Sebutkan Langkah Langkah Membuat Peta Minda

By | August 8, 2022

Tidak semua orang bisa belajar dengan mudah, sebagian berpunca mereka harus takhlik denah konsep terlebih dahulu. Apa itu dan bagaimana cara membuat kar konsep?

Kar konsep disusun berdasarkan konsep yang saling mempunyai keterkaitan. Kebanyakan, materi nan makin umum diletakkan di atas. Sedangkan di fragmen pangkal adalah materi khusus ataupun materi nan sudah dipersempit.


Kredit-biji penting dari atlas konsep

Atlas konsep mendukung seseorang agar mudah mengingat materi. Sebelum Anda memafhumi pendirian membuat peta konsep, berikut poin-biji penting dari denah konsep:

  1. Peta konsep merupakan sebuah metode bakal menunjukkan konsep, uraian, kata kunci dan angka terdahulu dalam suatu materi
  2. Peta konsep menampilkan hubungan atau keterkaitan antara saban materi yang dirangkum
  3. Di dalam denah konsep suka-suka pembukaan kunci yang bertujuan cak bagi mendukung seseorang mengingat materi
  4. Kar konsep membantu penyusunan materi seharusnya kaprikornus makin teratur

Peta konsep dapat diwujudkan kerumahtanggaan bentuk rangkaian gambar atau tabulasi. Kerumahtanggaan penggunaannya, peta konsep dikategorikan menjadi peta konsep pohon (network tree), peta konsep rantai kejadian (events chain), kar konsep siklus (cycle concept map) dan peta konsep laba-laba (spider concept map).

Baca juga:
Barang apa Itu Binary Option?

Cara membuat denah konsep

Peta konsep adalah metode pendedahan yang praktis dan efisien. Peta konsep mirip dengan denah kronologi dan fokus kepada kawin antara masing-masing ide serta perikatan sebab akibat.

Peta konsep punya sejumlah kurnia. Beberapa di antaranya mempermudah kognisi terhadap suatu materi, membantu proses belajar, melatih otak, menghemat waktu belajar serta menghasilkan ide-ide baru lewat brainstorming. Lantas, bagaimana pendirian takhlik peta konsep?

  1. Identifikasi ide anak kunci. Contohnya, Beliau harus membuat materi ekosistem ilmu hayat. Ekosistem dapat dipilih sebagai kop dalam peta konsep kemudian mengerucut ke materi tersendiri.
  2. Identifikasi ide-ide sekunder maupun khusus yang akan menunjang pokok bahasan utama. Contohnya, ekosistem merupakan kop peta konsep. Ide alias konsep sekundernya merupakan adegan bermula habitat ekosistem seperti danau dan tak-tidak.
  3. Tempatkan ide alias konsep terdepan di bagian perdua atau atas atlas konsep.
  4. Kelompokkan ide-ide ataupun konsep sekunder di sekeliling pokok bahasan terdahulu. Fungsinya kerjakan menunjukkan perikatan atau keterkaitan antara ide terdepan dan sekunder.
Baca Juga :   Bagaimana Gaya Bahasa Dalam Teks Eksposisi
Cara Membuat Peta Konsep

Bagi membuat denah konsep nan menjujut dan kreatif, kita bisa menggunakan dua pendirian merupakan dengan pendirian manual dan digital. Bagaimana caranya?

Jika cak hendak membuat peta konsep dengan cara manual, kita boleh memanfaatkan buku catatan yang kita miliki. Gunakan alat catat berwarna seperti spidol, potlot corak alias highlighter untuk membuatnya menghela dan subur. Mudahmudahan mudah mengingatnya, Beliau bisa menambahkan gambar bagi setiap penjelasan.

Tidak bisa menggambar? Jangan khawatir. Sira boleh berburu bagan yang menunjukkan penjelasan pada peta konsep lewat internet, kemudian dicetak dengan menunggangi printer. Guntinglah gambar tersebut dan tempelkan pada bagan peta konsep.

Bagaimana jika ingin membuat peta konsep dengan pendirian digital? Anda bisa menggunakan laptop dan memanfaatkan Microsoft Word, Microsoft Power Point ataupun permintaan seperti Canva.

Buatlah tulang beragangan berpokok menu yang tersedia alias bisa menggunakan fitur shape jikalau Sira cak hendak membuatnya sendiri. Agar terlihat menarik dan mudah menghafal penjelasannya, tambahkan lagi gambar-gambar yang berhubungan dengan denah konsep.

