Bahan Makanan Yang Mengandung Protein Dan Glukosa Adalah

By | August 8, 2022
Home » Kongkow » Biologi » Uji Nafkah (Amilum, Glukosa, Protein, dan Gurih)

Uji Tembolok (Amilum, Glukosa, Zat putih telur, dan Gurih)

– Jumat, 22 Oktober 2021 | 09:00 WIB



Tubuh memerlukan vitamin seperti amilum, glukosa, protein, dan lemak bikin dapat melakukan aktifitas sehari-perian. Nutrisi tersebut diperoleh berusul makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari umumnya yakni fruktosa, zat putih telur, eco, dan gula. Fruktosa banyak ditemukan sreg bahan siasat makanan sebagai halnya nasi, roti, atau singkong. Protein dibedakan menjadi dua diversifikasi, yaitu protein nabati dan zat putih telur hewani. Mangsa kas dapur yang sering dikonsumsi lainnya yaitu lemak, sukrosa, nutrisi, mineral, dan air.



Cak semau sebuah percobaan yang dapat digunakan lakukan membuktikan ki gua garba yang dimiliki satu bahan peranakan, namanya merupakan uji rahim. Praktikum biologi berupa uji makanan ini digunakan untuk meenguji zat apa saja yang terkandung plong sebuah objek tembolok. Nah bagi lebih jelasnya mari kita berbuat beberapa uji makanan cak bagi mengetahui kandungan amilum, glukosa, zat putih telur, dan enak.



Pertama kita harus menyiagakan perabot dan bahannya lebih-lebih dahulu ya. Ini kamu alat dan sasaran nan wajib antitesis-musuh siapkan.



Alat dan Korban:



Alat yang dibutuhkan:



  1. Tabung reaksi dengan raknya



  2. Cangklong tetes



  3. Cawan petri



  4. Mortal



  5. Sendok



  6. Pembakar bunsen



  7. Penjepit silinder reaksi



  8. Kertas buram



  9. Pendidip



  10. Tisu



Mangsa makanan nan perlu disediakan:



  1. Roti



  2. Tempe



  3. Albumen mengetim



  4. Pisang



  5. Kemiri



  6. Margarin (tetapi bagi uji sedap)



Korban Reagen



  1. Lugol



  2. Biuret (NaOH dan CuSO4)



  3. Benedict



Sesudah itu mari kita lakukan simulasi uji bahan makanan yang sudah kita siapkan.




A. Uji Amilum




Enceran yang dibutuhkan bakal melakukan uji amilum (karbohidrat) adalah lugol atau potasium iodida. Lugol digunakan buat menguji apakah suatu makanan mengandung fruktosa(amilum) atau tidak. Bila kandungan yang kita tetesi lugol menghitam, makamakanan tersebut mengandung karbohidrat. Semakin hitam berguna makanan tersebutbanyak kandungan karbohidratnya.



Ayo kita siapkan bahan makanan nan akan di uji.  Nah dari kelima bahan makanan ini, masing masing mangsa makanan ditetesi dengan 5 tetes lugol/kaliumiodida. Silakan kita simak perubahannya ya.



  1. Uji amilum, roti di tetesi dengan reagen lugol bereaksi dan menghasilkan warna birukehitaman. Maka dari itu roti mengandung amilum.



  2. Uji amilum, tempe di tetesi dengan reagen lugol bereaksi dan menghasilkan warnaputih kecoklatan. Hal ini membuktikan bahwa tempe tidak mengandung amilum.



  3. Uji amilum, kudus telur di tetesi dengan reagen lugol bereaksi dan menghasilkanwarna orange kecoklatan. Kejadian itu berarti lain menunjukkan bahwa putih telurmemiliki amilum karena bila memiliki amilum setelah di uji kiranya memilikiwarna biru kehitaman.



  4. Uji amilum, pisang ditetesi dengan reagen lugol menghasilkan dandan coklatkehitaman. Hal itu menunjukkan bahwa pisang memiliki amilum hanya sebagian saja.



  5. Uji amilum, kemiri yang ditetesi dengan reagen lugol menghasilkan warna coklatkehitaman. Maka kemiri sebagian memiliki lambung amilum.

Baca Juga :   Kata Mutiara Cinta Tak Harus Memiliki Kahlil Gibran




B. Uji Protein




Larutan yang dibutuhkan dalam uji protein adalah Biuret. . Bila bahanmakanan itu mengandung protein maka sehabis bereaksi dengan biuret akan menghasilkanwarna ungu/ warna lembayung.



Mari kita siapkan bahan perut yang akan di uji.  Ambillah bersumber kelima Mangsa makanan yang sudah digerus terlebih dahulu dimasukkan kedalam tabung reaksi. Jangan lupa tabung reaksinya diberi merek ya. Kemudian masing-masingnya Diteteskan dengan larutan biuret  3 tetes NaOH kemudian 3 tetes CuSO4 Mari kita simak perubahannya ya.



  1. Uji Protein, roti tidak mengandung zat putih telur karena setelah ditetesi reagen biuretwarna ungu hanya terbatas diatas dan sisanya hanya warna putih.



  2. Uji protein, tempe hanya sebagian mengandung protein karena saat ditetesidengan reagen biuret warna menjadi setengah ungu.



  3. Uji protein, putih telur mengandung zat putih telur karena setelah ditetesi reagen biuretwarna menjadi ungu.



  4. Uji protein, pisang tidak n kepunyaan kandungan protein karena setelah ditetesi reagenbiuret tidak terjadi pergantian.



  5. Uji protein, keminting memiliki rezeki protein karena pasca- ditetesi maka itu reagenbiuret warna menjadi ungu.




C. Uji Glukosa




Benedict merupakan reagen yang digunakan bagi menguji kandungan glokusa pada bahan makanan seandainya hasil reaksi tersebut menghasilkan warna merah bata.



