Berikut Yang Merupakan Gerak Tangan Tari Putri Bali Adalah

By | August 8, 2022

You’re Reading a Free Preview

Page

3

is not shown in this preview.

   Tari Bali adalah tarian yang berpokok dari Bali. Tari Bali bukan selalu mengelepai pada alur narasi. Maksud terdepan penari Bali adalah bakal menarikan tiap tahap manuver dan afiliasi dengan ekspresi penuh. Kecantikan tari Bali tampak pada manuver-gerakan yang abstrak dan indah. Tari-tari Bali yang minimal dikenal antara lain pendet, gabor, baris, sanghyang dan legong. Tari Bali sebagian besar berguna religius. Sejak musim 1950-an, dengan kronologi pariwisata yang pesat, sejumlah ajojing telah ditampilkan pada kegiatan-kegiatan di luar keagamaan dengan beberapa modifikasi.

  • Macam-Macam Gerakan pada Seni Tari Bali :

1.     Gerakan Kaki2.     Manuver Tangan3.     Manuver Leher4.     Kampanye Jari5.     Gerakan Tubuh

A.    Contoh-Lengkap Gerakan Tungkai

1.     Tampak Sirang Pada berfaedah telapak suku menyerong dengan tumit kaki kiri dan kanan    menempel, biasanya gerakan ini cak semau plong setiap tarian pria

2.     Ngumbang plong dasarnya  berfaedah berjalan, ngumbang biasanya terserah pada setiap tarian bali, karena berjalan adalah propaganda dasar pada dansa bali

3.    Tayog artinya berjalan merewang, biasanya ada pada tarian pendet dan puas seluruh tarian wanita

4.     Nyrengseng bermanfaat gelesot cepat, gerakan ini termasuk dasar dari sebuah ajojing bali



B.     Contoh Gerakan Tangan

1.     Luk Nagastru berguna telapak tangan bergerak ke sebelah dalam, kampanye ini adalah abstrak gerakan dasar pada tarian Bali

2.     Nepuk Kampuh berfaedah gerakan tangan menepuk kampuh ataupun kamen di dada, biasanya gerakan ini ada pada ajojing deret (adam)

3.     Mungkah Lawang bermakna persuasi pembuka pada ajojing

4.      Nabdab Gelungan artinya aksi meraba gelungan yang dipakai di kepala sreg saat menarikan sebuah joget bali



C.     Contoh Propaganda Ujung tangan

1.     Jeriring bermanfaat gerakan bergetar yang terdapat pada jari dengan halus

2.     Manganjali berarti tangan menyembah, umumnya dilakukan saat sebelum mengerjakan atau melaksanakan sebuah dansa di Bali                    3.  Nyempurit signifikan gerakan jari menempelkan empu jari dengan jari tengah



D.    Ideal  Propaganda Raga

1.     Ngotag pinggang berfaedah gerakan mendondangkan pinggang pron bila melanglang maupun melakukan sebuah aksi tari

2.     Nyrengseng bermanfaat merebahkan badan ke kiri alias ke kanan secara bergantian dan koheren mengimak musik gamelan


E.     Contoh Gerakan Leher
1.     Ngepik berjasa leher rebah ke kanan dan ke kidal plong detik berjalan atau menari

2.     Ngelidu berguna  berpalis ke kanan dan ke kiri plong saat privat tarian

3.     Ngetget berarti melihat ke bawah, n domestik tarian kampanye ini adalah gerakan asal


Page 2


Dasar-bawah tari bali cak semau 3, yaitu:

1. Agem2. Tandang

3. Tangkep

Baca Juga :   Biaya Kuliah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Denotasi agem, tandang, tangkep :

Agem merupakan sikap trik privat tari Bali yang tidak berubah-ubah.
Agem ada 2, merupakan agem kanan dan agem kidal.

a. Agem kanan putri• Kaki kiri didepan tungkai kanan dengan posisi kepojok• Jarak antara kaki kidal dan kaki kanan satu genggam/kepal• Jari tungkai kiri diangkat• Posisi birit kekiri (posisi ngood/lutut ditekuk)• Ajudan sirang/sekufu mata, tangan kidal sirang/sekufu susu• Telapak tangan menghadap kedepan• Sledet ke kanan

• Berat jasmani di kaki kanan

b. Agem kiri perempuan• Kaki kanan didepan tungkai kiri dengan posisi kepojok• Jarak antara suku kiri dan kaki kanan suatu genggam/kepal• Jari tungkai kanan diangkat• Posisi pantat kekanan (posisi ngood/lutut ditekuk)• Tangan kiri sirang/sejajar indra penglihatan, tangan kanan sirang/sederajat susu• Bekas kaki tangan menghadap kedepan• Sledet ke kiri

• Berat badan di suku kiri

c. Agem kanan laki-junjungan• Posisi kaki kidal didepan suku kanan (kepojok)• Jarak antara kaki kiri dan kanan adaah 1 punggung tungkai• Posisi badan tegak literal• Rumit badan ada di kaki kanan• Telapak tangan kedepan• Posisi tangan sejajar pundak

• Sledet kekanan (sangkil diangkat melihat ujung alis)

d. Agem kiri laki-laki• Posisis kanan didepan kaki kiri (kepojok)• Jarak antara kaki kiri dan kanan adaah 1 telapak kaki• Posisi jasad tegak literal• Berat awak ada di suku kiri• Telapak tangan kedepan• Posisi tangan sepadan pundak

• Sledet kekiri (asa diangkat melihat ujung alis)

Ronda merupakan cara memindahkan suatu aksi muslihat ke usaha pokok yang enggak, sehingga menjadi satu kesatuan gerak yang berkesinambungan.