Berkreasilah dengan font dan warna yang disukai semoga Ia juga nyaman dan betah membaca kar konsep tersebut. Kelebihan peta konsep digital lainnya merupakan Kamu bisa memintal bikin menyimpannya dengan dimensi PDF sehingga dapat diakses lewat ponsel.

Baca pula:
Kumpulan Petisi Cak bagi Menggapil Bisnis Online Lebih Mudah

Jenis-spesies kar konsep

Peta konsep memiliki sejumlah jenis. Dirangkum berbunga berbagai mata air, berikut spesies-spesies atlas konsep yang mesti Kamu ketahui:

Pohon jaringan

Peta konsep pohon jaringan atau network free cocok digunakan untuk memetakan suatu informasi yang nyata sebab-akibat, hierarki ataupun persaudaraan, prosedur yang memecah serta istilah-istilah yang berkaitan dan dapat digunakan untuk menjelaskan gayutan antara satu dengan lainnya. Peta konsep keberagaman ini memangkalkan ide-ide sosi ke dalam persegi empat.

Baca Juga :   Rumah Sewa Bna Harga 5 Juta

Sreg saat takhlik peta konsep dengan pokok kayu jaringan, tulislah topik sebuah topik dan buatlah konsep-konsep penting yang berkaitan dengan topik tersebut. Tempatkan ide-ide tersebut dari umum mengerucut ke ide spesial.

Kemudian tiap-tiap ide alias konsep akan dihubungkan dengan sebuah garis penghubung. Kebaikan garis penghubung lakukan menyatakan hubungan antara masing-masing konsep.

Cara Membuat Peta Konsep

Peta konsep laba-laba

Biasanya, kar konsep laba-laba atau spider concept map digunakan bagi curah pendapat. Guyur pendapat adalah sawala yang dilakukan untuk menghimpun gagasan, siaran, pendapat, maklumat dan juga pengalaman.

Detik melakukan diskusi, banyak ide-ide nan berasal bermula suatu ide nan sentral sehingga beberapa ide pula bercampur aduk. Ide-ide yang muncul berkaitan dengan ide sentral, sahaja boleh jadi ide atau konsep-konsep tersebut tidak bersambung dengan ide lainnya. Nah, peta konsep laba-laba dapat memvisualisasikan konsep yang tidak berkaitan dengan tataran, bukan paralel dan yaitu hasil guyur pendapat.

Denah konsep kalung kejadian

Denah konsep rantai situasi atau events chain bisa digunakan untuk menunjukkan suatu cumbu peristiwa, ancang-ancang dalam sebuah prosesur hingga tangga-tahapan yang dilalui intern sebuah proses. Sebagaimana apa langkah membuat peta konsep rantai situasi?

Bagi membentuk peta konsep kalung kejadian, temukan dahulu kejadian yang mengawali rantai ataupun disebut juga keadaan awal. Kemudian temukan kejadian berikutnya setakat Ia menyentuh hasil.

Atlas konsep siklus

Denah konsep siklus atau disebut lagi cycle concept map memuat rangkaian kejadian yang tidak menghasilkan suatu kesimpulan hasil. Karena peristiwa terakhir pada kalung akan terhubung kembali dengan kejadian sediakala sehingga siklus akan terus berulang dengan sendirinya.

Lazimnya, peta konsep varietas ini setuju diterapkan pada satu pertalian hal yang berkaitan satu sama lain dan menghasilkan suatu hasil yang berulang-ulang. Dia tidak akan menemukan noktah penghabisan bersumber rangkaian peta konsep siklus.

Baca Juga :   Apa Tujuan Disusunnya Standar Sarana Dan Prasarana Kantor

Biasanya, denah konsep tipe ini semupakat diterapkan pada suatu rangkaian kejadian yang berkaitan satu setinggi tak dan menghasilkan suatu hasil yang repetitif-ulang. Beliau tidak akan menemukan titik penghabisan dari perhubungan peta konsep siklus.

Baca kembali:
Inilah 6 Tipe Online Board Games nan Seru

Itulah mandu membuat peta konsep yang mempermudah proses membiasakan. Hendaknya kondusif! Artikel ini ditulis oleh
Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK nan memberi akomodasi dalam penyaluran
pinjaman online
lakukan seluruh rakyat Indonesia. Ikuti
blog
Kredit Mandraguna bikin mendapatkan informasi, tips berfaedah, serta
promo
menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk

Sebutkan Langkah Langkah Membuat Peta Minda

Source: https://www.kreditpintar.com/education/cara-membuat-peta-konsep