Mari kita siapkan bahan makanan yang akan di uji.  Nah dari kelima Objek rezeki nan sudah digerus terlebih dahulu dimasukkan kedalam silinder reaksi. Jangan pangling bumbung reaksinya diberi tera ya. Kemudian masing-masingnya ditetesi 5 tengguli benedict setelah itu dipanaskan. Mari kita simak perubahannya ya.



  1. Uji glukosa, setelah ditetesi benedict dan di panaskan di atas bunsen berubahmenjadi orange. Hal ini menunjukkan bahwa roti mengandung glukosa.



  2. Uji glukosa, tempe mengandung abnormal glukosa. Momen ditetesi benedict dandipanaskan diatas busen warna berubah menjadi agak orange.



  3. Uji glukosa, albumen ditetesi benedict kemudian di panaskan di atas bunsenternyata berwarna kuning kecoklatan. Keadaan itu menunjukkan bahwa polos telurmengandung sedikit glukosa.



  4. Uji glukosa, sesudah tabung reaksi ditetesi dan dipanaskan lega busen pisangmenjadi berwarna cokelat kehitaman. Maka pisang lain punya glukosa.



  5. Uji glukosa, kemiri berubah menjadi coklat gelap setelah ditetesi dan dipanskandiatas bunsen. Hal ini signifikan kemiri tidak memiliki kandungan glukosa.

Baca Juga :   Download Film the Witch Part 1 the Subversion




D. Uji Sedap





Jeluang buram adalah mangsa penguji pada kandungan lemak. Karena jeluang buram mudah menyerap air/minyak jadi sangat cocok bikin pengujian ini. kalau ada bercak transparan maka bahan makanan tersebut mengandung nikmat.



Nah pada simulasi uji eco ini kita menambahkan satu korban alat pencernaan lagi ya, adalah margarin atau mentega. Semua bahan rezeki yang suka-suka dioleskan secara terpisah di atas kertas buram yang telah disediakan. Plano rancangan yang sudah dioleskan kemudian didiamkan sampai kering. dan simak perubahannya ya. . Oke setelah dilakukan simulasi uji lezat maka kita dapat memafhumi urutannya ya, merupakan



  1. margarin memiliki kandungan lemak karena ketika margarin dioleskan pada daluang susuk menjauhi noda transparan.



  2. Uji lemak, roti nan di oleskan lega daluang rajah meninggalkan noda pandang bening .Hal ini berarti roti n kepunyaan kandungan lemak.



  3. Uji lemak, mauz minus mengandung sedap karena plano buram yang diolesigerusan pisang meninggalkan sedikit noda transparan.



  4. Uji lemak, detik dioleskan pada kertas buram tempe tidak meninggalkan nodatransaparan. Situasi ini membuktikan bahwa tempe bukan memiliki kandungan enak.



  5. Uji sedap, keminting lain mengandung lemak. Karena kertas rencana yang diolesi tidakmeninggalkan noda transparan.



  6. Uji lemak, putih telur yang di oleskan pada kertas buram tidak pergi nodatransparan. Maka putih telur lain mengandung mak-nyus.



Nah, terbit keempat simulasi uji nafkah nan sudah kita buat, mari kit aulas kembali hasilnya ya, simak pada table berikut ini.




Bahan Tembolok





Amilum (Lugol)





Glukosa (Benedict)





Zat putih telur (Biuret)





Nikmat (Plano)




Roti



Spektakuler kehitaman



Orange



Sedikit ungu



2



Tempe



Steril Kecoklatan



Agak orange



Setegah ungu



4



Putih Telur Menggodok



Orange kecoklatan



Kuning kecoklatan



Ungu



6



Mauz



Coklat kehitaman



Coklat kehitaman



Tidak ada peubahan



3



Kemiri



Coklat kehitaman



Coklat haram



Ungu



5



Margarin















1

Baca Juga :   Penggunaan is Am Are Do Does Dalam Kalimat Tanya



Semenjak beberapa objek rezeki tersebut, maka bisa kita kelompokkan :



  1.  Peranakan nan memiliki kandungan karbohidrat merupakan roti, pisang, dan kumbik walaupun tetapi terbatas.



  2. Makanan yang mengandung protein yakni tempe, putih telur, dan muncang



  3. Nafkah yang mengandung glukosa adalah roti, tempe dan kudus telurwalaupun belaka minus,



  4. Dan Kas dapur nan mengandung lemak adalah margarin alias mentega, roti, dan pisang walaupun hanya sedikit.



Oke otakers.. cukup sekian ya penjelasan tentang simulasi uji makanan cak bagi mengetahui amilum (fruktosa), protein, glukosa dan lemak.




Untuk lebih Jelasnya Nonton Video kita yuk














Sumber: Channel
Utakatikotak

Link: https://www.youtube.com/watch?v=MI3D-2W4a1A




Sepatutnya barang apa nan kita sampaikan berarti, dan kalau n partner-teman terserah kesulitan plong materi ini, bisa tanyakan di kolom komentar ya.



Sambut hadiah mutakadim menonton video ini, kalau kalian suka dengan video kita jangan lalai klik tombol like nya, kemudian subscribe channel kita dan nyalakan juga ya tombol bel notifikasinya..



Salam dari sabnag samapi Merauke.

Sumber :



Cari Kata sandang Lainnya

Bahan Makanan Yang Mengandung Protein Dan Glukosa Adalah

Source: https://www.utakatikotak.com/Uji-Makanan-Amilum-Glukosa-Protein-dan-Lemak/kongkow/detail/20607