3. Tangkep

Tangkep merupakan ekspresi yang timbul melangkahi cerah durja


4.Neko-neko gerakan tangan:

1. Nagastru : haluan tangan berputar kedalam2. Luk nerudut : haluan tangan seiring3. Luk ngelimat : haluan tangan bertentangan4. Nepuk kampuh : tangan menekan kampuh5. Ngepik : pergelangan tangan bolak-balik6. Ugel karna : tangan meraba telinga7. Nabdab warangke : tangan meraba kampuh8. Nabdab gelung : tangan meraba gelungan9. Nabab pingkel : tangan meraba gelang10. Mungkah lawang : kuak tarian11. Mentang laras : pelecok satu tangan harfiah kedepan dengan posisi ngagem

12. Nyalud : tangan berlipat-lipat


5.Keberagaman-keberagaman usaha jari

1. Jeriring : ruji-ruji bergetar halus2. Ngempurit : ibu jari melekat dijari tengah3. Ngeletik : deriji manis berkedip4. Gerigah : renyut jari nan keras5. Nyangkup panggul: kedua tangan dan ujung tangan kuncup6. Manganjali : tangan menyembah7. Nuding : deriji menunjuk8. Ulap-ulap : melambai-lambai

9. Nyugar : membentang kampuh


6.Tipe-macam gerakan badan

1. Ngotag pala : bawah lengan bergetar pelan2. Ngenjet pala: pangkallengan bergetar cepat3. Ngelo : raga dibelak-kungkung diikuti operasi tangan4. Ngelung : badan dibengkokan5. Neregah : mendorong6. Ngumad : menjajarkan

7. Sleag-sleog : badan condong kanan memfokus kidal

Baca Juga :   Contoh Naskah Drama 5 Orang Singkat


7.Macam macam operasi leher

1. Ulu wangsul: manuver gala membentuk biji 82. Ngepik atas: gerakan pembantu dan kiri secara bersamaan dengan posisi tangan agem kiri3. Ngangget : propaganda dagu ke atas kemudian dikembalikan ketengah di dada4. Nyegut : gerakan leher ditarik kebelakang, mata meluluk ke bawah, jidat dikerutkan5. Ngucek : propaganda mata kekiri dan kekanan dengan cepat6. Ngipuk : propaganda berciuman7. Ngotag leher: gerakan gala kekiri dan kekanan dengan pelan8. Ngenjet leher: operasi leher kekiri dan kekanan dengan cepat

9. Nyelede t: gerkan mata ke kiri atau kekanan



8.Jenis-macam mimik

1. Luru : riang gembira2. Dedeling : marah3. Kwera : gontai lembut4. Ngeluncit : jidat berkedip5. Kekuwub : kewibawaan6. Manis cerengu: senyum manis

7. Tetangisan : sedih

Sebenarnya gerakan alat penglihatan dalam tari Bali sangatlah beragam bersendikan fungsinya, berikut ini adalah contoh gerak mata.

  • Nyeledet, gerakan mata melirik ke samping kanan dan kiri yang ialah satu-satunya tari di Indonesia yang lalu menurunkan perhatian terhadap unsur ini. Pendirian melakukannya yaitu dengan menarik biji mata ke sudut alias ke samping atas lakukan tari putra dan ditarik sejajar bakal dara. Usaha nyeledet ini berdasarkan agem yang sudah ditentukan. Jika sreg sikap agem kanan, mata nyeledet ke sudut kanan. Seandainya menengah ngagem kiri, mata nyeledet ke sudut kiri.
  • Nelik/dedeling, kampanye membelalakan kedua alat penglihatan, alis diangkat ke atas dan mata difokuskan pada suatu bintik.

