Cara Membuat Kerajinan Dari Logam Beserta Gambarnya

By | October 14, 2022

Cara Membuat Kerajinan Dari Logam Beserta Gambarnya

Jika memiliki banyak barang bekas yang menumpuk di rumah, jangan dibuang dulu, ya! Terutama jika barang bekas tersebut adalah kardus. Dengan kemampuan dan kreativitas, kita bisa membuat kerajinan dari kardus yang bisa bermanfaat. Contohnya adalah celengan, bingkai, bahkan alat untuk melipat baju.

Selain meningkatkan kreativitas, membuat berbagai kerajinan juga bisa mengurangi limbah, lho! Contoh barang bekas yang bisa di daur ulang lainnya dengan berbagai kreativitas adalah kaleng, sedotan, dan botol bekas. Kali ini, kita akan membahas berbagai kerajinan dari kardus yang bernilai estetika tinggi dan mudah dibuat. Untuk itu, yuk, simak pembahasan berikut ini!

BACA JUGA: 16 Kerajinan Kain Flanel yang Unik dan Cara Membuatnya

1. Kerajinan alat tulis

Portal Probolinggo

Cara membuat kerajinan dari kardus beserta gambarnya yang pertama adalah alat tulis. Alat tulis sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari supaya pulpen dan alat tulis yang lainnya tidak berantakan. Meskipun Sedulur bisa dengan mudah membelinya di toko alat tulis baik
online
maupun
offline
dengan beragam harga yang berbeda, namun akan lebih bagus jika bisa membuatnya sendiri.

Baca Juga :   Apakah Air Laut Bisa Menghilangkan Jerawat

Kreativitas akan semakin meningkat jika mampu membuatnya sendiri. Nantinya, barang yang sudah Sedulur buat bisa bermanfaat untuk dijadikan sebagai tempat alat tulis. Sedulur hanya membutuhkan beberapa peralatan dan bahan seperti kardus sepatu, beberapa isian gulungan tisu bekas, kertas kado, gunting, lem tembak, dan isolasi kertas.

Cara membuatnya sangat mudah yaitu dengan membersihkan terlebih dahulu kardus sepatu dari debu-debu yang menempel. Bagian yang digunakan untuk membuat alat tulis hanyalah badannya saja. Kemudian, semua bagian badan dilapisi dengan menggunakan kertas kado. Berikutnya, rekatkan menggunakan isolasi kertas.

Siapkan berbagai isian gulungan tisu yang memiliki bentuk tabung. Nantinya, gulungan ini digunakan sebagai sekat antara alat tulis yang satu dengan lainnya. Rekatkan dengan posisi berdiri pada bagian dalamnya. Gunakan lem tembak supaya lebih erat merekat. Terakhir, susun semua koleksi alat tulis Sedulur dan siap untuk menghiasi meja belajar.

2. Tempat tisu

Pinterest

Selain alat tulis, Sedulur juga bisa membuat tempat tisu yang sekaligus menjadi hiasan rumah yang
antimainstream, lho. Kerajinan dari kardus yang satu ini terbuat dari bahan yang tebal sehingga kesannya menjadi lebih indah sekaligus awet.

Memang, kebanyakan orang masih jarang untuk menggunakannya. Jadi, bagi Sedulur yang memiliki daya kreativitas serta inovasi yang tinggi, bisa banget memanfaatkan waktu luang untuk membuat tempat tisu ini. Alat dan bahannya mudah untuk ditemukan, yaitu kardus bekas, kertas kado, gunting, cat air yang warnanya sesuai dengan selera, lem, gunting, penggaris, dan tisu ukuran sedang.

Langkah untuk membuatnya adalah ukur panjang sesuai dengan tisu yang akan digunakan untuk memasukkan ke dalam kotak. Lalu, buat pola kotak tisu dengan dengan gunting atau
cutter. Utamakan memotong lubang bagian atas supaya mudah digunakan untuk mengambil tisu. Berikan lem setiap sisinya dan satukan hingga membuat kotak tisu yang sempurna. Jangan lupa untuk menghias kotak menggunakan kertas kado agar lebih cantik dan menarik.

