin Palsu

Saat ingin mendaur ulang barang ini, pastikan kertas dan plastiknya terpisah sebelum dibuang ke tempat sampah.

9. Kertas sobek

Meski terlihat sepele, kertas robek akan sulit didaur ulang karena bentuknya yang tidak beraturan.

Potongan kertas ini dapat menyumbat mesin daur ulang. Untuk mendaur ulang kertas, biarkan kertas tetap utuh dan tidak sobek.

10. Sol sepatu

Sol sepatu karet dan ban karet juga butuh waktu lama untuk terurai.
Sampah ini membutuhkan waktu puluhan tahun untuk terurai.

Kabar baiknya, beberapa produsen sepatu mulai mencari alternatif lain untuk menggantikan sol karet.

Bahkan, brand besar seperti Nike dan Converse telah merilis sejumlah sepatu yang terbuat dari bahan daur ulang.

11. Pakaian & kain nilon

Jika Anda memiliki pakaian atau kain nilon bekas yang sudah tidak digunakan lagi, sebaiknya jangan dibuang begitu saja. Karena pakaian Anda membutuhkan waktu puluhan tahun untuk terurai.

Sebaiknya anda jual kembali atau berikan kepada yang lebih membutuhkan atau anda juga bisa mengolahnya kembali menjadi kerajinan tangan.

Meski begitu, sebagai makhluk hidup, kita harus selalu mengurangi penggunaan barang-barang yang dapat merusak lingkungan. Usahakan untuk meminimalkan penggunaan barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

Mengurangi pengeluaran limbah rumah tangga, baik yang mudah terbakar maupun yang tidak mudah terbakar.

Selain mengurangi penggunaan barang-barang yang dapat merusak lingkungan, setiap orang harus membiasakan diri menggunakan kembali barang-barang yang dapat digunakan tanpa harus membuangnya.

Ada baiknya jika sebelum membeli suatu barang, pikirkan barang apa saja yang bisa digunakan berulang-ulang. Dengan kedua hal tersebut, lambat laun masalah sampah yang dapat merusak lingkungan dapat dikurangi.

Baca Juga : Cara Buat Pupuk Organik Cair Sabut Kelapa

Baca Juga :   Alat Penyambung Kabel Sr

Limbah Berikut Yang Tidak Dapat Didaur Ulang Adalah

Source: https://theplaceboston.com/limbah-berikut-yang-tidak-dapat-didaur-ulang-adalah/