Jelaskan Tentang Baju Adat Laki-laki Dewasa Di Yogyakarta

By | October 14, 2022

Jelaskan Tentang Baju Adat Laki-laki Dewasa Di Yogyakarta

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Rabu, 24 Februari 2022 | 17:10 WIB

SuaraJogja.id –
Masyarakat Jawa, khususnya Yogyakarta, umumnya dikenal memiliki karakter yang lemah lembut dan menjunjung tinggi sopan santun.

Tak hanya itu, budaya Jawa juga masih melekat erat di kalangan mereka, salah satunya terlihat dari pakaian adat Yogyakarta, yang sampai saat ini masih sangat mudah ditemui dikenakan warga Jogja.

Kebaya dan surjan merupakan contoh pakaian adat Yogyakarta yang paling banyak diketahui publik. Selain itu, kain jarit juga kerap dikenakan untuk berbagai keperluan.

Bukan itu saja, Keraton Yogyakarta, yang juga masih aktif hingga sekarang, berperan besar pula terhadap lestarinya pakaian adat Yogyakarta.

Baca Juga:
Bisa Jadi Oleh-Oleh, 5 Makanan Khas Jogja Ini Sering Diserbu Wisatawan

Hal itu bisa dilihat dari tak jarangnya abdi dalem yang berseliweran di Jogja dengan tetap menggunakan busana adat mereka. Berikut SuaraJogja.id merangkum lima pakaian adat Yogyakarta yang paling populer:

1. Surjan

Surjan merupakan atasan untuk pria. Pakaian berkerah tegak adan berlengan panjang ini membuat pria tampak gagah dan berwibawa.

Satu dari dua macam surjan yang paling dikenal khalayak umum adalah surjan lurik, yang memiliki motif lurik, atau garis-garis.

Sementara itu, jenis surjan lainnya adalah surjan ontrokusuma, dengan motif bunga alias kusuma. Biasanya surjan ontrokusuma dipakai para bangsawan.

Baca Juga:
Idaman Wisatawan, Taman Sari Jogja Menyimpan Sejarah dan Mitos yang Unik

2. Kebaya

Memang bukan Yogyakarta saja yang memiliki kebaya sebagai atasan untuk pakaian adat bagi perempuan.

Namun, perbedaan yang paling mencolok pada kebaya Yogyakarta pita emasnya, yang mengelilingi lengan, leher, hingga bagian bawah badan, yang membuat pemakainya tampak makin anggun.

Aksesori tersebut tak menjadi ciri khas untuk kebaya Solo, yang sering sulit dibedakan dengan Yogyakarta karena lokasinya yang berdekatan dan sama-sama memiliki keraton pecahan Kesultanan Mataram.

3. Jarit

Sama seperti kebaya, jarit atau jarik juga bukan hanya menjadi pakaian khas Yogyakarta, melainkan masayrakat Jawa pada umumnya.

Bedanya, pada bagian wiru jarit Yogyakarta, biasanya memiliki warna putih, atau bagian yang tidak dibatik.

Baca Juga :   Alat Pelurus Jari Tangan

Sementara itu, jarit lainnya tidak menyisakan warna putih pada bagian tepi karena seluruh bagian kain dibatik.

4. Busana abdi dalem estri

Terdapat beragam pakaian untuk abdi dalem estri atau perempuan. Salah satunya yakni semekan atau ubet-ubet, busana harian abdi dalem.

Semekan dikenakan dengan cara dililitkan mengelilingi badan dari bawah ketiak sampai atas pinggul.

Untuk acara tertentu, abdi dalem estri mengenakan janggan hitam sebagai atasan yang menutup semekan. Model janggan hitam seperti surjan, lengkap dengan kancing yang menutup sampai leher.

Tak hanya itu, ada juga tangkeban. Pakaian berupa kebaya model kutubaru ini paling terkenal karena sama seperti yang dikenakan RA Kartini hingga sering dijuluki kebaya “kartinian”. Hanya abdi dalem estri golongan keprajan di tepas dan punya kedudukan Darah Dalem yang boleh mengenakannya.

Sementara untuk bawahannya, abdi dalem estri menggunakan jarit, atau khususnya disebut sebagai sinjang/nyamping/bebed.

5. Busana abdi dalem jaler

Untuk abdi dalem jaler, atau laki-laki, atasan yang dikenakan disebut pranakan, dengan enam kancing di leher depan sesuai 6 rukun iman dan lima kancing di masing-masing ujung lengan, seperti 5 rukun Islam.

Kemudian, penutup kepala abdi dalem jaler adalah udheng/dhestar/blangkon, dengan adanya mondolan sebagai ciri khas udheng Yogyakarta.

Bagian menonjol di belakang bawah udheng ini berfungsi untuk menutup gelung rambut.

Sementara untuk bawahannya, sama seperti estri, abdi dalem jaler juga mengenakan jarit, yang juga dikenal dengan nama sinjang/nyamping/bebed.