3. Studio foto mini

Halosis

Kerajinan dari limbah kardus selanjutnya adalah studio foto mini. Jika mempunyai hobi fotografi atau sedang memiliki sebuah proyek jualan dimana membutuhkan sebuah studio, maka yang satu ini merupakan solusi yang cemerlang. Sebuah studio foto mini bisa digunakan untuk memperkecil pengeluaran untuk melakukan sesi foto di sebuah studio. Terutama, jika Sedulur sedang mengembangkan bisnis kecil dan baru saja rilis.

Untuk pembuatannya, cara yang dilakukan terbilang cukup mudah. Sedulur cukup menyediakan sebuah kardus bekas lalu dilubangi di bagian sampingnya hingga berbentuk persegi. Kemudian, tempel dengan menggunakan kertas yang berfungsi sebagai peredam cahaya lampu yang akan diletakkan di sampingnya sebagai penerangan. Studio foto mini pun sudah jadi dan bisa digunakan untuk sesi foto produk seperti mie instan, perawatan rambut, dan perawatan tubuh.

BACA JUGA: 16 Kerajinan dari Tempurung Kelapa yang Kreatif Mudah Dibuat

4. Bunga dari kardus

Pinhome

Kerajinan dari kardus berbentuk bunga juga bisa menjadi inspirasi bagi ibu-ibu rumah tangga untuk mengisi waktu luang di rumah. Hasilnya nanti bisa digunakan sebagai pajangan rumah supaya membuat tampilannya menjadi lebih menarik dan indah. Membuat bunga dari kardus pun juga tidak terlalu sulit untuk dipraktikkan.

Hal terpenting yang dibutuhkan adalah kreativitas dan kesabaran, supaya hasil bunga yang dibuat menjadi menarik dan cantik. Sedulur bisa menentukan warna dan bentuk bunga sesuai yang diinginkan dan yang diinginkan. Bentuk dari bunga pun tidak harus selalu mirip dengan aslinya. Bentuk bunga bisa dibuat berbeda dengan berbagai kombinasi warna yang menarik.

5. Kerajinan boneka Danbo

WeXpats

Siapa sih, yang tidak tahu boneka yang pernah viral ini? Boneka Danbo sangat populer di kalangan anak muda, dan biasanya digunakan untuk menghias atau sebuah model foto untuk berbagai kata bijak mengenai asmara dan kehidupan.

Boneka ini memiliki sebuah ciri khas, yaitu berbentuk kotak di seluruh bagian badannya. Pembuatan boneka Danbo ini ada berbagai cara dan bahan, diantaranya menggunakan kayu yang bisa dipotong kotak atau bisa menggunakan kardus dan kertas karton yang dibentuk kotak.

Kerajinan dari kardus yang satu ini merupakan salah satu kesenian yang banyak diminati banyak orang. Hal ini dikarenakan cara dan bahan untuk membuatnya mudah ditemukan. Selain itu, membuat kreativitas yang satu ini juga bisa dijadikan contoh peluang usaha yang bagus.

6. Kerajinan lampu

Inacraft News

Kebanyakan lampu gantung terbuat dari sesuatu bahan yang berat seperti kuningan, besi, atau yang lainnya. Ternyata, di masa sekarang sudah tersedia sebuah pilihan lampu gantung hasil dari kerajinan tangan kardus yang cantik dan menawan.

Walaupun desain dari lampu gantung tersebut tidak semewah dengan lampu lainnya yang terbuat dari besi maupun logam, namun menggunakan lampu gantung dari barang bekas memiliki nilai estetika tersendiri.

BACA JUGA: 10 Kerajinan dari Bambu yang Kreatif dan Mudah Dibuat

7. Rumah kucing

YouTube

Ragam kerajinan dari kardus bekas selanjutnya adalah rumah kucing. Apalagi jika Sedulur merupakan pecinta kucing dan memiliki hewan lucu ini di rumah. Biasanya, rumah kucing terbuat dari kayu atau bahan lainnya.

