Cara Membuat Kerajinan Dari Limbah Kertas

By | October 14, 2022

Cara Membuat Kerajinan Dari Limbah Kertas

Kerajinan tangan bahan kertas dapat menjadi salah satu kegiatan yang bisa Kamu lakukan untuk membangun daya kreatif. Benda hasil kerajinan dapat dikatakan memiliki nilai seni karena dibuat dengan menggunakan kreativitas. Salah satu kerajinan yang sedang digandrungi oleh banyak orang saat ini adalah kerajinan tangan bahan kertas.

Walaupun hanya berawal dari sebuah kertas, tetapi apabila sebuah kertas berada di tangan seorang yang memiliki kreativitas tingkat tinggi, maka tidak dapat dipungkiri akan menghasilkan suatu karya yang luar biasa. Oleh karena itu, banyak pengrajin dari kertas berhasil mendapatkan keuntungan yang sangat tinggi dari hasil penjualan kerajinannya, tak jarang juga hingga harus membuat pre-order.

Nah, artikel ini cocok banget buat Kamu yang ingin memaksimalkan waktunya di rumah agar tetap produktif. Membuat kerajinan tangan bahan kertas ini akan sangat tepat untuk Kamu juga yang ingin memanfaatkan waktu sekaligus mengembangkan daya kreativitas.

Contoh Dan Inspirasi Untuk Membuat Kerajinan Tangan Bahan Kertas

Sebelum membuat kerajinan tangan bahan kertas, Kamu terlebih dahulu harus memahami karakteristik dari setiap kertas yang ada di rumah. Pada dasarnya, setiap kertas memiliki karakteristiknya masing-masing, ciri khas itu menjadi penting karena akan menjadi penentu sebuah kertas dapat dibuat menjadi kerajinan tangan.

Namun, artikel ini akan memberikan contoh dan inspirasi untuk kertas yang paling sering digunakan, yakni kertas HVS atau copy paper. Kertas jenis ini memiliki tekstur yang sangat tipis dan memiliki permukaan yang sangat halus sehingga sangat cocok dibuat kerajinan tangan bahan kertas.

Dengan membuat kerajinan tangan dari kertas yang tidak terpakai di rumahmu, maka Kamu telah ikut berkontribusi dalam usaha mengurangi kerusakan lingkungan akibat penggunaan kertas yang berlebihan. Selain itu, seperti yang sudah disampaikan di atas, membuat kerajinan tangan bahan kertas baik untuk mengisi waktu luangmu menjadi lebih produktif.

Nah, berikut ini adalah contoh dan inspirasi kerajinan tangan bahan kertas yang bisa Kamu buat dirumah.

1. Pigura Kertas

Kerajinan tangan bahan kertas pertama yang bisa kamu pelajari adalah membuat pigura dari kertas. Dalam membuat pigura dengan bahan dasar kertas menjadi, sebaiknya Kamu menggunakan bahan dasar kertas yang tebal atau malah lebih bagus memakai kertas yang sudah dirangkap.

Pada kerajinan tangan pigura kertas, bagian kertas yang dirangkap memiliki fungsi sebagai permukaan belakang yang rata. Hal tersebut akan lebih memudahkan Kamu dalam memoles bagian depan dengan menempelkan berbagai gulungan kertas kecil.

Selanjutnya, Kamu bisa menyesuaikan ukuran permukaan belakang dan gulungan kertas kecil dengan ukuran pigura yang ingin dibuat. Silakan gunakan berbagai kertas bekas tebal yang ada di rumahmu, misalnya seperti kertas dari majalah bekas. Selain itu, Kamu juga dapat meningkatkan kesan menarik pada pigura yang akan dibuat dengan menambahkan aksen kertas berwarna.

Setelah menemukan kertas bekas tebal yang akan menjadi bahan dasar pigura, Kamu dapat menyiapkan kardus bekas, pisau, lem, gunting, dan yang akan menjadi poin utama yakni foto yang ingin dipajang. Selanjutnya, Kamu dapat memulai dengan memotong 2 lembar kardus yang memiliki ukuran 5 cm lebih lebar dari foto yang akan dipajang. Kemudian, silakan potong satu kardus di bagian tengah yang akan digunakan sebagai muka foto. Potong kardus sesuai dengan ukuran.

Langkah akhir, tempelkan foto yang ingin Kamu pajang di antara dua kardus tersebut. Buatlah penyangga bingkai foto dengan kardus bekas yang sudah disiapkan. Potonglah kertas dari majalah bekas dengan ukuran panjang yang bervariasi. Gulung kertas bekas majalah menjadi kecil-kecil, dan tempelkan pada permukaan figuran dengan lem. Terakhir, silakan tata gulungan kertas kecil pada bagian tepi pigura sesuai dengan kreativitasmu.