1. Barang apa itu Taksonomi ?? .. Internal biologi, taksonomi merupakan cabang guna-guna tersendiri yang mempelajari penggolongan maupun sistematika makhluk hidup. Sistem yang dipakai yaitu pengusulan dengan dua sebutan, nan dikenal ibarat manajemen segel binomial atau  binomial nomenclature , yang diusulkan oleh Carl von Linne (Latin: Carolus Linnaeus), seorang naturalis berkebangsaan Swedia. Ia memperkenalkan enam tingkatan (tingkatan) untuk mengategorikan basyar hidup. Keenam tingkatan (yang disebut takson) itu berduyun-duyun dari tingkatan tertinggi (umum) hingga terendah (spesifik) adalah : Phylum/Filum bikin dabat, atau Divisio/Divisi lakukan tumbuhan Classis/Kelas, Ordo/Bangsa, Familia/Keluarga/Tungkai, Genus/Marga, dan Keberagaman (Jenis). Kerumahtanggaan tatanama binomial, penamaan suatu variasi sepan hanya menamakan merek marga (selalu diawali dengan huruf ki akbar) dan jenama jenis (selalu diawali dengan abc kecil) yang dicetak bengot (dicetak tegak jika skenario terdepan dicetak miring) atau ditulis d

Banyak yg mengalami kesulitan saat menggunakan crayon, terutama privat situasi kebersihan…ketika kita mewarnai sebuah bidang dengan crayon, sangat tanpa sengaja mengenai tangan, maka warna menjadi kusam / kotor…maka kebanyakan kita menggunakan tissue/sarung tangan bakal membentangi tangan kita momen sedang mewarnai dengan crayon. So, intan disini mau berbagi info seputar mandu mewarnai nan baik, dan apa aja nan diperlukan untuk mewarnai dengan crayon. Ini dia guys :)) Crayon suka-suka 2 ( jenis) yaitu Oil pastel dan Wax : Crayon Oil Pastel  ialah krayon yang terbuat berpangkal fusi minyak dan abuk pewarna, padahal Crayon Wax merupakan krayon nan terbuat berasal sintesis lilin dan abuk pewarna. Kedua jenis krayon ini punya kepentingan dan kehilangan. Oil pastel sifatnya lain terlalu keras dan lain terlalu licin, sementara itu Wax mempunyai karakter keras dan licin. Bila kita berpaling pun sejarah krayon, lalu sebelum krayon diciptakan seniman lebih melembarkan menggunakan pencelup laksa

Baca Juga :   Contoh Teks Pidato Bahasa Jawa Singkat

Yuki Kato  Biodata: Jenama Lengkap : Yuki Anggraini Kato Nama Populer : Yuki Kato Nama panggilan : Yuki Tempat Rontok Lahir : Malang, 2 April 1995 Ayah : Takeshi Kato Ibu : Twinawati Cita-Cita : Fashion Designer Hobi : Bersepeda, Berenang, Baca Buku Ki gua garba Favorit : Japanese Food (Sashimi, Sushi) dan Meatball (Bakso) Tokoh Idola : Meriam Bellina Enggak Disukai : Cicak, Pembual Paling Disukai : Meong Biografi Yuki Kato Memoar Yuki Kato Yuki Kato merupakan dayang permulaan berpokok pasangan Takeshi Kato dan Twinawati. Takeshi Kato, sendiri Project Manager sebuah firma besar di Jepang dan saat ini mampu di Jepang dan datang setiap 3 bulan sekali untuk mengunjungi perawan kesayangannya di Indonesia. Yuki Anggraini Kato memiliki adik bernama Reina Meisilia Kato dan Sakura Des Caesar Kato. Yuki terlampau bersama ibu dan adiknya di Kota Wisata, Cibubur. Pendidikan Yuki Kato adalah mantan siswi SD Fajar Hidayah dan SMP Sekolah Pilar Indonesia. Dan kini Yuki menjadi siswi di SMA Bakt

Sawadee kah 🙂 Sudah tergila-gila dengan Film Thailand, kini aku tergila-gila kerjakan belajar bahasa Thailand gara-gara nonton bioskop First Love yang ada Mario Maurer 😀 55555555 Lho? Kok 55555555 ? Riuk pencet? Ohh, tidaakkk .. 5 = ha Jadi, kalo 55555555 = hahahahahahahaha… Eh, itu beneran looh, orang Thailand kalo ketawa, mereka nulisnya “555” Nah, sebentar, bakalan aku anugerah tau deh, bahasa Thailand untuk sehari-musim yang biasa aku pakai cak bagi pelajaran belajar bahasa Thailand. So, ini dia ^^ Nah, beberapa kosakata sehari-hari :  Sawadee (krab/kah) = Hallo/ Salam sejahtera  Sabai di mai? = Apa kabar?  Sabai di (krab/kah) = Berita gembira  Khob khun (krab/kah) = Peroleh kasih  Yin dee / Mai pen rai = Proporsional-setimpal , tidak problem  Chai = Ya  Mai chai = Tidak  Arun sawad = Selamat pagi  Ratree sawad = Selamat lilin batik  Khun chue arai? = Siapa namamu?  (Pom/chan) chue….(logo) = Label saya….(nama)  Khun na rak maak = Kamu lucu sekali  Khun suay maak = Anda cant

Berikut Yang Merupakan Gerak Tangan Tari Putri Bali Adalah

Source: https://termasyhur.com/berikut-yang-merupakan-gerak-tangan-tari-putri-bali-adalah