Membuat sebuah rumah kucing dari bahan bekas sebenarnya sangat mudah dan murah. Hanya tinggal bagaimana Sedulur bisa mengkreasikan dan membuat desainnya dengan bagus. Cara yang bisa dilakukan adalah membuat konsepnya, mulai dari tinggi rumah yang diinginkan dan mengukur lebarnya. Berikutnya, mulailah dengan membuat sebuah susunan yang terbuat dari kardus yang telah dilubangi di dalamnya atau sudah dibentuk sesuai dengan keinginan.

Terakhir, tempelkan yang sudah disusun dengan menggunakan lem. Sebuah rumah kucing yang lucu pun sudah siap digunakan. Tak perlu mahal-mahal membelinya karena hanya memanfaatkan kreativitas dan keuletan saja.

8. Figura foto

Deli Serdang Mail

Kerajinan dari kardus bekas selanjutnya adalah sebuah figura yang unik dan cantik. Figura ini bisa digunakan sebagai wadah untuk memasang foto. Dengan membentuknya sedemikian rupa, Sedulur sudah mempunyai Figura yang elegan dan berbeda dari lainnya.

Cukup menyiapkan gunting,
cutter, pensil, penggaris, lem, kertas putih atau hitam, hiasan, dan yang paling utama adalah kardus bekas yang kuat dan tebal. Cara untuk membuatnya yang pertama adalah menyiapkan bahan yang diperlukan, lalu memotong bahan utamanya menjadi sebuah kotak. Biasanya, ukuran bingkai foto adalah 4×6 cm atau 5×7 cm. Bisa juga disesuaikan dengan ukuran foto.

Potong bagian tengah bahan utama dan buat garis seperti
double frame
supaya bingkai foto terlihat semakin cantik. Jika masih kurang bagus dan ramai, Sedulur bisa memakaikan apa saja untuk menghias bingkai yang telah dibuat. Bisa juga menggunakan cat air atau sejenisnya. Jangan lupa untuk membuat bagian belakang bingkainya dengan memberikan lem pada setiap sudut. Rekatkan bingkai luar menggunakan selotip atau lem. Terakhir, buat penyangga bingkai dengan menggunakan bahan utamanya. Lalu, hias sesuai dengan keinginan.

9. Topi ulang tahun

YouTube

Bagi Sedulur yang ingin merayakan ulang tahun anak namun hanya memiliki
budget
yang pas-pasan, opsi yang satu ini bisa dicoba. Tidak ada salahnya untuk membuatkan mereka topi ulang tahun yang berbahan dasar kardus untuk menyenangkannya. Nantinya, topi tersebut akan digunakan ketika pesta ulang tahun berlangsung.

Bahan yang digunakan untuk membuat topi ini adalah gunting, kardus, kertas kado, pensil, lem, dan penggaris. Untuk membuatnya, langkah pertamanya adalah dengan membuat desainnya terlebih dahulu di atas bahan utama. Jika sudah membuat pola, maka bahan utama bisa langsung dipotong dengan pola yang telah digambar.

Potongan tersebut akan digabungkan satu sama lain menggunakan lem sampai membentuk topi. Supaya tidak terlihat monoton, gunakan cat atau kertas kado untuk memberikan warna pada topi itu. Tambahkan hiasan lainnya yang bisa membuat topi menjadi lebih menarik. Topi pun siap untuk digunakan.

BACA JUGA: 10 Contoh Kerajinan dari Tanah Liat serta Cara Membuatnya

10. Jam dinding

Pinhome

Kerajinan dari kardus bekas bukan hanya digunakan untuk membuat figura saja untuk menghias ruangan, sebuah limbah bekas ini juga bisa digunakan untuk membuat sebuah karya yang unik dan berbeda dari lainnya, yaitu membuat jam dinding yang lucu dan menarik.