Baca Juga :   Hbd Wish You All the Best Artinya

kerajinan kertas dekoratif

2. Vas Bunga

Contoh kerajinan tangan bahan kertas bekas yang kedua yaitu vas bunga. Pembuatan vas bunga sebetulnya tidaklah sulit, Kamu dapat memanfaatkan kertas bekas yang di rumah sebagai bahan dasar untuk membuatnya. Kamu bisa memulai memilah barang bekas yang bisa dijadikan bahan dasar untuk vas bunga seperti kertas bekas baik dari koran maupun dari majalah, botol plastik bekas, tali, kertas hias, lem kertas, gunting, cutter, dan lem tembak.

Untuk memulai pembuatan kerajinan tangan vas bunga, Kamu bisa memulai dengan memotong bagian tengah pada sebuah botol dengan cutter atau gunting. Selanjutnya, Kamu dapat melinting kertas bekas dari koran maupun majalah sesuai jumlah yang akan digunakan. Kemudian, oleskan lem pada sisi luar botol bekas.

Pada saat Kamu mengoleskan lem pada sisi luar botol yang sudah dipotong, botol akan menjadi mengkerut. Nah, setelah botol sudah tidak mengkerut lagi, kamu bisa menempelkan kertas hasil lintingan koran atau majalah tadi pada sisi luar botol tadi.

Apabila setengah bagian dari sebuah botol yang sudah Kamu tempelkan kertas lintingan tersebut, Kamu dapat memotong kertas yang tertempel pada botol sesuai dengan bentuk dari panjang botol. Selanjutnya, silakan tempelkan kembali kertas lintingan hingga memiliki bentuk seperti vas bunga yang Kamu inginkan. Langkah terakhir, jangan lupa untuk mengoleskan lem pada bagian luar botol dan sematkanlah sebuah tali untuk semakin mempercantik kerajinan tanganmu.

3. Perahu Layar Pinisi

Kerajinan tangan bahan kertas selanjutnya yang bisa Kamu buat adalah perahu layar pinisi. Walaupun terlihat sangat rumit, pada dasarnya pembuatan perahu layar pinisi dari kertas ini sama seperti kerajinan tangan sebelumnya. Bahan yang perlu Kamu gunakan yakni kertas bekas, gunting, penggaris, pensil, lem kertas hingga pensil.

Langkah pertama yang bisa Kamu lakukan untuk membuat perahu layar pinisi adalah dengan membentuk tiang yang panjang dengan memanfaatkan pensil bekas yang ada di rumah. Panjang pensil yang bisa Kamu gunakan memiliki ukuran sekitar 15 cm. Hal yang sama bisa juga Kamu terapkan hingga ada empat tiang. Kemudian, rekatkan semua ujung tiang pada satu dan tekuk di bagian tengah.

Langkah selanjutnya, Kamu dapat memotong kertas kecil-kecil agar bagian bawah dapat terisi. Sementara pada bagian atas dapat Kamu isi dengan potongan kertas kecil dalam bentuk horizontal. Apabila bagian bawah kerangka kapal sudah terisi, selanjutnya kamu dapat melanjutkan untuk mengisi kertas kecil pada sisi bagian kiri dengan langkah yang sama dan isilah bagian ujung dengan potongan kertas secara horizontal. Langkah tersebut Kamu dapat gunakan untuk membentuk sisi bagian kanan.

Setelah kerangka kapal sudah terbentuk dengan benar, Kamu dapat mengisi bagian tengah dengan tiang kapal dan bagian atas dapat diisi dengan potongan kertas kecil-kecil. Setelah itu, untuk mendapatkan keseimbangan pada sebuah kapal, Kamu dapat membuat lagi empat tiang dan tempelkan hingga membentuk persegi panjang. Lipat bagian ujung yang panjang.

Langkah terakhir, Kamu hanya perlu menempelkan tiang tersebut ke badan kapal. Demi membuat layar, Kamu dapat memotong kembali kertas hingga membentuk segitiga siku-siku dan rekatkanlah pada tiang. Potonglah kembali satu tiang dengan ukuran panjang yang sama dengan alas segitiga siku-siku yang tadi dan tempelkan ke bawah layar. Kerajinan tangan perahu layar pinisi sudah siap dipajang.

4. Bunga Kertas

Contoh kerajinan tangan bahan kertas bekas yang keempat adalah bunga kertas. Bunga kertas bisa menjadi solusi bagi Kamu yang ingin memberikan suatu kado untuk temanmu. Membuat kerajinan tangan berupa bunga kertas juga menjadi solusi buat Kamu yang ingin meningkatkan kreativitas sekaligus membantu mengurangi penggunaan kertas secara besar-besaran.

