Cuplikan Teks Deskripsi Yang Termasuk Bagian Identifikasi Adalah

By | August 8, 2022

Cuplikan Teks Deskripsi Yang Termasuk Bagian Identifikasi Adalah.


IndoINT.com
_ Boleh jadi ini admin akan membagikan abstrak soal pilihan ganda Wacana Deskripsi kelas 7 semester 1. Semoga arketipe tanya yang admin bagikan kali ini bermakna buat peserta pelihara dan dapat membantu kalian kerumahtanggaan mencari referensi tanya-pertanyaan terbaru seputar Wacana Deskripsi di kelas 7. Selamat belajar, dan semoga segala apa nan kalian pelajari ketika ini bisa berguna bagi kalian semua. Salam sukses.

Bacalah cuplikan teks di bawah ini untuk menjawab tanya nomor 1 dan 2!

Tongkonan merupakan rumah resan masyarakat Toraja. Tongkonan berusul dari alas kata tongkon yang artinya ‘duduk bersama-sederajat’. Tungkai Toraja yang memiliki rumah adat ini berpunya di pengunungan yang berbatasan dengan Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

1. Objek yang dideskripsikan ialah ….

A. rumah adat

B. masyarakat Toraja

C. suku Toraja

D. Kabupaten Enrekang

www.IndoINT.com

2. Dalam teks deskripsi, episode tersebut termasuk ….

A. identifikasi

B. deskripsi bagian

C. definisi

D. kesan-kesan

3. Bacalah cuplikan teks berikut kerjakan menjawab pertanyaan nomor 3 dan 4!

Bagas sangatlah manja. Erat tiap malam, Bagas tidur di ujung kakiku. Sebelum kuelue-cumbu, dia akan selalu menggangguku. Kalau waktunya bersantap, dia berputar-putar di depanku sinkron mengibas-ngibaskan telinganya nan panjang. Mulutnya berkomat-kamit seperti anak adam sedang berdoa. Kemanjaannya membuat aku gegares kangen.

3. Aspek yang dideskripsikan itu berkenaan dengan ….

A. raga tokoh

B. sifat tokoh

C. usia biang kerok

D. lingkungan tokoh

4. Kata sifat nan terdapat di internal cuplikan itu merupakan ….

A. sangat

B. manja

C. malam

D. comar

5. Cuplikan bacaan deskripsi yang tercatat bagian identifikasi yakni ….

Baca Juga :   Kombinasi Cat Rumah Warna Biru Telor Asin

A. Pada hari kelima, semua gadis dan wanita di desa itu berduyun-duyun ke rumahnya. Tentatif itu, semua lanang dilarang menghadiri programa ini.

B. Gadis itu didudukkan di sebuah ruangan kecil dengan rambut yang diatur beres. Plong leher si gadis itu digantungkan kalung dari gigi-gigi asu.

C. Kawasan sekitar Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, Jakarta, dibanjiri manusia. Kelompok ayah bunda, muda, dan momongan-anak di mana-mana. Sebagian kelihatan berlarik di pinggir jalan masuk. Sebagian lagi duduk-duduk beralas koran dan rumput. Ada juga nan duduk santai di atas motor dan oto yang diparkir seenaknya di kiri kanan jalan ikut menuju bandara.

D. Kami berempat plonco tetapi turun dari kereta jago merah di Stasiun Palmerah, Jakarta Kidul. Kami berasal dari kampung dan per menenteng sebuah tas tertinggal berwarna liar. Eh, begitu keluar dari stasiun, kami digeledah di sekitar bangunan MPR/DPR nan memang letaknya intim stasiun. Akhirnya, penjaga keamanan menganyam saya dan mengangkut ke markas, kami diumumkan sebagai pembawa senjata tajam, padahal kami hanya pedagang benda tersebut.

Bacalah pustaka di asal ini cak bagi menjawab soal nomor 6 dan 7!

Di Kampung Kembung, di Kota Padang, ada sebuah rumah kayu berbumbungkan seng. Laetaknya jauh mulai sejak pohon-pohon gawang yang rindang. Jika ditilik dari instrumen rumah ini dan susunannya, nyatalah rumah ini suatu flat yang tiada dipelihara serius karena sekalian yang ada di dalamnya plus tua, kotor, dan tempatnya tiada terstruktur dengan baik. Di rongga dada hanya suka-suka sebuah lampu gantung nan telah berdekil metal-besinya.

6. Mangsa yang dideskripsikan yaitu ….

A. Kampung Rangkiang

B. Ii kabupaten Padang

Baca Juga :   Arah Gerakan Pinggang Saat Melakukan Teknik Dasar Menyundul Bola Adalah

C. rumah tiang

D. rongga dada

7. Bagian yang bukan dideskripsikan adalah ….

A. atapnya

B. letaknya

C. kesehatannya

D. bentuknya

Bacalah cuplikan teks berikut untuk menjawab soal nomor 8 dan 9!

Tini kembali berbaring di sofa mendaras buku. Kedua belah tangannya menjawat siasat itu ke atas cak agar cahaya kena cahaya bola lampu dari belakangnya. Kepalanya berbantalkan tiga buah bantal sofa supaya tinggi. Badannya seolah-olah sekacip bersandarkan bantal itu. Biasanya, anda sudah tidur atau sudah berbaring di wadah tidur seolah-olah sudah lalu nyenyak, saja anda senyatanya menunggu-nunggu Kartono pulang.

8. Berdasarkan strukturnya, cuplikan tersebut teragendakan bagian ….

A. identifikasi

B. deskripsi masyarakat

C. deskripsi fragmen

D. kesan-kesan

9. Pronomina persona internal cuplikan itu yakni ….

A. buku

B. kepala

C. sira

D. bantal

10. Bacalah cuplikan teks di radiks ini!

Jikalau beberapa tahun yang silam tuan hinggap ke ii kabupaten kelahiranku dengan menumpang bus, empunya akan berhenti di dekat pasar. Melangkahlah menyusuri jalan raya ke barat maka taksir-kira sekilometer dari pasar akan sampailah tuan di jalan kampungku. Pada cabang kecil ke kanan, simpang yang kelima, membeloklah ke kronologi sempit itu. Dan di ujung perkembangan itu tulat pemilik akan temui sebuah surau tua bangka. Di depannya ada kolam ikan yang airnya berputar melintasi empat buah pancuran mandi.

Objek nan digambarkan dalam wacana di atas adalah ….

A. kondisi pasar

B. kolam lauk

C. keadaan daerah tingkat kelahiranku

D. pasar di kampungku

Sumur http://www.ilmubindo.com/

Cuplikan Teks Deskripsi Yang Termasuk Bagian Identifikasi Adalah

Source: https://siapujianmadrasah.blogspot.com/2017/06/contoh-soal-pilihan-ganda-materi-teks_26.html