Umumnya, cara yang bisa digunakan untuk membuatnya sama dengan lainnya, yaitu dengan menggambar sebuah pola yang Sedulur inginkan. Buat bentuknya menjadi sangat unik supaya jam dinding terlihat lucu dan menarik. Langkah terakhirnya adalah memotong dan menempelkannya satu sama lain. Jangan lupa untuk memberikan mesin jam untuk menghidupkannya.

11. Topeng

YouTube

Membuat topi ulang tahun dari kerajinan kardus kurang lengkap tanpa kostum topeng. Kreativitas ini tergolong keren dan menarik karena bisa mengurangi limbah. Sedulur bisa menggabungkan topeng unik ini dengan sebuah kostum yang terbuat dari bahan utama yang sama. Misalnya jika ingin membuat sebuah kostum Iron Man, Sedulur juga bisa membuat topengnya supaya lebih serasi dan keren untuk dilihat.

12. Tatakan atau alas laptop

kerajinan dari kardus
Hipwee

Bagi seorang murid sekolah atau mahasiswa, mungkin laptop menjadi salah satu barang yang penting untuk menunjang pendidikan. Umumnya, mereka akan membutuhkan sebuah tatakan laptop supaya tidak asal menaruhnya. Tak hanya itu, tatakan laptop juga memiliki kegunaan untuk menghindari panas yang berlebihan karena sentuhan meja dengan laptop.

Maka dari itu, Sedulur bisa memanfaatkan barang bekas yang berukuran tebal untuk bisa dijadikan tatakan meja seperti pada gambar. Cara untuk membuatnya pun tidak sulit. Cukup gambar pola atau desainnya menggunakan pensil, lalu potong menggunakan gunting. Kemudian, rekatkan menggunakan lem dan tatakan siap untuk digunakan.

BACA JUGA: 7 Kerajinan dari Stik Es Krim yang Unik dan Mudah Dibuat

13. Permainan labirin

kerajinan dari kardus
YouTube

Bermain game sekarang tidak harus menggunakan ponsel atau laptop. Supaya lebih menyenangkan dan seru, cobalah hilangkan ketergantungan dengan menyulap barang bekas menjadi sebuah permainan labirin. Dengan menggunakan bahan bekas, maka bisa membuat sebuah permainan yang menyenangkan sekaligus bisa mengasah otak menjadi lebih pintar.

14.
Marble run

kerajinan dari kardus
YouTube

Selain permainan labirin, kamu juga bisa membuat permainan
marble run
dari kardus secara DIY atau
do it yourself.
Ini merupakan ide yang menarik dan bagus yang bisa digunakan dengan memanfaatkan tutup kotak bekas yang mungkin Sedulur miliki. Sesuaikan rintangannya menjadi sederhana atau rumit sesuai dengan keinginan.

15. Tas dari kardus

kerajinan dari kardus
SatuJam

Yang satu ini adalah kerajinan tangan dari kardus yang cukup unik dan menarik untuk dicoba, yaitu tas yang unik dan keren. Tas ini dapat menjadi salah satu tren fashion baru yang sangat ramah lingkungan karena terbuat dari daur ulang.

Cukup siapkan tali rafia, gunting, lem, plastik transparan, kertas kado, dan jarum kasur untuk membuatnya. Cara membuatnya adalah dengan membuat pola berbentuk persegi panjang, lalu gunting bahan utamanya sebanyak lima sisi. Kemudian, bungkus semua bagian dinding luar barang bekas dengan menggunakan kertas kado.

Jangan lupa untuk merekatkannya dengan menggunakan lem. Kemudian, bungkus lagi dengan menggunakan plastik transparan supaya lebih awet dan tahan air. Jahit semua pinggiran sisi tasnya menggunakan jarum kasur dan tali rafia. Jika kelima sisi kardus sudah terjahit, masing-masing sisi disatukan dengan cara dijahit juga. Berikutnya, beri lubang pegangan dan beri tali.