Hal yang perlu Kamu persiapkan sebelum membuat kerajinan bunga kertas yaitu kertas bekas yang berwarna, cotton bud yang paling besar, dan tentu saja lem dan gunting. Untuk penggunaan kertas bekas berwarna, Kamu sangat disarankan untuk menggunakan jenis kertas krep saja, agar hasilnya lebih tahan lama.

Baca Juga :   Gambar Alat Musik Beserta Asal Daerahnya

Langkah pertama yang dapat Kamu lakukan untuk membuat bunga mawar yakni membuat kelopak bunga dari kertas terlebih dahulu. Kamu perlu membuat kelopak sebanyak 8 buah ukuran kecil dan 8 buah yang berukuran besar. Selanjutnya, kamu dapat memotong bagian bawah kelopak besar, kemudian buatlah lengkungan kecil pada bagian atas kelopak agar bunga kertas dapat terlihat layaknya bunga seperti di dunia nyata.

Langkah berikutnya, Kamu dapat mengoleskan lem pada kelopak sebelum ditempel pada tangkai. Terakhir, tata bagian kelopak kecil dan dilanjutkan dengan menata kelopak besar. Kerapian dan kreativitas yang Kamu miliki akan diuji pada tahap ini, semakin bagus Kamu menyusun kelopak bunga, maka akan semakin cantik bunga yang Kamu buat.

5. Hiasan Kupu-Kupu

Contoh dan inspirasi kerajinan tangan bahan kertas yang dapat Kamu buat di rumah adalah hiasan kupu-kupu. Hiasan kupu-kupu yang bagus dapat digunakan sebagai pemanis di setiap tempat, seperti buku catatan, bungkus kado, bingkai, dan lain sebagainya. Di beberapa tempat, hiasan kupu-kupu juga ditempelkan di langit- langit rumah yang digunakan sebagai penghias ruangan.

Sebelum membuat kerajinan tangan hiasan kupu-kupu, Kamu perlu mempersiapkan kertas origami dan pita dengan berbagai macam warna, serta pensil dan penggaris. Selanjutnya, kamu hanya perlu membuat pola kupu-kupu pada kertas origami dengan menggunakan pensil dan penggaris sebanyak yang ingin Kamu buat.

Langkah selanjutnya, Kamu dapat menekuk kertas origami ke depan dan belakang. Kemudian, ikatkan bagian tengah kertas origami dengan sebuah tali yang kuat dan tahan lama. Akhirnya, Kamu telah berhasil membuat kerajinan tangan berbentuk kupu-kupu.

Hiasan kupu-kupu akan semakin tampak indah apabila Kamu menggantungkannya cara menyatukan beberapa kupu-kupu pada seutas tali sehingga terbentuk satu rangkaian. Supaya semakin menambah keelokan, Kamu dapat menggantungkannya pada tempat yang sering diterpa angin seperti dinding atau atap. Hiasan kupu-kupu tidak hanya sekedar hiasan apabila diterpa oleh angin, kupu-kupu seakan-akan terbang di dalam ruanganmu.

kerajinan kertas

kerajinan kertas

6. Burung Kertas

Contoh dan inspirasi kerajinan tangan bahan kertas selanjutnya yakni burung kertas. Burung kertas dapat mempercantik ruangan rumahmu apabila digantung dan dibuat dalam jumlah yang cukup banyak. Kerajinan tangan burung dari kertas ini mampu menambah suasana nyaman dan tenang rumahmu setiap saat. Oleh karena itu, dalam membuat burung kertas, sebaiknya Kamu menggunakan kertas origami yang berwarna-warni.

Langka pertama yang dapat Kamu lakukan adalah melipat kertas origami menjadi bentuk segitiga, dengan menaruh bagian yang berwarna ada di dalam lipatan. Ambil satu bagian pada kertas origami, tekuk ke tengah, kemudian lipatlah bagian atas ke belakang. Tekuk secara terbalik bagian luar origami dan tekuk lagi bagian bawah ke depan dan belakang.

Nah, setelah membentuk bagian tubuh dari sebuah burung, selanjutnya adalah bagian detail. Kamu dapat melipat sesuai pola burung, sementara untuk membuat kepala berbentuk burung, Kamu dapat membentuk kertas dengan melipat ke dalam. Terakhir, tekuklah bagian sisi kiri ke dalam dan tekuk lagi ekor ke luar. Jadilah burung camar yang siap dipajang!

7. Paper Craft

Contoh kerajinan tangan bahan kertas yang dapat menginspirasimu selanjutnya yaitu paper craft. Paper craft saat menjadi salah satu kerajinan yang sedang banyak digandrungi di Indonesia, sampai ada komunitas khusus bagi para pengrajin paper craft.

