Cara Mengobati Eksim Dengan Daun Ketepeng

By | November 3, 2022

Cara Mengobati Eksim Dengan Daun Ketepeng

Pernahkah Anda mengalami rasa gatal yang tidak nyaman di kulit tubuh? Entah di tangan, kaki atau bagian tubuh lainnya. Selain gatal, kulit juga menjadi ruam, pecah, kasar, dan meradang. Jika Anda pernah mengalami beberapa kondisi di atas, bisa jadi Anda sedang mengalami eksim. Ada beberapa cara mengobati penyakit eksim.


Eksim dapat menyebabkan kulit menjadi lecet.

Eksim adalah
suatu kondisi dimana terdapat bercak kulit yang meradang, menjadi gatal, pecah-pecah, dan kasar. Jika digaruk, eksim dapat menyebabkan kulit menjadi lecet. Eksim dapat menjadi masalah kesehatan yang membuat frustrasi, oleh karena itu penting bagi Anda memahami bagaimana cara mengobati penyakit eksim yang tepat. Selengkapnya, dapat Anda simak dalam artikel berikut.

Pengobatan eksim memiliki empat tujuan utama yaitu, mengendalikan rasa gatal, menyembuhkan kulit, mencegah flare (gejala timbul secara tiba-tiba dalam tingkat yang parah), dan mencegah infeksi. Lantas, langkah apa saja yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit eksim? Berikut cara-caranya:

Baca Juga: Penyakit Eksim pada Anak

1. Ganti Deterjen yang Anda Pakai

Deterjen dapat menjadi salah satu faktor penting yang menyebabkan kondisi eksim Anda semakin parah. Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan deterjen atau pelembut pakaian jenis yang cair, guna menghindari iritasi pada kulit.

2. Gunakan Kompres Dingin

Cara ini dapat digunakan untuk mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman ketika Anda mengalami eksim. Caranya pilih salah satu kain bersih, rendam dengan air dingin, dan tempelkan di bagian tangan atau kulit yang terkena eksim.

3. Rutin Menggunakan Losion

Losion dapat menjaga kulit Anda untuk tetap lembab. Ketika Anda mengalami eksim, pastikan untuk rutin mengoleskan losion dua kali sehari, dapat dilakukan saat pagi atau sore hari setelah Anda membersihkan diri. Sebagai catatan, hindari losion yang memiliki wangi terlalu semerbak, atau losion yang mengandung bahan penyebab iritasi lainnya.

Baca Juga :   Ciri Khas Dari Tari Kreasi Baru Adalah

4. Memanfaatkan Cuka Sari Apel

Cuka sari apel adalah obat rumah yang banyak digunakan untuk mengatasi gangguan kulit. Cara penggunaannya, tambahkan cuka sari apel ke dalam bak mandi air hangat, gunakan jumlah antara 1-2 cangkir cuka. Kemudian rendam diri Anda selama 15-20 menit, dan bilas tubuh secara menyeluruh. Untuk bayi, Anda dapat mengkonsultasikan penggunaan cuka apel kepada dokter terlebih dahulu. Untuk beberapa orang cuka apel dapat menyebabkan alergi dan iritasi, mohon berhati hati dalam penggunaannya.

5. Gunakan Oatmeal Koloid

Oatmeal koloid atau juga dikenal dengan Avena Sativa diketahui dapat bermanfaat dalam membantu mengatasi rasa gatal dan kering di kulit. Cara penggunaannya tambahkan oatmeal koloid ke dalam bak mandi Anda, atau gunakan itu sebagai pasta dan oleskan ke kulit. Pilih produk oatmeal koloid yang
memiliki oat
sebagai satu-satunya bahan dan hindari yang mengandung wewangian atau aditif.

Cara Mengobati Penyakit Eksim

Salah satu cara mengobati penyakit eksim dengan menggunakan losion untuk membuat kulit tetap lembab.

6. Oleskan Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak sehat yang dapat meningkatkan kelembaban kulit, sehingga kulit yang kering dan gatal akibat eksim dapat teratasi. Untuk menggunakannya, Anda dapat mengoleskan minyak kelapa murni langsung ke kulit Anda setelah mandi, atau sebelum tidur, selama beberapa kali sehari. Jika Anda memiliki alergi terhadap kelapa, sebaiknya tidak menggunakan cara pengobatan ini.

Baca Juga: Obat Penyakit Eksim Kering

7. Hindari Pakaian Dengan Jenis Bahan Tertentu

Pakaian yang mengandung bahan seperti wol, mohair, dan serat dapat membuat kulit Anda menjadi tidak nyaman. Sebagai gantinya, Anda dapat mengenakan pakaian dengan bahan seperti linen, katun, dan sutra. Bahan-bahan tersebut lebih lembut dan nyaman untuk kulit Anda yang terkena eksim.

Baca Juga :   Mengapa Kita Perlu Mempelajari Ilmu Geografi

8. Hindari Pakaian yang Ketat, Kasar, atau Menyebabkan Gatal

Selain perlu menghindari pakaian dengan jenis bahan tertentu, model pakaian lainnya yang perlu Anda perhatikan selama sakit eksim adalah jenis pakaian yang ketat, kasar, dan menyebabkan gatal. Hal ini selain membuat Anda tidak nyaman, juga akan memicu iritasi semakin parah. Solusinya gunakan pakaian yang lembut, longgar, dan dapat menyerap keringat dengan mudah.

9. Kelola Kesehatan Tubuh dan Pikiran

Ketika Anda eksim, tetaplah rutin untuk melakukan olahraga dan pemanasan lainnya untuk membantu tubuh Anda tetap prima. Lakukan diet seimbang, dan penuhi kebutuhan tidur Anda. Hal-hal ini akan membantu proses pemulihan, dan mencegah dari kondisi flare (munculnya gejala secara tiba-tiba, dan terjadi secara parah).

Baca Juga: Bahaya Penyakit Eksim

10. Oleskan Krim Anti Gatal

Obat atau krim anti gatal banyak dijual bebas, seperti di apotek atau toko online. (Perlu Resep Dokter dan berkonsultasi)

 Keberhasilan pengobatan eksim juga dapat bergantung pada usia, riwayat medis, tingkat gejala yang dialami, dan kondisi lainnya yang terkait dengan penderita. Jika Anda mengalami penyakit eksim, Anda dapat segera mencari pengobatan untuk mendapatkan hasil terbaik. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan selama proses perawatan.

Semoga informasi tentang cara mengobati eksim bermanfaat bagi Anda. Lekas sembuh jika saat ini Anda sedang menderitanya. Bagikan informasi ini pada rekan dan orang terdekat, tetap jaga kesehatan, dan sampai jumpa di artikel kesehatan lainnya.

Telah direview oleh dr. Surya Seftiawan Pratama

Source:

  • Pengobatan Eksim di Rumah
  • Eksim: Apa Perawatan Terbaik untuk Anda?
  • Apa yang Perlu Diketahui Tentang Eksim

Cara Mengobati Eksim Dengan Daun Ketepeng

Source: https://ciputrahospital.com/cara-mengobati-penyakit-eksim/

Baca Juga :   Apa Yang Akan Terjadi Jika Air Di Waduk Kering