BACA JUGA: Kerajinan Bahan Keras: Contoh, Jenis & Teknik Pembuatannya

16. Sirkuit Tamiya

kerajinan dari kardus
YouTube

Masih ingat dengan Tamiya?
Yups, Tamiya merupakan salah satu permainan masa kecil yang sangat menyenangkan. Mungkin saja, permainan tersebut masih ada sampai sekarang. Jika Sedulur tahu, tempat balap atau sirkuit Tamiya ini umumnya terbuat dari plastik. Maka, kamu harus melihat barang yang satu ini.

Hal ini karena sirkuit Tamiya ternyata bisa dibuat dari limbah kardus bekas, lho! Hasilnya pun sangat bagus dan menawan. Jadi, jika Sedulur memiliki Tamiya tapi bingung untuk sirkuitnya, mungkin bisa mencoba opsi yang satu ini.

17. Pohon kaktus

kerajinan dari kardus
YouTube

Hiasan rumah yang cantik dan elegan tidak melulu terbuat dari logam atau besi. Bisa juga dengan membuat kerajinan dari kardus berupa pohon kaktus yang menggemaskan. Jika dilihat, akan menambah kesan untuk bagian ruangan tertentu yang akan Sedulur pasangkan pajangan ini.

18. Rak buku

kerajinan dari kardus
YouTube

Kerajinan dari kardus sepatu selanjutnya adalah rak buku. Siapa sih yang belum mengerti rak buku itu? Pada zaman sekarang, rata-rata para pengrajin rak buku menggunakan kayu dan yang lainnya. Masih jarang orang yang menggunakan kardus sebagai rak buku yang keren. Bahan untuk membuatnya pun cukup mudah, yaitu kardus karton tebal, pemotong kertas atau
cutter, penggaris, stiker warna, dan lem karton yang daya rekatnya kuat.

Cara membuatnya adalah dengan menggambar pola sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Mulai dari bagian atas sampai bawah, lalu bagian rak kecilnya. Panjang dan lebar dari bahan utama harus sesuai dan pas, ya. Setelah itu, mulailah untuk memotong barang bekasnya sesuai dengan pola yang telah digambar tadi.

Jika semuanya sudah dipotong, maka mulailah untuk melapisinya dengan menggunakan stiker berwarna atau cat untuk memberikan kesan indah dan cantik pada buku yang akan dibuat.  Sesudah menghiasnya, pertebal pola tadi dengan cara menempelkan beberapa bentuk yang sama menggunakan lem. Hal ini bertujuan supaya tidak mudah patah dan kuat.

Terakhir, rakit pola yang telah dihias tadi sesuai dengan yang diinginkan. Pasang setiap sudut sekatnya dengan menggunakan klip besi dan rapikan. Selesaikan rak dengan merapikan beberapa bagian yang dilihat masih kurang begitu rapi.

BACA JUGA: Plastisin Terbuat dari Tepung, Jadi Kerajinan Unik & Bermanfaat

19. Kamera DSLR dari kardus

kerajinan dari kardus
YouTube

Jika memiliki hobi fotografi, maka pasti sudah tahu sebuah alat yang biasanya digunakan untuk mengabadikan sebuah gambar. Ternyata, kamera ini juga bisa dibuat replikanya oleh tangan orang yang kreatif dengan bermodalkan bahan bekas saja, lho!

Dari mulai bentuknya secara detail dan sekecil apapun sangat mirip dengan aslinya. Ini menunjukkan sebuah kreativitas yang bisa merubah barang yang tidak berguna menjadi barang yang bernilai seni yang tinggi.

20. Kerajinan akuarium dari kotak sereal

kerajinan dari kardus
Portal BPOP

Yang satu ini merupakan kerajinan dari kardus susu atau kotak sereal yang bisa Sedulur gunakan dengan mudah. Replika dari akuarium ini tampak menggemaskan dan menyenangkan untuk dibuat. Apalagi jika dibuat untuk si kecil. Caranya adalah dengan merekatkan tutup kotak dan potong jendela yang ada di depan menggunakan gunting. Kemudian, biarkan si kecil untuk menghias sebanyak apapun yang mereka mau.

