Tun Abdul Razak Merupakan Pemrakarsa Asean Perwakilan Dari Negara

By | August 9, 2022

Biang keladi pendiri ASEAN
– ASEAN ialah organisasi kerjasama internasional antar negara-negara yang terletak di wilayah Asia Tenggara. Kini terdapat 10
negara anggota ASEAN, belaka awalnya sahaja ada 5 negara saja yang turut mendirikan ASEAN. Tiap negara pendiri ASEAN diwakili makanya tokoh delegasi dari tiap negara yang menandatanganinya.

ASEAN yaitu singkatan dari Association of Southeast Asian Nations. Organisasi ini merupakan organisasi antar negara-negara Asia Tenggara di bidang ekonomi, strategi, latihan jasmani dan kerjasama dunia semesta lainnya. Purwa kali ASEAN didirikan lewat
Deklarasi Bangkok
nan diadakan pada rontok 8 Agustus 1967.

Penandatanganan Siaran Bangkok dilakukan oleh 5 negara pendiri ASEAN. Lima negara ini yang menjadi anggota awal ASEAN, biar kini anggota ASEAN telah bertambah menjadi 10 negara. Adapun 5 negara pendiri ASEAN tersebut meliputi Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura dan Filipina.

Kelima negara pembangun tersebut mewakilkan biang kerok kafilah misal perwakilan negara yang menandatangani Deklarasi Bangkok. Pelopor-tokoh yang turut menandatangani pesiaran tersebut kemudian dikenal sebagai otak pendiri ASEAN.

5 Tokoh Pembina ASEAN

Berikut ini merupakan penjelasan mengenai profil dan foto tokoh pendiri ASEAN dari tiap negara selengkapnya.

1. Adam Malik (Indonesia)

Pria Malik merupakan biang keladi Indonesia yang dikenal umpama salah satu dari 5 pendiri ASEAN yang berasal Indonesia. Ia lahir di Pematangsiantar, Sumatera Paksina pada tanggal 22 Juli 1917 dan meninggal di kota Bandung, Jawa Barat pada rontok 5 September 1984.

Detik penandatanganan pembentukan ASEAN di musim 1967, Adam Malik menjabat ibarat Menteri Luar Negeri Indonesia dan mengoper Indonesia kerumahtanggaan keadaan Deklarasi Bangkok yang menjadi cikal bakal terbentuknya ASEAN.

Baca Juga :   Contoh Objek Lukisan Beraliran Naturalisme Adalah

2. Tun Abdul Razak (Malaysia)

tokoh pendiri asean tun abdul razak

Tun Abdul Razak lahir di Pekan, Pahang, Malaysia pada rontok 11 Maret 1922 dan meninggal di London, Inggris pada rontok 14 Januari 1976. Ia dikenal sebagai badal Malaysia dalam Siaran Bangkok, menjadikannya salah satu dari 5 tokoh pembina ASEAN.

Abdul Razak pula menjabat bagaikan Mangkubumi Menteri Malaysia sejak musim 1970 sampai ia meninggal di tahun 1976.

3. Thanat Khoman (Thailand)

tokoh pendiri asean thanat khoman

Dalam Deklarasi Bangkok, negara Thailand diwakili oleh Thanat Khoman selaku Menteri Luar Negeri Thailand antara tahun 1959 sebatas 1971. Khoman lahir di Bangkok sreg copot 9 Mei 1914 dan meninggal lega tanggal 3 Maret 2016 lalu di usia yang ke-101 tahun.

Thanat Khoman lagi dikenal sebagai tokoh pemrakarsa ASEAN dari Thailand yang saat itu juga menjadi tuan rumah penandatanganan persetujuan.

4. Narciso Ramos (Filipina)

tokoh pendiri asean narciso ramos

Narciso Ramos yaitu pemrakarsa politik bawah Filipina nan menjadi salah suatu pendiri ASEAN. Engkau lahir di Asingan, Pangasinan, Filipina pada tanggal 11 November 1900 dan meninggal di ii kabupaten Manila, Filipina pada tanggal 3 Februari 1986.

Ramos juga berprofesi laksana jurnalis, pengacara dan aryaduta. Saat Deklarasi Bangkok, Narciso Ramos menggantikan Filipina perumpamaan Menteri Luar Wilayah dan menjadi salah satu pelopor berdirinya ASEAN.

5. S. Rajaratnam (Singapura)

tokoh pendiri asean s rajaratnam

Tokoh pemrakarsa ASEAN berikutnya yaitu S. Rajaratnam mulai sejak Singapura. Nama lengkapnya Sinnathamby Rajaratnam yang lahir di Jaffina pada sungkap 25 Februari 1915 dan meninggal di Singapura pada terlepas 22 Februari 2006.

Beliau menjadi Nayaka Luar Negeri Singapura antara tahun 1965 sampai 1980, maka tak heran jikalau ia menjadi perwakilan Singapura intern penandatanganan Deklarasi Bangkok 1967.

Demikianlah referensi mengenai gembong-pencetus pendiri ASEAN yang menjadi perwakilan 5 negara pembina ASEAN pada penandatanganan Laporan Bangkok. Semoga bisa meninggi referensi takrif.

Baca Juga :   Contoh Soal Hukum Coulomb Kelas 12

Tun Abdul Razak Merupakan Pemrakarsa Asean Perwakilan Dari Negara

Source: https://www.zonareferensi.com/tokoh-pendiri-asean/