Klik Untuk Melihat Jawaban

#Jawaban di bawah ini, bisa saja salah karena si penjawab bisa saja bukan ahli dalam pertanyaan tersebut. Pastikan mencari jawaban dari berbagai sumber terpercaya, sebelum mengklaim jawaban tersebut adalah benar. Selamat Belajar..#

Answered by 9090gabriel on Sun, 12 Jun 2022 01:58:07 +0700 with category IPS and was viewed by 345 other users

Daftar Isi :

Jawaban:

KASIH BRAINLEST YANG ADA DI BAWAH BINTANG  PLISSSSSSSSSS

Penjelasan:

surjan dan jalik

Merupakan pakaian adat Yogyakarta yang dikenakan pria atau laki – laki dewasa. Surjan adalah baju adat dan Jarik adalah kebawahan berupa kain batik.

Penggunaan Blankon (penutup kepala) juga menjadi keharusan pada saat penggunaan pakaian / baju surjan. Selain blankon, lelaki dewasa Yogyakarta juga menggunakan alas kaki berupa sendal / selop.

Baca Juga: Coba Buat gambar ilustrasi berdasarkan cerita yang anda buat!​

en.dhafi.link Merupakan Website Kesimpulan dari forum tanya jawab online dengan pembahasan seputar pendidikan di indonesia secara umum. website ini gratis 100% tidak dipungut biaya sepeserpun untuk para pelajar di seluruh indonesia. saya harap pembelajaran ini dapat bermanfaat bagi para pelajar yang sedang mencari jawaban dari segala soal di sekolah. Terima Kasih Telah Berkunjung, Semoga sehat selalu.

Home > Hiburan > Rupa-rupa

Dari kebaya hingga batik khas Yogyakarta

Tools untuk Si Kecil

Artikel Terkait

Tampilkan lebih banyak

25 Maret 2022 00:32

Pertanyaan

Mau dijawab kurang dari 3 menit? Coba
roboguru plus!

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

10 Januari 2022 10:40

Halo Nabila, kakak bantu jawab ya. Pakaian adat laki laki dewasa di Yogyakarta terdiri dari surjan dan jarik. Surjan adalah baju adat dan jarik adalah bawahan yang berupa kain batik. Selain itu, pakaian adat laki-laki dewasa di Yogyakarta juga dilengkapi dengan blankon sebaga penutup kepala dan sandal atau selop sebagai alas kaki. Semoga membantu ya!

17 September 2022 12:46

aku gak tau


kegiatan yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya disebut apa?​


watak dari tembang khinanthi ​

Baca Juga :   Alat Transportasi Yang Mengedarkan Hormon Dan Enzim


1.Indonesia merupakan negara dengan kekayaan laut yang begitu besar . persentase luas lautan indonesia adalah … 2 poin a.50% b.75% c.85% d.95%2.Bala …

s jasa yang di terima rumah tangga keluarga karena telah mengorbankan tenaga nya untul bekerja di perusahaan adalah …2 poina.Sewab.Upahc.BUngad.Keuntungan3.Menyediakan alternatif alat pemuas kebutuhan *Meningkatkan produktivitas *Memperluas kesempatan kerja Pernyataan di atas merupakan …2 poina.Peran perdagangan onlineb.Manfaat perdagangan antarpulauc.faktor pendorong perdagangand.keuntungan perdagangan4.18. *Skala usaha pada umum nya masih relatif kecil *Modal terbatas *Penggunaan teknologi masih sederhana *Sangat dipengaruhi musim Hal tersebut di atas merupakan …2 poina.Faktor pendukung agrikulturb.Faktor penunjang agrikulturc.Pengaruh Agrikulturd.Hambatan Pengembangan Agrikultur5.Salah satu peranan penting agrikultur indonesia dalam meningkatkan kesejahteraan pelaku ekonomi dan konttibusi nya pada pendapatan nasiomal adalah …2 poina.Aset terhadap kredit ,teknologi dan pasar rendahb.Alih fungsi lahan pertanian menjadi lahan non pertanianc.kurang nya penyediaan benih yang bermutud.Pangsa terhadap pendapatan nasional yang cukup besar​


apa fungsi pola irama? Tuliskan 2 contoh!


Beberapa strategi yang dapat dilakukan pemerintah dalam mengembangkan agrikultur di indonesia , antara lain … 2 poin a.Berusaha dengan tenaga kerja …

keluarga b.Penggunaan teknologi masih sederhana c.Ekofarming , perbaikan irigasi d.Ilegalogging, Ekofarming​


Q. Usaha perkelompok adalah…?Contoh nya..? __ Rules: Pke Penjelasan!!No copas!! (i know klo ad yg copas)No ngasal!!Lengkap >> BA No ngawur!!G …

nerima candaan!!__ nt : selamat mlm 🙂 ​


Petani harus membayar sewa tanah meskipun dia adalah pemilik tanah *harga sewa tanah tergantung pada kondisi tanah *pembayaran sewa tanah di lakukan d …

engan uang tunai *bagi yang tidak memiliki tanah di kenakan pajak kepala . Hal tersebut di atas merupakan kebijakan yang terkenal di masa pemerintahan … 2 poin a.Herman William Daendels b.Cornelis de Houtman c.Thomas Stamford Raffles d.Antonio van Diemon​


Apa perbedaan energi yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui ​


Jelaskan 3 perbedaan mendasar upacara perindukan penggalang dan siaga


tolong yaaaaaa nanti dapat poin 5 deh​

Jelaskan Tentang Baju Adat Laki-laki Dewasa Di Yogyakarta

Source: https://kafesentul.com/jelaskan-tentang-baju-adat-laki-laki-dewasa-di-yogyakarta