21. Kerajinan hewan dari kardus tisu toilet

kerajinan dari kardus
YouTube

Terdapat berbagai bentuk kerajinan dari kardus tisu toilet yang bisa dipilih. Salah satunya adalah kerajinan hewan dari tisu toilet yang sangat disukai oleh anak kecil. Sedulur bisa menggunakan kertas, cat, dan mata mainan untuk membuat detail tambahan setelah membentuknya dengan benar dan cermat. Pasti hasilnya sangat menggemaskan!

BACA JUGA: 12 Kerajinan dari Botol Bekas, Jadi Peluang Usaha & Bisa Cuan!

22. Mobil dari kardus

kerajinan dari kardus
YouTube

Mobil replika merupakan sebuah mainan yang tidak mengeluarkan banyak biaya. Namun, masih tetap memiliki nilai manfaat yang tinggi. Sedulur bisa membuat mobil dari bahan bekas dengan gampang. Caranya hanya dengan membuat pola, memotongnya sesuai pola, serta menempelkannya.

Langkah terakhirnya hanya tinggal memberikan hiasan sesuai keinginan. Sangat mudah serta tidak mengeluarkan banyak biaya, kan? Tak hanya itu, secara tidak langsung memanfaatkan barang bekas yang satu ini bisa digunakan untuk mengurangi gejala pencemaran lingkungan di sekitar kita.

23. Replika motor

kerajinan dari kardus
YouTube

Selain membuat replika mobil, kerajinan dari kardus yang berkaitan lainnya adalah replika motor. Replika transportasi dari motor ini akan sangat indah dan menawan jika Sedulur bisa memperhatikan penampilannya dengan baik. Kreativitas yang satu ini harus membutuhkan sebuah ketelatenan serta tingkat akurasi yang tinggi, karena bentuknya cukup detail. Jika sudah berhasil membuatnya dengan baik, maka replika motor akan menjadi terlihat lebih menarik.

24. Miniatur sepeda

kerajinan dari kardus
Gerakan Balongan Mandiri

Berikutnya adalah kerajinan tangan dari kardus yang tak kalah keren dan menarik, yaitu sebuah miniatur sepeda yang terbuat dari bahan bekas limbah. Miniatur atau replika ini tak kalah menarik dari mobil dan motor. Hal ini dikarenakan pembuatannya sangat detail dan lekuk desainnya sangat menarik. Jadi, tidak salah jika Sedulur ingin mencobanya.

BACA JUGA: 10 Macam Kerajinan Bahan Lunak dan Cara Membuatnya

25. Vas bunga

kerajinan dari kardus
YouTube

Vas bunga merupakan kerajinan dari kardus yang bisa dijual dan bisa menjadi dekorasi rumah yang cantik. Sedulur bisa mengisinya dengan menggunakan bunga palsu supaya penampilan ruangan semakin indah dan menawan. Bahan yang digunakan pun hampir sama, seperti lem,
cutter, dan gunting. Gunting bahan utamanya menjadi bagian kecil yang memanjang dan susun ke atas supaya tampak seperti vas bunga sungguhan.

Itu dia berbagai inspirasi dan cara membuat kerajinan tangan dari kardus yang unik dan bisa Sedulur buat sendiri di rumah. Selain menambah kreativitas, ini juga bisa mempunyai nilai jual yang tinggi. Jadi, jika Sedulur memiliki waktu luang dan kreativitas yang baik, bisa mencoba inspirasi di atas kemudian dijual. Jika hasilnya bagus, maka bisa menambah pemasukan juga, lho. Selamat berkarya!


Mau belanja bulanan nggak pakai ribet?



Aplikasi Super



solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.


Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat



Aplikasi Super


. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.

Cara Membuat Kerajinan Dari Logam Beserta Gambarnya

Source: https://superapp.id/blog/lifestyle/kerajinan-dari-kardus/