Paper craft sendiri adalah sebutan untuk seni memotong, melipat, hingga menyambungkan sebuah kertas sehingga dapat membentuk suatu objek yang diinginkan. Beberapa objek yang sering dibuat yaitu seperti mobil, rumah, binatang, dan lain sebagainya. Walaupun hampir mirip seperti kerajinan tangan dari origami, namun paper craft memiliki keunggulan lebih mirip dengan objek aslinya.

Dalam membuat paper craft, hal yang harus Kamu perhatikan dan persiapkan sebelumnya adalah membuat pola dari objek yang ingin dibuat. Pembuatan pola dari objek ini menjadi sangat penting, karena akan menentukan keberhasilan dari sebuah paper craft.

Baca Juga :   Bagaimana Adegan Gerakan Pada Tari Kecak

Misalnya saja, apabila Kamu ingin membuat paper craft yang berbentuk seperti tokoh dalam serial Marvel Studio, maka hal yang harus kamu lakukan adalah mengunduh pola melalui situs web khusus terkait kumpulan pola bernama Papertoys. Dalam situs web, Kamu akan mendapatkan pola yang bisa Kamu buat menggunakan kertas bekas menjadi sebuah kerajinan tangan dengan harga yang mahal.

Nah, sebelum mengeksekusi pola, siapkan terlebih dahulu kertas, printer, dan tentunya gunting dan lem. Buatlah sebuah pola yang Kamu inginkan dan gunting serta dan rekatkan sesuai pola. Lakukan dengan sabar dan teliti agar hasil paper craft memiliki nilai yang tinggi.

8. Paper Bag

Contoh dan inspirasi kerajinan tangan bahan kertas terakhir adalah paper bag atau tas jinjing. Jenis kerajinan tangan ini pasti sudah sering Kamu temui, tas yang berbahan dasar kertas ini hampir selalu digunakan oleh semua orang untuk mengefektifkan kegiatan kesehariannya. Namun, tas ini hanya mampu membawa barang yang ringan dan tidak banyak.

Di zaman sekarang, paper bag banyak digunakan sebagai tempat hadiah.
Sehingga, hadiah yang akan diberikan tidak perlu dibungkus menggunakan kertas kado, kamu hanya cukup memasukkannya ke dalam paper bag saja. Selain itu, ada banyak macam model paper bag yang dapat kamu temukan di toko alat tulis dan juga pasar swalayan. Tapi perlu kamu ketahui bahwa kamu juga bisa membuatnya sendiri loh

Kamu hanya perlu menyiapkan kertas kado dengan motif yang kamu suka, gunting, karton, double tape, pita, dan bahan pendukung lain. Apabila semuanya sudah siap, Kamu dapat menggunting kertas kado sesuai dengan keinginanmu. Namun, yang juga perlu Kamu pastikan adalah untuk melebihkan ukuran panjang dan tinggi menjadi 2 kali dari ukuran semestinya.

Langkah selanjutnya, silakan tempelkan perekat double tape pada setiap sisi samping, mulai dari atas hingga ke bawah. Rekatkan setiap ujung kertas yang berlawanan pada bagian yang sudah ditempeli double tape. Kemudian, Kamu dapat memindahkan bagian sambungan ke samping dan membuat sambungan antar kertas tertutup. Selanjutnya, tekuk bagian sisi bawah kertas dan tekuk juga kedua ujung yang terlipat agar membentuk segitiga. Ditambah juga untuk menekuk sisi atas dan bawah hingga lebih dari setengah yang telah terlipat.

Langkah berikutnya, Kamu dapat merekatkan bagian atas dan bawah yang sudah terlipat, dengan catatan tidak ada tertempel pada bagian dalam kertas. Kamu hanya perlu menyambungkan bagian yang terlipat saja. Nah, tekuklah sisi atas dan guntinglah setiap ujung yang telah terlipat sesuai panjangnya.

Selanjutnya, potonglah karton sesuai ukuran yang sudah dilipat. Sediakan lagi 2 kertas karton dengan ukuran yang sama. Kemudian, Kamu bisa menyatukan karton pada sisi dalam tekukan dan rekatkan lagi ke dalam lipatan. Penggunaan karton pada tahap ini memiliki fungsi untuk menguatkan sisi atas yang kelak dapat dilipat.

Setelah itu, Kamu dapat membuat empat lubang dengan pembolong kertas, lakukan dengan teliti agar empat lubang memiliki jarak yang sejajar dan sama. Langkah terakhir, masukkan tali ke dalam sebuah lubang dan ikatlah tali pada lubang yang lain juga. So, paper bag siap Kamu pakai setiap saat!

kerajinan bambu

kerajinan bambu

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Kerajinan Tangan Bahan Kertas

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.”

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Cara Membuat Kerajinan Dari Limbah Kertas

Source: https://www.gramedia.com/best-seller/kerajinan-tangan-bahan-kertas/