Kendaraan Berikut Yang Paling Ramah Lingkungan Adalah

By | November 3, 2022

Kendaraan Berikut Yang Paling Ramah Lingkungan Adalah


Apakah kendaraan yang paling ramah lingkungan adalah mobil listrik? Ketahui di sini!

Tentu kamu pernah mendengar tentang kendaraan yang ramah lingkungan, bukan? Ya, kendaraan ramah lingkungan dengan teknologi terbaru telah beroperasi di sebagian negara maju.

Kendaraan ramah lingkungan sendiri biasanya didukung oleh bahan bakar alternatif serta teknologi yang canggih. Nah, untuk mengetahui kendaraan-kendaraan yang ramah lingkungan, simak ulasan selengkapnya berikut.

Benarkah Mobil Listrik Kendaraan yang Paling Ramah Lingkungan?

Source: BBC

Kendaraan ramah lingkungan atau disebut juga kendaraan hijau merupakan kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar tertentu. Penggunaan bahan bakar inilah yang menghasilkan dampak nggak berbahaya bagi lingkungan, nih.

Saat ini, di beberapa negara pengguna bahan bakar ramah lingkungan memakai standar emisi Eropa yang lebih ketat, seperti Euro6.

Nggak hanya mobil listrik, ada pula beberapa kendaraan yang paling ramah lingkungan lainnya. Yuk, simak di bawah ini!

1.
Bus dengan tenaga surya

kendaraan kendaraan berikut yang paling ramah lingkungan adalah
Source: Kompas.com

Salah satu kendaraan ramah lingkungan adalah bus dengan tenaga surya. Perlu diketahui, bus bertenaga surya disebut-sebut jauh lebih canggih daripada mobil listrik karena 100 persen menggunakan energi matahari, nih.

Bus dengan tenaga surya diproduksi oleh pabrik asal China, Beyond Your Dream atau BYD. Sementara itu, perusahaan yang bertanggung jawab adalah Gertaxi dari Brasil. Dengan memiliki satu set baterai, bus berkapasitas kursi 44 penumpang ini menjamin jarak tempuh 300 kilometer.

Selain itu, bus dengan tenaga surya juga dilengkapi dengan dua motor listrik 110 kW dengan 148 daya kuda. Kehadiran bus bertenaga surya memberikan berbagai manfaat, salah satunya meningkatkan kualitas udara di kota yang berdampak pada kesehatan penduduk

Baca Juga :   Karton Bekas Tisu Gulung Termasuk Bahan

2.
Sepeda motor listrik

kendaraan kendaraan berikut yang paling ramah lingkungan adalah
Source: Pixabay

Penantian masyarakat akan kendaraan ramah lingkungan akhirnya terbayar dengan kehadiran sepeda motor listrik. Sepeda motor listrik ini dinilai bisa jadi solusi transportasi yang ramah lingkungan dan menawarkan sejumlah keunggulan.

Di Indonesia sendiri, motor listrik sudah digunakan meski cukup jarang. Untuk pengisian ulang baterai sepeda motor ini, bisa dilakukan dengan mudah di rumah karena tidak membutuhkan daya listrik sebesar kebutuhan mobil listrik.

Nggak hanya itu, pengisian ulang juga dapat dilakukan dengan metode
swab
atau penukaran bateri. Dengan berbagai kemudahan ini, motor listrik memberikan torsi instan yang tentu saja sangat diminati oleh para bikers atau komunitas motor.

3.
Bus listrik

Source: ARGS

Ternyata, Indonesia juga memiliki kendaraan ramah lingkungan, yakni bus listrik, nih. Sudah ada sejak tahun lalu, bus listrik ini beroperasi di Jakarta. Berbagai keunggulan pun dimiliki oleh bus listrik, seperti tidak menimbulkan polusi, biaya perawatan relatif murah, serta baterai yang tahan lama.

Dengan daya baterai yang dapat diisi ulang selama empat jam, bus listrik mampu melaju hingga sejauh 250 kilometer. Selain bersih dan ramah lingkungan, bus listrik nggak mengeluarkan suara mesin bising seperti bus konvensional lainnya.

Karena itu, berkendara menggunakan bus listrik dijamin akan merasa lebih nyaman. Untuk membantu mengurangi polusi di udara, pastikan memanfaatkan kendaraan ramah lingkungan, termasuk bus listrik, ya.

4.
Sepeda listrik

Source: Evchargeplus

Menjadi perintis kendaraan ramah lingkungan, sepeda listrik sampai sekarang memang ngga ada matinya. Di pasaran sendiri, sepeda listrik memiliki harga yang relatif terjangkau sehingga dari tahun ke tahun tetap diminati.

Dengan menggunakan sepeda listrik, kamu akan menghemat uang karena nggak perlu biaya bensin, nih. Selain itu, sepeda listrik juga sangat praktis di mana tidak menimbulkan polusi udara maupun suara.

Cara mengendarai sepeda listrik pun cukup mudah, yakni dengan dikayuh. Hanya saja, adanya baterai pada sepeda listrik akan membuat proses mengayuh jauh lebih ringan sehingga membuat pengendaranya tidak merasa kelelahan.

Baca Juga :   Apa Arti Benda Padat Bentuknya Selalu Tetap

BACA JUGA:
7 Tips Beli Mobil Bekas Matic yang Wajib Diketahui | Dijamin Nggak Salah Pilih!

Mobil Listrik dan Manfaat dari Penggunaannya

Source: Pixabay

Seiring berkembangnya teknologi dalam bidang otomotif, ada beberapa inovasi yang diciptakan. Salah satu yang menjadi perbincangan akhir-akhir ini adalah mobil dengan penggerak listrik.

Mobil listrik termasuk inovasi terbaru yang membuat kota jauh lebih asri karena tidak memiliki emisi gas buangan. Berbagai manfaat pun akan kamu dapatkan dari penggunaan mobil listrik, antara lain:

1.
Suara mobil tidak bising

mobil listrik
Source: Pexels.com

Selain tidak memiliki emisi gas buang, manfaat lain dari kendaraan ramah lingkungan satu ini adalah suara mobil yang tidak bising. Biasanya, kebanyakan mobil konvensional memiliki suara yang berisik saat dinyalakan.

Mobil konvensional, terutama menggunakan mesin diesel akan mengeluarkan suara bising dan emisi yang cukup banyak. Karena itu, kehadiran mobil listrik sedikit demi sedikit mulai menggeser penggunaan mobil konvensional.

Mobil listrik diketahui memiliki suara lembut dikarenakan mesin dan bahan bakar yang digunakan lebih senyap. Dengan begitu, penggunanya akan merasa nyaman saat mengemudikan mobil listrik di jalanan.

2.
Perawatan yang mudah dan simpel

kendaraan yang paling ramah lingkungan
Source: Pexels.com

Manfaat lain dari mobil listrik adalah perawatannya yang lebih simpel jika dibandingkan dengan mobil berbahan bakar konvensional. Hal ini dikarenakan mobil listrik tidak memiliki sistem pembuangan, nih.

Selain itu, kamu juga tidak perlu melakukan perawatan khusus, seperti mengganti oli jika memiliki mobil listrik. Cukup lakukan pengecekan secara rutin dan berkala pada komponen-komponen di dalamnya, maka mobil listrik sudar terawat.

4.
Akselerasi mobil lebih cepat

mobil listrik
Source: Pexels.com

Selain unggul dari segi perawatan dan bahan bakar, mobil listrik juga memiliki akselerasi yang cukup mumpuni, nih. Sebab, mobil bertenaga listrik bisa mengirimkan torsi dalam jangka waktu lebih cepat dibandingkan mobil konvensional lain.

Bahkan, beberapa perusahaan mendesain mobil listrik dengan akselerasi sekitar 3 detik untuk kecepatan hingga mencapai 100 km/jam. Dengan keunggulan ini, mobil listrik sangat nyaman digunakan berkendara, baik perjalanan dekat maupun jauh.

Baca Juga :   Ciri Khusus Tumbuhan Yang Hidup Di Gurun Adalah

5.
Hanya perlu mengisi baterai

kendaraan kendaraan berikut yang paling ramah lingkungan adalah
Source: Solar Qoutes

Selanjutnya, dari penggunaan mobil listrik ini kamu akan merasakan manfaat, berupa kemudahan dalam segi bahan bakar. Dengan memiliki mobil listrik, kamu nggak perlu lagi mengantre di pom bensin untuk membeli bahan bakar, nih.

Energi dari mobil listrik cukup rendah sehingga lama pengisian baterai hanya beberapa menit saja. Biasanya, mobil listrik bisa melakukan perjalanan hingga 80 yang tentu sangat hemat biaya dan efisien.

6.
Harganya tidak menguras kantong

kendaraan yang paling ramah lingkungan
Source: Pexels.com

Banyak orang yang mendambakan memiliki mobil keluarga murah serta ramah lingkungan. Jika ingin impian ini terwujud, maka kamu bisa memilih untuk membeli mobil listrik.

Mobil dengan penggerak listrik umumnya memiliki biaya pemakaian yang jauh lebih murah dibandingkan dengan mobil BBM. Mesin yang digunakan pada mobil listrik jauh lebih efisien dan praktis.

Untuk itu, para pemilik kendaraan bertenaga listrik nggak perlu mengeluarkan biaya terlalu besar. Dengan membeli mobil listrik, maka kamu juga bisa menginvestasikan kendaraan ramah lingkungan di masa mendatang.


Itulah berbagai kendaraan yang paling ramah lingkungan dengan tenaga listrik. Apapun moda transportasinya, jika menggunakan tenaga listrik maka dapat dipastikan ramah lingkungan. Jadi, kamu mau coba yang mana, nih?

Sudahkah kamu mengendarai kendaraan ramah lingkungan? Yuk coba share pengalamanmu di kolom komentar, ya.

Cari kost yang nyaman, aman, dan rasanya #SenyamanDiRumah? Coba yuk cek di kost coliving Rukita! Rukita punya sederat kost coliving yang tersebar di berbagai lokasi strategis diJabodetabek, Bandung, dan Surabaya.

Jangan lupa unduhaplikasi Rukita via
 Google Play Store
 atau
 App Store, bisa juga langsung hubungiNikita (customer service Rukita) di +62 811-1546-477, atau kunjungi
www.Rukita.co
.

Follow juga akun InstagramRukita di
 @Rukita_Indo
 dan Twitter di
 @Rukita_Id untuk berbagai info terkini serta promo menarik!






CategoriesTak Berkategori

Kendaraan Berikut Yang Paling Ramah Lingkungan Adalah

Source: https://www.rukita.co/stories/kendaraan-yang-paling-ramah-lingkungan/